10 Wisata Seru di Peternakan Kuda Mega Star, Kota Batu – Malang Raya

Tak banyak peternakan kuda di wilayah nusantara. Hewan eksotis ini memang memerlukan biaya perawatan yang tak bisa dibilang murah. Tapi mengingat kuda telah menjadi bagian dari hidup manusia selama berabad-abad, mulai sebagai hewan tunggangan hingga pacuan, menarik untuk mengenal lagi kawan dekat spesies homo sapiens ini, bukan? Pilihan terdekat? Bisa jadi Peternakan Kuda Mega Star di Kota Batu.

4896 views

1. Landscape Alam: Kuda yang Berkeliaran Leluasa di Wilayah Perbukitan

PT Mega Star adalah pengelola peternakan kuda yang ada di wilayah Kota Batu. Bersama dengan Perhutani (Perusahaan Hutan Negara Indonesia), PT Mega Mega Star menciptakan sebuah kawasan penangkaran kuda yang semula berkonsep silvopastur. Artinya, kawasan ini semestinya berfungsi untuk mewadahi kegiatan peternakan dan kehutanan. Sekarang memang lebih cenderung tampak sebagai destinasi wisata di lereng perbukitan, tapi bukan berarti peternakan kudanya terhenti. Bahkan, di kawasan Peternakan Kuda Mega Star ini, Dolaners bisa menyaksikan kuda-kuda yang berkeliaran leluasa dengan latar belakang puncak-puncak bukit di Kota Batu. Kalau mau menyaksikan balapan kuda juga bisa, karena ada 2 sirkuit balap kuda di peternakan kuda ini.

Landscape Alam, Kota Batu, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Landscape Alam via julietchandra - Dolan Dolen

Landscape Alam via julietchandra

Area peternakan kuda ini berada di Kota Batu, sekitar 15 kilometer ke arah barat dari Kota Malang. Untuk melihat kuda-kuda eksotis di Kota Batu, Dolaners cuma perlu mengarahkan kendaraan ke arah Museum Angkut di Jalan Sultan Agung. Dari kawasan ini, ambil arah menuju Agrowisata Panderman, kemudian ke arah Hotel Horison Ultima, melewati Gedung Kesenian Junrejo, nantinya Dolaners akan melihat papan nama Panderman Hill dan kemudian Peternakan Kuda Mega Star.

Alamat: Jl. Lingkar Barat, Dusun Dresel, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu
Jam Buka: 08.00 – 16.30 WIB
Harga 
Tiket Masuk: Rp. 25.000,-
Tiket Parkir: Rp. 2.000,-
Naik Kuda: Rp. 50.000,- per 30 menit
Kelas Berkuda: Rp. 500.000,- per bulan
Panahan: Rp. 50.000,-
Fotografi Profesional: Rp 1.000.000 – Rp 1.500.000,-

 

2. A Whole New Pet: Belajar tentang Seluk Beluk Perawatan Kuda

Setelah membayar tiket masuk, Dolaners akan didampingi seorang pemandu. Serius, ya? Enggak juga, asik-asik aja kok, malahan. Dolaners bisa bertanya ini itu tentang seluk-beluk perawatan kuda. Ya… siapa tahu, besok-besok Dolaners punya ranch pribadi, gitu? Barangkali, kucing anjing, kelinci, atau burung udah jadi hewan peliharaan yang mainstream, sementara Dolaners pengennya anti mainstream, gitu?

Perawatan Kuda, Kota Batu, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Perawatan Kuda via dondipriyatmadi - Dolan Dolen

Perawatan Kuda via dondipriyatmadi

Peternakan Kuda Mega Star memiliki kurang lebih 50 ekor kuda, ada yang masih liar dan ada juga yang sudah jinak. Nah, disinilah peran pemandu akan menyelamatkan nyawa Dolaners. Ups, gak segitu gawatnya juga, kok. Tapi bila baru sekali-sekalinya dolan ke Peternakan Kuda Mega Star, bisa jadi Dolaners tanpa sadar berdiri di belakang kuda liar. Kalau udah kena tendang, bisa-bisa destinasi berikutnya malah rumah sakit, nih.

 

3. Playground Baru yang Edukatif buat Si Kecil

Tak cuma ngasih lihat mana kuda liar dan mana kuda jinak, pemandu juga akan menemani Dolaners keliling Peternakan Kuda Mega Star. Siapkan bikin daftar pertanyaan dari rumah, Dolaners. Eh, pertanyaannya tentang kuda ya, bukan tentang pemandunya!

Playground, Kota Batu, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Playground via sophia yoshiayasyakieb - Dolan Dolen

Playground via sophia_yoshiayasyakieb

Keberadaan pemandu sejak dari pintu masuk ini juga menjadikan Peternakan Kuda Mega Star sebuah destinasi wisata keluarga yang ramah anak. Terbentang pada lahan seluas 2 hektar, si kecil tentu menemukan playground dialam terbuka yang terasa tak berbatas, sambil mengenali beberapa jenis kuda. Peternakan kuda di Kota Batu ini memiliki kuda-kuda pacu berkelas internasional yang didatangkan dari Amerika, Eropa, hingga Australia, bersanding bersama dengan kuda-kuda lokal.

 

 

4. Ke Mega Star, Tentunya Ya… Menunggang Kuda!

Trus, sesampainya di Peternakan Kuda Mega Star, apa ya cuma melihat-lihat kuda saja? Enggak, laaah! Dolaners bisa naik kuda.

Menunggang Kuda, Kota Batu, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Menunggang Kuda via rahsan nay - Dolan Dolen

Menunggang Kuda via rahsan_nay

Naik kuda? Iya, beneran naik kuda. Mau dipake keliling jalan-jalan santai, bisa. Mau dipacu juga boleh, kalau Dolaners memang mahir mengendalikan kuda. Sebagian besar pengunjung yang bisa naik kuda cuma jalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan wilayah Kota Batu di sini. Boleh juga kok, kalau Dolaners siap dengan kostum pribadi trus selfie di punggung kuda. Kalau Dolaners tak begitu yakin bisa duduk santai di atas punggung kuda, masih ada petugas yang mendampingi. Jadi, jangan kuatir, asikin aja!

 

5. Mulailah dari yang Mudah: Belajar Naik, eh Menuntun, Kuda

Sama sekali gak bisa naik kuda? Tak apa, banyak banget pengunjung yang sama sekali gak kenal sama tunggangan yang udah eksis sejak berabad-abad silam ini.

Mulailah dari yang Mudah, Kota Batu, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Mulailah dari yang Mudah via annisasyifaf - Dolan Dolen

Mulailah dari yang Mudah via annisasyifaf

Seperti belajar banyak hal lain, mulailah dari yang mudah dulu. Kalau naik kuda terasa terlalu mengintimidasi, boleh berlagak sok bisa menuntunnya saja. Apalagi kalau tujuannya cuma selfie, berjalan di samping kuda sambil menggenggam tali kekangnya tentu sudah cukup keren, laaah. Tapi kalau mau serius belajar, Dolaners bisa ambil kelas berkuda yang dilatih langsung oleh pelatih terpilih bersertifikat Pordasi (Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia).

 

6. Gak Berani Naik Kuda? Ya Udah, Wefie Aja

Kalau berjalan beriringan dengan kuda masih dirasa terlalu sulit, ya udah, wefie aja sama kudanya. Pilih yang keren ya, supaya Dolaners bisa dapat tambahan poin makin kece di depan kamera.

Wefie, Kota Batu, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Wefie by royfatkhur - Dolan Dolen

Wefie by royfatkhur

Trus yang pegang kamera siapa? Tenang, pemandu yang menemani Dolaners bersedia pegang kameranya, kok. Jadi, bisa nambah personel nih, wefie rame-rame, masing-masing pegang kuda. Cetar, gak tuh.

 

 

7. Masih Takut Deket-Deket Kuda? Ya Udah, Jadi Background Selfie Ala-Ala Wild West Aja

Tapi kalau beneran masih gak mau deket-deket sama kuda, Dolaners masih bisa selfie di foreground. Dengan kuda-kuda yang berkeliaran lepas tanpa tali kekang di latar belakang, seolah-olah Dolaners sedang berada di peternakan kuda di Texas. Mau bikin tema selfie Texas jadul yang masih ada cowboy dan sheriff ala-ala wild west gitu? Tinggal sesuaikan kostum aja!

Background Selfie, Kota Batu, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Background Selfie via zenda hayu - Dolan Dolen

Background Selfie via zenda_hayu

Memang cuma selfie, sih. Tapi kalau Dolaners salah pilih kuda juga, buntutnya bisa berabe, tuh. Makanya, perhatiin baik-baik ya, saat pemandu menjelaskan mana kuda yang liar dan mana yang sudah jinak.

 

8. Mau Bikin Prewed Anti Mainstream? Lokasi yang Tepat untuk Photoshoot bareng Kuda-Kuda Keren

Tak puas selfie? Sebenarnya tak jarang juga sih, Peternakan Kuda Mega Star ini menjadi pilihan lokasi foto pre-wedding. Bersama kuda-kuda, dialam terbuka, tentu konsep prewed seperti ini bakalan anti mainstream banget. Jadi, peternakan kuda di Kota Batu ini memang fotogenik, kan?

Prewed Anti Mainstream, Kota Batu, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Prewed Anti Mainstream by davvie duck - Dolan Dolen

Prewed Anti Mainstream by davvie_duck

Nah, kalau Dolaners mau bikin foto yang serius kece, gunakan saja jasa fotografi profesional. Kalau kata pepatah, ada rupa, ada harga.

 

9. Tak Melulu Kuda, Taman Bunga Matahari yang Hits Juga Ada

Dan masih ada kabar baik buat Dolaners yang cantik-cantik. Selfie bakalan lebih cantik lagi saat dilakukan di tengah taman bunga matahari. Iya, masih di lokasi yang sama, di Peternakan Kuda Mega Star.

Taman Bunga Matahari, Kota Batu, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Taman Bunga Matahari by royfatkhur - Dolan Dolen

Taman Bunga Matahari by royfatkhur

Tentu Dolaners tahu seberapa hitsnya selfie di tengah taman bunga matahari. And thanks God, Peternakan Kuda Mega Star ini punya lahan bunga matahari yang ciamik, bersanding dengan bunga-bunga lain yang penuh warna warni cerah. FYI, biji bunga matahari di Kota Batu ini dipanen setiap 3 bulan sekali.

 

 

10. Belajar atau Latihan Panahan Ditengah Udara Sejuk Kota Batu

Selain berkuda dan jalan-jalan di tengah taman bunga matahari, Dolaners bisa mencoba main panahan di Peternakan Kuda Mega Star. Olahraga yang makin hits ini tentu menarik untuk dicoba. Atau Dolaners memang sudah menekuninya?

Panahan, Kota Batu, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Panahan via apriliasuryaanggraeni - Dolan Dolen

Panahan via apriliasuryaanggraeni

Panahan di kawasan Oro-Oro Ombo Kota Batu bisa jadi pengalaman yang berbeda, Dolaners. Udaranya sejuk, bikin betah berlama-lama fokus dengan latihan panahan, berkuda, maupun menikmati hitsnya taman bunga matahari. Jadi, kapan ke Malang?

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link