Dolan ke Sumber Sira Malang? Ada 10 Keseruan yang Bikin Nagih di Sini

Dolaners pernah merasakan segarnya air yang memancar langsung dari sumber alam? Merasakan bersihnya di kulit, dan rasa bugarnya badan setelah bersentuhan langsung dengan air sumber? Kalau belum, sekarang saatnya merasakan alaminya air di Sumber Sira. Telaga yang bening ini tak hanya menawarkan playground yang menenangkan, tapi juga pemandangan alam dan bawah air yang luar biasa.

314 views

1. Belajar Berenang

Destinasi wisata di Kabupaten Malang ini sering juga disebut Sumber Sirah meskipun nama resminya Sumber Sira, tanpa huruf dan bunyi “h” di belakang. Kemiripan nama dengan Sumber Sirah di Tulungagung bukan tanpa alasan karena kedua destinasi wisata ini memang memiliki karakter yang nyaris sama. Misalnya saja, Dolaners bisa berenang, atau belajar berenang, pada kedalaman telaga yang berbeda.

Belajar Berenang, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Belajar Berenang by n - Dolan Dolen

Belajar Berenang by n.rohman321

Beberapa bagian telaga di Sumber Sira Malang memiliki kedalaman sekitar 2 meter, cocok buat Dolaners yang masih baru belajar berenang. Kalau masih takut air, Dolaners bisa belajar berenang di bagian-bagian telaga yang lebih dangkal.  Secara umum, bagian tengah telaga lebih dalam, sedangkan area tepi-tepinya lebih dangkal.

 

2. Latihan Menyelam

Sudah mahir berenang dan pingin tahu kekuatan paru-paru Dolaners? Coba menyelam di Sumber Sira. Beberapa bagian telaga memiliki kedalaman 8 hingga 15 meter, Dolaners bisa eksplor sendiri mana yang dirasa sesuai dengan kemampuan. Perlu diingat, jangan masuk ke telaga dengan terjun bagian kepala terlebih dahulu ya, Dolaners. Dasar telaga Sumber Sira ini penuh dengan bebatuan, yang bisa cukup berbahaya saat membentur kepala begitu Dolaners melesat masuk.

Menyelam, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Menyelam via setapakkecil - Dolan Dolen

Menyelam via setapakkecil

Menyelam di Sumber Sira membawa keasikan tersendiri. Air sumber yang alami bebas kaporit ini bening sekali, hingga ganggang dan dasar telaga tampak jelas. Menggoda untuk terjun langsung ke dalam airnya? Tentulah! Tapi santai saja, masuk air pelan-pelan. Anggap saja menyelam di Sumber Sira sebagai acara jalan-jalan dengan cara yang berbeda.

 

3. Snorkeling Menikmati Keindahan Bawah Air

Mau santai, tanpa bergantung sepenuhnya pada kapasitas paru-paru, tapi tetap bisa menikmati keindahan bawah air Sumber Sira? Snorkeling jawabannya.

Snorkeling, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Snorkeling via ivansapuetra - Dolan Dolen

Snorkeling via ivansapuetra

Dolaners bisa melihat ganggang air tawar Hydrilla yang tumbuh subur di seluruh bagian telaga. Ada pula yang menyebut ganggang ini sebagai Cabomba, tanaman air dengan ketinggian antara 30 hingga 80 sentimeter yang masing-masing batangnya bisa melebar sekitar 5 hingga 8 sentimeter. Apapun itu, yang jelas warna hijaunya membuat Sumber Sira serasa taman air tawar yang menakjubkan.

 

 

4. Bikin Underwater Photography yang Keren

Tak cuma ganggang airnya yang membuat Dolaners berdecak kagum. Sesekali, Dolaners bisa melihat ikan-ikan kecil yang berenang-renang bebas dalam habitat yang masih sangat alami ini.

Underwater Photography, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Underwater Photography via nurrahmadiany - Dolan Dolen

Underwater Photography via nurrahmadiany

Makanya, Sumber Sira bisa jadi spot pilihan untuk membuat underwater photography. Temanya suka-suka Dolaners, deh. Tapi persiapkan semua perlengkapannya dengan matang sebelum berangkat, ya.

 

5. Tubing di Tengah Alam Asri

River tubing! Kegiatan seru di alam bebas ini emang menyenangkan. Sumber Sira juga punya lintasan river tubing lho, Dolaners! Memang tak panjang, cuma sekitar 100 meter saja. Wajib putar balik setelah Dolaners tiba di area berbatas pagar bambu, ya.

Tubing, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Tubing via rthius      - Dolan Dolen

Tubing via rthius_____

Kedalaman area river tubing ini sekitar 1 hingga 1,5 meter. Memang bukan river tubing untuk mengasah adrenalin, tapi Dolaners bisa bersantai diayun-ayun riak air. Jarang-jarang juga kan, river tubing dengan konsep santai begini?

 

6. Bersantai Menghirup Udara Bersih

Tapi kalau mau asli santai, sewa ban saja tanpa harus river tubing. Pilih kedalaman telaga yang sedang, sehingga riak airnya lebih tenang. Sebaiknya jangan di area yang terlalu dalam, jadi Dolaners bisa langsung berpijak pada dasar telaga bila ban terbalik.

Santai, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Santai via ari candra k - Dolan Dolen

Santai via ari_candra_k

Mengambang santai di air yang tenang ditopang oleh ban, merasakan semilir angin pedesaan yang sejuk bersih, mendengarkan gemerisik dedaunan yang menari bersama angin, sesekali ditimpa sinar mentari, tenaaang sekali rasanya. Jadi, kalau ada teman yang ngiri dan membalik ban Dolaners, jangan bete, ya?

 

 

7. Menikmati Segarnya Air Sumber Alami

Kegiatan apapun yang Dolaners lakukan di Sumber Sira, akan terasa banget efek refreshing-nya. Segar dan bersihnya air sumber alami ini akan terasa berbeda di kulit, dibanding dengan air kolam renang di perkotaan yang sarat dengan zat-zat kimia.

Sumber Alami, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Sumber Alami via zamansatu - Dolan Dolen

Sumber Alami via zamansatu

Lagipula, kedalaman telaga yang bervariasi membuat Sumber Sira pilihan wisata keluarga yang dirasa cukup aman. Nyatanya, tak cuma anak-anak. Orang dewasa sekalipun akan merasakan serunya playground Sumber Sira. Gak percaya? Cobain sendiri, yaaa!

 

8. Menikmati Pemandangan Sawah Pedesaan

Tak cuma menawarkan wisata air yang seru, Sumber Sira juga memiliki pemandangan pedesaan yang menentramkan. Bagaimana tidak, di sekitar telaga, Dolaners bisa melihat hamparan sawah padi sejauh mata memandang.

Sawah, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Sawah via ari candra k - Dolan Dolen

Sawah via ari_candra_k

Bila Dolaners datang pada masa pertengahan tanam, warna hijau subur yang terhampar tampak seperti karpet tebal yang bersih. Disela oleh pohon-pohon nyiur yang melambai, serta perkebunan warga yang membatasi persawahan, duduk memandang ketenangan alam ini terasa mengikis penatnya pikiran.

 

9. Mengabadikan Suasana Pedesaan yang Tenang

Jangan cuma dipandangi! Kalau Dolaners bawa kamera, abadikan momen yang menenangkan ini. Suasana sawah dan pepohonan seperti ini sudah jadi pemandangan langka di perkotaan. Jangan sia-siakan perjalanan ke Malang Selatan dengan mengabaikan hijaunya alam pedesaan ini.

Suasana Pedesaan, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Suasana Pedesaan by yogakukuhj - Dolan Dolen

Suasana Pedesaan by yogakukuhj

Lagipula, tak semua desa di Malang Selatan memiliki perpaduan sumber mata air dan persawahan yang alami. Semakin berharga saja pemandangan di Sumber Sira ini, bukan?

 

 

10. Gowes ke Gondanglegi

Jadi, tunggu apa lagi? Langsung saja siapkan perbekalan Dolaners untuk melanglang buana ke kawasan Malang Selatan. Kalau suka gowes, ambil sepeda Dolaners dan berangkat sekarang juga! Infrastruktur dari Kota Malang sudah baik, jadi Dolaners bisa menikmati perjalanan yang terbilang nyaman.

Gowes, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Gowes via alfiandkurniawan - Dolan Dolen

Gowes via alfiandkurniawan

Dari arah Kota Malang, Dolaners ambil rute ke Kepanjen melalui Jalan Raya Gadang, terus masuk di Jalan Adi Mulyo, Jalan Raya Senggreng, Jalan Raya Curungrejo, hingga Jalan Raya Sukoharjo. Di ruas jalan ini, Dolaners akan melihat gedung SMP 3 Kepanjen di kiri jalan. Setelah gedung sekolah ini, Dolaners belok kiri pada persimpangan jalan dengan penunjuk arah ke Pabrik Krebet Bululawang. Lanjutkan perjalanan ke arah timur, Dolaners akan melintasi jembatan Sungai Brantas, masuk ke persawahan Desa Sumberjaya, terus sampai Dolaners berada di Jalan Sunan Kalijogo. Dolaners akan melihat papan penunjuk arah menuju Sumber Sira di perbatasan Desa Sumberjaya dan Desa Putukrejo.

Jika menggunakan kendaraan roda empat, Dolaners bisa mengambil rute ke Bululawang melalui GOR Ken Arok di Jalan Mayjend Sungkono. Terus lanjutkan perjalanan di ruas jalan raya ini ke arah selatan melalui Pabrik Gula Krebet Baru di Jalan Raya Krebet Senggreng. Lurus terus sampai Dolaners melewati PT. Dupont Indonesia, kemudian belok kanan di Jalan Sunan Ampel. Setelah berada di ruas jalan ini, Dolaners akan melihat petunjuk arah ke Sumber Sira.

 

Alamat: Jl. Sunan Gunung Jati, RT.05 / RW.02, Desa Putukrejo, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang
Jam Buka: 07.00 – 17.00 WIB
Harga
Tiket Masuk: Rp 2.000,-
Sewa Loker Tas: Rp 1.000,-
Sewa Ban: Rp 5.000,- per jam

Lihat Detail

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link