Umbul Sidomukti

2085 views

Umbul Sidomukti adalah sebuah kolam mata air alami yang berada di atas bukit di gunung Ungaran Jawa Tengah. Umbul Sidomukti sangat bagus karena kolamnya tersusun atas batu batuan yang sangat alami kesannya. Ketinggian Umbul Sidomukti adalah 1200 di atas permukaan laut.

Umbul Sidomukti

Photo by wego.co.id

Semarang memang tak akan pernah sepi dari wisatawan. Kawasan Semarang terdiri dari beberapa wisata, selain wisata sejarahnya, kota Semarang memiliki satu lagi kawasan wisata yang sangat bagus untuk dikunjungi. Wisata air di atas bukit ini dia yang akan kita bahas dalam artikel ini. Pondok Wisata Umbul Sidomukti tak hanya memiliki kolam mata air saja, ada area untuk bersantai atau bermain bersama. Seperti arena flying fox, ATV, camping, dan bisa juga outbound. Tak kalah menyenangkan dengan wisata di Bandung bukan?

Pondok Wisata Umbul Sidomukti juga menyediakan fasilitas taman bermain anak sehingga saat weekend banyak keluarga yang berwisata ke sana untuk menikmati segarnya udara pegunungan dan juga merehatkan otak dari berbagai aktivitas. Umbul sidomukti terletak di kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Dolaners bisa menantang adrenalin dengan bermain rapelling atau flying fox. Seru lagi kalau anda menikmati bersama orang tersayang. Selain hawa sejuk dan pemandangan yang amat indah, di Umbul Sidomukti kita bisa melakukan meeting dan juga menuruni trek yang sangat menantang. Kawasan Umbul Sidomukti berada di ketinggian, maka untuk menempuhnya juga memerlukan perjalanan yang agak rumit, seperti jalan yang sempit dan berkelok kelok. Maka Dolaners yang mau berwisata ke Umbul Sidomukti harus menyiapkan kendaraan yang benar benae sehat mesinnya. Kalau tidak bisa jadi mogok di saat perjalanan menanjak.

Demikian Dolaners info tentang Pondok Wisata Umbul Sidomukti. Semoga menambah wawasan anda tentang info wisata khususnya di kota Semarang Jawa Tengah. Hal yang selalu harus dilakukan adalah menjaga agar tetap wisata bebas dari kriminalitas, bebas dari vandalism, dan juga bebas dari aksi buang sampah semabrangan. Dolaners, ingat ya tetap waspada dengan cuaca menjelang musim penghujan seperti saat ini.


AKTIFITAS

Kuliner
Dolaners tidak perlu khawatir akan kelaparan, karena di kawasan Wisata Umbul Sidomukti ini terdapat banyak tempat makan yang menawarkan beragam menu makanan yang menggugah selera. Mulai dari Kantin, Pondok Lesehan Ikan Bakar Umbul Sidomukri, Pondok Kopi, hingga Coffee Shop 24 jam. Untuk soal harga, Dolaners tidak perlu khawatir karena harganya lumayan terjangkau.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 10.000,-
Biaya Wahana Marine Bridge : Rp. 7.000,-
Biaya Sewa ATV : Rp. 20.000,-
Biaya Wahana Rapeling : Rp. 6.000,-
Biaya Naik Flying Fox : Rp. 12.000,-
Biaya Naik Kuda : Rp. 10.000,- hingga Rp. 15.000,-
Biaya Parkir Kendaraan : Rp. 5.000,-
Kegiatan
Kawasan wisata umbul Sidomukti merupakan salah satu Wisata Alam Pegunungan di Semarang. Di kawasan wisata ini selain melihat pemandangan yang menyejukkan mata dan pikiran, Dolaners juga bisa menikmati beragam wahana seperti Outbond Training, Adrenalin Games, Taman Renang Alam, Camping Ground, Pondok Wisata, Pondok Lesehan, serta ada pula Meeting Room. Ada empat buah kolam yang bertingkat dan dapat Dolaners pilih sesuai kedalaman yang diinginkan. Airnya sangat dingin, jernih dan menyegarkan. Selain itu ditambah pula dengan beberapa sarana olahraga menantang keberanian di sisi kolam. Terdapat lintasan flying fox dengan dua pilihan track, marine bridge di lembah, rapeling menuruni lembah sisi kolam, dan ATV, kolam renang alami dan jalur trekking. Taman renang umbul alam Umbul Sidomukti terletak di lereng gunung ungaran dengan ketinggian 1200 dpl, tentu saja sudah terbayang view yang akan Dolaners dapatkan ketika sedang berada disini. Flying fox dengan panjang lintasan 110 meter, dengan jarak ketinggian dari titik terendah lembah sekitar 70 meter. Flying fox ini menyeberangi lembah, jadi Dolaners seakan berpindah dari lereng bukit ke bukit di seberang dengan bergantung pada dua utas tali dan pengaman serta helm.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Umbul Sidomukti dapat ditempuh dari arah Semarang menuju Solo, sampai menemukan pom bensin Lemah abang di sisi kiri jalan, belok kanan menuju ke arah Bandungan. Sampai di Pasar Jimbaran di sisi kiri, akan ada gang bertuiskan sidomukti di sisi kanan dengan jalan menanjak. Di sepanjang jalan kecil ada beberapa papan petunjuk untuk sampai ke Taman Renang Alam Umbul Sidomukti, Desa Sidomukti, Bandungan, Semarang.
Dolaners bisa menggunakan trasportasi pribadi maupun umum untuk sampai ke Wisata Umbul Sidomukti ini. Jika menggunakan transportasi umum, yakni dari Terminal Terboyo naik bus jurusan Solo dan turun di kawasan Unggaran. Kemudian turun di perempatan pemberhentian angkutan jurusan Bandungan, Dolaners harus naik angkutan jurusan Bandungan ini. Kemudian turun di pasar jimbaran dan naik ojek menuju ke Wisata Umbul Sidomukti.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link