Wisata Air Panas Ciwalini

2791 views

Wisata Air Panas Ciwalini berada dalam kawasan perkebunan teh Walini yang berhawa sejuk. Lokasi wisata ini ditempuh sejauh 35 km dari kota Bandung. Letak Wisata Air Panas Ciwalini ini berada di kaki Gunung Patuha dan sumber air panasnya juga berasal dari gunung tersebut.

Wisata Air Panas Ciwalini

Photo by rancawalini.com

Daerah Ciwidey Bandung terdapat sumber air panas alami, salah satunya adalah air panas Ciwalini. Pemandian air panas Ciwalini mempunyai dua kolam renang air hangat untuk dewasa dan anak-anak. Selain dapat menikmati kenyamanan saat berendam di pemandian air panas Ciwalini, Dolaners juga akan dapat menikmati pemandangan hijau kebun teh Rancabali di sekitarnya. Wisata Air Panas Ciwalini ini banyak dikunjungi para wisatawan yang ingin menikmati nikmatnya berendam di pemandian air panasnya yang jernih.

Kebanyakan wisatawan meyakini bahwa air panas tersebut bermanfaat untuk kesehatan. Di lokasi wisata tersebut juga tersedia tempat berendam tertutup bagi Dolaners yang menginginkan kenyamanan privasi. Pemandian tertutup tersebut ukurannya sama dengan umumnya kamar mandi dengan bath up yang berisi air panas. Kelebihan Wisata Air Panas Ciwalini Bandung adalah airnya yang jernih dan tidak beraroma belerang yang menyengat.

Namun bagi Dolaners yang tidak menginginkan berendam tetap bisa menikmati hijaunya kebun teh di sekitar Wisata Air Panas Ciwalini dengan duduk-duduk bersantai di gubuk yang tersedia di sekitar kolam air panas tersebut. Selain itu Dolaners juga dapat menikmati aneka permainan yang ada di lokasi wisata tersebut seperti flying fox, berkendara ATV, atau mungkin Dolaners dapat berkunjung ke area agrowisata di sekitar lokasi Pemandian Ciwalini Bandung untuk mengetahui bagaiman proses pembuatan teh dan bersantai menikmati seduhan teh khas Ciwalini.

Teh khas Ciwalini merupakan hasil olahan teh yang diproduksi langsung perkebunan teh sekitar Ciwalini. Teh ini menjadi andalan daerah Ciwalini. Bahkan ketika Dolaners memasuki tempat Pemandian Air Panas Ciwalini Ciwidey akan mendapat souvenir langsung berupa teh Walini. Teh ini Dolaners dapatkan secara gratis di lokasi wisata air panas ini. Teh Walini merupakan kombinasi dari bahan baku teh asli perkebunan teh Walini yang berkualitas ekspor dengan kreativitas para pakar teh Indonesia.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke Wisata Air Panas Ciwalini tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di dalam area bermain ini sudah tersedia banyak warung makan dan kios kios yang menyediakan beragam pilihan kuliner, dari mulai yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Sedangkan untuk Dolaners yang ingin membawa buah tangan saat kembali dari berlibur, di Wisata Air Panas Ciwalini ini juga tersedia beragam kios yang menjajakan beragam pilihan oleh-oleh. Mulai dari beragam jenis souvenir, makanan ringan maupun tanaman hias dijajakan disini.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 20.000,-
Biaya Parkir Kendaraan Roda 2 : Rp. 3.000,-
Biaya Parkir Kendaraan Roda 4 : Rp. 5.000,-
Biaya Parkir Kendaraan Roda 6 : Rp. 20.000,-
Biaya Permainan Flying Fox : Rp. 40.000,-
Biaya Permainan Go Kart : Rp. 15.000,- per 3 lap
Biaya Sewa ATV : Rp. 75.000,- per 3 jam
Kegiatan
Lokasi wisata Pemandian Air Panas Ciwalini Ciwidey ini berada di hamparan perkebunan teh Rancabali yang tentunya memiliki pemandangan alam yang luar biasa. Kolam Renang di lokasi Wisata Air Panas Ciwalini terdapat dua buah kolam renang berair hangat yaitu untuk dewasa dan anak-anak. Di kolam tersebut terdapat papan seluncuran sama seperti yang ada di kolam renang pada umumnya meskipun berukuran lebih kecil. Berendam air hangat khas Ciwalini Ciwidey sembari menikmati segarnya hamparan kebun teh, pasti akan membuat hati dan pikiran sobat kembali fresh. Selain 2 kolam renang pemandian Ciwalini tadi, terdapat pula tempat berendam tertutup atau pribadi yang berbentuk seperti kamar mandi dengan bath-up yang diisi dengan air panas Ciwalini. Meskipun panas, namun air kolam Ciwalini tidak tercium bau belerang dan sangat jernih. Gubuk Di sekitar kolam renang terdapat taman yang disana berdiri beberapa gubuk-gubuk dari kayu dengan beratap ilalang. Biasanya pengunjung yang tidak berendam menikmati panorama alam disini dengan bersantai di gubuk-gubuk tersebut. Selain itu semua, di lokasi Wisata Air Panas Ciwalini ini terdapat beberapa sarana outbound seperti flying fox dengan panjang lintasan 300 meter dan memanjang diatas kebun teh. Pasti pengunjung akan merasakan sensasi yang luar biasa bila bermain flying fox disini. Selain flying fox, terdapat juga beberapa jenis olahraga otomotif yang disediakan disini seperti ATV, motocross, go kart, sepeda, dan trampoline. Harga yang ditawarkan beraneka ragam, seperti flying fox dengan panjang 300 meter. Tidak jauh dari Wisata Air Panas Ciwalini, terdapat beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi yaitu, Bumi Perkemahan Ranca Upas, Air Panas Cimanggu, wisata petik strawberry, Situ Patenggang, dan tentunya Kawah Putih.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Bagi Dolaners yang ingin menuju lokasi Wisata Air Panas Ciwalini, apabila Dolaners berasal dari Jakarta dapat melewati tol Cipularang, kemudian keluar melalui gerbang pintu tol Kopo. Setelah Dolaners keluar dari gerbang tol kemudian melewati Jl Terusan Kopo – Soreang, kemudian lanjutkan perjalanan dan ambil belokan ke kanan untuk menuju jalan Soreang. Dari Soreang kemudian menuju Ciwidey, terus mengikuti jalan yang menanjak dan berkelok dengan kondisi jalan yang terbilang cukup mulus, maka sampailah Dolaners di pintu masuk Wisata Pemandian Air Panas Ciwalini.
Untuk dapat sampai ke wisata Kebun Binatang Bandung Dolaners tidak perlu khawatir karena selain kendaraan pribadi, kedaraan umum juga bisa menjangkau lokasi ini. Jika Dolaners menggunakan kendaraan umum dari Jakarta pejalan bisa naik bus dari Terminal Kampung Rambutan, bisa juga naik dari Cawang (yang langsung masuk tol), dari Terminal Pulo Gadung (diantaranya bus Patriot), Terminal Lebak Bulus, Terminal Kalideres, Tangerang, atau dari Terminal Baranangsiang Bogor menuju ke Terminal Leuwipanjang Bandung (ongkos sekitar Rp. 50.000). Dari Terminal Bus Leuwipanjang Bandung, bisa naik angkot ELF atau Bus Putra Setia jurusan Bandung — Ciwidey, turun Ciwidey dengan ongkos Rp. 6.000. Dari Ciwidey naik angkot Jurusan Ciwidey – Situ Patengan dengan onkos Rp. 6.000, turun di jalan masuk ke Pemandian Air Panas Ciwalini yang berada di sebelah kanan jalan.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link