XT Square

640 views

Suka bingung musti ke mana kalau lagi jalan-jalan di Yogyakarta dalam waktu yang terbatas? Mau ke pusat perbelanjaan, tapi tak cukup waktu untuk menjajal berbagai kuliner yang menggoda. Belum lagi godaan selfie di wilayah-wilayah perbukitan Yogyakarta yang terkenal dengan pemandangan alam dan udaranya yang sejuk. Jadi bagaimana caranya supaya semua misi ini tercapai? Hmm... ada satu destinasi yang punya semuanya, Dolaners. Coba tengok XT Square, yuk!

XT Square, XT Square Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners

photo via maswar_007

XT Square terdengar seperti nama yang tak berada di Yogyakarta ya, Dolaners. Tapi nyatanya, wisata hiburan ini berada di kota yang kental dengan nuansa budaya dan tradisi Jawa. Square-nya memang berbau bahasa non lokal, tapi XT-nya sebenarnya akronim dari Eks atau bekas Terminal. Gak nyangka, kan? Dan ternyata, XT Square punya nama yang lebih membumi, yaitu Pasar Seni dan Kerajinan Yogyakarta atau disingkat PSKY. Tapi mau bagaimana lagi, sepertinya yang lebih mudah diingat dalam benak kekinian ya nama XT Square.

Meskipun namanya terdengar seolah-olah jauh dari nama Jawa, XT Square sebenarnya memiliki konsep yang sederhana saja. Wisata hiburan ini adalah pusat perbelanjaan yang dibangun oleh Pemerintah Kota Yogyakarta untuk UMKM dan UKM, serta dikelola secara modern dan profesional. Destinasi ini pada awalnya terdiri dari 3 zona utama, yaitu 2 zona kerajinan, zona kuliner, dan zona nusantara. Sementara zona fashion dan kerajinan memiliki lebih dari 30 stand, 3D Museum terbagi lagi menjadi zona De Arca dan De Mata yang keduanya sama-sama memiliki spot-spot selfie kece.

Melayani selera kekinian untuk selfie, XT Square menambah zona lagi khusus untuk memuaskan hasrat swafoto generasi millennial. Tak perlu jauh-jauh ke Hutan Pinus Mangunan di Bantul, misalnya. Cukup berada di dalam Kota Yogyakarta saja, dan Dolaners bisa dapet selfie dengan gaya ala-ala Hutan Pinus Mangunan. Tak tanggung-tanggung, Taman Selfie di XT Square ini memiliki 12 spot foto yang semuanya berada dalam satu tema berkonsep petualangan di tengah hutan yang penuh dengan pepohonan pule. Seru, kan?


AKTIVITAS

Kuliner
Nyari lokasi wisata kuliner terbesar se-Yogyakarta? Yap, Dolaners berada di tempat yang tepat. XT Square telah membuka zona kuliner terbaru pada akhir tahun kemarin, yaitu XT Lane, yang berada di antara Blok Kerajinan dan De Mata. Konsep wisata kuliner seluas 1.500 meter persegi ini semi outdoor, jadi Dolaners bisa menikmati makanan enak di udara terbuka Kota Yogyakarta sambil memandangi berbagai kerajinan yang dijajakan. Destinasi wisata kuliner di XT Square ini menampung ratusan meja dan kursi, serta 24 stand kuliner yang pastinya menggugah selera. Tak cuma menu-menu khas lokal seperti sayur lodeh atau brongkos, XT Lane juga menyediakan menu-menu Western seperti steak. Cobain satu-satu ya, Dolaners!
Akomodasi
Harga Tiket Masuk
Senin – Jumat jam 10.00 – 15.00 WIB
De Mata 1: Rp 30.000,-
De Mata 2: Rp 25.000,-
De Arca: Rp 35.000,-
Terusan: 85.000,-
Senin – Jumat jam 15.00 – 22.00 WIB
De Mata 1: Rp 40.000,-
De Mata 2: Rp 30.000,-
De Arca: Rp 50.000,-
Terusan: 100.000,-
Sabtu – Minggu
De Mata 1: Rp 60.000,-
De Mata 2: Rp 40.000,-
De Arca: Rp 60.000,-
Terusan: 120.000,-
Kegiatan
XT Square memiliki konsep what to see, what to eat, and what to buy. Tawaran wisata yang lengkap kan, Dolaners? Setelah puas jalan-jalan, keliling-keliling, dan melihat-lihat, Dolaners bisa makan dengan pilihan menu yang tak terbatas di zona kulinernya. Kemudian, masih ada stand-stand kerajinan lokal yang menawarkan barang-barang khas dari seluruh nusantara – semua dalam satu lokasi! Dan kini, Dolaners malah bisa berswafoto sepuasnya di XT Square. Kurang apa lagi, coba?
Tips BerwisataAkses Transportasi
XT Square berlokasi di kawasan pusat Kota Yogyakarta, dikenal juga dengan nama De Mata Trick Eye Museum.
Dari Titik Nol Yogyakarta, Dolaners ambil arah ke timur di Jalan Jalan Raya Jogja, kemudian belok kanan di Jalan Batikan, lurus terus sampai tiba di persimpangan. Belok kiri masuk di Jalan Veteran, XT Square berada di sisi kanan jalan.

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link