Terminal Jamrud Surabaya

1140 views

Dolaners sempat ke Pelabuhan Tanjung Perak saat berkunjung ke Surabaya? Sudah lihat apa saja di pelabuhan ini? Tentu Dolaners sudah tak asing dengan beberapa destinasi wisatanya yang cukup tenar didunia maya, tapi apa Dolaners sudah kenal dengan Terminal Jamrud? Ada terminal di dermaga? Ada, tapi bukan terminal orang. Terminal Jamrud adalah terminal barang, tempat keluar masuk hilir mudik barang-barang yang diangkut, dibongkar, dan dimuat. Mau tahu lebih lanjut tentang Terminal Jamrud?

Terminal Jamrud Surabaya, Terminal Jamrud, Surabaya, Kota Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners

photo via cries jhon pechtruci

Setelah bertahun-tahun beroperasi, tak aneh kalau kawasan Terminal Jamrud diisi oleh bangunan-bangunan lama. Sebagian bahkan tampak usang. Ya namanya juga kawasan dermaga tempat bongkar muat barang. Tapi ada yang tak biasa di antara bangunan-bangun usang ini, yaitu sebuah bangunan yang tampak modern, mirip dengan hangar pesawat di bandara. Gudang baru ini dibangun untuk mendukung program baru Perak, yaitu sebagai dermaga pusat logistik. Tak seperti gudang-gudang tua yang sudah lama, gudang baru ini dilengkapi dengan storage management system yang membantu penataan penyimpanan barang dengan lebih efisien.

Terminal Jamrud yang berada di kawasan Perak ini sekarang masih difungsikan sebagai logistic center atau dermaga pusat logistik. Konsekuensi dari pemberlakuan ini adalah beroperasinya terminal selama 24 jam khusus untuk komoditi yang bukan petikemas. Tak sungguhan 24 jam bekerja tanpa henti karena masih diperlukan waktu untuk pergantian shift dan istirahat, sehingga jam kerja resmi pusat logistik ini adalah 21 jam. Jadi bila Dolaners berminat blusukan sampai malam, Terminal Jamrud ini masih sibuk dengan para pekerjanya.

Dengan penambahan jam kerja dan alat-alat bantu bongkar muat, aktivitas di Terminal Jamrud seakan tak ada matinya. Bahkan pembongkaran dan pembangunan ulang juga dilakukan di sisi lain Terminal Jamrud. Harapan kedepannya, kinerja terminal ini semakin efektif.


AKTIVITAS

Kuliner
Mumpung masih di Perak, untuk urusan makan, Dolaners mampir saja ke Surabaya North Quay. Lokasinya dekat dengan terminal, jadi Dolaners pasti bisa menemukannya. Di North Quay, pilihan kuliner Dolaners sangat beragam.
Akomodasi
Terminal Jamrud memberlakukan stiker PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak untuk melewati pintu masuk terminal. Bila kendaraan Dolaners tak punya stiker ini, maka akan dikenakan biaya.
Tarif sekali masuk kendaraan roda empat: Rp. Rp. 4.500,-
Tarif sekali masuk kendaraan roda dua: Rp. 3.000,-
Tarif stiker bulanan kendaraan roda empat: Rp. 75.000,-
Kegiatan
Nah, kalau Dolaners berniat blusukan jalan-jalan dan hunting foto sampai malam, jangan salah arah ya, Dolaners. Lokasi gudang baru untuk mendukung pusat logistik berada dibagian selatan dalam terminal dan di luar dermaga, tepatnya di lini kedua. Di area-area ini, kegiatan terminal akan tetap hidup selama hampir 24 jam.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Dolaners yang ingin jalan-jalan dan melihat-lihat Terminal Jamrud, atau mencari spot-spot menarik untuk jadi sasaran kamera, lebih baik datang saat malam hari supaya tidak mengganggu pekerjaan yang berlangsung di terminal. Tentu saat siang hari sekalipun masih boleh datang, tapi Dolaners akan ketinggalan pemandangan lampu-lampu dermaga yang indah saat malam. Sayang untuk dilewatkan.
Tentunya, cara paling mudah menuju ke Terminal Jamrud adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Untuk alasan kemudahan pula, Dolaners bisa menggunakan taksi, baik yang konvensional maupun online. Tapi, Terminal Jamrud juga bisa dicapai melalui beberapa rute dengan mengunakan bus kota. Dari arah RSUD Dr. Soetomo, Dolaners bisa menggunakan bus USP. Kalau dari arah Rumah Duka Adi Jasa, Dolaners memerlukan bus D, C, atau K. Dari arah Cito 21, Dolaners bisa menggunakan bus DKM, PAC8, atau Z1. Bila dari arah Bandara Juanda, Dolaners bisa menumpang bus JND, PAC8, Z1, atau K. Dengan menggunakan bus kota, sebaiknya Dolaners turun di Jl. Perak Barat, sehingga tidak perlu berjalan kaki terlalu jauh ke Terminal Jamrud. Bahkan setelah dari Jl. Perak Barat inipun, Dolaners masih memerlukan waktu sekitar 15 menit jalan kaki hingga sampai di terminal.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link