Pandanglah Langit Surabaya di 7 Lokasi Outdoor Ini

Hampir setiap kota metropolitan identik dengan gedung pencakar langit. Tapi apa gak bosen tuh, kalau tiap kali ada di kota metropolitan Surabaya, Dolaners cuma bisa mampir dari satu mall ke mall berikutnya, nangkring di satu cafe trus pindah ke resto di sebelahnya? Come on, pasti ada yang menarik di luar gedung-gedung semen itu. Mau tau Dolaners bisa main outdoor di mana saja saat ada di Surabaya? Ini dia pilihanmu.

1759 views

1. Pagoda Tian Ti

Niat hati salah satu ikon Kenjeran Park ini adalah meniru pagoda inspirasinya yang ada di Beijing, Cina. Kira-kira begitulah jawaban yang akan didengar kalau Dolaners bisa ajak pagoda ini ngobrol. Trus apa yang keren dari acara copy-copyan ini? Salah satunya, bagian outdoor atau eksterior pagoda.

Pagoda Tian Ti, outdoor, Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners Pagoda Tian Ti via ms - Dolan Dolen

Pagoda Tian Ti via ms.felisia.86

Bagian dinding luar Pagoda Tian Ti ini bisa sekedar dilihat-lihat, dipegang-pegang, diraba-raba seperti Dolaners meraba rupiah. Tapi udah sampai situ aja ya, gak perlu nambah-nambah ornamen dinding pagodanya. Selain itu, Pagoda Tian Ti ini bisa jadi latar belakang foto yang super kece dari jarak dekat maupun jauh. Karena gedenya bangunan ini, sebaiknya Dolaners minta tolong kawan atau pengunjung yang lewat untuk mengambilkan gambar. Kuatirnya, tongsismu tak cukup panjang untuk mencakup keseluruhan sosok pagoda cantik ini.

Alamat: Jl. Sukolilo No.100, Sukolilo Baru, Bulak, Surabaya
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket:Rp. 5.000,-

Lihat Detail

 

2. Jembatan Suroboyo

Dolaners bisa juga menikmati suasana outdoor yang tak kalah serunya di area Jembatan Suroboyo. Gak cuma jembatan, area di sekitar jembatanpun tak pernah benar-benar sepi dari pengunjung. Ada yang memburu sunrise, ada juga yang lebih suka memandangi senja saat sunset di jembatan ini.

Jembatan Suroboyo, Jembatan Surabaya, Dolaners, Dolan Dolen jembatan suroboyo via via jo - Dolan Dolen

Jembatan Suroboyo via via_jo

Selain melihat sunrise atau sunset, Dolaners bisa main ke lokasi outdoor ini dan cuma duduk-duduk bengong melihat tepi pantai. Kalau berniat lama, sebaiknya lakukan saat malam hari karena tak ada sinar matahari yang menyengat. Lagipula, ada pertunjukan outdoor air mancur yang hanya dimulai setelah matahari terbenam. Layak banget untuk tidak dilewatkan. Setelah perut mulai terasa lapar, Dolaners bisa cari jajanan di penjaja-penjaja sekitar pantai. Tak terasa, Dolaners bisa menghabiskan waktu berjam-jam di Jembatan Suroboyo ini.

Alamat: Jl. Raya Pantai Lama, Kenjeran, Bulak, Surabaya
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket: gratis

Lihat Detail

 

 

3. Jembatan Suramadu

Sesuai namanya, jembatan ini menghubungkan antara Surabaya dan Madura. Saat Dolaners melintasi jembatan ini di siang hari, langit luas dan selat lepas akan tampak begitu lapang. Tapi hati-hati dengan kekuatan anginnya ya bila memutuskan untuk berhenti di jembatan. Hempasan angin inilah yang sebenarnya jadi alasan kenapa Dolaners sebaiknya tidak menghentikan kendaraan di sepanjang jembatan. Tapi apa daya, memang desakan jiwa untuk jadi narsis di sini terasa begitu kuat.

Jembatan Suramadu, Jembatan, Suramadu, Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners Jembatan Suramadu via talitadnr - Dolan Dolen

Jembatan Suramadu via talitadnr

Selain suasana outdoor disiang hari, Dolaners pasti akan suka udara malam di sekitar Jembatan Suramadu ini. Daripada langsung ke jembatannya, sebaiknya Dolaners mencari spot outdoor yang agak jauh dari jembatan, kemudian coba lihat warna-warni lampu jembatan dari kejauhan. Mungkin Dolaners akan lupa sesaat kalau lagi ada di Surabaya. Pemandangan outdoor di hadapan mata akan bercitarasa layaknya di luar negri.

Alamat: Jalan Tol Suramadu, Tambak Wedi, Kenjeran, Surabaya
Jam Buka: Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket:gratis

 

4. Kebun Binatang Surabaya

Siapa yang tak tahu Kebun Binatang Surabaya? Pasti Dolaners tahu tentang satu-satunya kebun binatang di kota Surabaya ini. Jangan berpikir kebun binatang ini cuma jujugan main anak-anak, ya. Salah total!

Kebun Binatang Surabaya, kebun binatang, kota Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners Kebun Binatang Surabaya by kebunbinatangsurabaya - Dolan Dolen

Kebun Binatang Surabaya by kebunbinatangsurabaya

Kebun binatang ini menawarkan lebih dari sekedar koleksi satwanya. Dolaners bisa jalan-jalan di sepanjang track-nya yang nyaman dan cantik, melihat berbagai macam bunga yang dirawat di taman kebun binatang ini. Rimbunnya dahan dan teduhnya pepohonan pasti bikin nagih kalau Dolaners mau coba datang sekali saja. Jangan lupa bawa kameramu dan temukan spot-spot outdoor yang bagus untuk jadi background selfie-mu.

Alamat: Jl. Setail No.1, Darmo, Wonokromo, Darmo, Wonokromo, Surabaya
Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket: Rp. 15.000,-

Lihat Detail

 

 

5. Benteng Kedung Cowek

Dolaners suka kegiatan outdoor yang sedikit berbau-bau petualangan? Barangkali Benteng Kedung Cowek, atau disebut juga Benteng Gudang Peluru, bisa jadi salah satu pilihan bagus saat jalan-jalan di Kota Surabaya. Bentuknya sekarang sih sudah berupa reruntuhan, tak terawat pula. Tapi sepertinya justru keadaan inilah yang bikin benteng tua di wilayah Kedungcowek ini bisa jadi jujugan adventure ala Indiana Jones. Kalau ada kostum topi yang mirip punya Om Jones, bawa sekalian, ya.

Benteng Kedung Cowek, Benteng Gudang Peluru, Benteng Pantai, Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners Benteng Kedung Cowek by ahmadnraz - Dolan Dolen

Benteng Kedung Cowek by ahmadnraz

Selain menelusuri seluk beluk benteng, hutan kecil di sekitarnya, dan pantai berbatu dilingkar luarnya, Dolaners masih bisa memupuk rasa narsis di lokasi outdoor ini. Kalau kemampuan artistik fotografimu masih meragukan, ajak kawan, ya. Jangan sampai fotomu di Instagram malah tampak tersesat di hutan belantara.

Alamat: Kedung Cowek, Bulak, Surabaya

Lihat Detail

 

6. Taman Apsari

Taman Apsari berlokasi di seberang jalan dari Gedung Grahadi. Karenanya, Dolaners bakal mudah sekali menemukan salah satu taman peninggalan Belanda ini. Kenapa musti ke taman ini?

Taman Apsari, Taman Gedung Grahadi, taman Belanda, taman Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners Taman Apsari via didit effendi - Dolan Dolen

Taman Apsari via didit_effendi

Taman ini layak dikunjungi karena kemungkinan aktivitas outdoor 24 jam. Pagi dan sore hari, Dolaners bisa jogging di track yang telah disediakan di tengah taman ini. Atau, Dolaners suka futsal? Ada lapangan futsal di bagian belakang Taman Apsari. Sok kenal aja deh, berbaur dan main futsal sama orang-orang di sini. Mau nongkrong outdoor nonton orang jogging juga sah-sah aja. Tapi tunggu sampai malam, saat langit gelap dan lampu-lampu taman mulai dinyalakan, maka Dolaners akan dapat lokasi fotografi yang mengundang decak kagum. Taman ini fotogenik banget untuk mendukung pose narsismu. Cobain deh.

Alamat: Jl. Taman Apsari No.63, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket: gratis

Lihat Detail

 

 

7. Taman Balai Kota Surabaya

Satu lagi lokasi outdoor yang cantik, dengan udara wangi penuh aroma bunga, dan mudah dijangkau karena terletak di tengah kota. Ya, taman balai kota Surabaya atau Taman Surya Surabaya.

Taman Balai Kota Surabaya, Taman Balai Kota, Balai Kota Surabaya, Dolan Dolen, Dolaners Taman Balai Kota Surabaya via randyyusufpp - Dolan Dolen

Taman Balai Kota Surabaya via randyyusufpp

Taman ini tepat bedara di depan gedung balai kota, sehingga menjadi taman resmi yang sering digunakan untuk acara-acara dinas. Lokasi outdoor ini ramai banget hampir setiap akhir pekan, jadi sesuaikan saja waktumu. Tak banyak yang bisa dilakukan di bawah langit di taman ini. Kemungkinan besar, Dolaners cuma bisa duduk-duduk dan menikmati suasana sekitar. Kalau hobi fotografi, kameramu pasti hepi karena banyak banget objek foto di sini, baik pengunjung taman maupun bunga-bungan yang cantik.

Alamat: Jl. Walikota Mustajab No.59, Ketabang, Genteng, Surabaya
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket: gratis

Lihat Detail

 

Ada banyak juga kan, pilihan acara outdoor-mu? Jalan-jalan di Kota Surabaya gak akan cepet bikin bosan kalau Dolaners punya alternatif yang berbeda dari biasanya. Coba rasain deh, gimana rasanya sehabis berada dalam gedung selama beberapa jam dibanding menikmati udara lepas dan langit luas di luar ruangan. Sesekali menikmati suasana outdoor pasti menyenangkan.

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link