Denpasar

Ekowisata Mangrove Wanasari

3652 views

Ragam tempat wisata yang berbai petualangan memang sangat menarik. Terutama bagi si buah hati. Dengan mengunjungi Ekowisata Mangrove Wanasari, si buah hati akan mendapatkan nilai edukasi berupa konservasi pohon Mangrove dan pengetahuan lain yang berkaitan dengan ekosistem.

Ekowisata Mangrove Wanasari

Photo by anythingbali.com

Bali memang terkenal dengan aneka wisata alamnya yang membahana. Mulai dari wisata alam pantai hingga pegunungan. Namun, ada yang tidak kalah seru dari beberapa tempat wisata tersebut, yakni Ekowisata mangrove Wanasari. Objek wisata ini terdapat di Kabupaten Badung, Bali. Ekowisata Mangrove Wanasari ini muncul karena adanya bantuan dari corporate social responbility (CSR) dari sebuah perusahaan BUMN. Area Ekowisata Mangrove Wanasari ini sering muncul sebagai tempat yang memiliki nuansa petualangan yang kental. Tidak hanya ada deretan hutan mangrove saja disini, melainkan terdapat kolaborasi menarik antara hutan mangrove, restauran, budidaya kepiting dan produk olahan dari tanaman mangrove. Akan menjadi tempat yang menarik untuk Dolaners dan keluarga kunjungi. Putra-putri Dolaners akan belajar tentang ekosistem dan bagaimana cara membudidaya serta merawat ekosistem agar tidak rusak. Ilmu itu lebih baik apabila ditanamkan kepada buah hati sejak dini, sehingga besarnya akan terbekali dengan hal tersebut.

Ekowisata Mangrove Wanasari atau yang dikenal juga sebagai Ekowisata Tuban Bali di kelola oleh kelompok nelayan yang mempunyai kesepakatan untuk menjaga kelestarian hutan mangrove dengan membuatnya menjadi tempat ekowisata. Para nelayan memfungsikan areal hutan bakau sebagai tempat uji coba budidaya kepiting lokal. Dan pada akhirnya para nelayan menemukan sebuah sistem yang tidak merusak habitat dan ekosistem hutan mangrove meskipun dilakukan budidaya kepiting bakau di lahan tersebut, sistem itu disebut sebagai sistem Keramba Kepiting Bakau.

Di Ekowisata Tuban Bali – Nelayan Wanasari ini, pohon mangrove juga di olah menjadi beberapa produk, dan beberapa jenis makanan seperti: sirup, coklat, keripik, kue kering. Dan ada juga produk untuk kecantikan, mulai dari lulur kecantikan, hingga sabun cuci. Ekowisata Mangrove Wanasari Bali juga terdapat beberapa jenis satwa seperti kera, burung dan lainnya. Terdapat juga lokasi untuk penanaman pohon mangrove untuk mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum.


AKTIFITAS

Kuliner
Bagi Dolaners yang sedang berwisata di Ekowisata Mangrove Wanasari ini tidak perlu khawatir kelaparan. Disini tersedia pula tempat kuliner yang pastinya sangat nyaman dan ragam menu yang ditawarkan sangat lezat menggugah selera makan. Tempat makan ini bernama Kampoeng Kepiting. Bahan kepiting yang digunakan merupakan hasil penangkaran nelayan sekitar, jadi sangat segar.
Akomodasi
Biaya Tiket Masuk : Rp. 5.000,-
Kegiatan

Di Ekowisata Mangrove Wanasari ini Dolaners bisa jalan-jalan santai di atas jembatan kayu, memanjang diantara pohon-pohon bakau. Jembatan kayu sepanjang 2 km ini akan membawa Dolaners sampai ke menara pandang. Kalau merasa belum puas mengelilingi hutan bakau, Dolaners bisa lanjutkan dengan mempergunakan kano, sebuah perahu kecil dan dayung yang bisa Dolaners manfaatkan untuk menjelajahi hutan mangrove. Arahkan juga kano Dolaners sampai ke tempat penangkaran kepiting atau ke restoran hutan mangrove dan nikmati kepiting saus tiram atau kepiting goreng.

Di Ekowisata Mangrove Wanasari ini, Dolaners bisa melihat habitat pohon bakau yang sangat banyak dan indah, tak heran lokasi ini selalu dijadikan tempat latar belakang pembuatan foto prewedding. Dan jika Dolaners beruntung Dolnaers bisa melihat kawanan biawak yang sedang mencari makanan di sela-sela hutan bakau. Tak usah khawatir, karena di sepanjang hutan mangrove ini telah di bangun jembatan kayu yang menghubungi daratan pulau Bali hingga ke bibir pantai yang menghadap langsung ke Pelabuhan Benoa.

Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju ke Ekowisata Mangrove Wanasari ialah melalui bundaran keluar jalan tol Bali Mandara, akses masuk menuju hutan mangrove ini ialah melalui jalan By Pass Ngurah Rai sebelah timur dari Simpang Dewa Ruci, tepatnya didepan jalur putaran arus kendaraan.
Untuk menuju ke Ekowisata Mangrove Wanasari Dolaners bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, baik yang roda 2 maupun roda 4. Dolaners bisa menggunakan taxi, ojek, atau bus kota di kawasan Bali ini.

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link