Wisata Alam Curug Gedhe Yogyakarta

403 views

Apa yang muncul di pikiran kalau Dolaners mendengar tentang Gunung Kidul? Pegunungan kapur? Kekeringan? Eitts, tunggu dulu. Ada air terjun loh di Gunung Kidul. Salah total kalau Gunung Kidul cuma diasosiasikan dengan kekeringan. Memang air terjunnya musiman, sih. Tapi keindahan panoramanya tak kalah sama air terjun di wilayah lain. Bahkan saat airnya menyusut sekalipun, kawasan air terjun ini masih bermanfaat. Inilah Curug Gedhe.

Curug Gede, Curug Gede Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo by dyahayumeilindasari

Di kawasan Perbukitan Patuk Gunung Kidul, mengalirlah Sungai Gembyong. Sungai ini menghasilkan beberapa air terjun, dan yang tertinggi adalah Curug Gedhe atau Air Terjun Gedhe. Air terjun setinggi lebih dari 25 meter ini berada tak jauh dari Gunung Api Purba Nglanggeran. Suasana purba bebatuan kapur khas Gunung Kidul bahkan masih terasa di area air terjun, hingga Curug Gedhe juga dikenal dengan Curug Purba.

Menariknya, destinasi wisata alam ini dikelola oleh warga sekitar tanpa sokongan pemerintah. Keren, kan? Tapi ya… Dolaners harus bisa berpuas hati dengan fasilitas seadanya. Setelah parkir kendaraan di halaman rumah warga, Dolaners akan melanjutkan perjalanan menuju Curug Gedhe dengan berjalan kaki melintasi jalan setapak tanah. Pastinya, jalan tanah ini licin bila hujan baru reda. Medan yang menantang tak berhenti sampai di sini. Berikutnya, Dolaners harus melintasi tebing yang cukup curam. Warga sudah memasang tali yang bisa digunakan untuk membantu Dolaners berpegangan dengan aman, tapi jelas masih membutuhkan kesigapan untuk melalui track ini. Setibanya di lokasi, Dolaners akan menjumpai sebuah air terjun yang dikelilingi oleh tebing batu kapur, disambung dengan rimbunnya semak belukar. Di bagian dasar air terjun, terdapat sebuah kolam air dengan kedalaman 2 hingga 3 meter, yang bisa jadi kolam renang menyegarkan asalkan Dolaners termasuk perenang handal.

Perlu dicatet, air terjun ini bersifat musiman, yang berarti hanya mengalir saat musim penghujan saja. Jadi perhatikan musim kalau berencana dolan ke Curug Gedhe ya, Dolaners. Gak lucu kan, kalau Dolaners sudah jauh-jauh ke lokasi, tapi cuma mendapati tebing kering? Meskipun katanya sih ya, air terjun ini tak pernah benar-benar kering saat musim kemarau. Terlepas dari debit air terjunnya, lokasi ini terkadang menjadi pilihan para pecinta alam untuk berlatih rapelling. Bahkan kawasan air terjun purba ini juga bisa digunakan untuk outbound. Bisa jadi, saat Dolaners tak dapat view air terjunnya, masih ada hal lain menarik di Curug Gedhe.

Asiknya, air yang mengalir di Sungai Gembyong dan berujung pada Curug Gedhe ini masih bersih alami. Jadi saat aliran curug ini sedang deras, Dolaners bisa sekalian mengguyur badan dengan airnya yang segar. Tapi warna air Curug Gedhe terpengaruh oleh seberapa derasnya hujan. Kalau Dolaners tiba di lokasi sehabis hujan deras, tentu air terjunnya takkan sebening ketika hujan sekedar rintik.


AKTIVITAS

Kuliner
Destinasi wisata alam ini masih dikelola dengan sangat sederhana, bahkan kedai atau warang makan sekalipun belum ada. Jadi Dolaners harus siap dengan perbekalan sendiri.
Akomodasi
Ada loket masuk sebelum Dolaners sampai di area air terjun.
Kegiatan
Suka main air? Dolaners bisa main air sepuasnya di Curug Gedhe. Airnya masih bersih, bebas polusi, aman untuk berenang. Tapi tetap hati-hati, ya. Dan jangan lupa kegiatan wajib yang satu ini, selfie!
Tips BerwisataAkses Transportasi
Karena Curug Gedhe ini air terjun musiman, pastikan Dolaners main ke destinasi wisata alam ini saat musim penghujan. Untuk mendapatkan view yang maksimal, paling pas dolan ke Curug Gedhe saat pertengahan musim hujan. Dolaners bisa juga menyusuri air terjun lain yang berasal dari Sungai Gembyong. Tak terlalu jauh dari Curug Gedhe, Dolaners akan menemukannya dengan mudah dengan bantuan warga setempat.
Dolaners bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewa. Menuju Curug Gedhe, Dolaners ambil saja rute yang searah dengan Gunung Api Purba Nglanggeran. Di perempatan Nglanggeran, belok kiri menuju Curug Gedhe. Mudah, bukan?

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link