6 Destinasi Wisata Keluarga di Bandung yang Menarik dan Edukatif

Acara jalan-jalan yang menyertakan semua anggota keluarga bisa jadi ritual yang memusingkan. Apalagi di Bandung. Anggota keluarga yang sudah berumur maunya ke sini, Dolaners pinginnya ke sana, anak-anak maunya beda lagi. Jadi gimana dong, supaya semua orang hepi? Kalau Dolaners sudah pernah berada disituasi seperti ini, yuk lihat gambaran seperti apa destinasi wisata keluarga di Bandung yang bisa cocok untuk semua orang.

2189 views

1. Lereng Anteng Panoramic Coffee

Meskipun konsep basic-nya adalah coffee shop, destinasi wisata keluarga ini mengakomodir kebutuhan seluruh pengunjung. Dolaners yang mau ngopi, silakan. Mau makan sampai kenyang juga, silakan. Bahkan kalau sekedar duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan, sah-sah saja kok, Dolaners.

Lereng Anteng Panoramic Coffee, Lereng Anteng Panoramic Coffee Bandung, Bandung, Kota Bandung, Dolan Dolen, Dolaners Lereng Anteng Panoramic Cafe via edikurliyanto - Dolan Dolen

Lereng Anteng Panoramic Coffee via warmanwardhani

Nah, sambil Dolaners menikmati kopi hangat dan menikmati pemandangan lereng perbukitan yang hijau tanpa batas, anak-anak juga bisa bermain di golf mini yang tak kalah serunya di Lereng Anteng Panoramic Coffee ini. Ada beberapa lapangan golf mini yang disediakan di destinasi wisata keluarga ini, jadi anak-anak bisa bereksplorasi dengan maksimal.

Alamat: Kampung Pagermaneuh, RT. 02/04, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Jam Buka
Senin – Jumat: 08.00 – 22.00 WIB
Sabtu – Minggu: 08.00 – 23.00 WIB
Harga: Rp. 25.000,- (Permainan Golf Mini)

 

2. Sheraton Bandung Hotel & Towers

Hotel bisa jadi destinasi wisata keluarga? Jangan salah, Dolaners. Sheraton Bandung Hotel & Towers punya fasilitas wahana permainan untuk anak-anak. Selain kolam renang dewasa seperti kebanyakan hotel, Sheraton Bandung Hotel & Tower menyediakan kolam khusus anak-anak yang dilengkapi dengan pelampung-pelampung berbentuk hewan raksasa yang lucu-lucu. Dijamin anak-anak bakal betah berjam-jam main air di kolam seperti ini. Belum lagi Kids’ Club-nya hotel ini. Anak-anak bisa asik tenggelam dalam aktivitas yang ditawarkan, seperti mewarnai kaos, main trampolin, main lego, main sepakbola mini, atau main perosotan. Masih ada juga Sunday Brunch Kids’ Corner diakhir pekan. Selain itu, anak-anak bisa juga bermain bersama dan memberi makan kelinci, atau menunggang kuda.

Sheraton Bandung Hotel & Towers, Bandung, Kota Bandung, Dolan Dolen, Dolaners Sheraton Bandung Hotel via silviajonathan - Dolan Dolen

Sheraton Bandung Hotel & Towers via silviajonathan

Sementara anak-anak asik dengan permainan mereka di destinasi wisata ini, Dolaners bisa menikmati fasilitas hotel bintang lima. Lagipula, lokasinya yang berada di tengah kota memungkinkan Dolaners berkunjung ke destinasi-destinasi wisata lain dalam Kota Bandung tanpa perlu melakukan perjalanan yang terlalu jauh.

Alamat: Jl. Ir. H.Djuanda No.390, Dago, Coblong, Kota Bandung
Jam Buka: 24 jam
Harga: Rp. 1.600.000,- (Family Package)

 

 

3. Farmhouse Susu Lembang

Destinasi wisata keluarga yang satu ini lagi hits banget, jadi mungkin Dolaners sudah sering dengar dari kawan, kolega, atau dari media sosial. Memang tak ada wahana permainan yang hingar bingar, tapi ada banyak hal seru yang bisa dilakukan dan dipelajari anak-anak di Farmhouse Susu Lembang. Misalnya saja, melihat-lihat rumah Hobbit atau rumah kurcaci yang mirip seperti aslinya di New Zealand. Kebun destinasi wisata keluarga yang luas juga bisa jadi ajang ekplorasi anak-anak yang tiada habisnya.

Farmhouse Susu Lembang, Farmhouse Susu Lembang Bandung, Bandung, Kota Bandung, Dolan Dolen, Dolaners Farmhouse Susu Lembang via ulfa wardhany - Dolan Dolen

Farmhouse Susu Lembang via ulfa_wardhany

Dolaners sendiri bisa tergoda pulang dengan membawa sefolder penuh file foto-foto di destinasi wisata keluarga di Lembang ini. Habisnya, emang banyak banget spot foto kece, bertebaran di mana-mana. Apalagi dengan fasilitas penyewaan kostum, dijamin acara foto-foto bisa jadi gila-gilaan. Selain sewa kostum, Dolaners bisa juga memborong souvenir yang disediakan, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan di destinasi wisata keluarga ini.

Alamat: Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Jam Buka: 09.00 – 20.00 WIB
Harga Tiket Masuk: Rp. 20.000,- (bisa ditukarkan sosis bakar hangat atau susu segar)

 

4. Ciwidey Valley Resort

Destinasi wisata keluarga Ciwidey Valley Resort ini adalah waterpark yang masih terhitung baru. Eits, tapi jangan ditanya kelengkapan wahana dan fasilitasnya, Dolaners. Airnya panas alami, dengan kolam yang bersih dan patung-patung yang memancarkan air di tepiannya. Dolaners bisa duduk-duduk santai menikmati suasana dengan segelas teh hangat dan camilan ringan di lounge sambil melihat anak-anak bereksplorasi.

Ciwidey Valley Resort, Ciwidey Valley Resort Bandung, Bandung, Kota Bandung, Dolan Dolen, Dolaners Ciwidey Valley Resort via ahmadakmalamali - Dolan Dolen

Ciwidey Valley Resort via ahmadakmalamali

Destinasi wisata keluarga ini tak hanya punya kolam air hangat ukuran anak, tapi juga seluncuran yang dijamin bakal bikin anak-anak betah bermain berjam-jam. Bosan bermain air, anak-anak bisa jalan-jalan di sangkar burung raksasa dan melihat bebasnya burung-burung berkeliaran di sini. Bahkan, jika berminat, Dolaners bisa menyewa tenda langsung ke resort ini dan menghabiskan malam sekeluarga dengan suasana yang berbeda di camping ground Ciwidey Valley Resort.

Alamat: Jl. Barutunggul KM. 17, Ciwidey, Alamendah, Rancabali, Bandung
Jam Buka: 07.00 – 21.00 WIB
Harga Tiket
Masuk: Rp. 15.000,- (free softdrink)
Kolam: Rp. 50.000,-

 

 

5. Kampung Batu Malakasari Ecopark

Destinasi wisata keluarga yang satu ini keren banget, Dolaners. Setelah penambangan batunya ditinggalkan, kawasan ini direklamasi dan kemudian dikemas menjadi destinasi wisata keluarga yang edukatif.

Kampung Batu Malakasari, Kampung Batu Malakasari Bandung, Bandung, Kota Bandung, Dolan Dolen, Dolaners Kampung Batu Malaka via visca veronika - Dolan Dolen

Kampung Batu Malakasari via visca_veronika

Anak-anak bisa berperahu bersama tour guide menyeberangi danau sambil mempelajari bagaimana daratan terbentuk akibat gempa tetonik ribuan tahun silam. Destinasi wisata keluarga Kampung Malakasari juga menyediakan fasilitas permainan edukatif di peternakan rusa, sapi, bahkan ayam, langsung di kandangnya. Aktivitas ini bisa jadi kegiatan seru yang penuh dengan kotor-kotoran, jadi anak-anak pasti suka. Masih ada pula wahana persawahan dan perkebunan di mana anak-anak akan belajar bercocok tanam di sawah dan kebun. Kalau mau kegiatan yang lebih bersih, bisa langsung ke Tectona Waterpark. Waterpark ini punya wahana-wahana seru untuk anak-anak yang tak kalah dari destinasi wisata keluarga terkenal lain, dengan tim medis dan lifeguards yang siap bertugas. Dolaners bisa ikut main dengan anak-anak ini, atau jalan-jalan santai dan hunting foto-foto kece yang bisa bikin Instagrammu tampil makin kekinian.

Alamat: Jl. Raya Banjaran Rencong, Desa Malakasari, Baleendah, Bandung
Jam Buka
Senin – Jumat: 08.00 – 16.00 WIB
Sabtu – Minggu: 08.00 17.00 WIB
Harga Tiket
Masuk: Rp. 10.000,-
Tectona Waterpark: Rp. 30.000,-
Paket Wisata Pelajar: Rp. 90.000,-
Paket Wisata Smart & Creative: Rp. 110.000,-
Paket Wisata Goyang Leutak: Rp. 85.000,-
Paket Wisata Lembur Kuring: Rp. 95.000,-

 

6. Jendela Alam

Sesuai namanya, destinasi wisata keluarga ini mengajak anak-anak bergaul lebih dekat dengan alam. Dolaners bisa sekedar berkeliling, jalan-jalan santai dengan anak-anak sambil sesekali menjumpai hewan-hewan yang berkeliaran bebas. Atau barangkali Dolaners berminat belajar bersama anak-anak tentang bagaimana cara beternak dan bercocok tanam?

Destinasi Wisata Keluarga Jendela Alam, Destinasi Wisata Keluarga Jendela Alam Bandung, Bandung, Kota Bandung, Dolan Dolen, Dolaners Jendela Alam via amingcollector - Dolan Dolen

Destinasi Wisata Keluarga Jendela Alam via amingcollector

Di destinasi wisata keluarga ini, anak-anak bisa belajar bagaimana cara menggunakan garpu tanah atau sekop, sampai metode bercocok tanam modern seperti aquaponik dan hidroponik. Anak-anak juga bisa belajar cara melakukan pembibitan buah-buahan, atau langsung saja memetik strawberry dan memanen wortel segar. Jendela Alam juga memberi kesempatan anak-anak untuk memberi makan kambing, menggiring bebek, bahkan memerah susu sapi. Setelah lelah belajar, Dolaners bisa mengajak anak-anak bermain ke wahana waterboom atau flying fox.

Alamat: Komplek Graha Puspa, Jl. Sersan Bajuri Km. 4,5, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat
Jam Buka: 09.00 – 16.00 WIB
Harga Tiket: Rp. 10.000,- (Senin – Jumat), Rp. 15.000,- (Sabtu – Minggu)

 

Harapan yang ada dikepala tentang destinasi wisata keluarga adalah sambil anak-anak bermain dan bereksplorasi, Dolaners bisa juga menikmati suasana yang menyenangkan. Mau ikut bergabung dan belajar hal baru dengan anak-anak? Bisa juga. Jadi, yang perlu dilakukan hanya menentukan destinasi wisata keluarga yang tepat untuk semua orang. Dengan begitu, anak-anak riang, Dolanerspun senang.

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link