Pernahkah Dolaners merasa galau pengen jalan-jalan ke suatu kota, tapi tak tahu pasti tujuannya ke mana? Mengikuti ke manapun arah angin dan langkah kaki membawamu? Oh, ide yang buruk banget. Di Kota Surabaya, misalnya. Acara jalan-jalan bisa dilakukan tergantung dari tujuan destinasi wisata yang dipilih, termasuk yang santai gak jelas. Tapi daripada sekalinya-kalinya ada di kota pahlawan malah gak jelas, yuk cari tahu dulu Dolaners bisa jalan-jalan ke mana aja di Surabaya.

10301 views

1. Menikmati Wisata Alam di Hutan Bakau Surabaya

Jalan-jalan yang paling asik ya melihat hijau-hijauan, atau wisata alam, ke hutan bakau di Surabaya, misalnya. Bener-bener jalan deh, Dolaners. Selain melangkah menapaki lintasan dan dermaga kayu yang eksotis, Dolaners juga bisa coba cara lain. Naik perahu untuk melihat-lihat hutan bakau bisa jadi pengalaman yang asik, kan?

jalan-jalan, jalan-jalan di surabaya, jalan-jalan di kota surabaya, wisata alam, wisata alam surabaya, jalan-jalan wisata alam surabaya, jalan-jalan wisata alam kota surabaya, dolan-dolen, dolaners jalan jalan wisata alam via catatan kaki qc - Dolan Dolen

wisata alam via catatan kaki qc

Setelah bosan menjelajahi hutan bakau, Dolaners bisa ganti arah melangkahkan kaki ke kios-kios batik. Batik-batik di sini menggunakan bahan baku bakau, terutama untuk pewarnaannya. Bener-bener back to nature nih, ceritanya. Datang saja ke wilayah Rungkut bila Dolaners ada di Kota Surabaya, dan nikmati pengalaman baru ini.

Alamat: Jl. Raya Wonorejo No.1, Wonorejo, Rungkut, Surabaya
Jam Buka: 08.00 – 16.00 WIB

 

2. Wisata Bahari ke Monjaya Surabaya

Ke Surabaya tapi tidak ke pantainya? Dijamin kurang afdol karena Kota Surabaya terkenal akan tawaran wisata baharinya. Jalan-jalan ke Monjaya, alias Monumen Jalesveva Jayamahe, kudu dan wajib dijadwalin.

jalan-jalan, jalan-jalan wisata bahari, jalan-jalan wisata bahari surabaya, dolan-dolen, dolaners jalan jalan wisata bahari by tri maryono - Dolan Dolen

wisata bahari by tri maryono

Selain melihat-lihat suasana Tanjung Perak Surabaya, Dolaners bisa juga melihat-lihat kapal Dewaruci yang berlabuh di tepian. Menjelajahi seluk beluk bagian dalam kapal ini bisa jadi acara yang seru. Akan tetapi, sebelum masuk di wilayah Monjaya, pastikan Dolaners sudah mengantongi ijin. Gak lucu kalau pas asik melihat-lihat trus dikejar petugas gara-gara disangka maling. Oh ya, sebaiknya Dolaners pakai baju yang sesuai kalau memang berencana berkunjung ke Manjaya karena angin pantainya gede banget.

Alamat: Ujung, Semampir, Surabaya
Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB

 

 

3. Menikmati Arsitektur Jembatan Suramadu di Surabaya

jalan-jalan, sajalan-jalan surabaya, jalan-jalan wisata bangunan surabaya, dolaners, dolan-dolen jalan jalan wisata bangunan via tarunalaut - Dolan Dolen

wisata bangunan via tarunalaut.blogspot.co.id

Pilihan lain saat berada di area Tanjung Perak Surabaya adalah menikmati keindahan arsitektur dan suasana di sekitar Jembatan Surabaya-Madura. Jembatan Suramadu menghubungkan Kota Bangkalan di Pulau Madura dengan Kota Surabaya di Pulau Jawa. Dan untuk mendapatkan view maksimal, sebaiknya Dolaners tidak parkir kendaraan di jembatan. Selain tidak baik untuk keamanan dan keselamatan pribadi maupun orang lain, Dolaners tidak akan mendapat tampilan jembatan secara keseluruhan. Jembatan ini paling tampak cantik kalau dipandang dari kejauhan. Selain itu, sebaiknya Dolaners datang ke kawasan Jembatan Suramadu saat malam. Selain pemandangannya yang lebih indah dimalam hari dengan lampu-lampu warna-warni, Dolaners juga bisa santai menikmati suasana tanpa kepanasan. Lagipula, saat siang hari biasanya ramai banget dengan kendaraan, baik yang berada di sekitar di Jembatan Suramadu maupun di jembatannya sendiri. Keadaan yang terlampau ramai akan menyulitkan Dolaners menikmati pemandangan Jembatan Suramadu, dan pasti kurang nyaman, apalagi kalau mau selfi atau wefie.

Alamat: Jalan Tol Suramadu, Tambak Wedi, Kenjeran, Surabaya

 

4. Wisata Kuliner di Taman Bungkul Surabaya

Lanjut ke acara mengisi perut, Dolaners bisa wisata kuliner ke Taman Bungkul Surabaya. Loh, wisata kuliner kok ke taman?

jalan-jalan, jalan-jalan surabaya, jalan-jalan wisata bangunan, jalan-jalan wisata bangunan di surabaya, dolaners, dolan-dolen jalan jalan wisata kuliner by Silvani Habibah - Dolan Dolen

wisata kuliner by Silvani Habibah

Iya, di Taman Bungkul Surabaya ini banyak banget pedagang kaki lima yang menjual macem-macem makanan. Dolaners tinggal pilih menu, sambil berkeliling santai melewati tenda demi tenda. Ada lontong balap, semanggi suroboyo, rujak cingur, dan masih banyak lagi makanan khas Surabaya yang lain. Menu kuliner malam hari biasanya beda dari menu kuliner siang ya, Dolaners. Jadi beneran deh, sebaiknya keliling dulu buat mastiin Dolaners mau makan apa di tenda mana. Tak perlu buru-buru karena para pedagang ini buka sampai pagi.

Alamat: Jl. Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo, Surabaya
Jam Buka: 24 jam

 

 

5. Wisata Belanja di Pusat Grosir Surabaya

Dolaners suka belanja? Atau jalan-jalan sambil belanja? Yuk ke Pusat Grosir Surabaya. Dijamin puas keliling di area yang super luas ini. Awas, jangan sampai kalap borong banyak barang ya, kalau tak mau kesulitan bawa pulangnya. Ntar malah susah jalannya kalau bawa terlalu banyak barang.

jalan-jalan, belanja surabaya, jalan-jalan wisata belanja, jalan-jalan wisata belanja di surabaya jalan jalan wisata belanja via tokogrosir - Dolan Dolen

wisata belanja via tokogrosir.my.id

Memang gampang banget lupa diri kalau sudah berada di Pusat Grosir di Kota Surabaya ini karena terasa murah banget sih pas bayar. Apalagi kalau melihat tumpukan belanjaan yang berlusin-lusin, serasa tak percaya harga grosirannya bisa gila-gilaan. Oh ya, hati-hati sama copet ya. Pastikan semua barangmu , termasuk belanjaan yang banyak tadi, aman saat menjelajah kawasan ini.

Alamat: Jl. Raya Dupak No.1, Gundih, Bubutan, Surabaya
Jam Buka: 09.00 – 17.00 WIB

 

6. Romantis di Surabaya North Quay

Pengen menikmati suasana ala-ala Titanic saat ada di Surabaya? Ajak pasanganmu untuk ke North Quay. Lokasinya masih di sekitar Tanjung Perak Surabaya, tapi Dolaners langsung saja menuju ke lantai tiga gedung Terminal Gapura Surya Nusantara. Saat berada di North Quay ini, rasanya seperti sedang tour kapal pesiar yang mewah dengan makanan yang familiar di lidah. Berada di North Quay di Kota Surabaya akan semakin romantis dengan live music yang memainkan jazz, long songs, dan masih banyak lagi, termasuk juga perkusi.

jalan-jalan, jalan-jalan romantis, wisata surabaya, jalan-jalan romantis di surabaya jalan jalan wisata romantis by Desti Artanti - Dolan Dolen

wisata romantis by Desti Artanti

Kalau mau beneran mirip-mirip Titanic, Dolaners bisa reservasi dulu untuk naik kapal dan melihat-lihat Selat Madura. Kalau Dolaners jomblo sejati, tiada mengapa. Nikmati suasana kapal pesiar ini dan lanjutkan langkah kakimu. Siapa tahu jodoh ketemu di North Quay.

Alamat: North Perak, Pabean Cantian, Surabaya
Jam Buka: 11.00 – 20.00 WIB

 

 

7. Nonton Hiburan Wayang Potehi di Surabaya

Kalau lagi mencari hiburan, kira-kira apa yang ada di pikiran, Dolaners? Pernah terlintas nonton wayang? Menjelajahi Surabaya tapi cuma nonton wayang?

jalan-jalan, wisata hiburan, jalan-jalan di surabaya, jalan-jalan wisata hiburan di surabaya, dolan dolen, dolaners jalan jalan wisata hiburan by stefanus ajie - Dolan Dolen

wisata hiburan by stefanus ajie

Tunggu dulu, jangan buru-buru cemberut. Wayang khas kebudayaan Tiongkok ini, yaitu wayang potehi, dipentaskan di kelenteng yang punya sejarah dengan Kubilai Khan. Nah, Kubilai Khan aja bisa menjelajah sampai ke Gang Dukuh Surabaya. Kenapa Dolaners gak bisa nyampai ke area ini juga? Ya gak gitu-gitu amat, kali. Tapi yang jelas, wayang potehi ini dipentaskan di kelenteng paling tua di Kota Surabaya. Kelenteng Nyamplungan ini cantik banget dengan hiasan khas Tingkok. Datang saja ke Gang Dukuh Surabaya disore hari, saat wayang potehi dipentaskan selama dua jam.

Alamat: Jl. Dukuh No.23, RT.002/RW.05, Nyamplungan, Pabean Cantian, Surabaya

 

8. Kampoeng Ilmu Surabaya

jalan-jalan, jalan-jalan di surabaya, wisata pendidikan, dolan-dolen, dolaners jalan jalan wisata pendidikan by Rae Champuse - Dolan Dolen

wisata pendidikan by Rae Champuse

Mau santai-santai tapi berbau-bau pendidikan? Yuk ke Kampoeng Ilmu. Pergi ke Kampoeng Ilmu di Kota Surabaya ini tak cuma melulu tentang ilmu dan buku. Suasananya yang asri dan orang-orangnya yang tenang bikin perasaan jadi adem saat berada di sini. Dolaners gak kudu beli buku, kok. Santai-santai saja jalan menikmati suasana. Boleh. Dan gratis. Kalau lapar atau haus setelah ke sana kemari, mampir saja ke kantinnya. Sambil melangkah santai, barangkali Dolaners dapat buku yang selama ini susah didapat atau dapat komik lawas yang selalu diidam-idamkan.

Alamat: Jl. Semarang No.55, Tembok Dukuh, Bubutan, Surabaya
Jam Buka: 08.00 – 24.00 WIB

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link