Wisata Gunung Sibayak

1824 views

Pemandangan matahari yang terbit dari puncak gunung akan membuat para Dolaners terpesona melihatnya. Silaunya sinar matahari yang menyentuh wajah Dolaners akan memberikan suasana yang hangat dan menggantikan udara yang dngin yang sudah semalaman sudah menyelimuti selama perjalanan.

Wisata Gunung Sibayak

Photo by dvinugspt.wordpress.com

Gunung Sibayak merupakan kelas gunung yang berapi dan masih aktif serta mempunyai uap yang panas. Letusan Gunung Sibayak yang terjadi beberpa waktu lalu, sangat mengguncang bebatuan yang ada dipuncak gunung. Dengan kondisi bebatuan yang tidaklah beraturan, justru ini menjadi sebuah keunikan tersendiri yang sangat menarik untuk para Dolaners untuk menguji adrenalinnya untuk menaklukkan Gunung Sibayak ini untuk mencapai puncaknya.

Akan ramai para pendaki untuk memilih mendaki pada malam hari hanya untuk melihat sunrise. Untuk idealnya sebaiknya Dolaners berangkat melakukan pendakian mulai pukul 02.00 dini hari, namun jagan khawatir, karena suasana pada malam hari tetap akan membuat para Dolaners terpukau. Ditambah dengan lampu-lampu dirimah penduduk yang akan menerangi langit gunung sibayak.

Selain keindahan di puncak Gunung Sibayak, ada aliran air pada sela-sela bebatuan gunung yang sungguh menyegarkan. Aliran air ini banyak dimanfaatkan oleh penduduk untuk dijadikan sumber air minum. Airnyapun dingin dan sangat jernih. Kawasan lain yang ada di gunung sibayak yang biasanya sering kali dijadikan untuk berfoto untuk para Dolaners adalah pada kawah gunung sibayak. Didalam kawah tersebut terdapat batu cadas dengan kawah belerangnya.

Untuk lokasi gunung sibayak berada didataran tinggi karo Sumatra Utara. Ketinggian gunung sibayak ini yang biasanya dibuat untuk pendakian sekitar 2.094 meter. Untuk jalur ttransportasinya dari kota Medan Dolaners akan menempuh jarank yang kurang lebih sekitar 77 kilometer dengan waktu sekitar 2 jam agar sampai ke berastegi. Dolaners dapat memilih untuk memakai kendaraan yang roda 2 atau roda 4. Dan untuk mencapai lokasi terdapat dua jalur yaitu desa berastegi atau desa semangat gunung. Namun untuk menuju lokasi Dolaners harus melewatti jalan setapak di sepanjang hutan tropis dengan hamparan tebing yang curam.

Harga tiket untuk masuk kelokasi 2000 rupiah per orang. Di sekitar kawasan Gunung Sibayak disediakan fasilitas penginapan yang terletak didekat objek wisata tersebut.


AKTIFITAS

Kuliner
Dolaners tidak perlu khawatir akan kelaparan jika berkunjung ke Wisata Gunung Sibayak ini. Hal ini karena di kawasan Berastagi yang merupakan jalur menuju ke Wisata Gunung Sibayak ini terdapat banyak tempat makan. Di sini pula Dolaners bisa mengisi perbekalan yang dibutuhkan untuk mendaki puncak gunung.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 4.000,-
Kegiatan
Seperti kebanyakan wisata gunung pada umumnya, di Wisata Gunung Sibayak ini Dolaners bisa meyaksikan keindahan matahari terbit dari puncak gunung. Selain keindahan pemandangan puncaknya, aliran air dari sela-sela batuan gunung akan sangat menyegarkan Dolaners. Penduduk banyak yang memanfaatkannya sebagai sumber air minum. Air nya dingin dan sangat jernih. Terlepas dari kawasan puncak, Gunung Sibayak masih menyimpan kemegahannya. Kawasan lainnya yang sering dijadikan objek berfoto bagi para pendaki adalah kawah Gunung Sibayak. Di dalam kawah ini terletak batu cadas dengan kawah belerang seluas 40.000 meter. Kandungan solfatara membuatnya tak berhenti menyemburkan uap panas. Bagian yang landainya dapat dijadikan tempat Dolaners untuk beristirahat sejenak di dalam tenda.
Tips BerwisataAkses Transportasi

Akses untuk bisa sampai ke Wisata Gunung Sibayak ini yakni dari Kota Medan menuju Berastagi,  yang berjarak lebih kurang 77 km, dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih dua jam dengan mengendarai kendaraan roda dua atau empat. Untuk mencapai lokasi gunung, dapat melalui rute sebagai berikut :

  1. Jalur Sibayak I, jalur pendakian ini dimulai dari kaki gunung ini, yaitu di desa Raja Berneh atau Berna. Jalur ini melewati tempat pemandian air panas Lau Sidebuk-Debuk.
  2. Jalur Sibayak II, jalur pendakian ini dimulai dari kaki gunung ini, yaitu di desa Jaranguda. Desa ini hanya berjarak 3 km dari kota Brastagi.
  3. Jalur 54, jalur ini dimulai dari kawasan tongkoh (bakaran jagung) yang terletak di jalan raya Medan-Berastagi.
Untuk dapat sampai ke Wisata Gunung Sibayak ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih. Bagi Dolaners yang ini menggunkana transportasi umum, maka dari kota Medan naik angkot atau bus yang menuju ke Brastagi, turun di terminal Brastagi. Dari Brastagi naik angkot atau berjalan kaki ke Desa Jaranguda, dari sini lah perjalanan menuju puncak Dolaners dimulai.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link