Air Terjun Sipiso Piso

Air Terjun Sipiso Piso adalah salah satu tempat wisata yang berada di Pulau Sumatra. Untuk lokasi tempat wisata Air Terjun Sipiso Piso tidak terlalu jauh dengan pemukiman penduduk di desa tongging. Ketinggian air terjun Sipiso Piso ini sekitar 800 mdpl dan berada di perbukitan dan lokasi air terjun tersebut dikelilingi oleh hutan pinus.

Air Terjun Sipiso Piso

Photo by jayanjayan.com

Pengelola tempat wisata Air Terjun Sipiso Piso ini dikelola oleh Pemda Kabupaten Karo. Air Terjun Sipiso Piso ini merupakan air terjun yang tertinggi di Indonesia karena ketinggian air terjun ini sekitar 120 meter. Dengan adanya tempat Wisata Air Terjun Sipiso Piso ini, Kabupaten Karo merupakan salah satu tempat wisata di Pulau Sumatra yang banyak diminati oleh para Dolaners dari yang domestik sampai mancanegara.

Jika Dolaners berwisata ke Air Terjun Sipiso Piso, dolaner akan disuguhkan oleh pesona air terjun yang berada di desa tongging ini. Namun sebelum dolaner melihat Air Terjun Sipiso Piso ini dari dekat, hendaklah untuk mampir ke gardu pandang yang letaknya di puncak bukit. Disana dolaner akan melihat keindahan tanah karo serta dolaner juga bisa menikmati keindahan Pulau Samosir yang tempatnya di tengah Danau Toba.

Setelah dolaner melihat dan menikmati keindahan sebuah pemandangan dari jarak jauh, lalu dolaner melanjutkan perjalanan dengan menelusuri bukit-bukit dan menikmati keindahan Air Terjun Sipiso Piso. Dalam menelusuri bukit-bukit, dolaner tidak perlu khawatir, karena di sana sudah disediakan anak tangga yang sengaja dibuat untuk para dolaner. Untuk perjalanannya memakan waktu kurang lebih sekitar 1 jam untuk mencapai dasar dari air terjun tersebut. Sesampainya di dasar Air Tejun Sipiso Piso, dolaner akan disuguhkan oleh pemandangan dengan perpaduan hijaunya pepohonan pinus yang rindang serta gemuruh Air Terjun Sipiso Piso, yang dapat menjadikan hati dolaner tenang dan damai.

Untuk jalur transportasi menuju air terjun ini, dolaner dapat menggunakan transportasi umum dari Medan dolaner dapat mengambil jurusan kota kebanjahe dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam. Setelah sampai, dolaner melanjutkan perjalan dengan bus untuk menuju Danau Toba. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 30 menit dari Kota Kebanjahe. Di lokasi Wisata Air Terjun Sipiso Piso disediakan penginapan jika dolaner ingin bermalam di sana. Jika dolaner ingin membeli oleh-oleh untuk kerabat, dolaner dapat membelinya di toko souvenir yang berada di kawasan tempat wisata ini.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses untuk bisa sampai ke Air Terjun Sipiso Piso ini yakni jika Dolaners berangkat dari Medan, Dolaners hanya perlu menempuh waktu selama 45 menit untuk sampai di Air Terjun Sipiso Piso. Sedangkan untuk mencapai dasar Air Terjun Sipiso Piso, Dolaners harus berjalan kaki menuruni ratusan anak tangga kecil yang memang sudah disiapkan sebagai sarana yang aman untuk naik dan turun guna mencapai lokasi air terjun tersebut.
Untuk dapat sampai ke Air Terjun Sipiso Piso ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih. Bagi Dolaners yang ini menggunkana transportasi umum, maka bisa menggunakan angkutan umum yang terdapat di terminal Padang Bulan Medan menuju Kabanjahe, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan angkutan berikutnya yang menuju Air Terjun Sipiso Piso.