Warung Acil Galuh

609 views

Coba tebak, makanan apa yang bikin kenyang, berkuah gurih, dan pas dinikmati anget-anget saat cuaca sedang rintik hujan? Soto! Makanan khas nusantara ini ada di berbagai kota. Uniknya, meskipun namanya tetep soto, gak ada soto yang sama persis di satu kota dengan kota lain. Soto yang terasa sedap bagi lidah warga Malang jelas beda dari soto di kota lain. Tapi soto banjar yang satu ini diterima dan dikangenin di Kota Malang. Mau tahu soto banjar yang mana?

Warung Acil Galuh, Warung Acil Galuh Malang, Malang, Dolan Dolen, Dolaners

photo via haloacilgaluh

Soto. Makanan berkuah gurih ini nikmat dilahap saat masih hangat, apalagi saat cuaca mendung atau bahkan hujan tanpa henti. Dan tak sekedar soto, yang paling pas buat mengisi perut sampai kenyang adalah soto banjar. Tak perlu jauh-jauh ke Kalimantan, di Kota Malang sudah ada Warung Soto Banjar yang terkenal bikin nagih dan balik, Warung Acil Galuh.

Warung Acil Galuh berkembang dari sebuah jasa katering 27 tahun silam. Warung Soto Banjar ini kini menjadi favorit penggemar soto banjar di Kota Malang karena kualitasnya yang bertahan selama sekian puluh tahun. Ditambah pula, racikan soto banjarnya diracik khusus hingga sesuai dengan selera lidah Malang. Seporsi Soto Banjar Acil Galuh  berisi suwiran daging ayam, bihun, dan teluar ayam. Penyesuaian dengan selera Malang misalnya, tak ada lagi tambahan susu kental manis ke dalam kuah Soto Banjar Acil Galuh. Soto banjar di Warung Acil Galuh ini dihidangkan dengan ketupat, serta tak ketinggalan pula, perkedel yang sudah dipotong-potong. Kalau ketupat, mungkin Dolaners sudah terbiasa dengan rasa lontong. Teksturnya aja beda dikit. Tapi kalau perkedel, mungkin terasa baru ketika teksturnya sudah lumat di dalam kuah soto. Uniknya, tetep enak!

Tak hanya soto banjar, Dolaners bisa mengenyangkan perut dengan nasi rendang ayam yang nikmat di Warung Acil Galuh. Menu-menu lezat yang bikin kenyang ini bisa dinikmati di warung dua lantai yang sederhana, tapi tetep nyaman. Bila lantai satu penuh, Dolaners bisa naik ke lantai dua yang lebih lapang. Didominasi warna putih, kesan yang terasa saat tiba di Warung Acil Galuh adalah bersih. Penting banget kalau udah nyangkut makanan kan, Dolaners?

Konon, katanya, acil adalah Bahasa Banjarnya tante. Sedangkan galuh dalam Bahasa Banjar berarti cantik. Nah, Dolaners asli Banjar atau bisa Bahasa Banjar? Bener gak nih, artinya Acil Galuh adalah tante cantik?

MENU UNGGULAN

  Semua Menu     Petunjuk Arah


Kuliner
Karena ini Warung Soto Banjar, tentulah yang wajib dicoba adalah menu-menu khas Banjar. Misalnya saja, Dolaners bisa incip Soto Banjar, Nasi Kuning Ayam dan Telur Masak Habang, atau Nasi Rendang Ayam serta Lontong Sayur, dengan harga yang terjangkau.
Akomodasi
Makanan:
Lontong Sayur Telur: Rp 9.000,-
Nasi Kuning telur: Rp 10.000,-
Lontong Sayur Ayam: Rp 13.000,-
Nasi Kuning Ayam: Rp 14.000,-
Soto Banjar: Rp 15.000,-
Nasi Kuning Ayam + Telur: Rp 16.000,-
Nasi Rendang Ayam: Rp 16.000,-

 

Minuman:
Teh Panas/ Dingin: Rp 4.000,-
Jeruk Panas/ Dingin: Rp 6.000,-
Es Buah Khas Acil Galuh: Rp 8.000,-
Lemon Tea Panas/ Dingin: Rp 8.000,-

Tips Kuliner
Tak cuma bisa dinikmati di warungnya, Soto Banjar Acil Galuh bisa dipesan sebagai hidangan bila Dolaners ada acara makan-makan di rumah, atau sebagai menu katering. Pasti laris tandas, tuh.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Meskipun alamat resmi Warung Acil Galuh berada di Jalan Guntur, Dolaners perlu masuk sedikit ke Jalan Tampomas. Lokasi Warung Soto Banjar ini berada di sekitar seberang Hutan Kota Malabar, dibelakang Bvgil Gelato And Friends. Lokasi yang sedikit mblusuk ini membawa keuntungan tersendiri. Warung Acil Galuh ini terasa tenang buat makan, gak berisik dengan suara kendaraan yang lalu lalang.
Jalan Guntur sebenarnya tak sulit ditemukan. Bila menggunakan kendaraan pribadi, Dolaners hanya perlu lihai memasuki jalan-jalan kecil di Kota Malang dan memperhatikan di mana ruas-ruas jalan satu arah. Jika sudah menemukan lokasi Hutan Kota Malabar, tinggal menyusuri salah sisi hutan kota ini, yang adalah Jalan Guntur. Lurus saja, Dolaners akan melihat Jalan Tampomas bersebelahan dengan Bvgil Gelato And Friends di kiri jalan. Satu-satunya angkot, bila Dolaners naik angkutan umum Kota Malang, yang lewat di Jalan Guntur adalah jurusan MK.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link