5 Alasan Kenapa Dolaners Musti Ke Surabaya

Kota metropolitan kedua di negara ini, dan ibukota propinsi Jawa Timur, Surabaya, layak banget untuk dikunjungi. Kenapa? Satu alasan yang jelas, wilayah berpenduduk yang kini disebut Surabaya ini telah ada selama beratus-ratus tahun sebelum Dolaners lahir. Dan masih ada banyak alasan lagi kenapa Dolaners perlu kepo dengan kota ini. Apa aja?

2032 views

1. Kota Tua Bersejarah Sejak Keraton Surabaya

Tahukah Dolaners kalau Surabaya ini sudah muncul sejak sebelum Kerajaan Majapahit berdiri? Waktu itu namanya belum Surabaya, seperti yang kita kenal sekarang. Tetapi memang sudah ada pemukiman penduduk di lokasi wilayah di mana sekarang telah berkembang menjadi sebuah ibukota propinsi yang luas.

Kota Tua, Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners Kota Tua via surabayatempodulu - Dolan Dolen

Kota Tua via surabayatempodulu

Belanda mulai menggunakan nama Surabaya, dengan ejaan yang berbeda tentunya, saat membangun sebuah wilayah bagi pemukiman orang-orang VOC. Dolaners perlu tahu bahwa pada saat itu, pemukiman Belanda dan pribumi dipisah untuk menjaga keamanan orang-orang Belanda. Bahkan pada awalnya, hari ulang tahun kota ini diperingati sesuai dengan masa awalnya pemerintahan Belanda di Surabaya. Sedemikian lamanya kota ini berdiri tegak menentang masa, melewati berbagai krisis dan tragedi. Semakin sedikit pula sisa-sisa bangunan yang masih menggambarkan keberadaanya dimasa silam, misalnya Gerbang Kraton. Gerbang ini dulunya benar-benar berfungsi sebagai pintu gerbang keraton Kadipaten Surabaya. Sekarang, saat Dolaners mengenali gerbang ini, yang ada di sekitarnya adalah bangunan-bangunan perumahan penduduk. Keadaan seperti ini terjadi hampir di setiap pelosok kota. Coba bayangkan, betapa banyak peninggalan jejak masa lampau ketika Dolaners menelisik setiap jengkal kota tua ini. Jangan lupa bawa kameramu saat ke Gerbang Kraton ya, Dolaners.

Alamat: Jl. Penghela, Alun-alun Contong, Bubutan, Surabaya

 

2. Kota yang Khas dengan Makanannya

Yang unik dari Surabaya sejak jaman sebelum Kerajaan Majapahit adalah keterkaitannya dengan Pulau Madura. Tak bisa dipungkiri, interaksi suku Jawa di Pulau Jawa dan suku Madura di Pulau Madura telah menghasilkan jenis kuliner yang khas hanya ada di Surabaya.

Makanan Khas, Makanan Khas Surabaya, Makanan Surabaya, Khas Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners Makanan Khas via mustikasv - Dolan Dolen

Makanan Khas via mustikasv

Ada beragam jenis kuliner khas Surabaya, misalnya lontong balap, rujak cingur, dan masih banyak lagi. Tapi ada satu signature dish kota ini, dan mungkin Dolaners sudah tahu, yaitu rawon. Menu rawon, di manapun Dolaners menemukannya, akan nyaris selalu ada embel-embel Surabaya dibelakangnya. Pada penampilannya, rawon memang tampak kurang menarik. Hitam. Gelap. Bagi Dolaners yang belum pernah tahu rasanya, barangkali sudah enggan mencoba karena faktor penampakan ini. Tapi makanan yang satu ini jelas layak banget dicoba. Dijamin bakal ketagihan, deh. Apalagi akalau Dolaners bisa menemukan warung rawon yang tepat, yang rasanya pas di lidah. Nah, mumpung ada di Surabaya, saatnya Dolaners incip makanan bercitarasa nikmat ini di Rawon Warung Ijo Sedati. Pasti balik lagi, dan lagi, meskipun lokasinya masih keluar kota. Tak terlalu jauh, masih di sekitar Surabaya juga kok, jadi sangat layak dicoba.

Alamat: No 11 Sedati Sidoarjo, Jl. Raya Sedati Agung No.1, Sedati Agung, Sidoarjo

 

 

3. Kota untuk Belanja Grosir Murah Meriah Tanpa Batas

Dolaners suka belanja? Atau memang perlu belanja grosir untuk kemudian dijual kembali? Surabaya bisa jadi salah satu kota jujuganmu untuk belanja. Banyak banget pusat-pusat perbelanjaan di kota ini, mulai dari pasar sampai mall, mulai dari eceran sampai grosir.

Belanja Grosir, Grosir Surabaya, Belanja di Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners Belanja Grosir via dwikyap - Dolan Dolen

Belanja Grosir via dwikyap

Surabaya punya banyak mall yang bisa didatengin, apalagi kalau Dolaners suka main dan belanja ke mall. Tinggal pilih, Dolaners mau ke Tunjungan Plaza, Ciputra World, Grand City, atau yang lainnya. Dolaners tak akan kehabisan pilihan mall di kota ini. Atau Dolaners lebih suka berburu barang di pasar tradisional? Dolaners bisa lihat apa yang ada di Pasar Keputran atau Pasar Gembong. Pilihan lain untuk belanja banyak adalah Pusat Grosir Surabaya. Di sini Dolaners bisa belanja sebanyak yang bisa dilakukan di pasar, tapi masih bisa tetap merasakan kenyamanan mall selama berbelanja. Tak banyak kota lain yang bisa menawarkan kombinasi unik semacam ini, bukan? Masih ada banyak pilihan lokasi belanja lain yang menawarkan kenyamanan setara dengan keleluasaan belanja grosir, tapi baiklah Dolaners bisa mulai dari Pusat Grosir Surabaya dulu. Reputasinya yang bertahan selama bertahun-tahun sebagai tempat belanja grosir, pasti takkan mengecewakanmu saat pertama kali mencoba.

Alamat: Jl. Raya Dupak No.1, Gundih, Bubutan, Surabaya
Jam Buka: 09.00 – 17.00 WIB

 

4. Kota untuk Borong Perlengkapan Elektronik

Dolaners mungkin kurang tertarik borong-borong garmen, atau semacamnya. Bagaimana dengan alat-alat elektronik atau gadget? Nah, kalau suka barang-barang ini, Dolaners datang ke kota yang tepat. Surabaya punya banyak tawaran buat Dolaners.

Borong Elektronik, Belanja Elektronik, Elektronik Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners Borong Elektronik via hbwillyam - Dolan Dolen

Borong Elektronik via hbwillyam

Peralatan elektronik apapun yang diperlukan, Dolaners cuma perlu menjelajah Kota Surabaya. Ada beberapa pilihan pusat perbelanjaan elektronik di kota ini, tinggal pilih mana yang Dolaners suka. Tapi pusat perbelanjaan elektronik yang punya reputasi bertahan, dengan fasilitas perbelanjaan yang cukup lega dan lapang, adalah Hi-Tech Mall. Banyak pengunjung mall elektronik ini yang datang dari luar kota, yang sengaja datang ke Surabaya hanya untuk ke mall ini saja. Nah, kalau Dolaners belum pernah ke mall elektronik ini, sekarang saatnya mencoba. Barangkali ada yang bisa diborong pulang. Atau mungkin ada produk baru yang belum sempat dimiliki di rumah. Hi-Tech Mall tak hanya menawarkan keragaman alat elektronik, tapi juga update barang-barang yang mungkin belum ditemukan di toko elektronik lain. Bisa jadi Dolaners memerlukan item lama yang tak bisa ditemukan di tempat-tempat lain. Atau Dolaners sedang mencari item terbaru yang baru saja diluncurkan. Kalau memang gemar dengan barang-barang seperti ini, Dolaners wajib datang ke Hi-Tech Mall.

Alamat: Jl. Kusuma Bangsa No. 116-118, Tambaksari, Surabaya
Jam Buka: 10.00 – 19.00 WIB

 

 

5. Kota dengan Banyak Taman dan Ruang Terbuka

Tak seperti kota-kota lain yang penuh dengan pembangunan infrastrukturnya, Surabaya masih punya tempat untuk ruang terbuka. Bahkan pembangunan dan perawatan ruang terbuka ini benar-benar mendapatkan perhatian serius dari pemerintah kotanya.

Banyak Taman, Taman Surabaya, Taman Kota Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners Banyak Taman via salaswonderful - Dolan Dolen

Banyak Taman via salaswonderful

Surabaya punya banyak taman, seperti Taman Apsari, Taman Bungkul, Taman Surabaya, dan masih banyak lagi. Taman-taman ini tak hanya menyajikan keindahan warna warni bunga dan udara bersih, tapi juga menyediakan lahan terbuka untuk permainan anak-anak. Dolaners juga bisa menikmati taman-taman ini dengan berfoto, selfie, atau wefie. Atau bahkan sekedar nongkrong saja, duduk-duduk santai dan menikmati suasana. Salah satu taman yang cukup asri dan menempati lahan yang cukup lapang adalah Kebun Bibit atau Taman Flora Wonorejo. Untuk merasakan tenangnya berada di ruang terbuka yang cantik dan nyaman, coba saja Dolaners mengunjungi salah satu taman-taman ini, Kebun Bibit Wonorejo, misalnya.

Alamat: Jl. Kendal Sari Blok RK No.70, Wonorejo, Rungkut, Surabaya
Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB

 

Nah, ada banyak hal yang bisa dilakukan di Kota Surabaya kan, Dolaners? Tak perlu alasan muluk-muluk untuk mampir ke kota ini. Karena tanpa iming-iming yang luar biasa sekalipun, sebenarnya Dolaners bisa enjoy dengan hal-hal kecil sederhana yang dilewatkan saat berkunjung ke kota ini.

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link