7 Destinasi yang Masih Alami di Bandung

Tanah Pasundan terkenal akan keindahan alamnya. Percuma dong, saat ke Bandung tapi Dolaners malah main ke destinasi-destinasi hiburan yang sengaja dirancang untuk tujuan wisata. Sebaiknya langsung saja menikmati alaminya suasana Bandung yang masih hijau, belum tersentuh oleh tangan-tangan didunia bisnis hiburan. Destinasi alami apa saja di Bandung yang bisa didatengin? Kalau Dolaners masih bingung, yuk lihat sama-sama.

2819 views

1. Curug Dago

Yang pasti, tanah Pasundan ini kaya akan curug atau air terjun. Nah, curug yang wajib didatengin adalah Curug Dago. Kenapa? Karena lokasinya masih di wilayah Kota Bandung, jadi Dolaners tak perlu jauh-jauh melakukan perjalanan ke luar kota.

Curug Dago, Dago Bandung, Bandung, Dolan Dolen, Dolaners Curug Dago via fg new - Dolan Dolen

Curug Dago via fg_new

Meskipun berada di wilayah kota, Curug Dago ini tak kehilangan ciri khas suasana curug. Masih dikitari rerimbunan hutan, destinasi yang masih alami ini nyaris tak tampak dekat dengan pusat Kota Bandung. Kawasan curug ini masih terjaga, bahkan peninggalan-peninggalan kuno dari jaman kerajaan juga masih utuh tak tersentuh tangan-tangan usil. Sayangnya, kualitas air terjunnya mengalami penurunan, sehingga Dolaners tidak bisa bermain air lagi di sekitar curug. Tapi keasrian alamnya masih layak dikunjungi.

Alamat: Jl. Dago Pojok, Dago, Coblong, Kota Bandung
Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket
Tiket Masuk: Rp. 5.000,-
Parkir Kendaraan: Rp. 2.000,-

Lihat Detail

 

2. Pemandian Air Panas Ciwalini

Bosan dong, main ke waterpark atau kolam renang biasa. Mumpung ke Bandung, Dolaners coba saja pemandian air panas alami. Meluncur ke wilayah Rancabali, Dolaners bisa berendam di Pemandian Air Panas Ciwalini.

Pemandian Air Panas Ciwalini, Pemandian Air Panas Bandung, Ciwalini Bandung, Bandung, Dolan Dolen, Dolaners Pemandian Air Panas Ciwalini by rendie mpriyan - Dolan Dolen

Pemandian Air Panas Ciwalini by rendie_mpriyan

Pemandian Ciwalini ini memang tak alami-alami banget. Tapi justru demi kenyamanan pengunjung, kolam airnya telah dibangun senyaman mungkin. Kolam anak dan dewasa terpisah, jadi Dolaners tak perlu kuatir tak kebagian kolam saat sampai di destinasi ini. Meskipun kolamnya tidak bisa disebut alami-alami banget, isi air panasnya masih benar-benar alami. Malah tak seperti pemandian air panas yang lain, air Ciwalini ini tak berbau. Jadi jelas nyaman banget buat berenang dan berendam air panas di destinasi yang satu ini.

Alamat: Jl. Raya Ciwidey – Patengan, Tenjolaya, Ciwidey, Patengan, Rancabali, Bandung
Jam Buka: 08.00 – 18.00 WIB
Harga Tiket: Rp. 20.000,-

Lihat Detail

 

 

3. Curug Maribaya

Destinasi yang masih alami ini sudah masuk kawasan luar Kota Bandung, tepatnya di wilayah Kabupaten Bandung Barat. Memang sudah ada fasilitas-fasilitas pendukung yang memudahkan pengunjung, tapi air terjunnya sendiri dibiarkan alami sebagaimana adanya hingga sekarang.

Curug Maribaya, Curug Omas, Curug Kabupaten Bandung, Curug Bandung, Bandung, Dolan Dolen, Dolaners Curug Maribaya via rifkialibasa - Dolan Dolen

Curug Maribaya via rifkialibasa

Curug Maribaya ini dikenal juga dengan nama Curug Omas. Masih menjadi satu bagian dari Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, tentunya curug ini tak lepas dari campur tangan manusia. Tapi memang campur tangan ini dibatasi pada pembangunan fasilitas saja bagi pengunjung, sebagaimana halnya dengan perawatan hutan rayanya. Jadi Dolaners masih bisa menikmati curug ini dalam suasana alaminya, dan nyaman tanpa perlu bersusah payah mencapai spot terdekat dengan air terjunnya.

Alamat: Kampung Cikondang, Lamajang, Pangalengan, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Jam Buka
Hari Jumat-Minggu: 08.00 – 20.00 WIB
Harga Tiket
Tiket Masuk: Rp. 35.000,-
Kolam Air Panas Deluxe: Rp. 75.000,-
Kolam Air Panas VIP: Rp. 150.000,-
Foot Spa: Rp. 30.000,-
Tirta Raga: Rp. 90.000,-
Kolam Pancing: Rp. 20.000,-
Kolam Tangkap Ikan: Rp. 15.000,-

Lihat Detail

 

4. Curug Cimahi

Curug di Bandung ini dikenal juga dengan nama Curug Pelangi. Dan karena air terjunnya berasal dari Sungai Cimahi, banyak orang yang menyebutnya Curug Cimahi. Berlokasi di Kabupaten Bandung Barat, destinasi yang masih alami ini berada dalam pengelolaan Perum Perhutani.

Curug Cimahi, Curug Pelangi, Curug Kabupaten Bandung, Bandung, Dolan Dolen, Dolaners Curug Cimahi via dedysukamoto - Dolan Dolen

Curug Cimahi via dedysukamoto

Curug Cimahi ini telah dilengkapi dengan fasilitas yang memudahkan pengunjung memperoleh spot tepat untuk mendapatkan foto-foto yang keren. Akan tetapi, fasilitas ini masih mengharuskan Dolaners sedikit berkeringat karena meniti anak tangga yang tak sedikit. Suhu di sekitar air terjun ini masih dingin kok, jadi parfummu takkan luntur banyak gara-gara keringat sedikit. Sesampainya di spot yang disediakan, lelahmu akan terbayar dengan sempurna. Suasana hutannya masih sangat alami, bahkan masih banyak monyet-monyet liar yang berkeliaran di sekitar air terjun.

Alamat: Kertawangi, Cisarua, Jl. Kolonel Masturi No.325, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat
Jam Buka: 07.00 – 20.00 WIB
Harga Tiket
Tiket Masuk: Rp. 15.000,-
Parkir mobil: Rp. 5.000,-
Parkir motor: Rp. 2.000,-

Lihat Detail

 

 

5. Gunung Tangkuban Perahu

Tentu Dolaners masih ingat tentang salah satu cerita rakyat dari Jawa Barat, Sangkuriang. Kini saatnya Dolaners melihat seperti apa gunung yang ada dalam cerita rakyat ini. Asik kan, bisa melihat versi fisik dari sebuah cerita?

Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Sangkuriang, Gunung Bandung, Bandung, Dolan Dolen, Dolaners Gunung Tangkuban Perahu via widera28 sudian - Dolan Dolen

Gunung Tangkuban Perahu via widera28_sudian

Gunung Tangkuban Perahu ini adalah gunung berapi aktif, bahkan hingga saat ini. Ada tiga kawah utama yang menjadi jalan keluar gunung ini menyalurkan amunisinya, yaitu Kawah Upas, Kawah Domas, dan Kawah Ratu. Kawah yang terakhir ini menjadi destinasi favorit bagi pengunjung. Dolaners bisa coba datang ke Kawah Ratu ini saat jalan-jalan ke Gunung Tangkuban Perahu.

Alamat: Jl. Raya Tangkuban Perahu No 282, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Harga Tiket
Wisatawan Domestik hari Senin-Jumat: Rp. 20.000,-
Wisatawan Domestik hari Sabtu-Minggu: Rp. 30.000,-
Parkir Motor hari Senin-Jumat: Rp. 12.000,-
Parkir Motor hari Sabtu-Minggu: Rp. 1y.000,-
Parkir Mobil hari Senin-Jumat: Rp. 25.000,-
Parkir Mobil hari Sabtu-Minggu: Rp. 35.000,-
Parkir Bus hari Senin-Jumat: Rp. 110.000,-
Parkir Bus hari Senin-Jumat: Rp. 150.000,-

Lihat Detail

 

6. Curug Bugbrug

Sungai Cimahi punya satu lagi air terjun alami, yaitu Curug Brugbug. Dalam bahasa Sunda, brugbug ini berarti bertumpuk-tumpuk. Entah apa hubungannya dengan air terjun ini, ya. Yang jelas, Curug Brugbug ini berada di Patahan Lembang. Dolaners tahu kan, kalau patahan ini masih aktif?

Curug Bugbrug, Curug Bandung, Bandung, Dolan Dolen, Dolaners Curug Bugbrug via arya ruslyy - Dolan Dolen

Curug Bugbrug via arya_ruslyy

Curug ini masih alami, termasuk kolam yang terbentuk dibawah air terjunnya. Saking alaminya, Dolaners sebaiknya tidak berenang di kolam ini karena ada pusaran cukup kuat di dasar kolam ini dan tetap dibiarkan seperti ini hingga sekarang. Benar-benar destinasi yang masih alami di wilayah Bandung, bukan? Namun karena situasi berbahaya ini, yang bisa dilakukan di sekitar Curug Bubrug ya hanya foto-foto saja, sih.

Alamat: Kertawangi, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat
Jam Buka: 09.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket
Tiket Masuk: Rp. 7.500,-
Parkir Motor: Rp. 2.000,-
Parkir Mobil: Rp. 5.000,-

Lihat Detail

 

 

7. Pemandian Air Panas Ciater

Satu lagi destinasi alami di Bandung, yaitu Pemandian Air Panas Ciater. Memang banyak fasilitas tambahan yang dibangun di pemadian ini, tapi air panas yang mengalir ke kolam masih alami. Bahkan banyak pengunjung yang percaya kalau air alami ini bermanfaat bagi kesehatan mereka.

Pemandian Air Panas Ciater, Pemandian Air Panas Bandung, bandung, Dolaners, Dolan Dolen Pemandian Air Panas Ciater via yoshi taka terada - Dolan Dolen

Pemandian Air Panas Ciater via yoshi_taka_terada

Kalau Dolaners menginginkan fasilitas yang mumpuni, tapi masih dengan citarasa alami, Pemandian Air Panas Ciater bisa jadi pilihan destinasi di Bandung. Lengkap, semua yang diinginkan ada, dan Dolaners masih bisa menikmati manfaat kesehatan air panas alaminya.

Alamat: Jl. Raya Ciater, Nagrak, Ciater, Kabupaten Subang
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket
Tiket Masuk: Rp. 22.000,-
Kolam Air Panas Utama: Rp. 80.000,-
Kolam Pemandian Sederhana: Rp. 20.000,-

Lihat Detail

 

Nah, bagaimana, Dolaners? Masih bisa menikmati alaminya tanah Pasundan di destinas-destinasi ini, bukan? Langsung saja coba bila ada destinasi yang belum sempat disamperin.

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link