Udah Tau 8 Fakta Ini tentang Pantai Krambilan di Malang?

Sudah pernah ke Pantai Balekambang di Malang, Dolaners? Pantai eksotis dengan pura yang seakan Tanah Lot di wilayah Malang Selatan ini memang disukai banyak orang. Tapi saking banyaknya pengunjung, apa Dolaners bisa menikmati ketenangan dan keindahan panorama pantainya? Kalau begitu, bisa dicoba ke Pantai Krambilan nih, Dolaners. Sama, tapi berbeda.

275 views

1. Pantai Cantik Sepi Pengunjung

Selama beberapa tahun terakhir, Pantai Krambilan masih juga belum diminati banyak wisatawan. Memang tak ada satu hal istimewa yang membuat pantai di Malang Selatan ini unik dan berbeda, jadi wajar saja bila Pantai Krambilan tak terlalu diminati banyak orang. Tapi bila Dolaners kurang bisa menikmati suasana pantai dengan banyak pengunjung, maka sepertinya Pantai Krambilan akan menjadi destinasi yang menggoda.

Pantai Cantik Sepi Pengunjung, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Cantik Sepi Pengunjung by nery - Dolan Dolen

Pantai Cantik Sepi Pengunjung by nery.agustin.12

Meskipun tak banyak wisatawan yang berminat, sesungguhnya Pantai Krambilan memiliki keindahan yang tak bisa diabaikan begitu saja. Karang, pasir, ombak, dan setiap hal di kawasan pesisir ini terasa cantik dalam kesendirian dan keheningannya. Dan karena tak banyak pengunjung, you can have it all to yourself.

 

2. Pantai Berpasir Panjang dan Lapang

Dibandingkan Pantai Balekambang yang sangat populer di Malang, Pantai Krambilan benar-benar tak ada apa-apanya – nyaris tak terdengar gaungnya. Namun tahukah Dolaners, kalau sebenarnya kedua pantai ini memiliki kemiripan?

Pantai Berpasir Panjang dan Lapang, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Berpasir Panjang dan Lapang by wrespayoga - Dolan Dolen

Pantai Berpasir Panjang dan Lapang by wrespayoga

Seperti Pantai Balekambang, Pantai Krambilan memiliki garis pantai yang memanjang dengan pasir lembut terbentang dari ujung timur hingga ujung baratnya. Sisi timur garis pantai ini berada dalam area Pantai Krambilan Kulon, namun sebenarnya kedua pantai ini tak terputus sama sekali. Keseluruhan garis pantai ini memang tak sepanjang Pantai Balekambang, tapi siapa juga sih yang sanggup menempuh ujung hingga ujung bentangan pasir Pantai Balekambang? Lain cerita kalau Dolaners jalan-jalan santai di Pantai Krambilan. Jarak yang ditempuh masih tampak manusiawi, masih bisa asik sampai akhir perjalanan. Lagipula, bukankah tujuan Dolaners ke pantai adalah untuk bersantai? Gak pengen pulang dengan kondisi kaki kram gara-gara kebanyakan jalan juga, kan?

 

 

3. Karang Tajam Pantai Krambilan

Selain pasir lembut yang membantu Dolaners melemaskan otot kaki, Pantai Krambilan masih punya sedikit area karang yang sama menariknya untuk dijelajahi. Berdiri di tepi dengan deburan ombak yang menggetar di kaki karang bisa jadi hal seru kalau Dolaners suka tantangan. Tak sekedar berdiri dan merasakan deru ombak menghantam karang, lebih afdol lagi kalau Dolaners sudah siap dengan perlengkapan pancing.

Karang Tajam Pantai Krambilan, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Karang Tajam Pantai Krambilan via dbyofficial - Dolan Dolen

Karang Tajam Pantai Krambilan via dbyofficial

Berbeda dari hamparan pasirnya yang terbentang panjang, area karang di Pantai Krambilan berada lebih dekat dengan Pantai Kondang Iwak. Bila berdiri di atas karang tajam ini, Dolaners bisa melihat Pantai Kondang Iwak di sisi timur. Jika ingin view yang lebih jelas ke arah Pantai Kondang Iwak, Dolaners bisa bergeser lebih ke timur dari Pantai Krambilan, tepatnya ke area bukit karang di Pantai Pasiran Blongkrah, Pantai Pasiran Selok Wetan, atau ke Tempat Pemancingan Selok. Tak perlu dibikin pusing dengan nama-nama ini, Dolaners. Gak akan kerasa kok, kalau Dolaners udah ada di lokasi, karena semuanya berjajar dan sebenarnya saling terhubung.

 

4. Birunya Laut di Pantai Krambilan

Di spot manapun berada, di sepanjang Pantai Krambilan, Pantai Krambilan Kulon, Pantai Pasiran Blongkrah, Pantai Pasiran Selok Wetan, atau Tempat Pemancingan Selok, Dolaners disuguhi oleh pemandangan birunya Laut Selatan. Barangkali warna biru eksotis ini yang menjadi ciri khas Pantai Krambilan.

Birunya Laut di Pantai Krambilan, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Birunya Laut di Pantai Krambilan via happyswandika - Dolan Dolen

Birunya Laut di Pantai Krambilan via happyswandika

Birunya cantik banget, Dolaners! Dibawah riak ombak yang memutih, biru air laut tampak gelap. Bisa ditebak, dasar laut di kawasan ini cukup dalam. Meskipun ombaknya tampak stabil tenang menepi ke pantai sedikit demi sedikit, tak ada yang tiba-tiba datang dengan gulungan besar, sebaiknya Dolaners memang tidak berenang di Pantai Krambilan. Ya, cukup puaskan hati dengan memandanginya, atau cari spot selfie terbaik untuk mengabadikan keindahan Samudra Hindia dari pantai sunyi di Kabupaten Malang ini.

 

 

6. Instageniknya Setiap Jengkal Pantai Krambilan

Salah satu keuntungan selfie di Pantai Krambilan adalah, Dolaners tak perlu kuatir akan ada wajah-wajah lain dilatar belakang. Saat memandang hasil selfie, wefie, atau groufie dilain waktu, Dolaners bisa mengenang kembali momen yang dihabiskan di Pantai Krambilan bersama orang-orang tersayang.

Instageniknya Setiap Jengkal Pantai Krambilan, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Instageniknya Setiap Jengkal Pantai Krambilan via dbyofficial - Dolan Dolen

Instageniknya Setiap Jengkal Pantai Krambilan via dbyofficial

Eksplor terus seluruh kawasan pesisir ini bila Dolaners pingin dapet foto-foto kece. Jangan berpuas hati dengan sekedar panorama pantai yang biasa. Siapa tahu beberapa langkah ke depan, Dolaners menemukan angle berbeda yang membuat Pantai Krambilan tampak unik dan makin eksotis. Mulai dari karang-karangnya yang basah, pasirnya yang bersih, hingga ombaknya yang tanpa henti menepi.

 

7. Bertualang dari Pantai Kondang Iwak

Bila tak yakin harus mulai dari mana untuk mendapat angle keren, Dolaners bisa mulai dari Pantai Kondang Iwak. Setelah memarkirkan kendaraan di pantai ini, Dolaners tinggal jalan kaki ke arah barat. Dalam waktu 15 menit saja, Dolaners sudah tiba di Pantai Krambilan.

Bertualang dari Pantai Kondang Iwak, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Bertualang dari Pantai Kondang Iwak via wandererfood - Dolan Dolen

Bertualang dari Pantai Kondang Iwak via wandererfood

Selama bertahun-tahun, Pantai Kondang Iwak dan Pantai Krambilan dihubungkan oleh jalan setapak, kemudian makadam. Kini, kedua pantai ini sudah terhubung oleh jalan semen yang cukup rapi. Tentunya, jalan ini takkan bertahan selamanya menahan gempuran panas dan hujan. Tapi selama masih bisa dilalui kendaraan, Dolaners masih dapat memilih untuk parkir di Pantai Kondang Iwak atau di Pantai Krambilan. Yang jelas, suasana hijau hutan yang masih lebat akan terasa jadi selingan yang menyegarkan saat Dolaners hanya melihat air laut dan pesisir pantai di satu sisi.

 

 

8. Pantai Tenang Selepas Lelah Raga Menujunya

Dengan jarak yang sebenarnya cukup dekat, Dolaners bisa menikmati pemandangan sembari menyusuri setiap langkah menuju Pantai Krambilan dari Pantai Kondang Iwak. Letih yang tak seberapa ini langsung terbayar sejak langkah pertama, hingga Dolaners tiba di Pantai Krambilan yang tenang.

Pantai Tenang Selepas Raga Lelah Menujunya, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Tenang Selepas Raga Lelah Menujunya via krambilan beach - Dolan Dolen

Pantai Tenang Selepas Raga Lelah Menujunya via krambilan_beach

Tapi memang perjalanan dari Kota Malang menuju Pantai Kondang Iwak maupun Pantai Krambilan tak bisa dibilang tanpa liku. Dari Kota Malang, pada awalnya Dolaners bisa mengikuti rute menuju Pantai Balekambang melalui Kepanjen, terus ke arah selatan. Sudah banyak papan penunjuk jalan ke Pantai Balekampang, jadi Dolaners takkan kesulitan sepanjang perjalanan. Hanya saja, sebelum Pantai Balekambang, Dolaners akan melihat penunjuk arah menuju Pantai Kondang Iwak. Nah, ikuti terus penunjuk arah ini hingga Dolaners tiba di lokasi. Dolaners bisa memarkir kendaraan di Pantai Kondang Iwak, kemudian jalan kaki santai ke Pantai Krambilan.

Satu hal penting yang sebaiknya disiapkan sebelum perjalanan ke Pantai Krambilan ialah perbekalan makanan dan minuman. Dolaners takkan menjumpai penjaja makanan di pantai yang masih sepi ini. Sementara itu, perjalanan dari Kota Malang hingga tiba di lokasi berjarak sekitar 70 kilometer. Perbekalan makan dan minum jadi lebih penting lagi bila Dolaners berniat eksplor dari Pantai Kondang Iwak hingga Pantai Krambilan. Selebihnya, selamat bersenang-senang!

Lokasi: Dusun Sumberpucung, Desa Tulungrejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket Masuk: gratis

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link