10 Hal yang Bisa Dilakukan di Ledok Ombo Malang

Selama ini, bukankah Dolaners datang ke satu destinasi untuk satu tujuan? Apa gak sayang tuh, udah jauh-jauh ke destinasi yang dituju, tapi cuma untuk satu hal saja? Bayangkan ada sebuah destinasi wisata yang menawarkan semua hal, kegiatan fisik, santai, hingga menginap sekalipun bisa. Mau tahu destinasi seperti ini? Ada di Malang. Yuk lihat, Dolaners bisa ngapain aja di Ledok Ombo.

3975 views

1. Hutan Pinus, Sejuknya Menikmati Udara Segar

Wisata hutan pinus lagi ngehits di Malang, Dolaners. Ini saat yang tepat kalau Dolaners ke Ledok Ombo karena hutan pinusnya begitu elok.

Hutan Pinus Ledok Ombo, Hutan Pinus Ledok Ombo Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Hutan Pinus Ledok Ombo via roellah - Dolan Dolen

Hutan Pinus Ledok Ombo via roellah

Udaranya masih segar jauh dari polutan, dengan pohon-pohon pinus berjajar dan hutan hijau lebat sejauh apapun mata memandang. Berada dalam pengelolaan yang baik dari Perhutani dan Lembaga Kemitraan Desa Penguasaan Hutan (LKDPH), hutan pinus ini jadi destinasi wisata yang bisa bikin hati adem sekalipun hanya dengan sekedar jalan-jalan menikmati udara bebas ditimpa sinar matahari yang hangat. Mood booster dengan cara yang berbeda, Dolaners.

 

2. Naik-Naik ke Rumah Pohon

Rumah pohon juga jadi wisata ngehits di seantero Malang saat ini, Dolaners. Tak percaya? Coba tengok berapa selfie di rumah pohon yang bertebaran di Instagram.

Rumah Pohon Ledok Ombo, Rumah Pohon Ledok Ombo Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Rumah Pohon Ledok Ombo via oidkun - Dolan Dolen

Rumah Pohon Ledok Ombo via oidkun

Tak mau ketinggalan, hutan pinus di Ledok Ombo juga punya rumah pohon. Mau ikutan ngehits? Dolaners tinggal naik ke salah satu rumah pohonnya dan selfie, deh. Dengan latar belakang hijaunya hutan pinus, dijamin Dolaners bisa tampil instagenik dengan maksimal. Gak susah kok naiknya ke rumah pohon ini. Coba aja!

 

3. Hammocking, Sensasinya Nyantai Serasa di Pantai

Hammocking juga lagi ngehits, Dolaners. Mengikuti trend-nya yang mendunia, banyak wisata hutan pinus di Malang yang menawarkan hammock sebagai salah satu wahana yang menarik. Nah, di Ledok Ombo juga ada hammock warna warni, siap menunggu kedatangan Dolaners.

Hammock Ledok Ombo, Hammock Ledok Ombo Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Hammock Ledok Ombo via mithaeby   - Dolan Dolen

Hammock Ledok Ombo via mithaeby__

Bayangkan enaknya terayun-ayun dengan semilir angin sejuk membelai, sambil mendengarkan suara gemerisik dedauan yang bergoyang di pucuk-pucuk pohon. Suara satwa alam di sekitar terdengar seperti lullaby pengantar tidur yang menenangkan. Kalau mau ngehits, tinggal selfie dan sertakan latar belakang hutan pinusnya.

 

 

4. Downhill Memacu Adrenalin yang Bikin Nagih

Kalau suasana alam yang menenangkan malah menggugah semangat, Dolaners tinggal angkut sepeda ke Bike Park Ledok Ombo. Di sini ada area downhill yang tak boleh dilewatkan begitu saja.

Downhill Ledok Ombo, Downhill Ledok Ombo Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Downhill Ledok Ombo via mario handaziza - Dolan Dolen

Downhill Ledok Ombo via mario_handaziza

Bagi pemain profesional, medan downhill di Bike Park ini bisa jadi terasa kurang menantang. Tapi lumayan lah, cukup menantang kalau Dolaners baru belajar dan masih terus berlatih. Lagipula, menghabiskan waktu beraktivitas fisik di tengah alam tak pernah ada ruginya. Selain meningkatkan stamina, Dolaners juga bakal lebih sehat. Bayangkan betapa banyak oksigen bersih yang terserap paru-paru saat Dolaners menggenjot sepeda di tengah hutan pinus.

 

5. Gowes ke Poncokusumo

Dolaners tergabung dalam komunitas gowes? Cobain deh, gowes dari Kota Malang ke Kecamatan Poncokusumo. Sepanjang perjalanan bakal jadi pengalaman seru, dengan pemandangan yang gak bakal bikin bosen di kanan kiri.

Sepeda Ledok Ombo, Sepeda Ledok Ombo Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Sepeda Ledok Ombo via 4jisubhan - Dolan Dolen

Sepeda Ledok Ombo via 4jisubhan

Pelan-pelan, Dolaners akan melalui transisi pemukiman perkotaan ke pedesaan, hingga tak menjumpai satupun rumah penduduk. Mau pengalaman lebih seru? Coba gowes solo ke Ledok Ombo. Bukan ke Solo ya, Dolaners. Nah, lanjutkan perjalanan, Dolaners akan menikmati lebatnya pohon-pohon di sepanjang jalan setapak yang dilalui. Bahkan, sepeda adalah moda transportasi yang paling pas kalau Dolaners pingin melalui kawasan hutan di sini. Tapi kalau mau seru, setidaknya ajaklah seorang kawan untuk gowes. Gak pingin ngobrol sendiri di hutan, kan?

 

6. Melepas Lelah dan Ngopi di Pinus Cafe

Selepas gowes, Dolaners bisa beristirahat di Pinus Cafe. Biarpun lokasinya di tengah hutan, kafe ini cukup ngehits loh, Dolaners. Kafe dengan konsep outdoor ini bisa jadi tempat Dolaners melepas lelah, menikmati udara sejuk di hutan pinus.

Pinus Cafe Ledok Ombo, Pinus Cafe Ledok Ombo Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pinus Cafe Ledok Ombo via alfiandyalif - Dolan Dolen

Pinus Cafe Ledok Ombo via alfiandyalif

Pinus Cafe menyediakan kopi instan dan kopi biji, yang manapun yang Dolaners suka. Ngobrol di tengah hutan pinus dengan segelas kopi pasti bakal jadi gayeng. Inilah sebabnya kenapa Dolaners sebaiknya gowes beramai-ramai. Bakal sepi senyap kalau Dolaners nongkrong di Pinus Cafe sendiri atau berdua. Ya, tentu berdua dengan pasangan bakal jadi romantis habis.

 

 

7. Nongkrong Lagi di Omah Akar

Menyusul Pinus Cafe, Omah Akar adalah tempat nongkrong terbaru di Ledok Ombo. Memang masih baru, tapi Omah Akar langsung melejit ngehits.

Omah Akar Ledok Ombo, Omah Akar Ledok Ombo Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Omah Akar Ledok Ombo via dre juniors - Dolan Dolen

Omah Akar Ledok Ombo via dre_juniors

Konsepnya masih sama seperti Pinus Cafe, outdoor. Sama-sama tempat nongkrong yang asik juga. Jadi, Dolaners punya alternatif tempat mengisi perut, beristirahat, dan ngobrol di Ledok Ombo. Yang pasti, Dolaners punya tambahan pilihan spot selfie dan wefie yang makin banyak di hutan pinus ini. Udah gak mirip hutan lagi sih, ya. Tapi jelas, suasana kafe outdoor dengan alam yang masih alami begini bikin ngangenin.

 

8. Jalan-Jalan dan Main Air di Sungai

Bosan cuma nongkrong dan ngobrol tak ada habisnya? Yuk ke sungai di tepi hutan pinus. Dikelilingi tebing-tebing alami, area sungai ini menyajikan pemandangan alam yang sangat layak untuk dilukis kemudian dipajang di ruang tamu.

Sungai Ledok Ombo, Sungai Ledok Ombo Malang, Kabuoaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Sungai Ledok Ombo via kevin raditya p - Dolan Dolen

Sungai Ledok Ombo via kevin_raditya_p

Lokasi sungai ini sekitar 30 menit perjalanan dari area hutan pinus. Jalan kaki, ya. Kalau Dolaners perenang yang cukup handal, bisa coba berenang di sungai ini. Gak lupa bawa baju renang dan pakaian ganti, kan? Coba deh, rasakan air sungainya yang jernih bersih. Seger banget!

 

9. Menghabiskan Malam di Camping Ground

Sebenarnya, yang paling terkenal di Ledok Ombo adalah camping ground-nya karena lokasi ini seringkali digunakan pelajar dan mahasiswa untuk outbound. Tapi ternyata camping ground ini juga menarik pengunjung yang datang dengan keluarga dan kawan-kawan komunitas tertentu.

Camping Ledok Ombo, Camping Ledok Ombo Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Camping Ledok Ombo via 1000zaman - Dolan Dolen

Camping Ledok Ombo via 1000zaman.view

Kalau Dolaners tipe orang yang spontan, atau impulsif, dan tiba-tiba pingin camping di Ledok Ombo, jangan kuatir. Tinggal sewa tenda saja di sini. Gak perlu repot.

Harga Sewa Tenda: Rp. 40.000,- per orang
Jasa Mendirikan Tenda: Rp. 10.000,- per tenda
Harga Sewa Sleeping Bag: Rp. 10.000,- per orang
Harga Kayu Bakar: Rp. 20.000,- per ikat

 

 

10. Bertualang ke Coban Wagio

Kalau Dolaners punya waktu untuk camping di Ledok Ombo, sempatkan sedikit lagi waktu untuk ke Coban Wagio. Masih ingat sungai di tepi area hutan pinus yang Dolaners bisa renang tadi? Nah, aliran sungai ini berasal dari Coban Wagio.

Coban Wagio, Coban Wagio Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Coban Wagio via ahmad naharudin - Dolan Dolen

Coban Wagio via ahmad_naharudin

Siapkan stamina untuk menuju Coban Wagio ya, Dolaners. Coban ini sangat jarang diminati pengunjung karena tiadanya fasilitas pendukung untuk mencapai coban. Satu-satunya cara adalah Dolaners menyusuri sungai, melawan arus selama kurang lebih satu jam, hingga tiba di Coban Wagio. Perlu dicatet, perjalanan ini lumayan butuh perjuangan serius. Berminatkah, Dolaners?

Lokasi Ledok Ombo: Desa Poncokusumo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket Masuk: Rp. 5.000,-

 

Banyak hal yang bisa dilakukan di Ledok Ombo. Destinasi wisata yang satu ini wajib diagendakan saat Dolaners ada di Malang. Gak bakal nyesel, deh!

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link