Kebun Binatang Mangkang

Obyek wisata ini didesain dengan mengkombinasikan konsep rekreasi, edukasi dan konservasi. Sehingga hadirnya Kebun Binatang Mangkang ini menjadi sebuah tempat berlibur bagi Dolaners yang menyenangkan, merefresh fikiran, mendapat edukasi tentang alam baik fauna maupun flora. Sehingga tempat ini bisa dijadikan salah satu destinasi utama wisata keluarga untuk berwisata.

Kebun Binatang Mangkang Cover

Photo by studentofbutterfly.blogspot.co.id

Kebun Binatang Mangkang yang merupakan wahan edukasi, taman marga satwa, konservasi dan rekreasi ini memiliki luas 9 hektar. Sebagian spesies hewan ada yang hidup dalam kandang bahkan pada ruangan terbuka sebagaimana habitatnya sehingga membuat para Dolaners lebih leluasa untuk mengamatinya. Di Kebun Binatang Mangkang juga komplit dengan wahana pemacu aktivitas motorik anak semisal flying fox, jaring laba-laba dll.

Kebun Binatang Mangkang atau BONBIN Semarang Mangkang yang berlokasi di Jalan Walisogo KM 16 seberang terminal Mangkang ini memiliki berbagai 40 jenis koleksi hewan yang beragam semisal: Burung Cangak Merah, Pelikan, Komodo, Rusa Timor, Rusa Tutul, Merak Hijau, Gajah Sumatera dan masih banyak lagi. Dimana setiap periode waktu tertentu pihal kebun binatang akan menambah koleksi jenis hewan antara 2 sampai enam ekor dengan habitat yang disesuaikan dengan aslinya. Dolaners selain bisa menikmati aneka spesies hewan koleksi Kebun Binatang Mangkang juga bisa menikmati wahan lain berupa becak air mini, menaiki gajah, menaiki kuda, menaiki perahu buatan dan beach air mengarungi danau buatan dengan pemandangan burung pelican yang berenang dengan bebasnya di danau tersebut. Selain itu Dolaners juga bisa menikmati water boom, museum pesawat, flying fox, kereta mini, arena ketangkasan, museum satwa, gedung sinema satwa, outbound, dll.

Daya pikat utama dari Kebun Binatang Mangkang adalah wahana permainan air Water Boom karena Dolaners bisa menikmati fasilitas semisal kolam keceh, kolam pasir dan kolam batu kesehatan. Dolaners bisa berkunjung untuk berwisata pada jam operasional kebun binatang yakni setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB sedang khusus water boom buka dari pukul 09.0-17.00 WIB. So kapan Dolaners dolan-dolan ke Semarang untuk mengunjungi Kebun Binatang Mangkang.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan menuju ke Kebun Binatang Mangkang ini cukup mudah, hal ini dikarenakan letakknya yang stategis yang tak jauh dari pusat kota. Untuk mengakses obyek wisata ini yakni cukup menuju ke jalan raya pantura Semarang – Kendal – Jakarta, yakni tepatnya di km 17. Maka Dolaners akan menemukan Kebun Binatang Mangkang Semarang ini.
Untuk dapat sampai ke wisata Kebun Binatang Mangkang, Dolaners tidak perlu khawatir karena selain kendaraan pribadi, kedaraan umum juga bisa menjangkau lokasi ini. Jika Dolaners menggunakan kendaraan umum, jarak tempuh dari tempat pemberhentian akhir bus DAMRI di terminal Mangkang ke Bonbin Semarang sekitar 300 meter, dan tak perlu naik angkutan lagi, cukup jalan santai antara 5 hingga 8 menit saja. Karena Dolaners harus menyeberangi jalan raya Semarang – Kendal, maka perlu ekstra hati-hati, tunggulah hingga lampu traffic liht merah sehingga aman bila menyeberang.