5 Taman Instagenic di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Pernah merasa kehabisan ide buat bikin akun Instagram lebih menarik? Bosan dengan latar belakang foto yang terlalu monoton? Sempatkah Dolaners terpikir bahwa perubahan kece tak perlu biaya, alias gratis? Cobalah ke lima taman di Kota Surabaya berikut ini. Selain tak perlu membayar tiket masuk, Dolaners bisa dapat suasana baru yang cukup memuaskan untuk bikin frame foto di Instagram kaya dan penuh warna beda. Apa saja taman-taman itu?

1183 views

1. Kebun Bibit Surabaya

Kebun Bibit Surabaya, disebut juga Taman Flora, sebenarnya merupakan pilihan lokasi rekreasi keluarga karena dua alasan: menyehatkan dan murah. Kok bisa? Ya karena tidak ada tiket masuk. Paling-paling, Dolaners cuma perlu bayar tiket parkir saja. Selain itu, Kebun Bibit Surabaya ini juga bisa jadi taman instagenic buat Dolaners yang rajin mengupdate Instagram.

 

kebun bibit surabaya, taman flora, taman instagenic, foto-foto, dolaners, dolan dolen kebun bibit surabaya via ines komala siti hanifa - Dolan Dolen

kebun bibit surabaya via ines komala siti hanifa

Dolaners bisa selfie atau wefie di taman instagenic ini karena penataan taman yang sangat bagus. Kalau Dolaners hobi fotografi, banyak banget objek foto yang menarik di taman instagenic Surabaya ini. Sebagai lahan terbuka di tengah kota, banyak keluarga yang membawa balita-balita mereka main di Kebun Bibit Surabaya. Anak-anak ini paling suka memberi makan ikan di kolam air mancur, atau main seru di area outbond Kebun Bibit Surabaya. Dolaners bisa memotret acara-acara keluarga ini, terutama diakhir pekan. Selain itu, Jogging track yang nyaman menjadikan Kebun Bibit Surabaya ini pilihan favorit untuk berolahraga. Dengan begitu, pilihan objek fotomu di taman instagenic ini akan sangat beragam, tidak terbatas pada tanaman saja.

Kemudian, di bagian samping Kebun Bibit Surabaya ini ada kawanan kancil dan rusa. Kalau sempat membeli sayuran ke pedagang di luar Kebun Bibit Surabaya, Dolaners bisa memberi makan satwa-satwa ini. Atau, Dolaners bisa berfoto dengan latar belakang rusa atau kancil. Atau juga, ambil gambar satwa-satwa ini dan upload ke Instagram. Dijamin, followermu bakal bertambah hanya dengan tambahan foto-foto dari taman instagenic ini.

Alamat: Jl. Raya Manyar no. 80A, Baratajaya, Gubeng, Surabaya
Jam Buka: 07.00 – 17.00 WIB

 

 

2. Taman Sakura Keputih Surabaya

Dolaners pengen ke lokasi yang hijau-hijau dan penuh dengan bunga-bungaan? Ada kok, di kota Surabaya. Namanya Taman Sakura Keputih Surabaya, sesuai dengan lokasinya. Tak cuma menenangkan, taman instagenic ini bakal cantik banget kalau muncul di Instagram. Ya tentu, tergantung angle seperti apa yang dipilih Dolaners.

taman instagenic, taman sakura, taman sakura keputih, taman sakura surabaya, taman sakura keputih surabaya, dolan-dolen, dolaners taman sakura keputih surabaya via surabayanews - Dolan Dolen

taman sakura keputih surabaya via surabayanews.web.id

Misalnya, area hutan bambu di Taman Sakura Keputih Surabaya ini bisa tampak romatis sebagai latar belakang foto pre-wedding. Benar-benar tak seperti hutan bambu yang biasanya tampak seram dan angker. Tapi, kalau Dolaners tak begitu yakin dengan kemampuanmu memilih angle, acara selfie dan wefie sebaiknya di area taman bunga saja. Ini pilihan yang lebih aman, karena pasti tampak instagenic di Instagram. Pilih saja jenis dan warna bunga yang menurutmu paling indah untuk jadi latar belakang. Hati-hati jangan sampai merusak taman, ya.

Kalau mau berpuas-puas diri menjelajah keindahaan Taman Sakura Keputih Surabaya, sebaiknya Dolaners datang saat hari kerja. Diakhir pekan, pengunjung taman instagenic ini banyak banget, baik dari kota Surabaya sendiri maupun dari luar kota. Gak asik kan, kalau background fotomu nongol muka orang lain.

Alamat: Jl. Keputih Tegal Timur II no.249, Keputih, Sukolilo, Surabaya
Jam Buka: 06.00 – 18.00 WIB

Lihat Detail

 

 

3. Taman Bungkul Surabaya

Masih ingat berita di televisi tentang Taman Bungkul Surabaya? Taman instagenic ini memang sangat indah, hingga layak bila Ibu Walikota sempat bereaksi cukup keras atas pengrusakan Taman Bungkul Surabaya waktu itu.

taman bungkul, taman bungkul surabaya, taman instagenic, instagram, dolan-dolen, dolaners taman bungkul surabaya via baihaki - Dolan Dolen

taman bungkul surabaya via baihaki

Keindahan Taman Bungkul Surabaya memang khas, tampak berbeda disiang dan malam harinya. Karena taman instagenic ini buka 24jam, Dolaners bisa datang ke Taman Bungkul Surabaya bila tiba-tiba ngidam ke taman dijam-jam aneh, misalnya larut atau lewat tengah malam. Tapi memang, malam hari di Taman Bungkul Surabaya terasa berbeda. Gemerlap lampu, ditambah dengan fasilitas permainan yang lengkap dijamin bikin Dolaners betah berlama-lama di taman instagenic ini. Oh ya, tak lupa satu fasilitas penting masa kini: Wi-Fi gratis. Ada pula panggung musik, BMX track, skateboard track, maupun jogging track. Kalaupun tidak memanfaatkan fasilitas-fasilitas ini, Dolaners bisa mengambil gambar aktivitas-aktivitas yang berlangsung di Taman Bungkul Surabaya. Memang yang membuat Taman Bungkul Surabaya menjadi taman instagenic bukan tatanan dan tanaman tamannya semata, tetapi juga orang-orang yang menikmati taman ini dengan cara mereka masing-masing.

Saking serunya menikmati Taman Bungkul Surabaya ini, Dolaners sampai lupa jam makan? Datanglah ke lokasi pedagang kaki lima di sekitar taman. Bila menemukan angle yang pas, Dolaners bisa juga mengambil gambar para penjaja makanan ini karena mereka juga bagian dari taman instagenic yang ada di kawasan Bungkul ini.

Alamat: Jl. Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo, Surabaya
Jam Buka: 24 jam

Lihat Detail

 

4. Taman Prestasi Surabaya

Dolaners pasti tahu tentang gedung Grahadi di kota Surabaya. Nah, di belakang gedung ini ada taman instagenic, yaitu Taman Prestasi Surabaya. Eh, tunggu dulu. Jangan keburu males denger nama taman ini.

taman prestasi, taman prestasi surabaya, taman instagenic, dolan dolen, dolaners taman prestasi surabaya via aris wisnanto - Dolan Dolen

taman prestasi surabaya via aris wisnanto

Nyatanya, taman ini jauh dari kesan serius. Pohon-pohonnya rindang dan hijau, taman bunganya juga cantik. Dolaners bisa memilih spot-spot kece di taman instagenic ini untuk selfie maupun wefie. Kalau Dolaners lebih berminat mengambil gambar, ada banyak fokus menarik yang bisa jadi objek fotomu. Misalnya, anak-anak yang tengah seru bermain di arena permainan. Dolaners pasti akan menemukan banyak ekspresi yang sangat layak diabadikan dikameramu.

Selain fasilitas darat, Dolaners juga bisa mendekati wilayah air. Ya, berperahu di sungai! Bayar sih, tapi gak sampai lebih dari lima ribu perak, kok.

Alamat: Jl. Ketabang Kali no.6, Ketabang, Genteng, Surabaya
Jam Buka: 06.00 – 21.00 WIB

 

 

5. Taman Pelangi Surabaya

Satu lagi taman instagenic yang kece banget dimalam hari, yaitu Taman Pelangi Surabaya. Taman ini benar-benar lokasi yang tepat untuk selfie dan wefie, terutama saat malam. Bukan berarti Dolaners tidak bisa ke taman instagenic ini disiang hari, ya. Hanya saja, Dolaners akan menemui taman yang tampak sama seperti taman-taman lain pada umumnya disaat siang, seperti pohon-pohon hijau dan rindang. Jangan salah ya, banyak juga yang tetap menyukai keadaan taman instagenic ini disiang hari. Dan memang, Dolaners masih bisa jalan-jalan di Taman Pelangi Surabaya disiang hari tanpa merasa rugi. Fasilitas dan keindahan taman tetap punya daya tariknya saat matahari masih bersinar sepanjang siang. Tapi saat malam, suasana benar-benar berubah total. Nyaris terasa seperti berada di tempat yang berbeda.

taman pelangi, taman pelangi surabaya, taman instagenic, kota surabaya, dolan dolen, dolaners taman pelangi surabaya via indah haya - Dolan Dolen

taman pelangi surabaya via indah haya

Tiang-tiang air mancur di Taman Pelangi Surabaya ini, yang tampak biasa disiang hari, berubah menjadi jajaran lampu warna warni setelah matahari terbenam. Masih tetap berfungsi sebagai tiang air mancur, spot ini benar-benar indah untuk jadi latar belakang selfiemu. Tak heran, pengunjung Taman Pelangi Surabaya banyak yang silih berganti mengambil gambar dengan latar belakang lampu air mancur ini. Kalau harus mengantri giliran berfoto, bersabar saja ya, Dolaners. Waktu yang dihabiskan untuk menunggu sampai tidak ada potensi orang nongol di frame fotomu benar-benar layak.

Alamat: Jl. Frontage Ahmad Yani Siwalankerto no.138, Gayungan, Surabaya
Jam Buka: 05.00 – 23.00 WIB

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link