Nyari 11 Spot Instagramable di Malang Raya? Yuk ke Cangar, Kota Batu

Pernahkah berpikir, seindah apa apa sih, wilayah Malang dan sekitarnya? Perbukitannya, lahan-lahan pertaniannya, atau bahkan hutannya. Dolaners kepo sama indahnya Malang? Yuk, ke Cangar, pemandian air panas di wilayah Kota Batu. Perjalanan ke destinasi wisata ini akan menunjukkan betapa instageniknya Malang Raya.

2796 views

1. Menjalin Cerita Sepanjang Perjalanan Menuju Cangar

Cangar, sebuah sumber air panas yang berada di wilayah Kota Batu, Malang Raya, memiliki banyak potensi wisata, lebih dari sekedar kolam air panasnya saja. Dari Kota Malang, Dolaners ambil saja rute menuju ke arah Kota Batu, yaitu ke arah barat, kemudian ke arah utara menuju wilayah Kecamatan Bumiaji.

Menjalin Cerita Sepanjang Perjalanan, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Menjalin Cerita Sepanjang Perjalanan via hugo sabdo - Dolan Dolen

Menjalin Cerita Sepanjang Perjalanan via hugo_sabdo

Seluruh jalan yang akan Dolaners lalui sudah teraspal baik, hingga tiba di lokasi pemandian air panas. Hanya saja, setelah melewati Kota Batu, rutenya berliku-liku dengan banyak tikungan tajam serta naik turun. Seru? Iya, kalau Dolaners terhitung handal berkendara.

Alamat: Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu
Harga
Tiket Masuk Wisatawan Lokal: Rp. 10.500,-
Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara: Rp. 25.500,-
Tiket Masuk Kolam Renang: Rp. 5.000,-
Parkir Kendaraan Roda Dua: Rp. 3.000,-
Parkir Kendaraan Roda Empat: Rp. 4.000,-

Lihat Detail

 

2. Alam Pegunungan Hijau Wilayah Kota Batu… Sejuuukk!

Selepas Kota Batu, perjalanan akan semakin menarik. Dolaners akan melalui wilayah hijau subur di kanan kiri jalan. Semakin dekat ke kawasan Cangar, Dolaners akan menjumpai semakin banyak perbukitan. Rasa-rasanya, mengulurkan tanganpun, sudah bisa menyentuh bukit-bukitnya.

Alam Hijau Pegunungan, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Alam Hijau Pegunungan by zulfikriprayogi 96 - Dolan Dolen

Alam Hijau Pegunungan by zulfikriprayogi_96

Sesekali puncak-puncak bukit ini tertutup kabut, tapi tak memudarkan pekatnya pepohonan di sekitarnya. Dan di dekat-dekat ruas jalan, Dolaners bisa melihat beragam sayur mayur yang ditanam warga Kota Batu. Mau berhenti sejenak buat selfie? Boleeehh.

 

3. Ilalang Instagramable? Ada, Lhooo!

Tak semua lahan diolah oleh petani sayur Kota Batu. Sebagian lahan ada juga yang kosong ditumbuhi ilalang. Pernah selfie di padang ilalang?

Ilalang Instagramable, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Ilalang Instagramable by auliyaswan - Dolan Dolen

Ilalang Instagramable by auliyaswan

Rumput liar dengan latar belakang bukit berkabut akan jadi latar selfie yang instagenik banget, Dolaners. Jangan sia-siakan kesempatan ini saat Dolaners dalam perjalanan menuju Cangar.

 

 

4. Bahkan Kebun Sayur Warga Kota Batu Juga Tampak Instagramable

Tapi memang yang paling bikin melongo adalah perkebunan sayur, seperti wortel, kubis, brokoli, daun bawang, dan lain sebagainya, yang terhampar di kanan kiri jalan. Cuma perlu memarkir kendaraan sebentar, turun ke kebun, dan Dolaners akan dapat selfie keren di lokasi yang unik. Oh ya, pastikan kendaraan Dolaners tidak menghalangi kendaraan lain yang lewat, ya!

Kebun Sayur Warga Kota Batu, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Kebun Sayur Warga Kota Batu by kabutbelantara - Dolan Dolen

Kebun Sayur Warga Kota Batu by kabutbelantara

Kebun-kebun sayur ini memang bukan destinasi wisata di mana Dolaners bisa selfie sepuas hati. Bahkan bila tak hati-hati, Dolaners bisa merusak tanaman yang sedang dibudidayakan. Perlu diingat kebun-kebun ini milik pribadi, dan Dolaners bisa dianggap memasuki lahan pribadi orang lain tanpa ijin. Jadi akan lebih baik bila memang ingin memasuki sebuah kebuh sayur, pastikan pemiliknya sedang berada di lokasi dan mintalah ijin terlebih dahulu. Ayoo, generasi millennial punya attitude keren, kaaan?

 

5. Saat Bukit Bertemu Kabut, Serem apa Romantis?

Kalau tak mau ribet, spot-spot selfie lain masih banyak ditemukan sepanjang perjalanan. Jika tak bisa menemukan spot parkir di tepi jalan, Dolaners masih bisa melaju pelan untuk sebentar-sebentar mengambil foto pemandangan perbukitan di wilayah Bumiaji Kota Batu ini.

Bukit Bertemu Kabut, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Bukit dan Kabut via sangkotprak - Dolan Dolen

Bukit Bertemu Kabut via sangkotprak

Karena lokasinya yang cukup tinggi, matahari seakan jadi ciptaan Tuhan yang paling pemalu di wilayah ini. Sering banget tertutup kabut! Rasa-rasanya, tengah hari sekalipun, masih tampak seperti pagi hari. Entah jadi terasa serem apa romantis, tergantung Dolaners bersama siapa sih, ya.

 

6. Jalan Rimbun Menuju Cangar

Tak cuma kabut yang bikin perjalanan ke Cangar jadi merinding – untuk alasan apapun itu, yang jelas udaranya memang sejuuukkk bangeeet, alias dingin. Dolaners akan melalui sebagian wilayah Taman Hutan Raya Raden Soeryo.

Jalan Rimbun, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Jalan Rimbun by miftachul jr - Dolan Dolen

Jalan Rimbun by miftachul_jr

Tahura Soeryo ini beneran hutan pekat, Dolaners. Memang hanya di beberapa titik rute perjalanan saja, tapi Tahura Soeryo ini masih tampak rimbun bahkan di bagian bahu jalan. Disisi lain, pemandangan tepi jalan yang seperti ini bisa dikemas jadi spot selfie yang keren. Dan sebaiknya, memang Dolaners gak sendirian, ya.

 

 

7. Jembatan Cangar, Konon Katanya… Angker!

Lokasi pemandian Cangar tak cuma bisa diakses dari arah Kota Batu, tapi bisa juga dari arah Mojokerto. Nah, ada yang unik dari rute Mojokerto ini, Dolaners. Ini dia, si Jembatan Cangar.

Jembatan Cangar, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Jembatan Cangar by supperpipip - Dolan Dolen

Jembatan Cangar by supperpipip

Cuma jembatan gitu, apanya yang unik? Konon, menurut banyak kisah yang beredar dari mulut ke mulut, Jembatan Cangar ini angker. Yaa… entah benar entah tidak ya, Dolaners. Tapi memang cuma orang-orang bandel atau kepepet yang melalui jalan Kota Batu – Mojokerto ini dimalam hari. Namun terlepas dari cerita mistisnya, jembatan ini cukup diminati juga sebagai lokasi selfie yang unik, beda dari yang lain.

 

8. Kabut Cangar, Hampir Sepanjang Waktu

Ngebahas cerita yang serem-serem, apalagi dalam suasana berkabut, rasanya komplit, deh. Komplit seremnya! Dan memang, sejak meninggalkan Kota Batu, mulai memasuki wilayah perkebunan sayur dan perbukitan, kabut seakan menjadi teman perjalanan yang datang dan pergi sesuka hatinya.

Kabut Cangar, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Kabut Cangar by adamoctovianno - Dolan Dolen

Kabut Cangar by adamoctovianno

Kabut di kecamatan Bumiaji wilayah Kota Batu ini memang datang diundang tak dan pergi juga tak diantar. Saat musim hujan, kabut pekat bahkan nyaris tak meninggalkan kawasan Cangar. Cocok nih, kalau Dolaners mau bikin selfie dengan tema agak horor, gitu.

 

9. Jangan Lupa Bersantai dengan Pemandangan Menakjubkan

Setibanya di kawasan Cangar, find your spot. Dolaners bisa selonjoran melepaskan penat perjalanan, atau sekedar menghirup udara sejuk Tahura Soeryo.

Find Your Spot, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Find Your Spot via himenk - Dolan Dolen

Find Your Spot via himenk

Dan mumpung lagi ada di kawasan yang asri penuh dengan beraneka bunga, selfie lagi juga boleh. Jangan disangka Cangar cuma punya kolam renang ya, Dolaners! Taman-taman bunga di sekitarnya ditata apik, berpadu manis dengan alam sekitarnya yang masih alami. Dolaners bisa jalan-jalan ke seluruh area taman, your new playground.

 

 

10. Cangar, Kolam Air Hangat Alami

Dan tentunya, tujuan ke Cangar ya, mandi dan berenang di kolam air hangatnya. Pas banget kan, airnya anget, udaranya sejuk. Bikin betah berlama-lama berendam di dalam kolam.

Kolam Air Hangat Alami, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Kolam Air Hangat Alami via tama putusonia - Dolan Dolen

Kolam Air Hangat Alami via tama_putusonia

Asiknya, ada beberapa kolam berbeda yang disediakan di Cangar. Ada kolam besar, kolam khusus wanita, kolam anak, kolam tertutup, atau bahkan Dolaners bisa sekedar merendam kaki di aliran air kolam-kolam tadi.

 

11. Dolan Sekalian ke Coban Watu Ondo, Yuk!

Sudah sampai cangar, sekalian saja dolan ke Coban Watu Ondo. Air terjun ini berada dalam wilayah Tahura Soeryo, di lereng Gunung Welirang. Dekat dengan pemandian air panas Cangar, keduanya sama-sama berada di kawasan perbatasan Kota Batu – Mojokerto.

Coban Watu Ondo, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Coban Watu Ondo by puputz andria - Dolan Dolen

Coban Watu Ondo via adipatimjk

Instagenikkah Coban Watu Ondo ini? Lihat sendiri deh, Dolaners. Bikin persiapan yang matang, cek kendaraan, persiapkan baju hangat dan baju ganti, trus langsung saja capcus ke lokasi!

Alamat: Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu
Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB
Harga
Tiket Masuk: Rp 2.500,-
Tiket Masuk + Parkir: Rp 8.000,-

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link