Waduk Jatibarang

843 views

Waduk yang lebih dikenal berada di Gunungpati Semarang, Waduk Serbaguna Jatibarang ini sangat ramai dikunjungi warga Kota Semarang dan sekitarnya, terutama pada akhir pekan.

Waduk Jatibarang

Photo by hellosemarang.com

Waduk Jatibarang merupakan sebuah waduk yang memakan waktu selama kurang lebih 4 tahun dalam masa pembangunannya. Waduk Jatibarang dibangun mengelilingi Goa Kreo. Berlokasi di Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Goa Kreo dan Waduk Jatibarang dapat diakses melalui Kalibanteng. Dari situ, ambil arah Jalan Abdul Rahman Saleh lalu ikuti terus jalan yang menuju ke Gunung Pati. Sesampainya di Desa Sadeng, cari pintu gerbang bertuliskan Desa Wisata Kandri. Dari situ kemudian belok kanan. Ikuti jalan hingga menemukan loket penjualan tiket Wisata Waduk Jatibarang. Waduk atau bendungan dengan luas genangan 189 Ha dan luas daerah tangkapan 54 KM persegi ini mulai beroperasi sebagaimana fungi sebenarnya. Beberapa fungsi utaman dari waduk dengan daya tampung 20,4 juta meter kubik ini selain untuk mengatasi masalah banjir, juga menjadi spot memancing yang digemari para pemancing mania.

Dan tak disangka, Waduk Jatibarang ini bahkan sekarang menjadi salah satu objek wisata baru di kota Semarang yang sering dijadikan jujugan bagi para pecinta fotografi. Hal ini karena pemandangan yang ditwarkan begita menyejukkan mata, hijaunya hamparan perbukitan semakin indah dilihat ketika sore hari. Yang menjadi lebih istimewa adalah di bagian tengah Waduk Jatibarang Semarang ini terdapat Gia Kreo yang menjadi hunian bagi para kera. Dolaners bisa melewati waduk dengan menyeberang jembatan nan artistik. Kehadiran waduk membuat Dolaners yang langganan berlibur ke Goa Kreo semakin betah untuk berlam lama. Udara segar, gemericik air, kicau burung, semua itu bisa dinikmati di sini. Uniknya, di kawasan wisata yang satu ini Dolaners bisa bermain dengan kera yang sudah sangat jinak dengan setiap pengunjung yang datang. Tak hanya itu di waduk ini, Dolaners juga dapat mengelilingi waduk dan juga mengitari pulau kreo ini menggunakan perahu perahun yang dioperasikan oleh warga sekitar.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke wisata Waduk Jatibarang ini tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah. Hal ini karena di sekitar kawasan wisata Waduk Jatibarang ini sudah tersedia beberapa warung yang menjual aneka hidangan masakan yang lezat untuk mengisi perut yang sedang lapar. Mulai dari aneka masakan khas jawa, hingga aneka olahan ikan air tawar ada disini. Soal harga tak perlu khawatir, karena harga yang ditawarkan cukup terjangkau.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk Waduk Jatibarang : Rp. 5.000,-
Biaya Parkir Kendaraan : Rp. 3.000,-
Biaya Perahu : Rp. 10.000,- per orang
Kegiatan
Waduk Jatibarang dibangun mengelilingi Goa Kreo. Dolaners bisa melewati waduk dengan menyeberang jembatan nan artistik. Kehadiran waduk membuat Dolaners yang langganan berlibur ke Goa Kreo semakin betah untuk berlam lama. Udara segar, gemericik air, kicau burung, semua itu bisa dinikmati di sini. Uniknya, di kawasan wisata yang satu ini Dolaners bisa bermain dengan kera yang sudah sangat jinak dengan setiap pengunjung yang datang . Memancing juga merupakan kegiatan favorite di tempat ini. Selain menikmati keindahan alam yang dihadirkan di Waduk Jatibarang, Dolaners juga wajib melakukan kegiatan hunting foto. Tak hanya itu di waduk ini, Dolaners juga dapat mengelilingi waduk dan juga mengitari pulau kreo ini menggunakan perahu perahun yang dioperasikan oleh warga sekitar.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Berlokasi di Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Goa Kreo dan Waduk Jatibarang dapat diakses melalui Kalibanteng. Dari situ, ambil arah Jalan Abdul Rahman Saleh lalu ikuti terus jalan yang menuju ke Gunung Pati. Sesampainya di Desa Sadeng, cari pintu gerbang bertuliskan Desa Wisata Kandri. Dari situ kemudian belok kanan. Ikuti jalan hingga menemukan loket penjualan tiket Wisata Waduk Jatibarang.
Bagi Dolaners yang menggunakan transportasi umum maka bisa naik taxi atapun ojek untuk samapi ke lokasi Waduk Jaribarang, hal ini karena hingga saat ini belum ada angkutan umum yang bisa mengantar Dolaners untuk bisa sampai ke objek wisata yang satu ini. Oleh karena itu lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link