Wisata Danau Tempe

1285 views

Danau Tempe adalah danau yang terbentuk secara alami yang ada di Kabupaten Wajo, Makassar. Danau Tempe ini menjadi salah satu obyek wisata yang banyak menjadi pusat perhatian para wisatawan. Wisata danau Tempe Makassar ini merupakan salah satu danau alami terbesar yang ada di Pulau Sulawesi. Danau ini tak hanya menjadi obyek wisata tujuan para wisatawan domestik tetapi juga wisatawan mancanegara.

Wisata Danau Tempe

Photo by wikimedia.org

Wisata Danau Tempe Makassar merupakan danau yang memiliki hasil ikan air tawar yang sangat melimpah. Bahkan menjadi komoditas ekspor ke negara Eropa dan Amerika. Ada salah satu ikan air tawar yang terbilang langka ada di Danau Tempe yaitu ikan Bale Bungo. Ikan ini sangat jarang ditemukan di perairan air tawar tempat lain. Selain adanya potensi sumber daya alam yang dihasilkan, Wisata Danau Tempe Makassar juga menarik dijadikan tempat rekreasi Dolaners.

Di wilayah perairan wisata Danau Tempe juga menyuguhkan keunikan yang menarik perhatian. Dolaners akan menjumpai banyak rumah apung di atas perairan danau Tempe. Rumah-rumah tersebut merupakan rumah singgah bagi para nelayan daerah Wajo. Sebab pekerjaan utama penduduk sekitar adalah mencari ikan di danau tersebut. Dolaners dapat menyewa perahu motor milik warga sekitar untuk mengantar berkeliling sekitar Danau Tempe. Di tempat wisata Danau Tempe Makassar tersebut Dolaners tak hanya berkeliling menyusuri luasnya danau. Namun Dolaners yang punya hobi memancing bisa juga melakukannya sembari duduk di atas perahu. Menariknya Dolaners juga dapat berkunjung ke rumah-rumah terapung di sekitar danau sambil menikmati keindahan danau Tempe.

Keindahan obyek wisata Danau Tempe Makassar ini juga menyuguhkan pemandangan cantik ketika matahari tenggelam. Dolaners bisa menikmatinya di atas perahu atau duduk di rumah-rumah apung yang ada di sekitar Danau Tempe. Selain keindahan tersebut ada keunikan berupa tradisi masyarakat sekitar Danau Tempe. Pada bulan Agustus di lokasi Danau Tempe Makassar ini akan diadakan acara Maccera Tappareng yaitu upacara mensucikan danau dengan melakukan pemotongan sapi. Pada acara tersebut Dolaners dapat melihat berbagai atraksi yang menarik seperti lomba perahu, menghias perahu, menabuh lesung, tari bissu, serta berbagai acara tradisional lainnya. Menarik bukan. Bila Dolaners berkunjung ke Makassar, tentu sangat sayang melewatkan obyek wisata Danau Tempe ini.


AKTIFITAS

Kuliner
Untuk urusan makan, Dolaners tidak perlu khawatir. Karena di kawasan Wisata Danau Tempe ini banyak berdiri tempat makan, bahkan yang istimewa disini banyak rumah makan apung yang siap untuk menerima kunjungan Dolaners. Menu hidangan yang ditawarkan juga bermacam macam. Soal harga tidak perlu khawatir karena cukup ramah dikantong.
Akomodasi
Biaya Naik Perahu : mulai Rp. 50.000,-
Kegiatan
Selain banyak terdapat spesies ikan air tawar, di Danau Tempe juga bisa Dolaners temui keunikan yang lain. Di tengah danau Dolaner bisa jumpai ratusan rumah terapung milik nelayan yang berjejer dengan dihiasi bendera yang berwarna-warni. Dari atas rumah terapung itu, pengunjung dapat menyaksikan terbit dan terbenamnya matahari di satu posisi yang sama, dan juga bisa menjumpai berbagai bunga air serta beberapa jenis burung yang jarang ditemui. Burung-burung tersebut berpindah dari benua satu ke benua yang lain, dan Danau Tempe menjadi tempat persinggahan burung-burung tersebut. Selain itu, Dolaners bisa berkeliling menikmati keindahan alamnya dengan menggunakan perahu, sambil memancing ikan. Setiap tanggal 23 Agustus, Dolaners bisa melihat pemandangan yang luar bisa karena di sini diadakan sebuah ritual tahunan untuk menyucikan danau yang disebut dengan Maccera Tappareng. Kepala nelayan akan menyembelih seekor sapi, setelah itu akan ada banyak pertunjukan seni dan budaya serta berbagai lomba.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Danau ini terletak 7 km dari Kota Sengkang, ibukota Kabupaten Wajo. Untuk mencapai tempat ini, dari Kota Sengkang ke Sungai Walennae dapat ditempuh melalui jalur darat dengan menggunakan mobil pete-pete (mikrolet). Dari Sungai Walennae menuju ke Danau Tempe Makassar ditempuh selama 30 menit dengan menggunakan perahu motor atau katinting, dengan biaya sekitar Rp. 50.000,- hingga Rp. 75.000,- per-orang
Untuk dapat sampai ke kawasan Wisata Danau Tempe ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih. Bagi Dolaners yang ini menggunkana transportasi umum, maka bisa menggunakan taxi, ojek dan angkutan umum. Setelah itu Dolaners bisa melanjutkan perjalanan menyebrangi Sungai Walennae dengan menggunakan perahu motor.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link