4 Tempat Berburu Takjil Paling Legendaris di Yogyakarta

Maharban ya Ramadaan, bulan suci Ramadan telah tiba dan kita bisa lihat kemeriahannya melalui antusiasme umat muslim menjelang waktu berbuka puasa dengan mencari takjil. Menariknya, banyak kota besar yang menyediakan tempat jualan jajanan untuk menu berbuka. Salah satunya Yogyakarta yang memiliki banyak tempat berburu takjil yang memiliki jajanannya lengkap.

374 views

1. Pasar Sore Kauman

Tempat berburu takjil paling terkenal di Jogja adalah Kampung Ramadan Kauman. Awalnya, tempat ini hanya memiliki 3 pedagang makanan. Sekitar tahun 90-an, warga mengelola pasar dadakan ini sehingga pembeli yang datang tak susah berebut membeli takjil. Bertambahnya tahun, penjual di gang ini juga makin banyak. Tak hanya menjual camilan, aneka lauk dan sayur juga lengkap tersedia di sini.

Pasar Sore Kauman Pasar Sore Kauman - Dolan Dolen

Pasar Sore Kauman by instagram.com/agussable

Salah satu panganan yang paling banyak dicari dan khas Kauman adalah Kicak. Kicak adalah makanan tradisional yang terbuat dari ketan yang dipadu dengan parutan kelapa muda, gula putih, nangka, dan daun pandan. Pastikan kamu membeli makanan tradisional ini saat mampir ke sini ya!

 

 

2. Pasar Ramadan Jogokaryan

Sebagian besar tempat berburu takjil di Jogja ini adalah pasar dadakan yang hanya ada di bulan suci. Salah satunya Pasar Ramadan Jogokaryan yang letaknya tak jauh dari Masjid Jogokaryan telah ada sejak tahun 2009. Di sini, kamu bisa menemukan aneka macam takjil yang menggugah selera. Di tahun-tahun sebelumnya, kampung ini juga selalu menggelar kegiatan lomba pentas seni anak. Biasanya, lomba tersebut diadakan saat malam takbir. Seru ya!

Pasar Ramadan Jogokaryan Pasar Ramadan Jogokaryan - Dolan Dolen

Pasar Ramadan Jogokaryan by instagram.com/voilajogja

Kabarnya perputaran uang di Pasar sore kampung Ramadaan Jogokaryan selama bulan Ramadan hingga Rp 4 miliar rupiah lho…

 

3. Pasar Ramadan Nitikan

Sebelumnya pasar Ramadan ini terkenal dengan istilah Jalur Gaza kependekan dari JAjanan Lauk SayUR Gubug Ashar Zerba Ada yang terletak di Nitikan, Sorogenen, Umbulharjo. Karena sepanjang 1 kilometer kita bisa menemukan pedagang makanan dan takjil yang sangat lengkap.

Pasar Ramadan Nitikan Pasar Ramadan Nitikan - Dolan Dolen

Pasar Ramadan Nitikan by instagram.com/fooddiscoverer

Pasar Ramadan ini biasanya mengusung tema Jogja Tempoe Doloe yang mengajarkan kearifan lokal orang Jogja. Aneka takjil yang dijual beragam. Ada es segar, kolak hangat, gorengan, hingga camilan khas Jogja. Tak hanya itu, ada juga lauk pauk dan sayuran yang rasanya juara.

 

 

4. Kawasan Glagah Sari

Kawasan Glagah Sari Kawasan Glagah Sari - Dolan Dolen

Kawasan Glagah Sari by instagram.com/ariefcahyana

Tempat berikutnya yang bakal membuatmu lapar mata adalah kawasan Glagah Sari. Setiap bulan puasa datang, kawasan ini disulap menjadi pusatnya takjil dengan aneka menu. Dari es-es an hingga gorengan tersaji lengkap di setiap sudutnya. Selain pecinta kuliner, pasar dadakan Glagah Sari ini juga difavoritkan mahasiswa karena harganya yang terjangkau. Nah, kamu yang berniat datang ke sini, siap-siap berdesakan ya!

 

Itulah tempat berburu takjil paling legendaris di Yogyakarta. Sebagian besar merupakan pasar dadakan yang hanya buka ketika bulan puasa datang. Nah, ada rencana untuk liburan ke Kota Gudeg? Jangan lupa mampir ke tempat di atas ya jika berkunjung di bulan puasa Ramadan!

Dolandolen

Dolaners

Memberikan berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh destinasi yang ada di Indonesia. Be more than just another traveler when you be Dolaners!!

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link