5 Coban Instagenik di Malang Raya

Selfie di lokasi yang itu-itu saja? Belum bosen? Selfie di lokasi seperti apa yang paling menantang buat Dolaners? Malang punya lima coban yang cukup menantang untuk dilihat, plus spot-spot kece yang bakal bikin Dolaners tampil instagenik. Gak cuma butuh kamera di sini, tapi juga nyali dan stamina. Mau intip seperti apa lokasinya? Yuk!

1723 views

1. Coban Rais

Dulunya, Coban Rais lebih dikenal dengan nama Coban Sabrangan karena pengunjung harus menyeberangi beberapa sungai sebelum akhirnya sampai di area air terjunnya. Tapi kemudian, nama Coban Rais lebih populer di Malang Raya.

Coban Rais Malang Raya, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Coban Rais via Agung Surya - Dolan Dolen

Coban Rais Malang Raya via Agung Surya

Berada di lereng Gunung Panderman, Coban Rais tampak anggun dengan ketinggian air terjun mencapai 20 meter. Selain panorama air terjun, Dolaners juga bisa menikmati tawaran wisata Bukit Bulu dan Batu Flower Garden. Keduanya berada tak jauh dari area air terjun, menawarkan spot-spot selfie yang instagenik. Di Bukit Bulu, Dolaners bisa foto di panggung kayu berbentuk I love you, gardu pandang, main ayunan, atau main sepeda gantung dengan latar belakang pemandangan perbukitan yang hijau atau warna warni Batu Flower Gorden.

Lokasi: Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu
Jam Buka: 07.30 – 15.00 WIB
Harga
Tiket Masuk Wana Wisata Coban Rais: Rp. 10.000,-
Tiket Masuk Batu Flower Garden: Rp. 25.000,- (3x foto di spot love dan 3x foto di spot flower, masing-masing dengan 1 file foto)
Jasa Foto Ayunan: Rp. 10.000,- (3x foto, 1 file foto)
Jasa Foto I Love You: Rp. 10.000,- (3x foto, 1 file foto)
Jasa Foto Pinus: Rp. 10.000,- (3x foto, 1 file foto)
Foto Hammock Tower: Rp. 10.000,- (foto sendiri)
Tambahan 1 file foto: Rp. 5.000,-
Tiket Kamera DSLR: Rp. 15.000,-
Tiket Kamera Action (Go Pro): Rp. 10.000,-
Tiket Parkir: Rp. 10.000,-

Lihat Detail

 

2. Coban Bidadari

Coban Bidadari ini lagi ngehits banget nih, Dolaners. Habisnya, banyak banget spot fotogenik yang bakal bikin Instagram penuh.

Coban Bidadari, Coban Bidadari Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Coban Bidadari by supperpipip - Dolan Dolen

Coban Bidadari Malang by supperpipip

Berada di sisi kiri jalan menuju pintu gerbang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Coban Bidadari memang tak sekedar menawarkan keindahan alam khas pegunungan untuk dinikmati pengunjungnya. Bahkan sebelum sampai di area air terjun, Dolaners sudah disambut dengan spot-spot foto kekinian yang telah dibangun pengelola. Ada rumah pohon, sarang burung raksasa, sayap burung, rumah kelinci, jembatan kayu, bunga matahari, ayunan, dan masih akan terus bertambah lagi. Latar belakang foto di spot-spot ini adalah perbukitan pinus hijau pekat yang akan terus tampak berbeda bila langit cerah biru, lembayung senja, atau berkabut putih. Instagenik banget kan, selfie di Coban Bidadari?

Lokasi: Desa Gubugklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang
Harga
Tiket Masuk: Rp. 10.000 –
Tiket Parkir: Rp. 5.000,-

 

 

3. Coban Putri

Dibandingkan beberapa coban di kawasan Batu, Coban Putri ini masih terbilang sepi pengunjung. Tapi justru karena jarang terjamah manusia inilah, lingkungan di sekitar air terjun masih cukup alami. Konon ceritanya, Coban Putri adalah tempat mandinya Ken Dedes, jadi nama Putri disematkan pada air terjun setinggi 35 meter ini.

Coban Putri, Coban Putri Malang Raya, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Coban Putri via elisabethayudya - Dolan Dolen

Coban Putri Malang Raya via elisabethayudya

Setelah mendapat penggemar dari kalangan pecinta alam, kini Coban Putri sudah menambah penggemar dari kalangan pecinta wisata dan selfie. Adanya ayunan dan gardu pandang kayu membuat Coban Putri semakin ngehits. Apalagi yang terbaru adalah spot foto berbentuk tangan raksasa, yang disebut dengan tangan dewa, lumayan mirip sama yang ada di Hutan Pinus Pengger Yogyakarta. Nah, pingin ikutan ngehits? Langsung saja ke Coban Putri, yang lokasinya tak jauh dari Coban Rais, hanya terpaut sekitar 1,5 kilometer saja. Bisa sekali jalan, dan Dolaners pulang dengan oleh-oleh seabrek file foto yang siap diupload. Tapi bawa motor saja ya, Dolaners. Karena akses jalannya berbatu terjal, masih bisa dilalui hanya dengan meggunakan motor trail. Dolaners bawa mobil? Parkir saja di dekat pintu masuk. Kalau tak mau jalan dan wajah Dolaners jadi kucel di foto, lebih baik pakai jasa ojek saja.

Lokasi: Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu
Jam Buka: 06.00 – 17.15 WIB
Harga
Tiket Masuk: Rp. 8.000,-
Ojek Pulang-Pergi: Rp. 20.000,-
Foto di Ayunan dan Tangan Dewa: Rp. 5.000,-

Lihat Detail

 

4. Coban Talun

Dolaners sudah pernah ke Taman Rekreasi Selecta di Batu? Nah, lanjut sedikit, kira-kira 3 kilometer, Dolaners akan sampai di Coban Talun. Taman Rekreasi Selecta memang populer banget, apalagi kalau soal masa popularitas, Coban Talun bukan tandingan. Tapi jangan salah, Dolaners. Coban Talun sebenarnya cukup populer juga, terutama dikalangan akademisi, karena ada camping ground yang sering digunakan oleh pelajar dan mahasiswa di Malang. Tapi bahkan tanpa sentuhan apapun, eksotisnya air terjun setinggi 75 meter di lereng Gunung Arjuno ini sebenarnya sudah layak dikunjungi.

Coban Talun, Coban Talun Malang Raya, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Coban Talun via Irmanika Kumala Sari - Dolan Dolen

Coban Talun Malang Raya via Irmanika Kumala Sari

Kini, Coban Talun semakin populer dengan adanya beragam tambahan wisata di kawasan coban, seperti kebun bunga hydrangea, taman bunga, Apache Camp, Pagupon Camp, rumah pohon, hammock, bunga matahari raksasa, dan masih banyak lagi. Yang paling instagenik adalah sayap kupu-kupu batik, tapi Dolaners wajib bersabar bila terjebak dalam antrian. Tapi jangan kuatir. Kalaupun tak kebagian spot-spot foto kekinian di kawasan coban ini, Dolaners masih bisa selfie di seluruh area hutan pinus. Gak bakalan kalah ngehits, kok. Pemandangan alam kawasan Coban Talun sudah cukup indah tanpa sentuhan apapun, dan layak untuk jadi latar belakang foto.

Lokasi: Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu
Jam Buka: 07.00 – 17.00 WIB
Harga
Tiket Masuk: Rp. 15.000,-
Tiket per Wahana: Rp. 5.000,-

Lihat Detail

 

 

5. Coban Rondo

Kepopuleran Coban Rondo sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Memang destinasi wisata air terjun setinggi 84 meter di Malang ini cukup mainstream.

Coban Rondo, Coban Rondo Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Coban Rondo via Yusuf Fadhilah - Dolan Dolen

Coban Rondo Malang via Yusuf Fadhilah

Alih-alih mengusung spot selfie, Coban Rondo menawarkan wahana-wahana lain yang bisa membuat Dolaners beraktivitas fisik aktif. Misalnya saja, tubing, paintball, petik apel, naik kuda, outbound, kereta kelinci, dan yang terakhir ini paling seru, labirin. Bahkan ada gardu pandang di area labirin ini. Terbayang gimana kecenya kalau Dolaners selfie saat melakukan salah satu kegiatan ini? Dijamin, Dolaners bisa jadi instagenik dan anti-mainstream.

Lokasi: Jl. Coban Rondo, Desa Pandesari, Kecamata Pujon, Kabupaten Malang
Jam Buka: 24 jam
Harga
Tiket Masuk Senin – Jumat: Rp. 10.000,-
Tiket Masuk Sabtu – Minggu: Rp. 12.000,-
Tiket Masuk Motor: Rp. 2.000,-
Tiket Parkir Motor: Rp. 4.000,-
Tiket Masuk Mobil: Rp. 4.000,-
Tiket Parkir Mobil: Rp. 4.000,-
Tiket Masuk Bus: Rp. 6.000,-
Tiket Parkir Bus: Rp. 6.000,-
Tiket Flying Fox: Rp. 30.000,-
Tiket Kereta Kelinci: Rp. 5.000,-
Tiket Paintball: Rp. 15.000,-
Tiket Sepeda Gunung: Rp. 5.000,-
Tiket Wisata Alam Treewalk: Rp. 40.000,-
Tiket Masuk Taman Labirin: Rp. 7.500,-

Lihat Detail

 

Setidaknya lima coban di Malang Raya ini bisa bikin Dolaners makin hits. Dan gak cuma selfie, Dolaners bisa jalan-jalan juga menikmati panorama alam pegunungan di seluruh wilayah Malang. Bakal jadi kenangan perjalanan yang seru dan tak terlupakan, pastinya. Jadi ngehits jelas, boleh lah. Tapi yang penting, nikmati acara dolan dan jalan-jalannya karena lain waktu Dolaners kembali ke destinasi yang sama, suasananya takkan sama lagi.

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link