Terminal Purabaya Surabaya

2620 views

Sempat terpikir menjadikan fasilitas publik seperti terminal sebagai destinasi wisata? Apanya yang menarik dengan terminal? Bukankah yang namanya terminal ya begitu-begitu saja? Oh, tunggu dulu. Terminal di wilayah luar Kota Surabaya ini telah mengalami make over yang sempurna, hingga mungkin Dolaners susah mengenalinya. Yap, Terminal Bungurasih atau Terminal Purabaya kini tampil beda dengan fasilitas dan pelayanan yang jempolan. Mau tahu bagaimana keadaannya sekarang?

Terminal Purabaya, Terminal Purabaya Surabaya, Surabaya, Kota Surabaya, Dolan Dolen Dolaners

photo via andypinaria

Terminal Purabaya lebih dikenal sebagai Terminal Bungurasih bagi kebanyakan orang. Terminal ini yang tersibuk di Indonesia, dan bahkan yang terbesar se-Asia Tenggara. Tercatat ada 120.000 orang yang hilir mudik di terminal ini. Mau bagaimana lagi, memang terminal ini mencakup semua rute, baik jarak jauh (antar kota antar propinsi) dan menengah (antar kota dalam propinsi), maupun jarak dekat (dalam kota).

Bila Dolaners pernah mampir di terminal ini sebelumnya, barangkali yang dirasa adalah sesak, kotor, suram, bahkan mungkin kumuh. Tapi sekarang sudah berbeda jauh, Dolaners. Sekarang Terminal Purabaya lebih bersih, khususnya di ruang tunggu baik lantai satu maupun lantai dua. Fasilitas eskalator juga sudah ada, sementara tangga biasa juga masih tersedia. Selain peningkatan fasilitas interior, eskterior bangunan juga mengalami upgrade. Peningkatan fasilitas juga tampak pada lorong sepanjang 20m yang dinding kanan kirinya terbuat dari kaca. Lorong ini memisahkan jalur bus dengan bangunan utama terminal. Sepanjang lorong ini terdapat pintu masuk menuju jalur bus yang dituju. Barangkali ada sekitar 10 pintu masuk jalur bus, tapi Dolaners tak perlu kuatir salah pintu karena papan petunjuk terpasang dengan sangat jelas. Dibandingkan kondisinya dahulu, Terminal Purabaya sekarang bisa dibilang mirip-mirip bandara.

Selain peningkatan fasilitas, Terminal Purabaya juga meningkatkan kualitas pelayanannya. Jam berapapun Dolaners ada di terminal ini, 40 orang petugas siap bekerja di seluruh gate, baik gate keberangkatan maupun gate kedatangan. Memang, seluruh petugas diatur untuk bekerja dalam tiga shift sehari. Tak hanya jumlah personel, petugas-petugas Terminal Purabaya juga dilengkapi dengan segway sebagai bagian dari fasilitas pekerjaan mereka. Segway ini membantu pekerjaan para petugas menjadi lebih cepat dalam membantu para pengguna terminal, serta meningkatkan jangkauan kerja. Seperti diketahui, terminal ini sangat luas, Dolaners. Bisa sehat banget kalau para petugas ini selama jam kerja wira wiri tanpa henti.


AKTIVITAS

Kuliner
Warung makan selalu tersedia di seluruh terminal di Indonesia. Jadi Dolaners tak perlu kuatir tentang isi perut bila berada di Terminal Purabaya. Dolaners tinggal pilih, mau menu penyetan, rawon, soto, bakso, sate, masakan Padang, atau yang lain. Mau makannya di warung yang mana juga, tinggal pilih.
Akomodasi
Kalau Dolaners datang ke terminal ini hanya untuk melihat-lihat fasilitas barunya, sepertinya tidak ada biaya yang ditarifkan. Kecuali, tentunya, Dolaners memang berniat mobile dengan menggunakan bus umum, ya.
Kegiatan
Dengan situasi dan fasilitas baru yang ada di Terminal Purabaya, Dolaners bisa datang melihat-lihat, sampai menikmati suasananya saja. Kalau suka fotografi, jelas Dolaners punya tujuan yang lebih kongkrit. Tapi ya harus siap dengan resiko ramainya terminal ini, ya.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Untuk mendapatkan pengalaman maksimal di Terminal Purabaya, Dolaners bisa datang ke terminal ini sambil menggunakan fasilitasnya. Dengan kata lain, lakukan perjalanan dengan menggunakan bus umum, daripada sekedar melihat-lihat wajah baru Terminal Purabaya.
Karena terminal ini menjadi rumah induk bagi semua bus ke semua jurusan, Dolaners bisa menggunakan bus jurusan apapun yang tujuan akhirnya adalah Terminal Purabaya. Tapi kalau Dolaners memang hanya ingin melihat-lihat terminal atau hunting foto-foto bagus di terminal yang berada di wilayah luar Kota Surabaya ini, kendaran pribadi akan lebih memudahkan akses perjalanan yang harus ditempuh. Apalagi terminal juga memberi fasilitas parkir yang memadai. Dolaners cuma perlu membayar Rp. 10.000,- untuk biaya parkir selama 24 jam.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link