Sulawesi Selatan

Salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian selatan Pulau Sulawesi, ibu kotanya adalah Makassar, dahulu disebut Ujungpandang.

Sulawesi Selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang beribukota Makassar. Dahulu Makassar memiliki julukan lain yakni ujung pandang. Untuk letak geografis, provinsi yang satu ini terletak tepat pada 0⁰12’ – 8⁰ Lintang Selatan dan 116⁰48’ – 122⁰36’ Bujur Timur. Adapun luas wilayah dari provinsi Sulawesi Selatan adalah 45.764,53 km². Untuk batas wilayah, provinsi yang satu ini dibatasi oleh Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat di bagian Utara, kemudian di bagian Timur berbatasan dengan Sulawesi Tenggara dan Teluk Bone, di bagian Barat berbatasan dengan Selat Makassar, dan di bagian Selatan berbatasan dengan Laut Flores.

Untuk masalah iklim, daerah-daerah di Sulawesi Selatan memiliki karakter yang berbeda. Hal ini tentu dipengaruhi oleh letak geografis yang dekat dengan pantai. Meskipun demikian, musim yang dimiliki oleh provinsi ini seperti musim daerah Indonesia pada umumnya, yakni musim kemarau dan musim hujan. Musim kemarau terjadi pada bulan Mei hingga Oktober. Sedangkan musim hujan terjadi pada bulan November – April. Ketika membicarakan iklim, beberapa daerah di Sulawesi Selatan bisa dikategorikan menjadi 6 pembagian wilayah. Untuk Sulsel bagian Barat, ada Kota Makassar, Gowa, Pangkep, Maros, Pare-Pare, Barru, dan Pinrang. Untuk Sulsel bagian Selatan meliputi Kabupaten Jeneponto dan Takalar. Sedangkan untuk Sulsel bagian Timur meliputi Bantaeng, Sinjai, Bone, dan Bulukamba. Untuk Sulawesi Selatan bagian Tengah ada Wajo, Sidrap, Soppeng dan Enrekang. Adapun Sulawesi Selatan bagian Utara meliputi Palopo, Luwu, Toraja Utara, dan Tana Toraja.

Secara topografi, pantai timur di Sulawesi Selatan memiliki tanah yang berawa serta air payau karena pengaruh pasang surut air laut. Sulawesi Selatan pun juga memiliki banyak bukit barisan yang cukup tinggi misalnya puncak Gunung Seminung dengan ketinggian 1.964 mdpl, Gunung Patah dengan ketinggian 1.107 mdpl, Gunung Bengkuk dengan ketinggian 2.125 mdpl. Sedangkan untuk masalah demografi, jumlah penduduk yang hingga saat ini tinggal di Sulawesi Selatan adalah sekitar 8.032.551 jiwa. Jumlah laki-laki lebih sedikit dibandingkan jumlah perempuan yakni 3.921.543 jiwa untuk laki-laki dan 4.111.008 jiwa untuk perempuan. Jumlah tersebut mengacu pada sensus yang dilakukan hingga Mei 2010.

Information

Find More  

Places in Sulawesi Selatan

Find More  

Directory

Find More