Hunting Landscape View yang Alami di Yogyakarta? Yuk ke 8 Lokasi Ini

Kalau suka fotografi, emang gak ada habisnya ngebahas topik ini. Apalagi kalau suka jalan-jalan dan fotografi. Dolaners termasuk dalam kedua kategori ini? Sudah kenal eksotisnya Yogyakarta? Tak hanya seni budayanya, pemandangan alam wilayah Yogyakarta susah dicari tandingannya. Berikut ini lokasi-lokasi fotogenik di Yogyakarta yang Dolaners kudu lihat dengan mata kepala sendiri.

1872 views

1. Hamparan Kebun Teh di Nglinggo

Nglinggo adalah sepetak keindahan surgawi di Yogyakarta. Salah satunya, landscape kebun teh yang terhampar hijau di perbukitan. Didukung oleh udara yang sejuk, jalan-jalan ke kebun teh Nglinggo bisa jadi acara tamasya menyenangkan. Lumayanlah, sekalian jepret-jepret kamera, kan?

Nglinggo, Nglinggo Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Nglinggo by awide  - Dolan Dolen

Nglinggo by awide_

Puas tea walk dan mengambil landscape shot sebanyak-banyaknya di kebun teh, Dolaners bisa lanjut trekking ke Grojogan Watu Jonggol. Lokasinya masih di satu wilayah yang sama, tak perlu jauh-jauh tapi Dolaners bisa dapat tambahan foto-foto keren. Dan jalan-jalan seru!

Lokasi: Kelurahan Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo Regency
Jam Buka: 09.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket Masuk: Rp 3.000,-

Lihat Detail

 

2. Eskotisme Panorama Pantai dari Bukit Kosakora

Dolaners suka panorama pantai? Nah, coba hiking ke Bukit Kosakora. View dari puncak bukit ini bener-bener luar biasa. Tebing dan pasir yang beradu dengan debur ombak Laut Selatan di Gunung Kidul, pasti jadi sasaran kamera yang tak terlewatkan.

Bukit Kosakora, Bukit Kosakora Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Bukit Kosakora via rezzacandra - Dolan Dolen

Bukit Kosakora via rezzacandra

Landscape view yang tampak dari Bukit Kosakora antara lain Pantai Drini, Pantai Watu Kodok, Pantai Ngrumput, Pantai Kukup, dan Sepanjang. Seperti mercusuar alami, puncak bukit ini bener-bener spot yang sempurna kalau Dolaners ingin mengabadikan view beberapa pantai sekaligus.

Lokasi: Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul
Jam Buka: 24 jam
Harga
Tiket Masuk ke Pantai Drini: Rp 2.000,-
Retribusi: Rp 10.000,-
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-

 

 

3. Napak Tilas Merapi di Pentingsari

Kawasan wisata Pentingsari terletak di dalam zona berbahaya bila Gunung Merapi sedang batuk. Tapi setelah masa-masa genting usai, yang tersisa di kawasan Pentingsari adalah pemandangan alam yang hijau subur.

Pentingsari, Pentingsari Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Pentingsari by trisnoarybudi - Dolan Dolen

Pentingsari by trisnoarybudi

Sebagian besar warga di Pentingsari bermatapencaharian sebagai petani. Saat kawasan ini resmi menjadi destinasi wisata, beberapa lahan persawahan berubah menjadi wahana wisata di mana pengunjung bisa incip-incip seperti apa rasanya bertani secara tradisional. Selain jeptret-jepret suasana pedesaan dan landscape-nya yang khas, Dolaners juga bisa jalan-jalan ke pancuran Suci Sendangsari dan menikmati segarnya air pegunungan.

Lokasi: Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman
Jam Buka: 24 jam
Harga
Menginap di Homestay plus Makan: Rp 70.000,- per orang
Sewa Camping Ground/ Out Bound: Rp 15.000,- per orang
Jasa Tour Guide: Rp 70.000,- per orang
Kunjungan Wisata Pertanian/ Perkebunan: Rp 7.500,- per orang
Atraksi Tanam Padi/ Bajak Sawah: Rp 7.500,- per orang
Petualangan/ Tracking: Rp 6.000,- per orang
Sepak Bola Lumpur: Rp 5.000,- per orang
Lava Tour Merapi dengan Truck: Rp 20.000,- per orang
Kunjungan Ke Museum Gunung Api Merapi: Rp 12.500,- per orang

 

4. Kepoin Seluk Beluk Bertani Tradisional di Candran

Hari gini, ketika generasi milenial belajar bagaimana bikin secangkir kopi enak dari Youtube, di satu belahan Yogyakarta ini, warganya masih bertani dengan cara yang saaangat tradisional. Para petani di Cadran masih bertani dengan menggunakan garu, luku, cangkul, blak, gosrok, gatol, singkal, sambilan, kejen, caping, lading, dan perkakas-perkakas pertanian tradisional yang lain.

Candran, Candran Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Candran via koesnindar - Dolan Dolen

Candran via koesnindar

Pingin mengabadikan bagaimana perkakas-perkakas tradisional ini digunakan? Langsung deh, ke lokasi dan bawa serta kamera Dolaners. Buanyak banget sasaran kamera yang eksotis di Candran, termasuk landscape pertaniannya yang terhampar luas. Bahkan, Dolaners bisa ikutan nyobain pakai alat-alat pertaniannya. Gak papalah, asal tak mengganggu pekerjaan pak taninya, ya!

Lokasi: Dusun Mandingan, Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul
Harga Menginap di Homestay plus Makan: Rp 100.000,- per orang

 

 

5. Merasakan Denyut Kehidupan Pedesaan di Kembang Arum

Masih mengusung tema wisata pertanian pedesaan, Kembang Arum tampil beda dengan tawaran seni budayanya. Di Kembang Arum, Dolaners bisa ikutan membajak sawah atau belajar melukis di pendopo.

Kembang Arum, Kembang Arum Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Kembang Arum via majex gitar - Dolan Dolen

Kembang Arum via majex_gitar

Kembang Arum juga punya beragam permainan tradisional yang barangkali terasa asing buat generasi milenial. Hayoo siapa yang pernah main engklek, enggrang, dakon, atau gobak sodor? Atau kalau mau lebih greget, coba ikutan offroading. Kendaraan, termasuk motor trail, sudah disediakan di Kembang Arum, konon kabarnya hingga puluhan! Bahkan kalau Dolaners cuma pingin memperbanyak koleksi foto, pilihan fotografi di kawasan wisata ini bener-bener banyak, mulai kegiatan pertanian, ragam keriuhan di pendopo, offroading, hingga pemandangan pedesaan yang hijau.

Lokasi: Kembang Arum, Desa Donokerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman
Kisaran Harga Menginap: Rp 330.000 – Rp 1.500.000,-

 

6. Melintasi Waktu, Kembali ke Nglanggeran

Gak usah jauh-jauh mikirin dinosaurus. Dolaners datang saja ke Nglanggeran kalau mau dapet feel-nya kehidupan jaman purba, lebih old dari jamam old. Eh ya, jangan lupa kamera!

Nglanggeran, Nglanggeran Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Nglanggeran via kemanaajaasik - Dolan Dolen

Nglanggeran via kemanaajaasik

Di Nglanggeran, Dolaners bisa menikmati keunikan gunung api purba, dengan view perbukitan saat matahari menguning senja atau melihat bintang gemerlap di langit malam dari dekat. Nglanggeran juga punya telaga buatan yang terkenal karena pemandangannya, Embung Nglanggeran. Dan masih ada air terjun Kedung Kandang yang membelah terasering persawahan warga kalau Dolaners mau menjelajah sedikit lebih jauh. Tak hanya kamera, Dolaners butuh stamina tangguh untuk sampai di lokasi-lokasi keren di Nglanggeran. Tapi demi view spektakuler, layak dijabanin, kan?

Lokasi: Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul
Harga Tiket Masuk Gunung Api Purba Nglanggeran: Rp 7.000,-/ Rp 9.000,-

 

 

7. Ikutan Ngehits di Mangrove Pasir Mendit

Dolaners tahu dong, wisata bakau lagi hits, nih. Kalau mau bikin foto-foto landscape mangrove di Yogyakarta, tak lain destinasi yang dituju hanya ada di Pasir Mendit. Lokasi hutan mangrove ini berdekatan dengan Pantai Crongot, jadi kadang dikenal juga dengan Hutan Mangrove Pantai Crongot.

Pasir Mendit, Pasir Mendit Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Pasir Mendit via banu utomo - Dolan Dolen

Pasir Mendit via banu_utomo

Hamparan hijau pucuk-pucuk bakau seluas 3 hektar yang kontras dengan air laut pasang bisa jadi sasaran kamera yang menggoda. Destinasi wisata alam ini sudah didukung dengan infrasuktur memadai, bahkan ada berbagai bentuk jembatan yang terbuat dari bambu dan kayu. Tampilannya yang artistik menambah pesona kawasan hutan bakau ini, apalagi saat matahari mulai terbenam di peraduannya. View ciamik kalau Dolaners nyari landscape shots!

Lokasi: Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo
Jam Buka: 24 jam
Harga
Tiket Masuk: Rp 4.000,-
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Sewa Perahu: Rp 5.000,-

 

8. Pemandangan Zamrud Menoreh di Kalibiru

Panorama dari gardu pandang Kalibiru memang sudah bertebaran di media sosial. Mainstream banget, tapi tetap saja gak ada basinya, kan?

Kalibiru, Kalibiru Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Kalibiru via merianilimpo - Dolan Dolen

Kalibiru via merianilimpo

Dari kawasan Perbukitan Menoreh di Kalibiru ini, Dolaners disuguhi landscape lembah yang hijau di sekeliling Waduk Sermo. Didukung oleh udara yang sejuk dan bersih, ketenangan Kalibiru terasa membius dan menulikan pikiran yang berkecamuk. Namun jika fotografi serta ketenangan ini tak cukup menarik buat Dolaners, cobalah flying fox atau high rope yang dibentangkan pada ketinggian nyaris 500 meter diatas permukaan laut. Wuiih!

Lokasi: Jl. Waduk Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo
Jam Buka: 06.30 -17.00 WIB
Harga
Tiket masuk: Rp 10.000,-
Spot Foto per Wahana: Rp 10.000 – Rp 35.000,-
Paket Outbound: Rp 35.000,-

 

Yogyakarta memang kaya akan pemandangan alamnya yang elok. Mulai dari puncak perbukitannya hingga ke sawah-sawah di pedesaannya. Dan, Dolaners masih bisa seru-seruan sambil hunting foto-foto landscape keren. Yuk, ke Yogyakarta!

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link