Danau Toba

Danau Toba merupakan salah satu danau vulkanik yang terindah di Indonesia dan bertempat di Sumatra Utara. Danau Toba memiliki luas hingga mencapai 1.145 kilo meter persegi.

Danau Toba

Photo by maritim.go.id

Dari ketinggian 900 meter diatas permukaan air laut, Danau Toba ini tampak seperti sebuah lautan. Selain Danau Toba ini disebut sebagai danau terluas di Asia Tenggara, danau Toba ini juga merupakan danau yang terdalam didunia karena memiliki kedalaman 450 meter. Danau Toba ini terjadi karena akibat letusan super vulkanik dari gunung Toba yang sudah terjadi sekitar 69.000 sampai 77.000 tahung yang lalu. Letusan gunung Toba ini adalah letusan yang paling besar dibandingkan dengan letusan gunung berapi yang normal serta mempengaruhi iklim yang ada didunia secara global.

Secara administrative, Danau Toba ini terletak pada tujuh kabupaten yeng terletak di Sumatra Utara, antara lain samosir, Toba Samosir, Simalungun, Tapanuli Utara, Humbang Hasundatan, Tanah Karo dan Dairi. Ini disebabkan karena dari panjang danau yang mencapai hingga 100 kilometer dengan lebar danau sekitar 30 kilometer.

Daya pikat yang paling utama di wisata Danau Toba ini adalah pada keindahaan alam yang sungguh indah. Danau terbesar di dunia ini merupakan primadona wisata yang terletak di Sumatra Utara yang menjadi salah satu dinasti tempat wisata di Indonesia yang sangat ramai dikunjungi oleh para Dolaners dari dalam negeri hingga mancanegara.

Wisata Danau Toba memberikan suatu keajaiban alam yang sangat indah untuk para Dolaners yang sedang berwisata di Sumatra Utara. Serta di tengah danau akan disuguhkan oleh sebuah pulau yang tak kalah indahanya yaitu pulau Samosir. Danau Toba merupakan pilihan utama saat dolaner berwisata di Sumatra Utara. Ada berbagai kegiatan yang menarik dan popular yang dapat dolaner lakukan di kawasan danu Toba ini antara lain seperti berperahu layar, berenang, hingga dolaner juga bisa melakukan pendakian. Udara yang ada di kawasan Danau Toba ini sangat sejuk dan bersih serta perpaduan sebuah keharmonisan yang sangat indah.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Terdapat banyak akses yang bisa digunakan untuk mencapai lokasi wisata yang terdapat di Danau Toba. Umumnya, Wisatawan biasanya memilih jalur yang melintasi jalan menuju Parapat . Akses jalur untuk sampai di lokasi wisata Parapat juga dapat ditempuh dari dua arah yang berbeda, yaitu akses jalur dari Medan menuju Parapat atau akses jalur yang melintasi Berastagi menuju Parapat.
Untuk dapat sampai ke Wisata Danau Toba ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih. Bagi Dolaners yang ini menggunkana transportasi umum, maka bisa menggunakan bus atau menyewa mobil.