4 Wisata Kebun Teh Paling Hits di Jawa Timur

Membahas tentang wisata alam bertajuk kebun teh, di Jawa Timur setidaknya ada empat destinasi yang bisa dijadikan tujuan wisata jika ingin bercengkrama dengan dedaunan teh beserta kekhasannya. Keindahan dan kesegaran ini bisa kamu nikmati di 4 destinasi wisata kebun teh paling hits di Jawa Timur berikut.

1054 views

1. Agrowisata Kebun Teh Wonosari – Malang

Sebuah kawasan perkebunan teh yang tidak hanya menyajikan panorama indah namun juga hawa yang sejuk selayaknya angin di pegunungan. Wajar jika para wisatawan yang berkunjung betah berlama-lama di sini dan bahkan biasanya menginap di hotel yang telah disediakan oleh pengelola kebun teh.

Agrowisata Kebun Teh Wonosari Malang Agrowisata Kebun Teh Wonosari Malang - Dolan Dolen

Agrowisata Kebun Teh Wonosari Malang via instagram.com/anafsaa_

Kebun Teh Wonosari ini terletak 6 km dari Lawang atau 30 km utara Kota Malang. Kebun Teh Wonosari ini berada pada ketinggian antara 950-1.250 mdpl yang membuatnya memiliki hawa sejuk selayaknya angin di pegunungan. Memiliki luas area sekitar 1.144 hektar dan merupakan kebun teh pertama di Jawa Timur yang kemudian dijadikan tempat wisata. Di lokasi wisata ini, kita tidak hanya bisa menikmati hijaunya kebun teh yang terhampar indah, namun juga dapat mencoba beberapa fasilitas wisata seperti flying fox, berkuda, wall climb, paint ball dan fasilitas seru lainnya.

 

 

2. Perkebunan Teh Sirah Kencong – Blitar

Di wisata agro ini Anda akan dimanjakan oleh sebuah keindahan panorama perkebunan teh yang indah dan elok serta air terjun yang sangat indah. Pesona utama dari objek wisata Perkebunan Teh Sirah Kencong ini terletak pada kebun tehnya. Kebun tersebut memiliki luas sekitar 219.15 hektar. Kebun teh membentang pada bentang alam yang berbukit-bukit sehingga tampak semakin indah. Jalan setapak tempat lalu lalang para pemetik teh tampak seperti guratan-guratan indah yang berulir.

Perkebunan Teh Sirah Kencong Blitar Perkebunan Teh Sirah Kencong Blitar - Dolan Dolen

Perkebunan Teh Sirah Kencong Blitar via instagram.com/detribuddy

Selain pemandangan dari kebun teh, kamu juga bisa melakukan banyak aktivitas seru. Tidak jauh dari lokasi ada Air Terjun Suro Tani dan juga Air Terjun Sirah Kencong. Uniknya, di sini telah disediakan beberapa spot foto keren. Telah dilengkapi pula dengan beberapa fasilitas seperti camping ground, gazebo, dan juga outbond area.

Perkebunan Teh Sirah Kencong berada di area pegunungan di kawasan Blitar. Terletak pada ketinggian 1.000 mdpl, secara administratif masuk dalam wilayah Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur berada dalam pengelolaan PT. Perkebunan Nusantara XII.

 

3. Perkebunan Teh Kertowono – Lumajang

Memetik teh langsung di perkebun teh tentu bisa menjadi pengalaman wisata yang cukup mengesankan. Sejuknya hawa pegunungan dengan hamparan kebun teh yang asri dan menghijau seakan menjadi nuansa alam nirwana. Begitu juga dengan aktifitas para pemetik teh disana menjadi suatu keindahan yang tak ada habisnya untuk dinikmati dan diabadikan dengan kamera. Pesona keindahan itulah yang bisa Anda dapatkan dengan berkunjung ke Kebun Teh Kertowono yang berada di Kabupaten Lumajang – Jawa Timur.

Perkebunan Teh Kertowono Lumajang Perkebunan Teh Kertowono Lumajang - Dolan Dolen

Perkebunan Teh Kertowono Lumajang via instagram.com/cewealpukat

Wisatawan dengan minat khusus bisa menjajal medan perkebunan teh dengan motor trail. Selain itu, wisatawan juga bisa bermain sepeda di kebun teh. Ada juga tur wisata pabrik teh yang bisa dicoba. Wisatawan akan mendapat penjelasan tentang pabrik teh, cara pengelolaan teh, dan juga mencicipi teh.

 

 

4. Perkebunan Teh Jamus – Ngawi

Kebun teh yang satu ini menawarkan pesona wisata lain di lereng sebelah utara gunung Lawu yang tidak kalah menarik dibandingkan kawasan wisata di lereng gunung Lawu sebelah barat dan timur. Kebun Teh Jamus yang berada di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur ini memang memiliki beberapa keunikan sekaligus kekhasan yang tidak dimiliki oleh wisata kebun teh lain.

Perkebunan Teh Jamus Ngawi Perkebunan Teh Jamus Ngawi - Dolan Dolen

Perkebunan Teh Jamus Ngawi via instagram.com/roybarbershop

Hal yang paling menarik di kawasan Kebun Teh Jamus Ngawi adalah keberadaan bukit kebun teh yang dinamakan Bukit Borobudur (Borobudur Hills) atau Piramida-nya Jamus. Pemberian nama Bukit Borobudur bukan tanpa alasan karena bentuk bukit kebun teh seperti kerucut atau piramida hingga puncak dan di beberapa lapisan terdapat guratan jalan mirip dengan tingkatan pada Candi Borobudur di Jawa Tengah.

 

Itulah daftar 4 wisata di Jawa Timur yang menyuguhkan keindahan perkebunan teh dengan hamparan panorama hijaunya. Kamu bisa mampir ke lokasi-lokasi tersebut jika tengah berkunjung.

Dolandolen

Dolaners

Memberikan berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh destinasi yang ada di Indonesia. Be more than just another traveler when you be Dolaners!!

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link