Warung Kopi Klotok

468 views

Mengenang kembali rumah lama di desa, mungkin milik eyang, yang menghadap ke pelataran tanah dengan bau khas sawah dan rumput liar yang menguar dari sekitarnya. Sementara di dalam rumah, aroma masakan dari dapur menyebar ke segala sudut, membuat perut seketika keroncongan. Di meja, tampak kopi hitam dalam gelas, khas hidangan kopi pedesaan. Rindu suasana seperti ini, Dolaners? Mungkin rumah eyang sudah tak ada, tapi Dolaners masih bisa ke Warung Kopi Klotok.

Warung Kopi Klotok, Warung Kopi Klotok Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by yuwonooktav

Warung Kopi Klotok ini ada di wilayah Sleman. Saat dolan ke Yogyakarta, sempatkan mampir untuk menikmati kenangan rumah kakek nenek. Tak cuma suasana rumahnya yang berlokasi nyleneh, tapi makanan yang disajikan juga tak kalah unik. Apalagi kalau Dolaners sudah lama terbiasa makan fast food atau makanan resto. Warung Kopi Klotok akan menipiskan rasa rindu Dolaners pada masa-masa tenang di kampung halaman.

Seperti kebanyakan rumah tradisional lain di Yogyakarta, Warung Kopi Klotok berupa rumah joglo yang nyaris tak pernah sepi pembeli. Konsepnya yang open kitchen dan prasmanan sepertinya menjadi janji manis tersendiri bagi setiap pengunjung. Bagaimana tidak, Dolaners bisa melihat langsung semua proses di dapur, tak ada yang disembunyikan. Dan masih bisa menyendok lauk sesuka hati, mau lauk apa atau sebanyak apa. Hati tenang, perutpun senang.

Tak cukup sampai di sini, Dolaners bisa menikmati kopi klotok di dalam rumah joglo, atau di sekitar pekarangannya. Kalau sedang hujan, tentu pilihan lokasi makan ya cuma indoor, di rumah tradisional Jawa yang sekaligus berfungsi sebagai warung ini. Tapi saat matahari sedang bersinar cerah, Dolaners bisa coba menikmati lodeh kental di luar, disela semilir angin yang lepas di halaman. Bila memilih makan di dalam rumah, Dolaners akan ditemani musik keroncong yang mengalun tenang. Tapi kalau di halaman, Dolaners bisa melihat pemandangan puncak Merapi yang tenang diam di kejauhan. Endes!


AKTIVITAS

Kuliner
Akomodasi
Tips Kuliner
Tips BerwisataAkses Transportasi
Tampaknya memang sederhana saja Warung Kopi Klotok ini. Tapi jangan salah, Dolaners. Tiap akhir pekan atau hari libur, mau ambil nasi sama lauk saja, Dolaners bisa berdiri ngantri. Jadi, kalau bisa nih ya, perkirakan waktu saat Warung Kopi Klotok ini tak sedang ramai pengunjung. Misalnya, Dolaners bisa menggeser jam makan sedikit, biar gak bareng-bareng sama orang banyak sampai harus ngantri makan. Waktu yang tak dihabiskan untuk antri makan bisa Dolaners gunakan untuk lanjut dolan di sekitar Warung Kopi Klotok, misalnya ke Museum Gunung Merapi, Museum Ullen Sentalu, atau ke Tlogo Putri.
Mau mampir ke Warung Kopi Klotok? Dari arah Kota Yogyakarta, Dolaners langsung masuk saja ke ruas Jalan Kaliurang. Terus ikuti ruas jalan ini menuju ke arah Sleman. Nanti Dolaners akan melihat The Waroeng of Raminten di kiri jalan, kemudian ada perempatan, dan ada perempatan lagi. Di perempatan kedua ini, persis sebelum SMP 4 Pakem, belok kanan lurus terus sampai Dolaners tiba di area parkir Warung Kopi Klotok.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link