Pulau Samosir

Pulau samosir merupakan sebuah pulau vulkanik yang tempatnya di tengah danau Toba Sumatra utara. Pulau samosir disebut dengan pulau dalam karena pulau samosir ini merupakan pulai yang memiliki ketinggian sekitar 1.000 meter diatas permukaan air laut. Jadi pulai ini menjadikan sebuah pulau yang sangat menarik perhatian untuk para Dolaners.

Pulau Samosir

Photo by 1001wisata.com

Untuk pulau samosir ini terletak di kabupaten samosir yang baru saja diresmikan pada tahunu 2003 yang dulunya bernama kabupaten Toba-Samosir. Di Pulau Samosir ini terdapat dua danau kecil untuk dijadikan tempat wisata yaitu danau aek natonang dan danau sidihoni yang biasanya diberi julukan danau diatas danau. Pulau Samosir memiliki potensi tempat wisata yang berbasis pemandanganga alam, wisata pertanian, wisata spiritual, wisata perairan danau Toba dan wisata budaya. Untuk objek wisata di pulau samosir ini sudah tersebar di berbagai wilayah. Untuk dolaner yang sudah berada di samosir, dolaner jangan lupa untuk menyempatkan diri untuk menikamatinya walaupun hanya melewatinya.

Di Pulau Samosir dolaner akan menjumpai rumah adat masyarakat batak Toba. Di Pulau Samosir juga terdapat berbagai peninggalan kebudaayaan pada jaman dulu, antara lain desa tradisional dan kuburan batu dan juga beberapa desain arsitektur yang sangat unik. Dolaner bisa melihat makam Raja Sidabutar yang berusia sekitar 500 tahun serta dapat menyaksikan juga patung sigale-gale yang bisa menari. Salah satu wisata budaya yang sangat menarik untuk para Dolaners adalah tari sigale-gale. Di pulau samosir dolaner juga akan disediakan fasilitas untuk menyewa kendaraan bermotor. Dolaner hanya pergi ke desa tomok untuk menyewa motor, lalu dapat berkeliling keliling pulau agar dapat menikmati pemandangan yang asri serta dolaner juga dapat menyaksikan panorama danau Toba dari puncak yang tinggi di Pulau Samosir.

Jika Dolaners ingin mencari beberapa oleh-oleh khas batak, dolaner dapat pergi ke desa jangga untuk membeli kain ulos yang meupakan kain tenun yang sangat indah dengan motif yang sangat halus. Tempat ini merupakan tempat untuk komunitas ulos tenun yang sudah terkenal di Sumatra utara. Disana dolaner juga akan melihat proses pembuatannya.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju ke Pulau Samosir ini yakni Dolaners dapat menggunakan jasa penyebrangan dengan menggunakan kapal yang terdapat di Dermaga Ajibata, kota Parapat. Atau Dolaners juga dapat menggunakan jalur darat dengan melintasi desa Pangururan yang memang terhubung langsung dengan Pulau Samosir. Jarak untuk sampai di kota Parapat sekitar 176 kilometer dari kota Medan. Dolaners juga akan menempuh perjalanan selama 4 jam lebih untuk sampai dikota tersebut. kemudian dari kota inilah Dolaners harus meneruskan perjalanan dengan menyebrangi Danau Toba yang membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk sampai di Pulau Samosir.
Untuk dapat sampai ke Wisata Pulau Samosir ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih. Bagi Dolaners yang ini menggunkana transportasi umum, maka bisa menggunakan bus atau menyewa mobil kemudian dilanjutkan dengan menggunakan jasa penyebrangan Kapal Feri.