Wisata Kalibiru Kulon Progo

1954 views

Wisata alam memang menjadi daya tarik menawan bagi wisatawan. Lelahnya beraktivitas sehari-hari di tengah hiruk-pikuk suasana perkotaan yang ramai membuat kita memutuskan menghabiskan liburan di tempat wisata yang sejuk, alami, dan jauh dari keramaian. Sama halnya di lokasi Wisata Kalibiru Kulon Progo, dolaners akan mendapatkan suasana hijau, sejuk, asri, dan alami yang jauh dari perkotaan.

Wisata Kalibiru Kulon Progo

Photo by paketwisatadieng.com

Wisata Kalibiru Kulon Progo merupakan kawasan wisata berupa hutan alami. Hutan ini terletak di desa Kalibiru. Dulunyan hutan di Kalibiru juga mengalami gersang, butuh waktu berpuluh-puluh tahun untuk menghijaukan kembali kawasan hutan tersebut. Kawasan Wisata Kalibiru Kulon Progo telah dihijaukan dan dikelola oleh masyarakat sekitar sebagai lokasi wisata.

Di desa Kalibiru terkenal dengan keramahan penduduknya, di sana Dolaners akan menikmati kealamian lokasi tersebut. Dari segi perumahan warga desa tak satu pun yang membangun rumah mereka dengan alas beton. Semua dari bahan alami seperti bambu dan kayu dengan model kuno khas Jawa. Bahkan fasilitas yang disediakan pun juga bernuansa tradisional seperti joglo, pondok wisata, dan gardu pandang. Tak hanya itu desa Kalibiru masih menjunjung tinggi kebudayaan tradisional setempat. Di kawasan Wisata Kalibiru Kulon Progo terdapat area outbond, jalur tracking, dan lintasan flying fox yang disediakan bagi wisatawan. Namun yang paling menarik adalah aktivitas saat menjelang sore hari kala suasana alam mulai bersahabat. Dolaners bisa berkunjung ke desa wisata tersebut pada waktu itu.

Di balik hutan Wisata Kalibiru Kulon Progo terdapat sebuah pohon pinus yang menjulang begitu tinggi. Di pohon tersebut terdapat papan yang sengaja di pasang untuk dapat diduduki untuk menikmati pemandangan di bawahnya. Jadi terkesan seperti rumah pohon, hanya saja ini terbuka. Tersedia sebuah jembatan gantung yang dipasang menuju pohon pinus tersebut. Saat duduk di sana Dolaners akan dapat menikmati pemandangan sore di papan yang terpasang pohon pinus. Dolaners dapat melihat pemandangan berupa waduk cantik Sermo dan Gunung Merapi dari kejauhan. Dari menara pandang ini Dolaners dapat menikmati pemandangan yang begitu menawan di bawahnya dengan suasana hening dan sejuk. Begitu molek keindahan alam Kalibiru semakin elok dengan balutan sinar mentari yang keemasan. Lokasi wisata ini bisa Dolaners kunjungi ketika berada di Yogyakarta. Lokasinya pun tak terlalu jauh dari pusat kota. Akan jadi bagi pengalaman tak terlupakan selamanya jika Dolaners berkunjung ke wisata Kalibiru Kulon Progo.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang ingin berkunjung ke Wisata Kalibiru Kulon Progo ini tidak perlu khawatir akan kelaparan, hal ini dikarenakan di kawasan wisata ini sudah terdapat banyak warung makan yang menyediakan aneka makanan dan minuman untuk mengisi perut Dolaners. Harganya pun terbilang cukup ramah di kantong.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 5.000,-
Biaya Parkir Sepeda Motor : Rp. 2.000,-
Biaya Parkir Mobil : Rp. 5.000,-
Biaya Naik Pohon : Rp. 10.000,-
Biaya Flying Fox : Rp. 10.000,-
Biaya Sewa Penginapan per Malam : mulai Rp. 120.000,-
Kegiatan
Kalibiru dengan konsep desa wisata menawarkan beragam aktifitas yang dapat Dolaners lakukan, seperti kegiatan outbound (tersediaflying fox, jembatan gantung), wisata pedesaan, wisata budaya, wisata pendidikan, wisata keluarga, dan juga wisata trekking. Fasilitas yang tersedia pun sudah terkelola dengan baik, tempat makan, tempat pertemuan, mushola, kios-kios penjual makanan, kamar mandi umum. Namun ada satu hal yang sayang untuk Dolaners lewatkan ketika berkunjung ke Desa Wisata Kalibiru, yaitu berfoto di papan kayu yang terpasang di atas pohon di pinggir jurang yang sudah disediakan pengelola. Dengan latar belakang Waduk Sermo, foto tersebut seolah menjadi icon tersendiri bagi Kalibiru, kurang lengkap rasanya jika kita tidak mengambil foto di spot tersebut.
Tips BerwisataAkses Transportasi
Jalur akses ke Wisata Kalibiru cukup mudah. Dolaner bisa menggunakan kendaraan baik roda empat maupun kendaraan bermotor. Dari jogja – wates – waduk sermo atau Jogja – Sentolo – Waduk Sermo. Selain melalui waduk sermo, Dolaners juga bisa datang melalui Arah Clereng, namun jalurnya lebih sepi dan sedikit lebih jauh serta naik turun. (Rute: Jogja – Sentolo – Clereng – Kalibiru). Dolaners harus berhati-hati saat musim hujan, jalan licin dan awas longsoran tanah, jalan berada di tebing. Rute menuju Wisata Kalibiru cukup menanjak, jadi disarankan untuk menggunakan kendaraan ber-cc besar.
Untuk sampai ke Wisata Kalibiru Kulon Progo ini Dolaners bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, baik roda 2 maupun roda 4. Hanya saja disarakan untuk membawa kendaraan pribadi, pasalnya meskipun bisa menggunakan kendaraan umum, namun dirasa kurang praktis karena harus berganti ganti. Dari Jogja Dolaners bisa naik bus menuju ke Terminal Wates, dari sini Dolaners naik angkot menuju ke kawasan Waduk Sermo, atau untuk lebih praktis dari terminal wates Dolaners bisa menggunakan jasa ojek untuk sampai ke Wisata Kalibiru Yogyakarta.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link