5 Destinasi Wisata Waduk Seru dan Ketjeh di Malang

Mau jalan ke pantai, tapi terlalu jauh. Maunya selfie dan ngehits, tapi malas berebut spot foto. Ke mana ya, yang masih bisa ketemu dan main air, masih bisa dapat foto-foto kece, dan masih bisa kenyang, pula? Pernah terlintas main ke waduk? Eits, lima waduk di Malang ini bukan sembarang waduk. Jangan dikira waduk bakal jadi tempat ngebosenin. Lihat dulu yuk, waduk-waduk berikut ini.

1938 views

1. Waduk Andeman

Destinasi wisata di Kabupaten Malang ini jelas anti mainstream karena lokasinya masih jauh dari Kota Malang. Dikenal juga dengan nama Waduk Boon Pring Andeman, Dolaners bisa merunut asal nama ini dari landscape-nya. Boon Pring, bermakna anugerah di hutan bambu, mengacu pada area hutan bambu di sekitar waduknya, Andeman. Waduk ini menampung air langsung dari sumbernya, jadi aman bila diminum langsung meskipun sesekali ada perahu atau sepeda air yang melintas. Suasana di sekitar waduk begitu tenang, udaranya bersih, nyaman untuk jalan-jalan melepas penat pikiran. Dolaners bisa lanjutkan melangkah ke Pulau Putri Sekar Sari di tengah waduk dengan melintasi jembatan yang dibangun cukup artistik. Harus diakui, suasana di Waduk Andeman cukup instagenik.

Waduk Andeman, Waduk Andeman Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Waduk Andeman via lndawatidewi - Dolan Dolen

Waduk Andeman via lndawatidewi

Waduk Andeman terletak di sisi selatan Kota Malang. Dari kawasan kota, Dolaners langsung meluncur saja ke arah kota kecil Turen, lanjut ke Desa Sanan Kerto. Bila ada penunjuk arah menuju Pemandian Andeman Turen, ikuti saja. Memang waduk ini sekaligus difungsikan sebagai pemandian. Kalau Dolaners ingin menikmati sensasinya berenang dengan berpagarkan pohon-pohon bambu, tinggal bayar tiket masuknya saja.

Lokasi: Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang
Harga Tiket Masuk: Rp 5.000,-

Lihat Detail

 

2. Waduk Jurang Toleh

Waduk Jurang Toleh berada di Dusun Kebon Klopo. Kelihaian karangtaruna Desa Jatiguwi yang mengemas landscape alam di Dusun Kebon Klopo ini menjadi istimewa. Dulunya memang terkenal sebagai lokasi pemancingan saja, tapi ide-ide cemerlang warga desa telah membuat kawasan ini menjadi destinasi wisata yang laris manis.

Waduk Jurang Toleh, Waduk Jurang Toleh Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Bonklopo via dama hdy - Dolan Dolen

Waduk Jurang Toleh via dama_hdynari

Waduk Jurang Toleh terbentuk dari aliran Sungai Brantas dan sebenarnya masih menjadi bagian dari Waduk Karangkates. Dalam rangka meningkatkan potensi pariwisata waduk ini, dana desa dikucurkan untuk membangun fasilitas-fasilitas pendukung. Misalnya, di tengah waduk dibangun Dermaga Cinta, yang berupa rumah apung, dan bisa dicapai dengan menggunakan perahu. Selain spot foto di dermaga, Dolaners bisa naik ke gardu pandang yang ada di tepi waduk. Tak kalah dengan destinasi-destinasi hits yang menawarkan gardu pandang di wilayah lain Kabupaten Malang dan Kota Batu. Tak hanya gardu pandang, di sisi waduk yang luas dan tenang, terdapat area taman bunga yang instagenik. Masih ada kostum Indian yang bisa dipinjam gratis untuk berfoto. Dolaners benar-benar tak perlu mengeluarkan biaya foto di Waduk Jurang Toleh ini, bahkan tiket masukpun belum ada. Cuma perlu bayar sewa naik perahu kalau Dolaners ingin menyeberang ke Dermaga Cinta. Sisanya? Gratis-tis!

Lokasi: Dusun Kebon Klopo, Desa Jatiguwi, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang
Harga Naik Perahu: Rp 2.000,-

 

 

3. Waduk Karangkates

Waduk Karangkates berada di tepi jalan raya, jalur antar kota yang mengubungkan Malang dengan Blitar. Dibangun pada tahun 1970-an untuk pembangkit tenaga listrik, kawasan bendungan ini menawarkan keindahan waduk yang cukup menarik minat wisatawan. Karena usia pula, destinasi wisata ini sekarang sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Misalnya saja, lahan parkirnya luas, ada camping ground, playground, kebun binatang kecil, taman wisata, area memancing ikan, lapangan tennis, bahkan ada kolam renang yang lengkap dengan seluncuran dan berbagai fasilitas permainan air yang lain.

Waduk Karangkates, Waduk Karangkates Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Waduk Karangkates via mbolang yuk - Dolan Dolen

Waduk Karangkates via mbolang_yuk

Kelengkapan fasilitas, termasuk gazebo dan toilet, menjadikan Waduk Karangkates pilihan murah meriah untuk wisata keluarga. Tapi bukan berarti destinasi ini bakal garing buat Dolaners. Coba bawa tenda dan siapkan perlengkapan pancing. Menghabiskan malam di tepi Sungai Brantas dan makan ikan hasil pancingan akan jadi rehat santai yang lumayan menghibur. Jarak tempuh dari Kota Malang ke lokasi tak terlalu jauh, dan masih banyak pertokoan atau warung di sekitar camping ground. Bahkan dengan persiapan seadanya sekalipun, Dolaners akan tetap selamat sejahtera tiada kekurangan bila bermalam di tepi Waduk Karangkates. Dengan kata lain, kalau gagal memancing ikan, Dolaners tinggal menuju warung terdekat.

Lokasi: Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang
Harga
Tiket Masuk: Rp 5.000,-
Sewa Perahu: Rp 100.000,-
Naik Perahu Mesin: Rp 10.000,-

 

4. Waduk Lahor

Sudah ke Waduk Karangkates? Sekalian Dolaners lanjut ke Waduk Lahor. Lokasi kedua waduk ini berdekatan, cuma menyeberang jalan saja. Kalau Dolaners menggunakan motor atau mobil dari arah Malang menuju Blitar, pasti akan diarahkan untuk melalui jalur alternatif yang juga menjadi pintu masuk kawasan Waduk Lahor.

Waduk Lahor, Waduk Lahor Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Waduk Lahor via bee n cuonk - Dolan Dolen

Waduk Lahor via bee_n_cuonk

Jika Dolaners suka memancing ikan, Waduk Lahor tentu tak asing lagi. Memang waduk ini menyimpan beragam ikan air tawar, terutama keramba yang memang sengaja dibudidayakan. Kurang suka memancing ikan? Dolaners tinggal mampir ke warung-warung yang berjajar rapi di sepanjang tepi waduk. Banyak olahan ikan segar, seperti wader, lele, tawes, dan lain-lain, yang disajikan di sini warung-warung ini. Mumpung dekat dengan habitatnya, pilihan pas di Lahor adalah pesan bakaran ikan gurami atau tombro yang masih segar baru ditangkap. Selain urusan perut, Waduk Lahor juga punya fasilitas arena outbound, speed boat, banana boat, gazebo, hingga playground untuk anak-anak.

Lokasi: Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang
Harga
Tiket Masuk Motor: Rp 1.000,-
Tiket Masuk Mobil: Rp 5.000,-

 

 

5. Waduk Selorejo

Waduk Selorejo dibangun pada masa pendudukan Jepang dan hingga kini masih menampung air dari Sungai Kwayangan, Lahar Kletak, Konto, dan sungai-sungai kecil di sekitarnya. Dengan latar belakang Gunung Arjuno, Kawi, dan Kelud, pemandangan perairan Waduk Selorejo sangat indah. Didukung oleh udara yang sejuk, destinasi di wilayah Kabupaten Malang ini tak henti dikunjungi wisatawan.

Waduk Selorejo, Waduk Selorejo Malang, Kabupaten Malng, Dolan Dolen, Dolaners Waduk Selorejo via aldyno ninef - Dolan Dolen

Waduk Selorejo via aldyno_ninef

Fasilitas yang lengkap turut mendukung daya tarik panorama alam Waduk Selorejo. Kawasan ini dilengkapi dengan camping ground, lapangan tenis, tempat pemancingan ikan, lahan parkir yang luas, penginapan, dan yang jelas, ada beragam jenis ikan seperti mujair, gurami, tombro, nila, masih ada pula udang serta jenis penghuni air tawar yang lain. Di tengah waduk ada Pulau Jambu di mana banyak pohon jambu klutuk tumbuh subur. Dolaners bisa menyeberang menuju pulau ini dengan menggunakan perahu sewaan, kemudian menikmati jambu klutuk sepuasnya. Semoga Dolaners jalan-jalan ke Waduk Selorejo tepat saat jambu klutuknya sedang berbuah dan matang.

Alamat: Dusun Selorejo, Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang
Harga
Tiket Masuk: Rp. 15.000,-
Sewa Penginapan: Rp. 300.000 – Rp. 900.000,- per malam
Kisaran Tarif Perahu Mesin: Rp 8.000 – Rp 10.000,-
Kisaran Tarif Perahu Dayung: Rp 3.000 – Rp 5.000
Jambu Klutuk: Rp 5.000
Parkir: Rp 3.000,-

Lihat Detail

 

Waduk memang favorit para penggemar pemancing ikan, dengan pemandangan kawasan perairannya yang selalu memesona. Kalaupun Dolaners lebih suka memancing perkara alih-alih ikan, main ke waduk masih menyenangkan karena bisa makan kenyang. Saatnya menyantap ikan bakar yang selalu maknyus karena diolah saat masih segar. Jangan lupa bayar ya, tak perlu mancing perkara, deh.

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link