7 Lokasi Tak Terduga di Surabaya ini Bisa Bikin Foto Keren

Dolaners suka acara foto-foto? Jadi fotografernya apa jadi modelnya? Yang manapun peranmu, lokasi buat foto-foto tetep jadi hal yang penting. Seberapa keren foto yang dihasilkan akan dipengaruhi oleh lokasi juga. Nah, berikut ini beberapa lokasi di Kota Surabaya yang bisa mendukungmu menghasilkan foto keren. Yakin deh, beberapa tempat ini diluar dugaanmu. Apa saja mereka?

3962 views

1. Jalan Tunjungan Surabaya

Siapa yang belum tahu tentang Jalan Tunjungan? Kalau Dolaners sih, sepertinya tak mungkin, ya. Memang, ketenaran Jalan Tunjungan ini bertahan selama berupuh-puluh tahun. Sejak jaman perang kemerdekaan, saat terjadi perobekan bendera Belanda di atap Hotel Majapahit yang cukup fenomenal itu, hingga sekarang saat semakin banyak penggemar fotografi yang hunting foto keren sepanjang jalan ini.

Jalan Tunjungan, Tunjungan Surabaya, Kota Surabaya, Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners Jalan Tunjungan via igorfebriansyah - Dolan Dolen

Jalan Tunjungan via igorfebriansyah

Emang udah banyak banget yang berubah di Jalan Tunjungan. Sejak awal 1900-an, dibangun toko-toko dan pusat perbelanjaan yang tumbuh semakin besar tahun demi tahun. Nah, tergantung selera fotografi Dolaners, nih. Pengen menampilkan sisi modern Jalan Tunjungan di Kota Surabaya? Cobalah hunting foto saat malam. Dukungan lighting yang bagus akan menghasilkan foto keren kawasan Tunjungan yang tampak mutakhir. Sebaliknya, kalau Dolaners lebih suka foto-foto klasik dengan latar belakang jadul, cobalah menyusuri kawasan ini disiang hari. Harus jeli, ya. Karena bisa jadi, spot yang tampak begitu biasa di pinggir jalan bisa tampil beda dan jadi foto keren di Instagrammu.

Alamat:Jl. Tunjungan, Surabaya

 

2. Surabaya Carnival Park

Surabaya Carnival Park dikenal juga dengan nama lain Surabaya Carnival Night Market atau SCNM. Banyak juga alternatif namanya, sebanyak pilihan wahana di tempat hiburan malam terbesar di Kota Surabaya ini.

Surabaya Carnival Park, Surabaya Carnival Night Market, SCNM, Kota Surabaya, foto keren, Dolan Dolen, Dolaners Surabaya Carnival Park via pujinugroho  - Dolan Dolen

Surabaya Carnival Park via pujinugroho_

Kalau dihitung-hitung, ada sekitar 50 wahana di lokasi ini. Tempat hiburan ini menyasar pengunjung anak-anak maupun dewasa. Range market yang tak terbatas, ya. Memang semua orang bisa hepi-hepi di Surabaya Carnival Park. Mau main di wahana apa, tinggal pilih yang sesuai dengan umur dan selera. Mau makan-makan, penjaja makanan udah menunggu berjajar, tinggal pilih juga. Mau belanja-belanja, penjualnya juga udah siap menunggu pelanggan. Jadi apa artinya nih kalau Dolaners mau hunting foto keren di tempat ini? Sebagai fotografer, sasaran kameramu banyak banget, tak terbatas. Cuma nyari kakek-kakek atau nenek-nenek saja yang barangkali agak susah. Mau mengambil gambar wahananya saja, udah ada puluhan yang bisa dipilih jadi foto keren. Dan kalau Dolaners cuma suka nampang narsis di Instagram, pamer foto-foto hasil dolanmu, latar belakang yang bisa dipilih bener-bener banyak, pake banget.

Alamat: Jl. Frontage Ahmad Yani Siwalankerto No.333, Dukuh Menanggal, Gayungan, Surabaya
Jam Buka: 16.00 – 23.00 WIB
Harga Tiket:
Hari Senin – Kamis: Rp. 60.000,-
Hari Jumat – Minggu / hari libur: Rp. 80.000,-
Bus: Rp. 10.000,-
Mobil: Rp. 5.000,-
Motor: Rp. 2.000,-

 

 

3. Hutan Bambu Keputih Surabaya

Hutan Bambu Keputih ini nyaris tak tampak menjanjikan saat Dolaners melangkah menyusuri jalan setapaknya yang diapit rerimbunan bambu-bambu. Padahal, justru lokasi ini terkenal banget buat bikin foto prewed.

Hutan Bambu Keputih, Hutan Bambu Keputih Surabaya, hutan bambu, foto keren, Dolan Dolen, Dolaners Hutan Bambu Keputih by yudha photography - Dolan Dolen

Hutan Bambu Keputih by yudha_photography

Hutan bambu di wilayah Keputih ini dulunya adalah tempat pembuangan sampah. Meski sekarang sudah naik kelas jadi lokasi foto pre-wedding, tak semua orang bisa mengambil angle yang tepat. Kalau sampai salah kesan yang ditampilkan, bukannya jadi foto keren, malah akan jadi foto serem loh, Dolaners. Masalah ini jelas banget kelihatan kalau Dolaners hobi hunting foto buat keren-kerenan sendiri, alias selfie. Jadi, datanglah ke lokasi ini dengan kawan-kawan supaya ada orang lain yang mengambilkan gambarmu. Kecuali Dolaners memang suka menggunakan kamera hanya pada batang pohon bambu, datang sendiripun tak jadi masalah.

Alamat: Jl. Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Surabaya

Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket: gratis

 

4. Jembatan Suramadu

Pernah terpikir jembatan bisa tampak cantik di foto? Kalau belum, coba Dolaners main ke wilayah Kenjeran. Lihat Jembatan Surmadu dari kejauhan sampai kelihatan seluruh strukturnya, terutama saat malam. Dolaners akan terinspirasi bikin foto keren jembatan ini.

Jembatan Suramadu, Jembatan Suramadu Surabaya, foto keren, Dolan Dolen, Dolaners Jembatan Suramadu via sidik - Dolan Dolen

Jembatan Suramadu via sidik.purnomo

Foto keren Jembatan Suramadu ini bisa dibidik terutama saat malam karena hiasan lampu warna warninya sepanjang jembatan. Sah-sah saja sih, kalau Dolaners hunting foto ke area jembatan ini saat siang hari. Tapi Dolaners kudu siap dengan konsekuensinya, yakni panas. Dan lagi, Dolaners perlu bekerja ekstra untuk mendapatkan angle yang bagus kalau mau ambil gambar beton abu-abu. Berharaplah sangat, supaya hasilnya bisa jadi foto keren.

Alamat: Jl. Tol Suramadu, Tambak Wedi, Kenjeran, Surabaya

 

 

5. Gedung Baru di Universitas Kristen Petra Surabaya

Kampus? Ya, yuk mari ke kampus. Seiring meningkatnya populasi penduduk dunia, bertambah pula jumlah mahasiswa di hampir setiap kampus di negeri ini. Jauh banget ya nyambungnya. Tapi memang bertambahnya jumlah mahasiswa berarti pembangunan gedung baru. Nah, biasanya nih ya, gedung-gedung yang baru dibangun di area kampus bakal kelihatan beda banget dari gedung-gedung lawas yang telah jadi penghuni lama. Persis begitulah ceritanya dengan gedung baru di Universitas Kristen Petra.

Gedung Baru di Universitas Kristen Petra, gedung kuliah, gedung Universitas Kristen Petra, Universitas Kristen Petra Surabaya, foto keren, Dolan Dolen, Dolaners Gedung di Universitas Kristen Petra via akuandes - Dolan Dolen

Gedung Baru di Universitas Kristen Petra via akuandes

Apa yang bikin gedung baru ini kelihatan baru banget? Style-nya, Dolaners. Tak seperti pendahulunya, gedung-gedung yang baru dibangun bergaya abstrak modern minimalis. Tampak mencolok dan beda, tapi bagus banget buat bikin foto keren. Gak percaya? Coba sendiri, deh.

Alamat: Jl. Siwalankerto 121-131, Siwalankerto, Wonocolo, Surabaya

 

6. Pasar Atom Surabaya

Hunting foto keren di pasar lumayan gampang-gampang susah. Kalau Dolaners berniat mencoba, silakan ke Pasar Atom dulu.

Pasar Atom, Pasar Atom Surabaya, Kota Surabaya, foto keren, Dolan Dolen, Dolaners Pasar Atom via artiaska - Dolan Dolen

Pasar Atom via artiaska

Pasar Atom menyajikan pilihan komposisi objek foto yang tak terbatas, mulai dari beragam barang dagangan sampai bermacam-macam orang yang tumplek di tempat jual beli ini. Benar-benar menguras kreativitasmu. Tapi tidak disarankan selfie-selfian di pasar ini ya, Dolaners. Sebaiknya datang dengan kamera bagus untuk mengambil gambar, sehingga tidak mengganggu pedagang dan pembeli yang beraktivitas di pasar yang selalu ramai ini.

Alamat: Jl. Bunguran No.45, Bongkaran, Pabean Cantian, Surabaya
Jam Buka: 10.00 – 17.00 WIB

 

 

7. Pintu Air Jagir Surabaya

Apa yang menarik dari sungai dan pintu airnya? Banyak, Dolaners. Bila selama ini dam Jagir tampak biasa, barangkali timing-nya yang kurang pas. Coba Dolaners datang saat pagi atau sore. Atau barangkali, saat malam saja ketika pintu air ini dihiasi dengan lampu-lampu keren. Bisa jadi, hasil akhir gambar yang dijepret benar-benar berupa foto keren, tampak seperti bangunan yang tidak di Surabaya.

Pintu Air Jagir, dam Jagir, Kali Jagir, Sungai Jagir, Jagir Surabaya, Kota Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners Pintu Air Jagir via veeenss - Dolan Dolen

Pintu Air Jagir via veeenss

Bukan berarti saat siang Pintu Air Jagir kurang menarik, ya. Bahkan, mengambil gambar saat siang hari akan menghasilkan foto keren tiada banding bila Dolaners pengen fokus sama model klasik bangunan peninggalan Belanda ini. Bisa juga Dolaners mengarahkan lensa kamera pada orang-orang di sekitar dam yang tenggelam dalam aktivitasnya masing-masing. Nah, tinggal pilih waktu dan fokus bidikan kameramu, kan.

Alamat: Jl. Jagir Wonokromo No.74, Jagir, Wonokromo, Surabaya

 

Mana kira-kira lokasi yang paling menarik untuk didatengin dan dibikin background foto-fotomu, Dolaners? Coba samperin aja dulu, dan mungkin akan ada ilham yang menghampirimu. Kalau sudah begitu, foto-foto keren tinggal menunggu untuk dilahirkan, kemudian dipajang dengan bangga di akun Instagrammu.

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link