10 Serba Serbi Coban Rais di Kota Batu – Yuuuk ke Malang!

Kenapa Coban Rais beda dari destinasi wisata alam lain di Kota Batu? Karena ada banyak banget wahana yang disiapkan bagi pengunjung, khususnya untuk swafoto. Yup, kawasan wisata ini tak hanya mengandalkan pemandangan wana wisata air terjunnya saja, namun juga berbagai spot instagenik yang kekinian di Bukit Bulu dan Batu Flower Garden. Yuk ke Malang, kalau Dolaners pingin tahu seperti apa serunya dolan ke Coban Rais!

5584 views

1. The Hobbiton, Rumah Hobbit yang Hits

Dolan ke Coban Rais, tentunya kurang afdol kalau gak ke Bukit Bulu, di mana telah ada beragam spot-spot kece untuk selfie. Yang lagi hits nih, Dolaners, adalah Rumah Hobbit. Yak, Rumah Hobbit yang ada di kota-kota besar lain, kini bisa Dolaners jumpai di Kota Batu, tak jauh dari Kota Malang.

The Hobbiton, Kota Batu, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners The Hobbiton by ariwidagdo - Dolan Dolen

The Hobbiton by ariwidagdo

Serunya lagi, Rumah Hobbit atau the Hobbiton ini berada di lereng Bukit Bulu. Kemiringannya lumayan juga, dan cukup tinggi bila Dolaners tak biasa dengan suasana perbukitan. Tapi seru juga, kan? Beda dari rumah-rumah hobbit di kota-kota lain.

 

2. Batu Flower Garden, Landscape Bukit Penuh Bunga

Yang tak boleh ketinggalan juga di kawasan wana wisata Coban Rais ialah Batu Flower Garden. Persis seperti namanya, taman ini penuh dengan berbagai jenis bunga yang ditata sedemikian rupa hingga tampak instagenik.

Batu Flower Garden, Kota Batu, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Batu Flower Garden via renata76s - Dolan Dolen

Batu Flower Garden via renata76s

Bukan taman bunga biasa, Flower Garden ini berupa sebuah bukit. Tatanannya membuat bukit ini seolah dipahat menjadi sebuah landscape berbunga yang tampak artistik, apalagi bila dilihat dari jauh.

 

3. Gardu Pandang, Pemandangan Perbukitan yang Bikin Nyess di Hati

Masih di kawasan Bukit Bulu, Dolaners disuguhi pemandangan alam perbukitan dari gardu pandang. Gardu pandang yang paling populer adalah yang berbentuk lambang I love U.

Gardu Pandang, Kota Batu, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Gardu Pandang by totok arema89 - Dolan Dolen

Gardu Pandang by totok_arema89

Gardu pandang di Bukit Bulu tak cuma satu saja, jadi kalau Dolaners tak sabar mengantri, langsung saja pilih gardu pandang yang paling sepi. Pemandangan puncak perbukitannya masih sama-sama memukau!

 

 

4. Apel, Spot Selfie Ikon Kota Batu

Menyusul gardu pandang, Bukit Bulu terus menambah spot swafotonya. Tak cuma bunga, buah yang menjadi ikon Kota Batu juga ikutan mejeng di kawasan wana wisata Coban Rais.

Apel, Kota Batu, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Apel via ayundalights - Dolan Dolen

Apel via ayundalights

Tak tanggung-tanggung, apel instagenik di Bukit Bulu ini berukuran raksasa dengan pahatan yang mirip-mirip sama logo merk gadget terkenal itu, tuh… Tergoda selfie di sini, Dolaners?

 

5. Romantis Abis, Spot Wefie bersama Pasangan yang Penuh Bunga

Tak cuma selfie, wefie bersama pasangan juga bisa jadi hal romantis di kawasan wisata Coban Rais. Sejuknya udara pegunungan Kota Batu memang sesuai untuk budidaya berbagai jenis bunga. Tak heran bila spot-spot foto di kawasan wisata Coban Rais ini penuh dengan dekorasi bunga.

Romantis Abis, Kota Batu, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Romantis Abis by dmynt04 - Dolan Dolen

Romantis Abis by dmynt04

Bunga warna warni dengan latar belakang pepohonan pinus bakal bikin wefie Dolaners instagenik banget. Masih jomblo? Tak apa, asik-asik aja kok, kalau selfie di sini!

 

6. Sepeda Uara, Serunya Bikin Dada Dagdigdug

Sepeda udara sebenarnya masih menjadi bagian dari wahana outbound. Tentu terasa seru kalau Dolaners sudah sering menggunakan wahana seperti ini, tapi lumayan bikin jantung deg-degan juga bila baru pertama kali mencobanya.

Sepeda Udara, Kota Batu, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Sepeda Udara via sari3897 - Dolan Dolen

Sepeda Udara via sari3897

Melayang di udara dengan pengaman seharusnya cukup menenangkan.Tak apalah sedikit dagdigdug, kapan lagi dapat selfie kece begini. Iya, kan?

 

 

7. Paragliding, Cuma Buat yang Kuat Nyali

Sepeda udara masih terasa santai? Coba paragliding aja, Dolaners! Wahana yang satu ini sensasinya lebih seru, melayang di udara lepas, seolah-olah tanpa pengaman!

Paragliding, Kota Batu, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Paragliding via aristyanie - Dolan Dolen

Paragliding via aristyanie

Tenaaang, masih ada pengamannya, kok. Bahkan paragliding ini bisa jadi wahana idaman bila Dolaners suka bermimpi bisa terbang bebas seperti burung di angkasa. Cobain, deh!

 

8. Hammocking, Santai… Kecuali yang Paling Atas

Sempat terpikir kah, kalau hammock juga menjadi salah satu wahana outbound? Memang tetap mengusung konsep bersantai sih, tapi coba lihat dulu seperti apa lokasi hammocking di Bukit Bulu ini.

Hammocking, Kota Batu, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Hammocking by bryanadnan - Dolan Dolen

Hammocking by bryanadnan

Hammock bersusun di Bukit Bulu bisa terasa jauh dari santai, apalagi kalau Dolaners berada di urutan paling atas. Susunan hammock ini berada di tepi tebing atau jurang Bukit Bulu sedalam 50 hingga 100 meter. Selain hammock, Dolaners juga bisa mencoba dan selfie di wahana ayunan yang sama-sama berada di tepi tebing curam. Seru atau serem? Yang jelas, hasil foto yang instagenik akan Dolaners bawa pulang.

 

9. Go Hiking! Hijaunya Pemandangan dan Udara Segar Menuju Coban Rais

Selesai seru-seruan di Bukit Bulu dan Batu Flower Garden, Dolaners bisa lanjutkan bertualang ke Coban Rais. Air terjun ini berada di kawasan Pegunungan Panderman, dengan ketinggian sekitar 1000 mdpl. Medannya bisa dibilang cukup berat bila Dolaners tak biasa tracking mendaki di pegunungan, melintasi sungai dan jalan setapak dengan bebatuan yang merintang. Oh ya, jangan lupa untuk mengenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman.

Go Hiking, Kota Batu, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Go Hiking via hadiiswa - Dolan Dolen

Go Hiking via hadiiswa

Pemandangan alam hijau yang dilalui memang menyegarkan mata, rimbun dengan semak belukar. Perbekalan makanan dan minuman yang memadai akan membantu menjaga stamina Dolaners selama tracking. Track yang dilalui memang cukup menguras tenaga, tapi udara yang sejuk akan mengikis rasa penat selama perjalanan.

 

 

10. Coban Rais, Air Terjun… Kepunyaan Pak Rais, Bukan?

Air terjun di wilayah Kota Batu ini sebenarnya bernama Coban Sabrangan, dari kata sabrang atau sebrang yang berarti menyeberang. Memang, sebelum tiba di area air terjun, Dolaners musti menyeberangi 14 sungai. Nama Rais, konon adalah nama salah seorang warga di sekitar coban, baru populer setelah Kota Batu menggenjot pariwisatanya. Ketinggian air terjun di lereng Panderman ini sekitar 75 meter, dengan kemiringan 90 derajat.

Coban Rais, Kota Batu, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Coban Rais via travellerbaper - Dolan Dolen

Coban Rais via travellerbaper

Karena track menuju Coban Rais tak bisa dibilang mudah bagi semua orang, sebaiknya Dolaners merencanakan eksplor ke wana wisata Coban Rais saat musim kemarau saja. Suasana Coban Rais dan kawasan pegunungan di wilayah Kota Batu ini lebih terang saat kemarau, dengan track yang tak sebecek dan selicin saat musim penghujan.

Lokasi: Jalur Lingkar Barat, Dusun Dresel, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu
Jam Buka: 07.30 – 15.00 WIB
Harga
Tiket Masuk ke Coban Rais, Bukit Bulu, dan Batu Flower Garden: Rp. 10.000,-
Tiket Masuk Batu Flower Garden: Rp. 25.000,- (gratis 1x foto di Bukit Bulu dan 1x di Batu Flower Garden)
Ojek ke Batu Flower Garden: Rp 10.000,-
Tiket Parkir Motor: Rp. 2.500,-
Tiket Parkir Mobil: Rp. 10.000,-
Tiket Selfie di Bukit Bulu: Rp. 10.000,-
Tiket Selfie di Ayunan: Rp. 10.000,-
Tiket Selfie di Pinus: Rp. 10.000,-
Tiket Selfie di Hammock Tower: Rp. 15.000,-
Tiket Selfie Sepeda Udara: Rp 20.000,-
Tiket Selfie Paragliding: Rp 50.000,-
Tambahan Biaya untuk 1 file foto: Rp 5.000,-
Three Angles: Rp 35.000,-
Ayunan Mini: Rp 10.000,-
Gowes Mono: Rp 20.000,-
Hammock Mini: Rp 20.000,-
Tiket Kamera DSLR: Rp. 15.000,-
Tiket Go Pro: Rp. 10.000,-
Tiket Drone: Rp 75.000,-

 

Bila berangkat dari Kota Malang, Dolaners bisa langsung ambil rute menuju Batu Night Spectacular (BNS). Bila berangkat dari Kota Batu, masih ada 7 kilometer lagi yang harus ditempuh sebelum tiba di Coban Rais. Wana wisata Coban Rais berada di kawasan Oro-Oro Ombo, di mana Dolaners akan melewati studio Batu TV di Jalan TVRI, melewati destinasi wisata BNS, hingga tiba di area parkir Coban Rais. Dari sinilah perjalanan sesungguhnya dimulai. Dolaners akan berjalan kaki selama sekitar 40 menit ke Bukit Bulu dan Batu Flower Garden, kemudian lanjut tracking ke Coban Rais dengan jarak tempuh lebih jauh. Seru! Ini saatnya Dolaners menghirup udara bersih dan menguji ketahanan fisik. Iya, kan?

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link