7 Rawon di Malang Dengan Cita Rasa Legendaris

Salah satu kuliner khas yang berasal dari Jawa Timur adalah rawon dengan ciri khasnya yang berwarna hitam. Warna hitam ini berasal dari bumbu utamanya yang bernama kluwek. Untuk dagingnya, pada umumnya menggunakan daging sapi. Kota Malang sebagai salah satu daerah di Jawa Timur, memiliki banyak rawon legendaris yang bisa banget bikin nafsu makan para Dolaners meningkat tajam. Apa saja itu? Yuk kita kulik satu persatu!

652 views

1. Rawon Nguling

Rawon Nguling Rawon Nguling - Dolan Dolen

Rawon Nguling by instagram.com/njajansik

Rawon Nguling ini berada di Jl. Zainal Arifin Nomor 62, Malang. Tempat menjual rawon satu ini sangat legendaris, sudah dibuka sejak tahun 1982 yang lalu. Rawon di sini memiliki kekhasan kuahnya yang berwarna hitam tapi tidak terlalu pekat dan tidak berlemak. Satu lagi yang mungkin akan membuat kamu tergiur untuk segera mencoba Rawon Nguling, yakni potongan dagingnya besar-besar. Tak hanya menu rawon saja, ada banyak pilihan kuliner lain yang bisa dicicipi kenikmatannya, yakni sop buntut beserta ragam penyetan.

 

2. Rawon Glintung

Rawon Glintung Rawon Glintung - Dolan Dolen

Rawon Glintung by instagram.com/inge.inggridwidy

Memiliki rasa rawon yang enak, porsinya banyak, harganya pun cukup terjangkau membuat Rawon Glintung ini memiliki penikmat yang setia sejak dahulu. Rawon Glintung terletak di Jl. Protokol Letjen S. Parman yang menjadi persinggahan banyak orang. Rawon Glintung ini sendiri sudah ada sejak tahun 1994 yang lalu. Tak hanya rawon, tempat makan satu ini juga menyediakan menu lainnya yang tidak kalah enak. Sebut saja nasi pecel, nasi campur, nasi krengsengan, dan lain sebagainya.

 

 

3. Rawon Tessy

Rawon Tessy Rawon Tessy - Dolan Dolen

Rawon Tessy by instagram.com/surabayafoodies

Lokasi lainnya menyantap rawon enak yang legendaris di Malang adalah Rawon Tessy. Lokasinya berada di dekat Stasiun Kota Baru, cukup berjalan kaki sekitar 300 meter ke arah selatan stasiun. Nama Tessy ini konon lantaran sang pemilik memiliki wajah yang mirip dengan Tessy, pelawak Ibu Kota. Untuk tahun berdirinya belum jelas, tapi yang pasti jika Rawon Tessy ini sudah lama ada serta memiliki banyak penggemar. Meskipun lokasinya cukup sederhana namun kebanyakan pelanggannya datang menggunakan mobil.

 

4. Rawon Brintik

Rawon Brintik Rawon Brintik - Dolan Dolen

Rawon Brintik by instagram.com/surabayafoodies

Pilihan lainnya tempat makan di Malang yang menyediakan rawon dengan rasa istimewa dan sudah melegenda adalah Rawon Brintik. Lokasinya berada di Jl. Ahmad Dahlan No. 39. Rawon ini sudah ada sejak tahun 1974 yang lalu. Tempatnya terkesan kuno dan ternyata hal tersebut memang didesain sedemikian rupa sehingga para pelanggan bisa bernostalgia. Rasanya juga sangat juara, tetap sama seperti saat pertama kali berdiri.

 

 

5. Rawon Pak Jenggot

Rawon Pak Jenggot Rawon Pak Jenggot - Dolan Dolen

Rawon Pak Jenggot by instagram.com/sugara_w

Warung Rawon Pak Jenggot yang terdapat di Jl. Simpang Kawi, Klojen, Malang. Perintis tempat kuliner ini adalah suami istri bernama Rajid (alm) dan juga Sutani (alm) pada tahun 1976 yang lalu. Meskipun sang perintis udah meninggal, usaha tersebut diteruskan oleh Purwati dengan menggunakan resep rawon yang masih sama.

 

6. Depot Asri Bu Saerun

Depot Asri Bu Saerun Depot Asri Bu Saerun - Dolan Dolen

Depot Asri Bu Saerun by instagram.com/memoriesfood

Selanjutnya ada rawon Asri Bu Saerun yang sudah berdiri sejak tahun 1969 yang lalu. Banyak jenis menu makanan yang dijual di sini. Sebut saja soto, pecel, lodeh, nasi campur dan lain-lain. Namun salah satu menu yang cukup difavoritkan para pengunjung adalah Rawon. Lokasi Depot Asri Bu Saerun ini berada di Jl. Dr. Cipto, No. 6. Malang.

 

 

7. Rawon Rampal

Rawon Rampal Rawon Rampal - Dolan Dolen

Rawon Rampal by instagram.com/amazingindonesiafood

Lokasi menyantap rawon lainnya yang tidak kalah legendaris adalah Rawon Rampal yang terletak di Jl. Panglima Sudirman No. 71A. Rawon Rampal ini sudah berdiri sejak tahun 1957 yang lalu, dan sampai sekarang nyaris tidak pernah sepi. Meskipun harganya bisa terbilang cukup mahal untuk seporsi rawon, namun tetap saja banyak sekali pelanggan yang berdatangan. Salah satu yang membuat para pelanggan sangat setia adalah rasanya yang tidak pernah berubah sejak pertama kali dikeluarkan.

 

Itulah beberapa deretan tempat menyantap rawon yang sudah melegenda di Malang. Mungkin ada lokasi lainnya yang belum terdaftar? Silahkan ceritakan di kolom komentar ya!

Dolandolen

Dolaners

Memberikan berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh destinasi yang ada di Indonesia. Be more than just another traveler when you be Dolaners!!

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link