7 Cara dan Tempat Melewatkan Pagi di Surabaya

Singkap selimutmu, ayunkan langkahmu, dan hirup udara pagi. Ya, pagi selalu penuh dengan keberkahan, maka mulailah harimu sepagi mungkin. Sempat terpikir ngapain pagi-pagi di Surabaya? Mau ke mana kalau pagi di Surabaya? Mall belum buka, restoran belum buka, ke pasar tradisional juga paling-paling ketemu orang belanja kebutuhan dapur. Nah, kalau Dolaners tak ada ide musti ngapain, berikut ini pilihan pagimu di Surabaya.

1788 views

1. Olahraga di Stadion Gelora 10 November Surabaya

Ini lokasi yang tepat buat Dolaners yang gak bisa hidup tanpa endorfinnya olahraga. Atau bahkan sekedar jalan-jalan pagi saja, di lokasi yang bersih tak terganggu asap kendaraan. Bisa juga buat stretching-stretching ringan, kalau Dolaners diseret ikut teman atau pasangan.

Stadion Gelora 10 November, Stadion Surabaya, Gelora 10 November, Gelora 10 November Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners Gelora 10Nov Tambaksari Surabaya by mataelang01 - Dolan Dolen

Stadion Gelora 10 November by mataelang01

Stadion ini memang tak selalu terbuka untuk umum, tapi Dolaners bisa banget memanfaatkan lahan terbuka di sekitarnya. Lagipula, Dolaners toh tak memerlukan lapangan sepakbola di dalam stadion untuk sekedar stretching, kan? Jadi, kalau stadion sedang dibuka, boleh lah masuk. Tapi kalaupun sedang tertutup, Dolaners bisa jogging, sprint, badminton, senam, yoga, atau bahkan berguling-guling ala Sinchan di halaman stadion ini. Asal tak ada yang terganggu dengan aktivitasmu, Dolaners bebas ngapain aja di sini. Oh ya, di depan Stadion Gelora 10 November ini ada Taman Mundu. Kalau perlu, Dolaners bisa juga merambah area taman untuk berolahraga. Jangan kuatir terlihat aneh karena sejak pagi memang lokasi ini hampir selalu ramai dengan orang-orang yang berolahraga. Bisa jadi ajang cari jodoh nih buat Dolaners yang ngejomblo.

Alamat: Jl. Tambaksari, Tambaksari, Surabaya

 

2. Jogging di Graha Fairground Surabaya

Pilihan lokasi lain untuk olahraga pagi adalah Graha Fairground. Saat pagi, Graha Fairground ini tampak sepi dari kegiatan kuliner food truck. Dolaners bisa berkeliling dan takkan mendapati makanan dijajakan. Jadi untuk sementara buang jauh-jauh pikiran tentang makanan kalau Dolaners ke tempat ini saat pagi hari.

Graha Fairround Surabaya, Graha Fairground, Dolaners, Dolan Dolen Graha Fair Ground by ophidiadikas - Dolan Dolen

Graha Fairround Surabaya by ophidiadikas

Graha Fairground cocok untuk jogging pagi kalau kebetulan Dolaners bermalam di hotel, guest house, atau penginapan di sekitar lokasi ini. Saat pagi, lokasi wisata kuliner malam ini akan cukup lengang, benar-benar tepat untuk menikmati suasana tenang dan udara segar pagi hari. Tentunya, suasana pagi akan beda jauh dari suasana malam harinya, dan mungkin masih ada sisa-sisa kotoran atau sampah dari malam sebelumnya. Tapi tak apalah, Dolaners tentu bisa memaklumi. Cukup hati-hati saja, jangan sampai joggingmu terpeleset kulit pisang, misalnya.

Alamat: Jl. Bukit Darmo Boulevard No.40, Babatan, Lakarsantri, Wiyung, Surabaya

 

 

3. Jalan-Jalan Santai di Jembatan Suramadu

Dolaners kurang suka genjotan adrenalin saat pagi? Lebih suka leha-leha, bersantai dipagi hari? Mungkin jalan-jalan menikmati pemandangan adalah kegiatan favoritmu untuk mengawali hari? Nah, barangkali lokasi yang tepat untuk acara ini adalah melihat Jembatan Suramadu.

Jembatan Suramadu, Jembatan di Surabaya, Suramadu, Dolan Dolen, Dolaners Jembatan Suramadu by mataelang01 - Dolan Dolen

Jembatan Suramadu by mataelang01

Jembatan Suramadu bisa menampilkan suasana pagi yang indah dengan hamparan lautnya dan lampu-lampunya yang berjajar rapi. Dengan latar belakang semburat matahari terbit dan langit biru samar, pagimu pasti takkan terlupakan di tempat ini. Dolaners bisa saja sedang berada tepat di atas jembatan menikmati tempias surya pagi yang tak terhalang pepohonan atau gedung, menyaksikan air laut memantulkan warna matahari di ufuk timur. Bisa juga, Dolaners berkesempatan melihat keseluruhan sosok jembatan ini dari Pulau Madura atau dari Surabaya. Yang manapun, semuanya pasti menjadi cara menikmati pagi yang tenang dan menyenangkan.

Alamat: Jl. Tol Suramadu, Tambak Wedi, Kenjeran, Surabaya

 

4. Sarapan di McD Delta Plaza Surabaya

Beda lagi ceritanya kalau Dolaners kelaparan dipagi hari, dan mencari tempat yang nyaman buat mengisi perut. Jujugan yang pasti dan selalu tersedia adalah ke McD. Siapa yang tak kenal resto waralaba ini. Tapi kalau Dolaners menginginkan lebih dari sekedar kudapan pagi, Dolaners pingin juga menikmati view pagi yang segar, maka lokasi yang jelas memenuhi kebutuhan ini ada di Delta Plaza.

McD Delta Plaza Surabaya, McD, Delta Plaza, Delta Plaza Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners McD Delta Plaza Surabaya by fahmiazh88 - Dolan Dolen

McD Delta Plaza Surabaya by fahmiazh88

Outdoor view tempat makan ini lumayan mengenyangkan mata. Dolaners bisa menikmati udara dan suasana pagi sambil makan dengan tenang sampai kenyang. Tempat yang nyaman untuk duduk-duduk dan makan, sementara di depan mata Dolaners bisa menyaksikan orang-orang menjalani pagi yang sibuk. Tak terlalu buruk, bukan?

Alamat: Jl. Pemuda No.27-31, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

 

 

5. Borong Ikan Segar di Pantai Kenjeran Lama Surabaya

Pantai Kenjeran, khususnya Pantai Kenjeran Lama, masih berfungsi sebagai pantai nelayan. Dipagi hari, pantai ini tentu ramai dengan para nelayan yang pulang membawa hasil tangkapannya.

Pantai Kenjeran Lama Surabaya, Pantai Kenjeran, Pantai Kenjeran Lama, Pantai Kenjeran Surabaya, Kenjeran Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Kenjeran Lama by mataelang01 - Dolan Dolen

Pantai Kenjeran Lama Surabaya by mataelang01

Dolaners yang suka ikan segar, baru ditangkap dari laut, ada baiknya menuju Pantai Kenjeran Lama dipagi hari. Dolaners bisa pilih-pilih sesuka hati, dan borong sebanyak apapun yang bisa diangkut. Kalau Dolaners kurang tertarik dengan tangkapan nelayan, masih ada hal lain yang bisa dilakukan di pantai ini saat pagi. Bawa kamera? Yup, ada banyak hal yang bisa diabadikan lewat kamera di sini. Nelayan yang sibuk bekerja, perahu-perahu yang berwarna-warni, kesibukan bongkar ikan, bahkan matahari terbit yang tenang dan warna-warninya yang memantul di air laut. Keseluruhan view ini cukup mengesankan, apalagi bila Dolaners baru pertama kali melihatnya dan berada ditengah-tengah suasananya. Bisa jadi, akhirnya Dolaners hanya duduk menikmati saja tanpa heboh dengan ikan segar atau kamera.

Alamat: Jl. Raya Pantai Lama No.12, Kenjeran, Bulak, Surabaya
Jam Buka: 07.00 – 18.00 WIB

 

6. Ibadah di Masjid Baiturrozaq Surabaya

Dolaners yang muslim bisa shalat Subuh berjamaah di Masjid Baiturrozaq. Lokasinya mungkin agak jauh dari tempat Dolaners menginap, jadi perlu berangkat lebih awal sebelum masuk waktu shalat Subuh.

Masjid Baiturrozaq Surabaya, Masjid Baiturrozaq, Dolan Dolen, Dolaners Masjid Baiturrozaq by anisasuciwa - Dolan Dolen

Masjid Baiturrozaq Surabaya by anisasuciwa

Setelah keluar masjid, Dolaners bisa melungkan waktu untuk jalan-jalan di danau masjid ini. View pagi hari di danau ini benar-benar menenangkan. Kalau sudah keluar masjid sebelum matahari terbit, Dolaners bisa menunggu sampai semburat merah muncul dan pelan-pelan membuat suasana di sekitar danau semakin terang, hingga satu demi satu pepohonan di seberang danau tampak jelas. Kalaupun menunggu sampai matahari terbit di dalam masjid, Dolaners masih bisa menikmati keindahan pagi di danau ini. Rasanya seperti bukan di kota metropolitan.

Alamat: Jl. Rungkut Industri IV, Rungkut Tengah, Gn. Anyar, Surabaya

 

 

7. Mengejar Kereta di Stasiun Gubeng Surabaya

Barangkali jadwal keretamu pagi hari? Dan harus sudah ada di Stasiun Gubeng saat pagi?

Stasiun Gubeng Surabaya, Stasiun Gubeng, Gubeng Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners Stasiun Gubeng Surabaya by afreesetyad - Dolan Dolen

Stasiun Gubeng Surabaya by afreesetyadbe

Tak apa. Stasiun Gubeng masih bisa tampak ramah dipagi hari, beda banget dari suasana disisa waktu seharinya. Dan lagi, kalau sudah terjadwal, Dolaners tak punya pilihan lain, kan? Ambil saja kameramu dan jepret spot-spot menarik stasiun ini saat pagi hari.

Alamat: Jl. Stasiun Gubeng, Pacar Keling, Tambaksari, Surabaya

 

Nah, bagaimana Dolaners menikmati pagi di Surabaya? Ada banyak alternatif yang bisa dilakukan, tergantung kesukaan dan kebiasaan Dolaners. Kalaupun karena keadaan mengharuskan, masih bisa diusahakan untuk menikmatinya dengan caramu yang khas, bukan?

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link