10 Inspirasi Swafoto di Alun Alun Kota Batu Malang Raya

Sudah ke kawasan Malang dan Kota Batu? Apa buktinya kalau Dolaners udah pernah ke Malang? Hayoo, selfie macam apa yang menunjukkan kalau lokasinya ada di Malang? Gak perlu jauh-jauh dicari, Alun Alun Kota Batu punya banyak banget spot selfie atau swafoto yang bakal jelas-jelas keliatan kalau Dolaners ada di Kota Wisata Batu dan Malang Raya.

2195 views

1. Lokasi yang Mudah Dijangkau

Dolan ke kawasan Kota Malang dan Kota Batu sepertinya kurang afdol kalau belum ada bukti otentik kehadiran Dolaners di sini. Nah, sekalian dalam perjalanan, sebaiknya mampir sebentar di Alun Alun Kota Batu karena lokasinya bener-bener mudah dijangkau.

Lokasi Alun Alun Kota Batu, Lokasi Alun Alun Kota Batu Malang Raya, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Lokasi Alun Alun Kota Batu by tuturbona - Dolan Dolen

Lokasi Alun Alun Kota Batu by tuturbona

Dari Kota Malang, saat menuju ke berbagai destinasi wisata di Kota Batu, Dolaners akan melalui alun-alun ini. Bahkan saat kembali ke arah Kota Malang, Alun Alun Kota Batu juga tampak di ujung jalan. Tinggal parkir kendaraan, lalu Dolaners bisa menikmati meriahnya suasana pusat Kota Wisata Batu. Dan yang pasti, selfie!

Alamat: Jl. Agus Salim, Desa Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Malang Raya
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket Masuk: gratis

Lihat Detail

 

2. Buah-Buahan Raksasa

Terkenal sebagai kota apel, tentu ikon buah ini tak ketinggalan tampil di Alun Alun Kota Batu. Swafoto dengan latar belakang buah-buahan ini jelas jadi bukti otentik keberadaan Dolaners di Malang Raya.

Buah Buahan Raksasa, Buah Buahan Raksasa Malang Raya, Malang Raya Dolan Dolen, Dolaners Buah Buahan Raksasa via fauziahrasad - Dolan Dolen

Buah Buahan Raksasa via fauziahrasad

Sebagai latar belakang? Yup, karena buah apel dan strawberry di Alun Alun Kota Batu berupa bangunan yang beneran berfungsi. Apelnya adalah toilet, sementara bangunan strawberry adalah kantor pusat informasi. Tenang, gak perlu swafoto deket-deket toilet. Lagian, kalau terlalu dekat, gak bakal keliatan bentuk utuh bangunannya, kan?

 

3. Air Mancur Apel

Lokasi ikonik berikutnya yang bisa jadi latar belakang swafoto Dolaners adalah air mancur dengan tumpukan buah apel di atasnya. Lokasi air mancur ini tepat berada di tengah-tengah Alun Alun Kota Batu. Lupakan si apel toilet, air mancur ini bisa jadi alternatif yang lebih artistik.

Air Mancur Apel, Air Mancur Apel Malang Raya, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Air Mancur Apel via danielandrians - Dolan Dolen

Air Mancur Apel via danielandrians

Tumpukan buah apel yang tersusun di atas air mancur bisa tampak seperti nyata asalkan Dolaners bisa memilih angle yang pas. Didukung dengan pencahayaan yang baik, perpaduan kolam air mancur dan artifisial apel Batu ini bisa tampil ciamik. Hanya saja, karena posisinya yang berada di tengah alun-alun, kolam air mancur ini nyaris tak pernah sepi dari pengunjung. Pintar-pintarlah memilih waktunya, kecuali Dolaners tak masalah dengan tampilnya banyak wajah lain dalam satu frame selfie.

 

 

4. Air Mancur Oktagon

Alternatifnya, bila air mancur apel sedang ramai pengunjung, Dolaners bisa mlipir ke spot air mancur yang lain. Ada sebuah air mancur kecil dengan kolam berbentuk oktagonal di sisi dekat toilet apel dan kantor strawberry tadi.

Air Mancur Oktagon, Air Mancur Oktagon Malang Raya, Malang Raya, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Air Mancur Oktagon via naning - Dolan Dolen

Air Mancur Oktagon via naning.widyas

Kekurangan spot swafoto ini adalah tak adanya ikon apapun yang menunjukkan Dolaners sedang berada di Alun Alun Kota Batu. Tapi masih bisa diakal dengan memilih angle yang pas dengan menyertakan bangunan-bangunan ikonik lain di dalam area alun-alun.

 

5. Air Mancur Warna Warni

Masih ada pilihan swafoto lain yang bertema air mancur di Alun Alun Kota Batu. Lokasi air mancur ini sering jadi pilihan anak-anak untuk main basah-basahan disiang hari. Airnya didesain untuk memancar naik secara vertikal langsung dari lantai semen, dengan ketinggian berbeda-beda.

Air Mancur Warna Warni, Air Mancur Warna Warni Malang Raya, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Air Mancur Warna Warni via lissapratiwi - Dolan Dolen

Air Mancur Warna Warni via lissapratiwi

Tentunya, area air mancur ini hanya jadi latar belakang swafoto saja ya, kecuali Dolaners emang niat pingin selfie dengan tema basah-basahan. Bila memungkinkan, sebaiknya swafoto di area air mancur ini dilakukan saat malam hari karena ada tata lampu apik yang membuat setiap air mancurnya tampak berwarna warni. Lampu-lampu ini bikin air mancurnya udah gak keliahatan area playground lagi, tapi mirip-mirip sama Las Vegas gitu.

 

6. Bianglala

Bianglala adalah ikon istimewa Alun Alun Kota Batu. Tak jarang, warga Malang Raya nyempetin ke alun-alun ini cuma buat naik bianglalanya. Tapi antriannya lumayan menguras tenaga dan menghabiskan waktu. Kecuali Dolaners gak masalah berdiri lama-lama buat ngantri, dan memang ada waktu, selfie aja udah cukup, deh.

Bianglala, Bianglala Malang Raya, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Bianglala via riridwikurnia - Dolan Dolen

Bianglala via riridwikurnia

Swafoto dengan latar belakang bianglala Alun Alun Kota Batu adalah tema yang membahana di media sosial. Gimana enggak, habisnya bianglala ini emang instagramable banget, baik siang maupun malam. Tapi kudu rela sedikit bersusah payah ya, supaya keseluruhan sosok bianglala ini bisa mejeng bareng Dolaners dalam satu frame.

 

 

7. Lampu Taman

Tentu Dolaners tahu, taman lampion lagi hits sebagai lokasi swafoto. Nah, tak ketinggalan, Alun Alun Kota Batu juga punya lampion beraneka bentuk dan warna serta lampu hias instagenik berbentuk daun-daun pohon

Lampu Taman, Lampu Taman Malang Raya, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Lampu Taman via lissapratiwi - Dolan Dolen

Lampu Taman via lissapratiwi

Memang keindahan lampu-lampu hias di taman seperti ini cuma bisa dinikmati saat malam hari. Jika Dolaners tiba di Alun Alun Kota Batu saat siang, jelas swafoto dengan lampu hias bukan pilihan. Sebaliknya, suasana meriah dan penuh warna berkat adanya lampu-lampu taman ini menjadikan kawasan alun-alun terang dan semarak saat malam. Hingga saking terangnya warna warni lampu hias ini, bisa-bisa misi swafoto Dolaners berakhir buram bila pencahayaan atau kamera kurang mendukung.

 

8. Statement Alun Alun Kota Wisata Batu

Bila Dolaners suka tema swafoto yang bold, dengan nama lokasi yang terpampang jelas di latar belakang, Alun Alun Kota Batu punya spot seperti ini.  Memang tak semua orang suka tema statement yang bold, tapi sepertinya cara foto seperti ini eksis sepanjang masa.

Statement Alun Alun Kota Wisata Batu, Statement Alun Alun Kota Wisata Batu Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Statement Alun Alun Kota Wisata Batu via super7ddang - Dolan Dolen

Statement Alun Alun Kota Wisata Batu via super7ddang

Tugu nama bertuliskan lokasi wisata memang bisa ditemukan di semua destinasi. Yang ada di Alun Alun Kota Batu ini, bisa tampil beda saat malam hari dengan instalasi lampu berwarna di dalam huruf-hurufnya. Kebayang kan, sesemarak apa alun-alun ini setelah matahari tenggelam di balik perbukitan?

 

9. Alun Alun Kota Batu Dimalam Hari

Memang dimalam hari Alun Alun Kota Batu jadi sangat semarak dengan beragam warna yang berasal dari lampu-lampu hias. Pada satu spot swafoto yang sama, Dolaners bisa dapet hasil yang beda jauh hanya karena pemilihan waktu malam atau siang hari.

Alun Alun Kota Batu Dimalam Hari , Alun Alun Kota Batu Dimalam Hari Malang Raya, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Bianglala by rezaiqbal - Dolan Dolen

Alun Alun Kota Batu Dimalam Hari by rezaiqbal

Masalahnya memang tergantung itinerary Dolaners. Bisa jadi memang situasinya cuma sekedar mampir melepas lelah di Alun Alun Kota Batu, hingga tidak bisa dipastikan bisa menikmati meriah dan semaraknya tata lampu di alun alun ini atau tidak. Tapi bila memungkinkan, suasana warna warni ini bakal bikin swafoto Dolaners jadi ikutan berwarna!

 

 

10. Alun Alun Kota Batu Dipagi Hari

Bila memungkinkan, pilihan lain saat dolan ke Alun Alun Kota Batu adalah dipagi hari. Manfaatkan cahaya matahari yang sedang mulai beranjak tinggi, dengan bias warna kekuningannya.

Alun Alun Kota Batu Dipagi Hari, Alun Alun Kota Batu Dipagi Hari Malang Raya, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Alun Alun Kota Batu Dipagi Hari via bagusp01 - Dolan Dolen

Alun Alun Kota Batu Dipagi Hari via bagusp01

Udara yang masih segar juga akan turut membangun mood selfie yang cerah. Tinggal pertanyaannya, mungkinkah Dolaners tiba di Alun Alun Batu saat matahari baru muncul hingga bisa dapet momennya?

 

Bila semua opsi ini gak bisa masuk, tenang saja. Dolaners tetep bisa menghasilkan swafoto kekinian yang unik di Alun Alun Batu. Banyak spot menarik di sini, gunakan saja ide-ide kreatif Dolaners, ya!

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link