Wonorejo Mangrove Ecotourism

1697 views

Surabaya sudah sangat terkenal dengan kebun binatangnya. Dolaners, terutama dari luar kota, pasti meluangkan waktu untuk melihat-lihat koleksi hewan di Kebun Binatang Surabaya. Apa tak bosan dengan wisata alam ke kebun binatang? Dolaners mungkin juga sudah bosan dengan pilihan wisata yang itu-itu saja di dalam kota. Tapi apa Surabaya punya wisata alam lain? Oh jelas! Coba tengok hutan bakau Wonorejo.

wonorejo mangrove ecotourism, hutan bakau, butan mangrove, surabaya, dolan dolen, dolaners

photo by umihabibah.net

Surabaya punya hutan! Agak susah dipercaya, ya? Tapi memang kenyataannya begitu. Ada hutan bakau di Surabaya, dan bisa menjadi pilihan wisata alam bagi Dolaners, tepatnya di wilayah Rungkut. Nama resmi nya, Wonorejo Mangrove Ecotourism. Berusia sekitar tujuh tahun lebih saat ini, hutan Wonorejo ini menjadi satu-satunya hutan mangrove di Surabaya.

Seperti pada umumnya hutan, Wonorejo Mangrove Ecotourism ini memiliki udara yang cukup bersih. Jadi, berwisata alam ke hutan ini merupakan pilihan bijak bila Dolaners sudah terlalu sering menghirup udara kota yang penat dengan polusi. Belum lagi serunya menjelajah hutan mangrove yang tertata ini. Kesunyian dan ketenangan yang ditawarkan alam bakau ini memberikan suasana baru yang berbeda bagi pengunjungnya. Apa saja yang bisa dilakukan di hutan mangrove ini?

Dolaners bisa jalan-jalan santai sepanjang jogging track, dikelilingi pohon-pohon bakau di kanan-kiri dan burung-burung liar yang berkicau bebas. Di ujung liku jalan kayu yang eksotis ini, Dolaners bisa menikmati suasana sunset atau sunrise di dermaga. Di sini ada fasilitas yang cukup lengkap, seperti gazebo, resto, toilet, serta mushala. Dari dermaga, Dolaners bisa berperahu menuju hutan mangrove, dan berpartisipasi aktif menanggulangi pemanasan global dengan ikut serta menanam pohon bakau. Tapi jangan keterusan ya Dolaners! Perahu terakhir yang menjemputmu hanya sampai jam 4 sore.

Sayang sekali, masih banyak sampah plastik berceceran yang mengurangi keasrian wisata alam yang tenang di Wonorejo Mangrove Ecotourism ini. Kesadaran membuang sampah di tempat sampah, atau membawa sampah sendiri sampai menemukan tempat sampah, memang masih sangat rendah. Tapi ini tidak berlaku bagi Dolaners, bukan?


AKTIFITAS

Kuliner
Seiring berjalannya waktu, semakin banyak warung makan yang bisa dijumpai di area wisata alam Wonorejo Mangrove Ecotourism ini. Akan tetapi, sebagian besar menunya adalah seafood. Kalau Dolaners punya alergi dengan jenis makanan ini, sebaiknya membawa bekal sendiri. Makan-makan santai dengan pasangan, kawan, atau keluarga di gazebo pasti bakal jadi pengalaman yang menyenangkan.
Akomodasi
Harga tiket masuk dewasa: Rp. 25.000,-
Harga tiket masuk anak-anak: Rp. 15.000,-
Biaya parkir mobil: Rp. 5.000,-
Biaya parkir motor: Rp. 2.000,-
Kegiatan
Sebagian besar kegiatan yang bisa dilakukan di wilayah hutan bakau ini adalah jalan-jalan. Eits, tapi jangan salah ya. Sekedar jalan-jalan santai ditengah suasana yang tenang dan hijau, udara bersih dan sinar matahari, Dolaners bisa pulang dengan suasana hati yang lebih ringan dan ceria. Bagi Dolaners yang sedang mencari lokasi foto pre-wedding, Wonorejo Mangrove Ecotourism ini bisa jadi pilihan juga, lho!
Tips BerwisataAkses Transportasi
Hutan mangrove ini masih berkembang. Bahkan, beberapa pohon baru masih baru mulai tumbuh. Jadi bantulah mereka dengan tidak membuang sampah sembarangan. Saat siang hari mungkin akan terasa lebih panas dan lembab, jadi gunakan pakaian yang nyaman. Bawa serta topi lebar, sunglasses, losion anti nyamuk, atau apapun yang sekiranya bakal dibutuhkan. Kalau Dolaners bermaksud ke kawasan hutan bakau Wonorejo ini untuk fotografi, pencayahaan siang hari mungkin terasa agak tawar untuk menghasilkan foto-foto yang artistik.
Karena belum seluruhnya beraspal, jalan menuju hutan bakau ini agak becek saat hujan turun. Tapi masih ada ojek, kalau Dolaners tidak menggunakan mobil atau sepeda motor pribadi. Secara umum, akses jalan ke hutan bakau ini cukup baik, apalagi bila Dolaners terhitung pengendara yang handal. Pada beberapa titik, lebar jalan agak menyempit karena masuk wilayah pemukiman penduduk.

 

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link