26 Oleh Oleh Khas Bali Terlaris di Tahun 2019

26 Oleh Oleh Khas Bali Terlaris di Tahun 2019

Hari libur adalah hal yang paling di tunggu-tunggu oleh kebanyakan orang, apalagi kalau libur panjang. Pasti kalian sudah memiliki banyak rencana bukan? Kebanyakan orang menghabiskan waktu libur mereka untuk mengunjungi tempat-tempat wisata baik di dalam negeri maupun luar negeri. Jika kalian ingin berlibur di dalam negeri, Bali bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk mengisi waktu libur kalian. Kenapa Bali? Karena di Bali kita bisa menemukan berbagai macam yang kita cari, mulai dari keindahan alam, kekayaan budaya dan lain sebagainya. Menyenangkan bukan?

Topik : Oleh Oleh Khas Bali

Jika kalian sedang berlibur ke Bali, apa yang terlintas di pikiran kalian sebelum kembali ke tempat asal? Yak benar, mencari buah tangan atau oleh oleh Bali yang di tujukan untuk orang-orang tercinta. Ada banyak oleh oleh khas bali yang bisa kalian dapatkan di kota seribu pura ini, mulai dari kerajinan tangan, pakaian dan juga tak kalah penting yaitu makanan minumannya.

Nah, kira-kira apa yang cocok buat orang tercinta ya? Jangan bingung karena berikut ini adalah Oleh Oleh Bali yang bisa kalian beli atau kalian borong sebelum kalian pulang ke rumah. Oleh oleh khas Bali pertama adalah makanan khas Bali. Selain sebagai Oleh Oleh Khas Bali Terlaris di Tahun 2019, makanan-makanan ini juga bisa menjadi teman perjalanan kalian ketika kembali ke kota asal. Berikut ini adalah makanan atau minuman yang bisa kalian jadikan oleh oleh Bali ketika pulang ke rumah. Supaya kalian gak bingung, kami akan memberikan list yang lebih jelas lagi, yuk di simak.

1. Pia Kukus Made

Pia Kukus Made khas Bali Pia Kukus Bali - Dolan Dolen
Pia Kukus

Pia Kukus Made Bali adalah pia kukus pertama dan satu-satunya di Bali. Berbeda seperti pia lainnya di Bali, Pia Kukus Made ini memiliki size yang lebih besar dengan tekstur lembut yang tersedia dalam 2 pilihan kulit yakni original dan cokelat. Kulit original pia kukus bali ini berwarna cream sedikit coklat sedangkan yang versi coklat berwarna agak hitam-hitam menawan. Oleh oleh khas Bali ini ada dalam 3 varian rasa yakni coklat, kacang hijau dan keju. Pia Made Bali seakan memberi nuansa baru oleh oleh khas Bali yang semakin beragam untuk dijadikan buah tangan terbaik kepada teman, keluarga maupun rekan kerja. Citarasa yang berbeda dari pia lainnya menjadi keunggulan dari produk makanan oleh oleh khas Bali dari produk pia lainnya di Bali. Isi dari pia yang lumeeeeer akan membuat para nagih para penikmatnya.

Selain produk Pia Kukus Made Bali yang dapat dibeli di shopping mall seperti Discovery Mall, Bali Galeria, Beachwalk dan beberapa tempat perbelanjaan oleh-oleh seperti Krisna Bali, Agung Bali, Kosayu, Bali Hawaii, Joger dan beberapa souvenir shop lainnya yang tersebar di berbagai kawasan. Pabrik Pia Kukus Made berlokasi di Jl. Kapten Agung No.2, Dangin Puri, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali.

2. Pie Susu

Pie Susu Enak Bali Pie Susu Bali 1024x576 - Dolan Dolen
Pie Susu

Camilan yang satu ini sudah menjadi salah satu dari beberapa camilan wajib yang harus di bawa pulang ketika kalian berkunjung Bali. Pinggirannya yang sedikit gurih dan bagian tengahnya yang manis sangat membuat lidah kita kecanduan jika sudah makan makanan ini. Di bali ada dua merk pie susu yang terkenal, yakni Pie Susu Asli Enaaak dan Dhian Milk Pie atau Pie Susu Dhian. Ada berbagai macam rasa yang bisa kalian coba ketika membeli Pie ini, mulai dari original, coklat, keju, strawberry, cokal keju, blueberry dan lain-lain. Untuk aneka pilihan oleh oleh khas Bali pie susu ini dapat kamu cari seluruhnya dalma 1 tempat di The Keranjang Bali. Selain pie susu, Anda juga dapat membeli varian Oleh Oleh Khas Bali Terlaris di Tahun 2019 lainnya seperti kaos bali, sandal, camilan bali, aksesoris, baju pantai bali hingga kerajinan tangan khas Bali sebagai pilihan souvenir untuk dibawa pulang.

3. Kacang Disco Bali

Kacang Disco Khas Bali Kacang Disco Bali 1024x1024 - Dolan Dolen
Oleh Oleh Khas Bali, Kacang Disco

Dari namanya saja sudah menarik. Apa kalian pernah mencoba kacang khas Bali ini? Karena namanya kacang disco, bukan berarti kalian harus membelinya di tempat disco loh ya. Sebenarnya kacang disco merupakan kacang yang dilapisi dengan tepung yang di campur dengan telur dan bumbu khusus. Tapi, kacang disco memiliki beberapa rasa yang membedakan kacang ini dengan kacang tepung lainnya. Kalian bisa menemukan oleh oleh khas Bali kacang disco dengan varian rasa keju, pedas, ayam betutu, rendang, pedas manis dan masih banyak lagi. Bagi kalian yang suka begadang nonton bola, kacang ini cocok nih dijadikan teman. Rajawali adalah salah satu merk kacang disco yang terkenal yang bisa kalian beli jika berada di Bali. Biasanya, kacang ini di jual per gram mulai dari 250gr.

4. Kacang Koro Bali

Kacang Koro Kacang Koro Bali 1024x1024 - Dolan Dolen
Kacang Koro

Kacang koro yang satu ini merupakan oleh oleh khas Bali yang berbeda dengan kacang koro yang biasanya. Biasanya kacang koro berbentuk tebal, namun kacang koro bali cenderung berukuran kecil dan tipis. Oleh karena itu, kacang ini sangat cocok untuk menemani anda ketika anda sedang bersantai, menonton film atau membaca koran. Karena tekstur nya yang renyah dan rasanya yang lezat, kacang ini sangat cocok di jadikan oleh-oleh Bali untuk teman kalian yang suka bersantai dengan menonton film, bisa juga menjadi cemilan ketika kalian sedang menyelesaikan pekerjaan atau laporan lainnya.

5. Pia Legong

Harga Pia Legong Pia Legong 1024x1024 - Dolan Dolen
Pia Legong Bali

Pia ini dikenal karena kualitasnya yang bagus dengan rasa yang nikmat. Selain itu, pia ini dikenal sebagai pia yang limited karena memang pemilik toko akan membuat pia yang hanya akan du jual di hari itu juga. Oleh sebab itu, jika kalian datang ke toko nya, dipastikan akan antre panjang dan bisa juga kehabisan. Untuk menghindari hal itu terjadi, disarankan anda memesan dulu di jauh-jauh hari. Satu kotak Pia Legong terdiri dari 8 bungkus pia dengan ukuran sedang. Untuk varian rasa terdiri dari keju, kacang hijau dan coklat yang dapat dijadikan oleh oleh khas Bali terbaik untuk keluarga.

6. Brem dan Arak Bali Dewi Sri

Brem Bali Brem Bali 1024x683 - Dolan Dolen
Bream Bali & Minuman Anggur

Minuman berakohol ini juga bisa menjadi alternatif oleh oleh khas Bali untuk ayah atau paman kalian yang suka dengan minuman beralkohol. Dewi Sri merupakan sebuah merk yang terkenal dengan Brem dan Arak nya. Brem adalah minuman beralkohol yang berasal dari fermentasi ketan hitam dan putih yang di campur menjadi sebuah minuman. Biasanya minuman ini di gunakan ketika upacara adat yang biasanya di lakukan di Bali. Jika kalian ingin membelikan oleh oleh minuman khas Bali ini, kalian bisa membelinya di The Keranjang Bali yang berada di Jalan Raya Kuta No 70 – 72 Bali atau juga berada di seberapa Krisna Bali yang di Jalan bypass, Badung. oleh oleh khas Bali ini juga dapat didapatkan di Dewi Sri langsung yang berada di Jalan Danau Tondano atau di wine shop yang menyediakan minuman berakohol ini. Oh iya, jangan khawatir karena minuman ini sudah terdaftar di BPOM RI loh.

7. Kacang Asin Rahayu

Kacang Bali Rahayu Kacang Asin Rahayu - Dolan Dolen
Kacang Rahayu

Kalian memiliki teman yang suka kacang tapi gak suka ribet? Kacang asin ini bisa menjadi oleh oleh khas Bali yang cocok nih untuk mereka. Karena di kemas di dalam plastik yang tentunya sudah sangat steril, kacang tanpa kulit ini sudah siap santap tanpa perlu mengupas kulitnya terlebih dahulu. Rasanya yang asin dan gurih membuat orang yang mencicipinya tidak bisa berhenti makan. Cocok sekali nih buat kalian yang sedang lembur dan begadang, agar tidak ngantuk kalian bisa menjadikan kacang asin ini sebagai teman menghabiskan malam.

8. Kerupuk Kulit Babi

Kerupuk Babi Spesial Kerupuk Kulit Babi 1024x1024 - Dolan Dolen
Kerupuk Kulit Babi

Bagi kalian pecinta babi, pernakah kalian mencicipi krupuk kulit babi khas Bali? Biasa disebut dengan sebutan Samchan, camilan ini cocok sekali di jadikan oleh oleh khas Bali untuk keluarga kalian yang suka dengan makanan yang gurih dan renyah. Hampir sama dengan kerupuk kulit sapi, hanya bahan utamanya saja yang membedakan, yaitu dari kulit babi. Perbedaan lainnya adalah, kerupuk ini berwaena lebih cerah atau putih dibandingkan dengan kerupuk kulit sapi. Selain itu, kerupuk ini juga memiliki tekstur yang renyah dan rapuh sehingga kalian tidak perlu bersusah payah untuk mengunyah nya. Namun, kerupuk ini tidak semua orang bisa memakannya karena seperti yang kita ketahui kalau babi merupakan makanan yang haram bagi umat muslim. Jadi jangan sampai salah pilih oleh oleh Bali ya.

9. Keripik Ceker

Keripik Ceker Ayam Keripik Ceker 1024x1024 - Dolan Dolen
Keripik Ceker Ayam

Mungkin tidak semua orang menyukai ceker, karena bentuknya yang aneh dan tentunya karena merupakan kaki ayam. Namun, camilan yang dikenal gurih dan renyah ini menjadi buruan orang ketika berada di toko oleh oleh khas Bali atau di toko-toko yang ada di sekitaran Bali. Terbuat dari ceker ayam yang telah di bumbui rempah-rempah dan digoreng hingga kering membuat camilan ini sangat cocok untuk oleh oleh khas Bali dan di santap ketika bersantai maupun ketika sedang bepergian. Selain enak, camilan ini juga mengandung protein, kalsium dan mineral. Layak dicoba bukan?

10. Kopi Kintamani

Kopi Kintamani Bali Kopi Bali Khas 892x1024 - Dolan Dolen
Kopi Bali Kupu-Kupu Bola Dunia

Oleh oleh khas Bali ini cocok sekali buat kalian yang memiliki teman pecinta kopi. Dibudidayakan di daerah Kintamani, kopi Kintamani sangat terkenal bahkan sampai di luar negeri. Kopi Kintamani yang tergolong kedalam jenis kopi arabica ini cocok sekali buat teman kalian yang suka dengan kopi dengan rasa yang ringan. Yang membedakan kopi ini dengan kopi arabica lainnya adalah rasa yang terkandung di dalamnya. Anda bisa merasakan tambahan rasa jeruknya ketika menikmati kopi ini. Hal ini terjadi secara alami karena memang perkebunan kopi di kintamani berdekatan dengan kebun jeruk yang sudah terkenal di bali. Jadi bagaimana? Anda tertarik membeli kopi kintamani ini?

Bagaimana?
Apakah sudah puas dengan oleh oleh makanan khas Bali di atas?

Tapi, rasanya belum lengkap kalau ke Bali belum borong baju Barong nya ya. Yak, setelah puas dengan aksesoris-aksesoris yang bisa kalian dapatkan ketika berkunjung ke Bali, kali ini kami akan memberikan list pakaian khas Bali yang bisa kalian beli sebagai oleh oleh khas Bali. Bukan hanya kaos Barong saja loh ya, ada beberapa pakaian yang Bali banget dan wajib banget di beli ketika berkunjung pulau seribu Pure ini.

11. Kaos Barong

Kaos Bali Barong Kaos Barong Bali 1024x683 - Dolan Dolen
Kaos Bali Premium

Kaos yang cocok di pakai untuk bersantai ini sudah sangat legend banget loh, karena pasti semua orang yang pernah pergi ke Bali pasti akan pulang membawa kaos ini. Selain nyaman di pakai, kaos barong juga sangat mudah di dapatkan di Bali karena kalian bisa menemukan kaos ini di berbagai tempat oleh oleh khas Bali, baik di toko besar maupun di toko pinggir jalan. Jika kalian ingin memborong kaos barong, lebih baik beli di pasar tradisional saja ya, karena kalau kalian pintar menawar pasti kalian akan mendapat harga yang murah. So, jangan sampai lupa untuk membeli kaos khas Bali ini ketika sedang berkunjung ke sana ya.

12. Kebaya Bali

Kebaya Bali Modern Busana Kebaya Bali 1024x630 - Dolan Dolen
Baju Kebaya Bali

Jika sedang di Bali, kalian pastinya sudah tidak aneh lagi kan jika melihat gadis-gadis yang memakai kebaya? Iya, disebut kebaya Bali karena memang bukan berasal dari Jawa. Meskipun sedikit mirip, tapi kebaya Bali memiliki warna yang cenderung serba putih, karena biasa di gunakan untuk acara keagamaan. Namun, ada juga yang berwarna seperti hijau, kuining, pink, merah, dan lain-lain. Cocok sekali jika dijadikan oleh oleh khas Bali untuk kakak kalian atau adik kalian yang cewek. Pastinya mereka akan terlihat makin cantik jika memakai kebaya pemberian kalian, layaknya gadis Bali.

13. Udeng

Oleh Oleh Khas Bali Udeng Udeng Bali 819x1024 - Dolan Dolen
Baju Adat & Udeng

Bagi kalian para cewek yang bingung mau membelikan oleh oleh Bali apa untuk cowoknya jangan khawatir, Udeng bisa menjadi salah satu pilihan yang cocok sebagai oleh oleh khas Bali untuk cowok, kakak laki-laki atau ayah kalian. Biasa di pakai di kepala, udeng menjadi ciri khas para lelaki Bali jika mengadakan acara keagamaan tertentu. Namun, sekarang udeng bukan hanya di kenakan di acara adat saja tapi bisa di kenakan di waktu-waktu selain upacara adat. Jika kalian ingin membeli udeng sebagai oleh oleh Bali kalian bisa membelinya di beberapa toko pusat oleh oleh khas Bali baik pasar tradisional maupun pasar modern.

14. Tas Rotan

Tas Rotan Bali Tas Keranjang Bali 1024x682 - Dolan Dolen
Tas Rotan The Keranjang

Ini salah satu oleh oleh Bali yang berguna banget, terutama buat kalian para cewek yang menyukai fashion. Tas rotan bali yang lagi ngehits ini bisa kalian temui di pasar Ubud. Untuk modelnya ada berbagai macam, namun yang lagi di gemari adalah yang berbentuk bulat dengan motif bunga di atasnya. So, buat kalian yang ingin membeli oleh oleh tas rotan, kalian cari aja di pasar Ubud karena di sana ada banyak sekali tas rotan dengan berbagai jenis.

15. Mukena Bali

Harga Mukena Bali Mukena Bali - Dolan Dolen
Mukena Bunga Bali

Pasti bagi kalian yang baru mendengar mukena Bali bingung kan? Karena seperti yang kita ketahui kalau pulau ini mayoritas beragama Hindu. Meskipun demikian, toleransi di Bali sangat tinggi, sehingga, bukan hal yang aneh jika masyarakat sana juga memproduksi mukenah sebagai salah satu oleh oleh khas Bali yang unik untuk dibeli. Mukenah Bali berbeda dari mukenah biasa karena terbuat dari rayon, sehingga mambuatnya lebih terasa nyaman di pakai. Selain itu, dengan motif kupu-kupu, bunga, tumbuhan, dan lain-lain bisa menambah keelokan mukenah asal Bali ini. Karena selain nyaman di pakai, mukenah ini juga terlihat indah dan cocok sekali di jadikan oleh oleh Bali untuk mama, kakak perempuan, atau saudara kalian yang lain nih. Jika kalian berminat, kalian bisa membelinya di pasar tradisional bali atau di tempat khusus yang menjual mukenah di Bali, seperti Sentra Mukena Bali.

16. Kain Pantai Bali

Mukena Bali Jumbo Kain Pantai Bali - Dolan Dolen
Kain Pantai / Selendang Bali

Buat kalian yang punya temen atau keluarga yang hobi banget main ke pantai, cocok banget nih beli oleh oleh khas Bali yang satu ini. Ya, kain pantai bali sangat cocok sekali digunakan ketika kalian sedang bersantai di pantai. Selain dipantai, kain ini cocok sih digunakan sehari-hari di rumah. Hal itu karena bahannya yang dingin dan nyaman di pakai. Selain itu, dengan warna yang cerah yang di padu dengan motif bunga-bunga menambah elok kain yang biasanya berukuran 10cm x 110 cm ini sangat cocok sekali menjadi salah satu pilihan oleh oleh yang kalian bawa pulang ke rumah. Selain itu, bagi kalian yang suka pakai selimut di siang hari yang cuacanya panas, cocok sekali nih menggunakan kain ini sebagai selimut agar tetap sejuk tanpa merasa gerah.

17. Joger

Harga Kaos Joger Original Kaos Joger Bali 768x1024 - Dolan Dolen
Baju Joger

Jika Yogyakarta punya Dagadu, Bali punya Joger dong. Ikon souvenir Bali yang terkenal dengan sebutan “pabrik kata-kata” ini memang sudah sangat terkenal hampir di seluruh Indonesia atau bahkan sampai di negeri-negeri sebrang ya. Buat kalian yang masih belum tau, pasti bingung kan kok pabrik kata-kata? Emang kata-kata bisa di produksi di pabrik ya? Maksudnya adalah kata-kata yang di tuangkan ke kaos, tas, sandal, jaket, dan masih banyak souvenir yang lain. Untuk kalian yang mau membelikan oleh oleh khas Bali yang sangat keren ini, barang-barang dari Joger bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Oh iya, selain kaos atau jaket, sendal japit ala Joger juga menjadi salah satu primadona loh. Dikenal dengan modelnya yang unik dan nyaman di pakai, sendal milik Joger laris di buru oleh wisatawan baik untuk di pakai sendiri maupun sebagai oleh-oleh khas Bali. Jadi buat kalian yang ingin memberikan oleh oleh Bali khas Joger, kalian bisa membeli barang-barang ini di Joger yang terletak di Kuta.

18. Batik Bali

Motif Batik Bali Batik Bali 709x1024 - Dolan Dolen
Batik Bali

Bukan hanya pekalongan saja loh yang punya batik, tetapi di Bali juga ada. Jika kalian punya teman atau keluarga yang suka sekali mengenakan Batik, ini bisa jadi oleh oleh khas Bali yang tepat untuk mereka. Selain motif batik Bali yang berbeda dengan batik yang sering kita jumpai, batik bali juga memiliki corak khusus yang biasanya memadu padankan antara corak modern dan tradisionalnya. Jika kalian ingin membeli batik yang sudah dijadikan baju, dress atau yang lain, kalian juga bisa langsung membelinya karena sudah tersedia banyak di beberapa toko tradisional Bali.

Dari sekian banyak list oleh oleh khas Bali yang telah di sebutkan di atas, apakah kalian sudah punya pandangan kira-kira apa ya yang cocok dibawa sebagai buah tangan ketika pulang ke kampung halaman? Nah jika belum, kali ini kami akan memberikan list kerajinan tangan yang sangat wajib sekali kalian beli jika berkunjung ke Bali. Kira-kira kerajinan tangan apa ya yang cocok buat orang tercinta ya? Tenang, gak usah khawatir karena di Bali ada beberapa jenis kerajinan tangan nih, mulai dari lukisan, kerajinan pahat kayu, gamelan mini, kerajinan dari batok kelapa, kotak pandora, topeng ukir,

19. Lukisan

Lukisan Penari Bali Lukisan Bali 1024x537 - Dolan Dolen
Aneka Macam Lukisan Bali

Untuk kalian yang suka dengan kesenian 2 dimensi Lukisan Bali ini, kalian bisa menemukan beberapa lukisan dengan corak yang sesuai dengan selera kalian, mulai dari abstrak, alam, manusia, hewan, dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan lukisan-lukisan tersebut, kalian bisa pergi ke beberapa toko seni maupun toko oleh oleh khas Bali, misalnya di The Keranjang Bali, Krisna Bali, Pasar Sukowati dan lain lain. Harganya nih mulai dari 200.000 ribu-an tergantung dengan corak dan bahan yang kalian pilih.

20. Kerajinan Pahat Kayu

Kerajinan Kayu Bali Kerajinan Ukir Bali - Dolan Dolen
Kerajinan Ukir Kayu

Buat kalian yang ingin memberikan oleh oleh Bali seni pahat, kalian harus banget mampir ke Gianyar. Disana sangat terkenal dengan seni pahatnya. Kalau tentang kualitas, jangan di tanyakan lagi, karena sudah jelas kualitasnya bagus dan pasti sangat meyakinkan. Kalian bisa menemukan berbagai jenis pahatan kayu dengan berbagai macam ukuran, mulai dari pahatan berukuran kecil hingga patung pahat yang berukuran besar. Tapi kalau buat oleh oleh khas bali sih mending yang kecil aja ya, yang bisa di masukkan ke koper kalian biar gak bingung. Nah jika kalian ingin membeli pahatan dengan harga murah, kalian bisa membelinya di kios-kios yang ada di pinggir jalan, tentunya dengan menggunakan jurus menawar ya. Atau mungkin ke pusat oleh oleh khas bali baru yang baru saja dibuka yakni The Keranjang Bali.

21. Gamelan Mini

Oleh Oleh Alat Musik Bali Gamelan Mini Bali - Dolan Dolen
Souvenir Alat Musik

Jika kalian sedang pergi ke suatu tempat di Bali dan mendengarkan alunan musik khas pulau Dewata, pasti sudah tidak asing kan dengan alat musik yang di gunakan untuk menghasilkan alunan musik yang indah tersebut? Yak benar, masyarakat Bali biasanya menggunakan gamelan Bali untuk menghasilkan musik yang indah. Biasanya, alunan musik itu di gunakan untuk mengiringi acara adat yang sakral maupun sebagai pengiring di acara-acara pertunjukan. Khusus buat kalian para pecinta alat musik yang biasa di sebut “Gambelan” oleh warga bali ini, kalian bisa loh membeli alat musik ini dan menjadikannya sebagai oleh-oleh Bali. Loh? Gimana ceritanya kok gamelan di buat oleh oleh khas Bali ? Tenang saja, kalian bisa membeli versi mininya karena banyak toko oleh oleh Bali menjual gamelan mini khas bali yang bisa di jadikan oleh-oleh khas Bali untuk sanak saudara sebagai pajangan atau juga dimainkan. Bagaimana? Cocok kan menjadi salah satu referensi oleh oleh Bali untuk di bawa pulang?

22. Kerajinan Batok Kelapa

Kerajinan Tangan Kuta Kerajinan Batok Kelapa Bali - Dolan Dolen
Kerajinan Kelapa Bali

Ini nih untuk kalian yang suka barang-barang unik. Terbuat dari batok atau tempurung kelapa, kerajinan ini bisa kalian temukan hampir di tiap toko oleh oleh khas Bali. Tapi, jika kalian ingin membeli barang dari batok kelapa dengan motif yang lebih bervariasi, kalian bisa datang ke daerah bernama Tampaksiring, Gianyar. Di daerah ini memang terkenal dengan seni ukirnya, tak terkecuali kerajinan yang terbuat dari tempurung kelapa ini. Kalian bisa menemukan batok kelapa dengan motif tanaman, hewan, boneka dan lain-lain. Selain itu, batok-batok itu juga di bentuk menjadi lebih indah yang tentunya cocok buat oleh oleh khas Bali untuk teman kalian yang suka dengan barang-barang “nyeleneh”.

23. Kotak Pandora & Mainan Puzzle

Mainan Anak Bali Mainan Anak 1024x682 - Dolan Dolen
Produk Mainan Anak

Benda ini cocok untuk menjadi oleh oleh khas Bali buat teman kalian yang hobi menyembunyikan sesuatu nih, karena tempat ini bisa di gunakan untuk menyimpan sesuatu yang berharga, tapi… kalau untuk menyimpan perasaan sih kayaknya masih belum bisa ya… Bentuknya bukan hanya kotak biasa, biasanya benda ini berbentuk apel, kura-kura, kepiting, kupu-kupu dan masih banyak lagi. Selain itu, bisa di buat semacam puzzle juga loh, jadi bisa di bongkar pasang. Kalau kalian membelikan untuk adik atau ponakan kalian sepertinya cocok juga nih, karena anak kecil kan biasanya suka bongkar-bongkar sesuatu, jadi gausa khawatir jika kotak ini “dibongkar” oleh adik kalian yang masih kecil. Kan memang salah satu fungsinya bisa dibuat bongkar pasang. Selain itu juga ada mainan lucu puzzle The Keranjang Bali yang cocok untuk jadi oleh oleh Bali buat anak teman kantor kalian.

24. Topeng Ukir Bali

Jual Topeng Bali Topeng Bali 1024x924 - Dolan Dolen
Oleh Oleh Bali Topeng

Kalo ke bali belum beli oleh oleh Bali topeng ukir kayaknya kurang afdol nih. Kita sudah tau kan kalo di pulau dewata terkenal dengan tradisinya yang sangat kuat dan masih mendarah daging? Nah biasanya nih ada kesenian topeng baik tari maupun drama yang menceritakan tentang kisah-kisah legenda dari pulau ini. Jangan khawatir buat kalian yang suka dengan kesenian ini bisa loh membeli topeng bali sebagai oleh oleh khas Bali atau pajangan di rumah kalian. Ada banyak jenis topeng bali yang bisa kalian jadikan cindramata, misalnya nih topeng calonarang yang menampilkan sosok buruk rupa dan bertaring dan juga mata yang membelalak. Jika tertarik kalian bisa membelinya di berbagai toko oleh oleh di Bali.

Nah, setelah kita membahas oleh oleh kerajinan tangan, kali ini kita akan membahas oleh oleh Bali berupa aksesoris yang bisa kalian temukan di Bali. Bukan hanya gelang tali saja loh yang biasa di jadikan oleh-oleh khas Bali untuk teman kita saja, disana ada juga aksesoris dari perak yang cukup terkenal. Penasaran kan? Yuk kita bahas aksesoris yang bisa kalian jadikan oleh oleh khas Bali untuk orang tersayang.

25. Gelang Handmade

Gelang Tridatu Bali Gelang Bali - Dolan Dolen
Gelang Tridatu

Di Bali ada beberapa jenis gelang handmade yang sangat terkenal dan cocok banget di jadikan Oleh Oleh Khas Bali Terlaris di Tahun 2019 untuk keluarga ataupun teman kita. Untuk motifnya jangan ditanya lagi, karena banyak sekali gelang dengan motif yang unik dan bahkan ada juga yang hanya bisa kita temui di Bali saja. Untuk lebih jelasnya berikut ini gelang tali yang bisa kalian jadikan oleh oleh Bali.

  • Gelang Tridatu
    Gelang ini terdiri dari 3 warna, yaitu merah, hitam, dan putih. Warna tersebut mewakili 3 dewa yang dikenal oleh penganut agama Hindu sendiri, yaitu Dewa Brahma (merah), Dewa Wisnu (hitam), dan Dewa Siwa (putih). Gelang ini biasa di pakai oleh masyarakat Bali penganut agama Hindu agar mereka tetap ingat dengan kebesaran Tuhan, namun sekarang ini banyak juga masyarakat biasa yang juga menggunakan gelang ini sebagai aksesoris karena warnanya yang bagus dan menarik.
  • Gelang Rasta
    Gelang dengan motif ini juga bisa kalian temui di banyak toko oleh oleh di Bali loh. Tentu gelang dengan warna merah, kuning, hijau, dan hitam ini sangat cocok untuk teman kalian yang suka sekali dengan gerakan Rastafari.
  • Gelang Manik-Manik
    Nah, untuk yang satu ini bukan terbuat dari tali saja, dirangkai menggunakan sebuah karet khusus, gelang ini terdiri dari manik-manik dengan kombinasi kayu. Cocok sekali diberikan kepada ponakan-ponakan kalian yang cewek nih, bisa juga di pakai oleh orang dewasa untuk mempercantik penampilan.
  • Gelang Kayu
    Dari namanya saja sudah jelaskan kalau gelang ini terdiri dari kayu. Biasanya sudah di bentuk bulatan atau silinder kecil yang kemudian di rangkai menjadi satu di sebuah tali atau karet khusus. Modelnya juga bermacam-macam, ada yang bisa di longgarkan dan disempitkan dan ada juga yang pas di tangan. Warnanya juga ada banyak nih, cocok banget buat oleh oleh khas Bali untuk teman kalian yang suka banget pakai gelang yang di susun-susun dengan berbagai warna.
  • Gelang Tulang
    Sama dengan gelang kayu, gelang ini juga dibentuk bulat. Dipasang dengan karet khusus biasanya sudah pas dengan ukuran pergelangan tangan. Yang membedakan tentunya bahannya, karena gelang ini biasanya terbuat dari tulang sapi.

26. Perhiasan Perak

Kalung Perak Kalung Perak Bali - Dolan Dolen
Kerajinan Perak (Cicin, Kalung, Gelang)

Ini adalah perhiasan yang paling istimewa, karena kalian bisa loh membuat sendiri perhiasan ini. Loh kok bisa? Ya jelas bisa. Kalian bisa datang ke Chez Monique Jewelry. Cocok banget nih buat kalian para lelaki yang ingin membuktikan cintanya pada cewek kalian nih. Kalian bisa membuat kalung, gelang atau bahkan cincin sendiri tentu dengan arahan orang yang sudah ahli. Bukankah barang buatan sendiri terlihat lebih spesial jika dijadikan oleh oleh khas Bali? Jadi bagi kalian para lelaki romantis apalagi yang berkumis tipis, bisa di coba nih guys. Tapi, buat kalian yang hanya ingin beli saja tanpa membuatnya sendiri juga bisa datang ke tempat ini loh ya karena juga sudah disediakan yang sudah jadi.

Nah, bagi kalian yang bingung mencari oleh oleh khas Bali, jangan bingung lagi. Kalian bisa pilih oleh oleh Bali apa yang cocok untuk di bawa pulang setelah membaca daftar Oleh Oleh Khas Bali Terlaris di Tahun 2019 di atas. Selamat berlibur.

Leave your comment
Comment
Name
Email