5 Wisata Belanja Murah Meriah di Malang

Jalan-jalan gak mungkin tanpa belanja, meskipun Dolaners bukan shopaholic. Dijamin, pasti Dolaners perlu beli ini itu gara-gara ada perbekalan yang kurang, atau malah kudu belanja banyak buat oleh-oleh keluarga besar dan teman sekampung. Nah, kalau sudah masalah expense pas di negri sebrang, biarpun cuma sebrang kota, Dolaners ngitung, dong. Kalau jalannya pas ke Malang, gimana? Jangan kuatir. Kota ini punya pusat-pusat perbelanjaan yang murah meriah buat Dolaners yang suka belanja atau perlu bawa oleh-oleh berkarung-karung. Apa aja? Yuk, lihat 5 destinasi wisata belanja yang murah meriah di kota Malang berikut ini!

14890 views

1. Pasar Bunga dan Burung Splendid

Malang memang tak punya kebun binatang, tapi ada Splendid. Eits, jangan salah. Biarpun pasar burungnya tampak kotor dan aromanya lumayan bercampur baur, turis manca negara sering tampak berseliweran di pasar belanja yang murah meriah ini. Tak cuma memasarkan berbagai jenis burung, para pedagang di pasar burung Splendid juga menjual macam-macam jenis ikan air tawar, bahkan reptil. Jadi, sekali lagi, meskipun tak ada kebun binatang di kota Malang, Dolaners bisa coba intip-intip berbagai macam hewan, seperti kelinci, kucing, tikus, ayam, dan hewan-hewan unik lainnya, di pasar burung Splendid ini. Bahkan, Dolaners bisa beli hewan-hewan yang bikin jatuh hati. Kalau Dolaners pakar dalam bidang tawar menawar, petualangan di pasar murah ini pasti bakal menyenangkan. Lebih seru dari sekedar lihat-lihat di kebun binatang, bukan?

wisata belanja murah meriah malang pasar burung bunga dolaners pasar bunga dan burung splendid - Dolan Dolen

pasar bunga dan burung splendid via aragani

Berbeda dari pasar burungnya, pasar bunga Splendid, yang benar-benar tampak bagai surga bagi yang hobi tanam-tanam, lebih rapi dan lebih asri. Udaranya juga lebih bersih dan segar, apalagi kalau Dolaners masuk dan menemui pedagang bunga potong. Aroma beragam mawar yang warna warni pasti akan bikin Dolaners hepi. Jangan lupa isi bagasi kendaraanmu dengan bunga-bunga segar ini, ya!

Kalau capek dan lapar habis menyusuri liku-liku jalanan pasar burung dan bunga Splendid, Dolaners bisa menemukan warung-warung kecil di area pasar murah ini. Ada jajanan kenyang, kalau dimakan banyak, seperti martabak. Ada pula makanan berat seperti nasi soto atau rawon.

Alamat: Jl. Brawijaya, Kota Malang
Jam Buka: 05.00 – 18.00 WIB
Harga: mulai Rp.10.000,-

 

2. Sentra Kerajinan Keramik Dinoyo

wisata belanja murah keramik malang dolaners sentra kerajinan keramik dinoyo - Dolan Dolen

sentra kerajinan keramik dinoyo via baruingat.com

Destinasi wisata belanja murah meriah berikutnya di kota Malang adalah keramik. Dulunya, di daerah Dinoyo ini ada pabrik keramik besar, namun sekarang tak lagi beroperasi. Penduduk di sekitar pabrik inilah yang kini memasarkan keramik hias buatan mereka sendiri, langsung di rumah-rumah mereka. Ya, setelah memasuki wilayah kampung keramik Dinoyo, Dolaners tinggal parkir kendaraan di pinggir jalan, lantas pilah-pilih keramik yang disukai di ruang tamu rumah-rumah ini. Ada patung-patung hias, vas bunga, asbak, piring, cangkir, teko, dan lain sebagainya. Kalau Dolaners berencana menikah, tinggal pesan saja suvenir resepsi di sini. Dijamin harganya miring. Atau mau bawa oleh-oleh yang banyak? Borong saja keramik hias kecil-kecil dalam jumlah banyak. Pasti cukup kok budget belanjamu.

Selain berbelanja murah meriah di kampung keramik ini, terutama bagi penyuka atau kolektor keramik, Dolaners juga bisa belajar membuat keramik. Dolaners akan diajari cara membentuk dengan cetakan, mengeringkan, sampai proses pembakaran dan pemolesan. Dijamin seru! Tapi pastikan Dolaners meluangkan waktu yang cukup karena proses pembuatan keramik ini tidak cukup satu dua jam saja.

Alamat: Jl. M.T. Haryono Gang IX, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang
Jam Buka: 07.00 – 22.00 WIB
Harga: mulai Rp. 5.000,-

 

 

3. Kampung Kripik Tempe Sanan

wisata belanja murah kripik tempe malang dolaners kampung kripik tempe sanan - Dolan Dolen

kampung kripik tempe sanan via pebrianferli

Dolaners suka ngemil kriuk? Yuk, borong jajanan kriuk-kriuk di daerah Sanan. Kalau Dolaners kurang tertarik berpetualang masuk jalan-jalan kampung, cukup lajukan kendaraan sepanjang Jl. Bengawan Solo (kini Jl. R. Tumenggung Suryo). Di kanan kiri jalan raya ini, ada banyak toko besar yang menjual jajanan khas kota Malang, terutama kripik tempe. Eh, jangan memandang tempe dengan sebelah mata, ya. Karena inovasi kripik tempe yang cukup kreatif di Malang, sekarang tersedia banyak varian rasa, seperti balado, pedas manis, keju, gurih, original, dan lain-lain. Kalau target oleh-oleh cukup banyak, Dolaners bisa memuaskan selera semua orang, mulai yang anak-anak sampai eyang-eyang. Tak heran, kripik tempe Malang asal Sanan ini cukup terkenal, bahkan sampai ke Jakarta, Bali, dan Lombok.

Kalau bosan dengan rasa dasar tempe, Dolaners bisa beli kripik buah. Lagi-lagi, pilihannya lumayan banyak. Ada kripik apel yang sangat khas Malang, ada pula kripik nanas, salak, rambutan, mangga, bahkan buah naga. Harga tiap kemasan tidak terlalu mahal, kok. Apalagi kalau borong banyak, Dolaners bisa baik-baikin owner tokonya biar dapat potongan harga. Jangan kuatir kripikmu hancur karena toko-toko besar di daerah Sanan ini menyediakan kemasan kardus. Jadi oleh-olehmu bakal aman di perjalanan, selamat dan tetap kriuk sampai tujuan.

Alamat: Jl. Sanan, Kel. Purwantoro, Kec. Blimbing, Kota Malang
Jam Buka: 09.00 – 21.00 WIB
Harga: mulai Rp. 7.000,-

 

4. Pasar Oro-Oro Dowo

wisata belanja murah oro dowo pasar tradisional malang dolaners pasar oro oro dowo - Dolan Dolen

pasar oro oro dowo via sophia mega

Apa yang ada di benak Dolaners tentang pasar? Becek? Kotor? Ramai? Semua ketidaknyamanan pasar tradisional tidak akan ditemukan di pasar Oro-Oro Dowo. Setelah dipugar, pasar ini jadi sangat nyaman untuk berbelanja. Disediakan troli bagi pengunjung, jadi bisa dipastikan lantainya kering dan rata. Ya, bagian lantai pasar modern ini telah berkeramik dan bersih, jadi Dolaners pasti gak bakal ngerasa, jauh-jauh ke Malang tapi cuma ke pasar tradisional. Buang jauh-jauh pikiran ini. Lagipula, kurang tepat kalau pasar Oro-Oro Dowo ini disebut pasar tradisional karena fasilitasnya lebih layak disebut pasar modern. Gosipnya nih, pasar ini bisa jadi percontohan pasar modern untuk dikembangkan di daerah-daerah lain. Keren, kan?

Akan tetapi, karena namanya juga masih pasar, Dolaners bisa menikmati suasana hangat pasar tradisional dengan penjual dan penjaja dagangan yang riuh. Bahan makanan dan kebutuhan dapur, seperti sayur mayur, buah-buahan, daging, rempah, dan lain-lain, bisa didapat di pasar ini dengan kualitas yang masih segar. Dolaners juga bisa berbelanja pakaian, jajanan tradisional, perkakas, ataupun yang lainnya. Apapun yang dicari, bisa ditemukan di pasar, begitu bukan? Dan yang pasti, Dolaners bisa tawar menawar di pasar ini. Tak pelak, pasar Oro-Oro Dowo bisa jadi pilihan belanja murah di kota Malang.

Alamat: Jl. Guntur no. 20, Kel. Oro-Oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang
Jam Buka: 24jam

 

 

5. Pasar Besar Malang

wisata belanja murah pasar tradisional besar malang dolaners pasar besar malang - Dolan Dolen

pasar besar malang via jalanjalandikotamalang.blogspot.co.id

Nah, bagi Dolaners yang suka beriuh ramai di pasar tradisional, tawa-menawar dengan gigih untuk selisih harga seribu rupiahpun, atau kurang lega kalau belum belanja super banyak, silakan datang ke Pasar Besar Malang. Karena ini pasar pusat, bisa dipastikan betapa banyaknya orang di satu lokasi ini. Jadi, bila Dolaners sudah berniat ke Pasar Besar, pastikan mengenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman. Jangan lupa bawa air putih juga, daripada dehidrasi ditengah keramaian orang belanja.

Apa yang bisa ditemukan di pasar ini? Macam-macam, nyaris semua hal. Kebutuhan dapur sehari-hari disediakan di bagian belakang pasar. Bagian depan pasar dipenuhi dengan toko-toko perhiasan, kain, pakaian, dan lain-lain. Naik ke lantai dua, Dolaners bisa menemukan pernik-pernik hiasan, sepatu, sandal, dan masih banyak lagi. Jangan beli sebiji dua di pasar ini. Jika Dolaners membeli dalam jumlah lusinan atau kodi, penjual akan memberi potongan harga bahkan saat Dolaners tidak menawar. Makanya, pasar ini cocok buat wisata belanja di Malang saat Dolaners wajib membawa oleh-oleh yang luar biasa banyak.

Alamat: Jl. Pasar Besar, Kel. Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang
Jam Buka: 24 jam

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link