Watu Goyang

Sudah ke mana saja di Bantul, Dolaners? Menjelajah wilayah Bantul, apalagi di Imogiri, seakan tak ada habisnya. Selalu saja menemukan hal baru. Demikian pula halnya dengan keunikan Watu Goyang, destinasi wisata hits di kawasan perbukitan Imogiri. Masih mengusung konsep gardu pandang yang tak lekang oleh waktu, Watu Goyang tak cuma unik dengan batunya, namun juga pemandangan alam yang dihamparkannya di sisi lembah.

Watu Goyang, Watu Goyang Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by gunawanjir

Dolanlah ke Watu Goyang, maka Dolaners akan melihat batu yang bergoyang. Beneran, Dolaners! Ada sebongkah batu di area bukit ini, yang akan bergoyang bila Dolaners menyentuhnya sedikit saja. Tapi meskipun bergoyang-goyang pada posisi yang siap meluncur ke lereng bukit, batu ini tetap tak beranjak dari tempatnya semula. Unik, kan? Bikin penasaran, kan?

Untuk melihat batu unik ini, Dolaners cuma perlu naik ke kawasan bukitnya. Tak terlalu jauh, cuma 10 hingga 15 menit saja jalan kaki menyusuri tangga berundak, Dolaners sudah bisa sampai di puncak bukit. Di perjalanan, Dolaners akan melihat persimpangan. Ke kanan, Dolaners akan tiba di Watu Lincip, sedangkan ke kiri, Dolaners akan tiba di Watu Goyang.

Selain batu yang tak biasa ini, Dolaners bisa melihat pemandangan alam yang terhampar dari ketinggian bukit. Di lembah, tampak  pemukiman Yogyakarta, kerlip lampunya saat malam, hingga semburat senjanya yang memesona. Bila memungkinkan datang dipagi hari, Dolaners dapat melihat matahari terbit atau awan menggantung yang serasa bisa digapai. Selain itu, pemandangan dari bukit berlatar belakang Gunung Merapi seperti ini akan melengkapi selfie kece Dolaners di spot selfie I love you, spot selfie helikopter, atau spot selfie yang lain-lain.

Bila langit sedang cerah, Dolaners bisa melihat makam Imogiri di kejauhan, berwarna putih di puncak lebatnya hijau di sekitarnya. Dolaners juga disuguhi pemandangan hamparan sawah yang berubah warna seiring musim tanam dan hutan pinus yang menghijau sepanjang tahun, pemandangan khas Imogiri yang akan membuat Dolaners kembali lagi ke Yogyakarta.


AKTIVITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Yang lagi hits di Watu Goyang adalah taman bunga mataharinya. Dolaners tentu tahu wisata taman bunga matahari lagi hits nih, di mana-mana. Dan Watu Goyang juga punya taman ngehits ini lho, Dolaners! Tak cuma bunga matahari, tapi juga ada berbagai jenis bunga yang lain. Nah, jadi makin pengen ke Watu Goyang gak, tuh? Serunya lagi, dari Watu Goyang, Dolaners masih bisa ke destinasi-destinasi lain di sekitarnya, seperti Kebun Buah Mangunan, Jurang Tembelan, Panguk Kediwung, dan masih banyak lagi yang lain.
Dari Kota Yogyakarta, diperlukan waktu sekitar 1 jam untuk tiba di Watu Goyang, yang berjarak kurang lebih 30 kilometer. Rute yang ditempuh sama dengan rute menuju Kebun Buah Mangunan, dan dekat dengan jalan raya wisata, jadi Dolaners pasti bisa menemukan pintu masuk menuju Watu Goyang ini dengan mudah. Dari Kota Yogyakarta, Dolaners masuk di Ringroad Selatan. Sesampainya di perempatan terminal Gawangan, ambil arah Jalan Imogiri Timur. Terus saja hingga sampai di pertigaan pasar Imogiri, ambil arah ke Desa Mangunan. Terus lanjutkan perjalanan sampai Dolaners melewati Warung Bumi Langit, lanjut sedikit lagi, Watu Goyang berada tak juah setelahnya.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link