5 Kampung Wisata dengan Tema Unik di Kota Malang

Siapa nih yang pingin wisata murah meriah tapi bisa bikin foto sebanyak-banyaknya? Dan masih ada lagi, pengalaman jalan-jalan dan melihat hal-hal baru. Di mana lagi Dolaners bisa eksplor dan dapat banyak cerita kalau bukan di Kota Malang? Yup, kota ini punya kampung-kampung yang menarik untuk dikunjungi, hasil karya kreasi warga yang guyup rukun. Sebelum meluncur ke lokasi, yuk pilih-pilih dulu, kira-kira Dolaners mau ke kampung yang mana.

2365 views

1. Kampung Putih

Pada awal tahun ini, Malang menambah koleksi kampung wisatanya dengan menciptakan satu lagi, yakni Kampung Putih. Lokasi kampung wisata ini tepatnya berada di sebelah selatan Rumah Sakit Saiful Anwar. Sebagai bagian dari Company Social Responsibility sebuah perusahaan cat, kawasan kampung yang semula tampak suram dan kumuh di bantaran sungai kini menjadi putih cemerlang dan menarik untuk dikunjungi wisatawan. Tak sungguh-sungguh putih, masih ada warna abu-abu dan hijau yang digunakan untuk mengecat keseluruhan kampung ini, mulai dari dinding hingga atap rumah.

Kampung Putih, Kampung Putih Malang, Kampung Putih Kota Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Kampung Putih via eriklogika - Dolan Dolen

Kampung Putih via eriklogika

Berada di tepi jalan protokol di tengah kota, Dolaners pasti akan dapat menemukan lokasi Kampung Putih ini dengan mudah. Apalagi letaknya yang tetanggaan sama rumah sakit terbesar di Malang, dan di seberang Polres Kota Malang, tentulah tak sulit mencari Kampung Putih ini. Dolaners pingin tahu seperti kampung wisata yang berkonsep ala Santorini di Yunani ini? Semirip atau sebeda apa? Yuk lihat langsung ke kota yang udaranya sejuk ini.

Alamat: Jl. Jaksa Agung Suprapto, Klojen, Kota Malang

 

2. Kampung Topeng

Kampung Topeng adalah hasil program kerjasama Kemensos dengan Pemkot Malang. Dikenal juga dengan nama programnya, Kampung Desaku Menanti, kampung wisata ini sebenarnya bertujuan mengembangkan perekonomian warganya. Jadi, warga kampung ini juga membuat topeng, gantungan kunci, hiasan dinding, dan barang-barang cenderamata lain yang bisa Dolaners beli saat berkunjung ke Kampung Topeng.

Kampung Topeng, Kampung Topeng Malang, Kampung Topeng Kota Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Kampung Topeng via wisnufdewantara - Dolan Dolen

Kampung Topeng via wisnufdewantara

Selain selfie di Monumen Topeng atau spot-spot menarik lain di Kampung Topeng ini, Dolaners bisa mewarna topeng-topeng yang sudah setengah jadi. Mau topeng yang sudah jadi? Tinggal borong saja, Dolaners. Harganya berkisar antara Rp. 15.000,- hingga Rp. 35.000,- saja.

Alamat: Tlogowaru, Kedungkandang, Kota Malang

 

 

3. Kampung Jodipan

Kampung Jodipan lebih dikenal dengan nama populernya, Kampung Warna Warni. Ada kira-kira 107 rumah warga Jodipan yang dicat dengan 17 ragam warna. Kampung yang sekarang ngehits ini sebenarnya terlahir dari tugas kuliah beberapa mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Sama sekali tak ada tujuan pariwisata, para mahasiswa ini sebenarnya bermaksud mengubah gaya hidup warga yang membuang sampah ke sungai. Tak dinyana, perubahan lingkungan yang melibatkan 30 tukang cat dan seniman mural ini membawa dampak yang lebih besar.

Kampung Jodipan, Kampung Jodipan Malang, Kampung Jodipan Kota Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Kampung Jodipan via kemala2104 - Dolan Dolen

Kampung Jodipan via kemala2104

Kawasan Jodipan yang semula perumahan kumuh warga di bantaran Sungai Brantas berubah menjadi desa wisata yang dikunjungi banyak orang, bahkan hingga ratusan saat akhir pekan dan hari libur. Memang saat ini terjadi penurunan jumlah pengunjung bila dibandingkan dengan masa-masa awal Kampung Jodipan mulai dikenal orang, tapi ada jembatan kaca yang kembali menarik perhatian pengunjung. Jembatan kaca ini, selain menambah lokasi selfie pengunjung, juga menghubungkan antara Kampung Jodipan dengan Kampung Tridi Kesatrian. Dolaners tertarik menyeberangi jembatan ini?

Alamat: Gang 1, Jodipan, Kelurahan Kesatrian, Kecamatan Blimbing, Kota Malang
Jam Buka: 06.00 – 18.00 WIB
Harga
Tiket masuk: Rp. 2.000,-
Parkir Motor: Rp. 2.000,-
Parkir Mobil: Rp. 5.000,-
Parkir Bus: Rp. 15.000 – Rp. 25.000

 

3. Kampung Tridi

Nah, kalau menyeberangi Sungai Brantas melalui jembatan kaca tadi, Dolaners akan sampai di kampung wisata lain. Kampung Tridi adalah nama yang disederhanakan dari 3D, supaya mudah diucapkan. Memang rumah-rumah warga di Kampung Tridi sama meriahnya dengan Kampung Jodipan, tapi Dolaners bisa mendapati gambar-gambar mural tiga dimensi pula di dinding-dinding rumah Kampung Tridi.

Kampung Tridi, Kampung Tridi Malang, Kampung Tridi Kota Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Kampung Tridi via mayamalahayati - Dolan Dolen

Kampung Tridi via mayamalahayati

Kampung Tridi bisa jadi alternatif selfie yang kekinian, Dolaners. Bila sesuai dengan rencana, Kampung Tridi menampilkan 80 gambar 3D yang bisa jadi spot selfi keren bagi pengunjung-pengunjungnya. Berbeda dari Kampung Jodipan, Kampung Tridi ini terlahir berkat ide warganya. Lebih berkonsep, warna rumah-rumah warga Tridi bila dilihat dari atas tampak menyerupai warna pelangi. Gambar-gambar 3D-nya juga bertema dunia anak-anak, seperti Mickey Mouse, Thor, Hulk, Spongebob, Patrick, Captain America, Spiderman. dan lain-lain. Tak terbayang menjadikan gambar-gambar ini latar selfie? Jangan kuatir, masih ada gambar-gambar 3D bertema alam dan hewan yang unik-unik.

Alamat: Jl. Temenggungan Ledok, Kelurahan Kesatrian, Kecamatan Blimbing, Kota Malang
Jam Buka: 08.00 -18.00 WIB
Harga Tiket Masuk: gratis

 

4. Kampung Ornamen Celaket

Sempat mengalami perubahan nama sebelum menggunakan kata Celaket sebagai area asli kampung wisata ini, Kampung Ornamen Batik adalah nama yang semula digunakan. Yup, seperti namanya, kampung wisata di Kota Malang ini mengusung tema batik. Ide mewujudkan Kampung Ornamen Batik berasal dari warga kampung langsung ,ditindaklanjuti dengan swadaya dana dan tenaga. Hebat ya, Dolaners?

Kampung Ornamen Celaket, Kampung Ornamen Celaket Malang, Kampung Ornamen Celaket Kota Malang, Malang, Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Kampung Ornamen Celaket via umroharyatimalang - Dolan Dolen

Kampung Ornamen Celaket via umroharyatimalang

Jadi, karena menyesuaikan dengan lokasinya, maka nama kampung wisata ini mengganti kata Batik menjadi Celaket. Saat memasuki kawasan Kampung Ornamen Celaket yang berada di DAS Brantas ini, Dolaners akan disambut oleh motif-motif batik di dinding-dinding rumah, pagar, jalan kampung, fasilitas umum, dan bidang hias lain yang menambah artistiknya suasana di kampung wisata ini. Sementara, nama Ornamen-nya dipilih untuk mengekspresikan ragam hias nusantara, tak hanya ragam batik Pulau Jawa tapi juga seni pahat dan seni lukis etnik dari penjuru nusantara yang lain. Nah, kalau Dolaners suka yang etnik-etnik, kampung wisata ini jelas akan memuaskan hati.

Alamat: Gang Celaket 1, Jl. Jaksa Agung Soeparto, Kelurahan Samaan, Kota Malang

 

 

5. Kampung Glintung Go Green

Dolaners tentu sudah sangat kenal dengan istilah 3G. Tapi kali ini beda ya, bukan tentang jaringan dan koneksi internet. 3G ini singkatan dari Glintung Go Green, sebuah kampung wisata di Kota Malang. Sebenarnya, kampung ini berbenah karena warganya menginginkan lingkungan yang lebih baik. Kawasan ini memang terkenal sebagai area langganan banjir dan kumuh, tapi kini suasananya berbeda jauh.

Kampung Glintung Go Green, Kampung Glintung Go Green Malang, Kampung Glintung Go Green Kota Malang, Dolan Dolen, Dolaners Kampung Glintung Go Green via kampung3g - Dolan Dolen

Kampung Glintung Go Green via kampung3g

Dibutuhkan waktu lima tahun untuk mengembalikan kondisi air sumur warga dengan membuat sumur injeksi, biopori, disertai dengan penanaman tumbuh-tumbuhan hijau di sekitar rumah. Hasilnya, kini sudah ada sumber air baru dalam jumlah lebih dari yang dibutuhkan warga. Tumbuhan yang dibudidayakan di kawasan pemukiman padat penduduk inipun tak sekedar tanaman hias, tapi juga bisa menjadi alternatif sumber pangan. Dolaners yang suka hijau-hijauan, atau pingin belajar tentang tanam-menanam, akan sangat menikmati jalan-jalan di Kampung wisata ini. Tapi ingat ya, jangan membuang sampah sembarangan karena Dolaners akan dikenai denda Rp. 10.000,- atau disuruh menyapu jalan selama minimal satu jam. Pilih yang mana, Dolaners?

Alamat: RW 23, Purwantoro, Blimbing, Kota Malang
Jam Buka: 07.00 – 20.00 WIB

 

Mana nih, kampung wisata yang paling menarik buat Dolaners? Masing-masing memang punya temanya sendiri, dan cerita yang melatarbelakangi juga menjadikan setiap kampung wisata di Malang ini istimewa. Dan yang pasti, semua kampung wisata ini instagram-able, Dolaners!

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link