6 Pantai Favorit Generasi Milenial di Malang

Menjelajah tempat-tempat baru, berhasrat menjadi yang pertama ngehits dengan tempat baru, selfie dengan latar belakang kece... Apalagi sih, yang digemari generasi milenial masa kini? Sebenarnya tak hanya seru-seruan kalau berkaitan dengan alam meskipun tak bisa dipungkiri, pesona alam yang masih belum terjamah memang sangat menggoda. Barangkali inilah yang dirasakan para generasi milenial saat main ke enam pantai di pesisir Malang Selatan ini.

1315 views

1. Pantai Sendiki

Pantai Sendiki memiliki hamparan pasir putih yang terbentang begitu lapang. Lembut dan bersih meskipun sudah mulai banyak pengunjung yang menikmati keindahan pantai Kabupaten Malang ini. Lengkung bibir pantainya menawarkan area jalan-jalan yang cukup seru, tentu bagi Dolaners yang mengaku sebagai generasi milenial masa kini.

Pantai Sendiki, Pantai Sendiki Malang, Kabupaten Malang, Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Sendiki via aryairawankamandanu - Dolan Dolen

Pantai Sendiki via aryairawankamandanu

Oma opa boleh kok, join jalan-jalan ke Pantai Sendiki. Hanya saja kudu siap, ya. Perjalanan menuju Pantai Sendiki tak bisa dibilang lancar tanpa hambatan. Jarak tempuh Pantai Sendiki dari Kota Malang sekitar 75 kilometer, dan memerlukan waktu sekitar dua hingga tiga jam sampai Dolaners tiba di area pantai. Setelah jalan aspal selesai, Dolaners masih harus melalui jalan tanah yang bisa cukup menantang saat musim penghujan. Saat kemarau sekalipun, jalan ini akan membuat Dolaners lumayan terguncang-guncang di dalam mobil. Tapi perjuangan Dolaners akan terbayar tuntas dengan indahnya panorama Sendiki. Kurang puas? Masih bisa melanjutkan jalan-jalan ke pantai-pantai di sisi timur Sendiki, yaitu Pantai Tanjung Klaten, Pantai Weden Cilik, dan Pantai Kali Apus.

Lokasi: Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket
Masuk: Rp 10.000,-
Parkir Mobil: Rp 15.000,-

Lihat Detail

 

2. Pantai Teluk Putri, Ngliyep

Pantai Teluk Putri adalah salah satu spot pantai di kawasan Pantai Ngliyep. Melalui satu pintu masuk Pantai Ngliyep, Dolaners bisa menikmati beberapa pantai sekaligus. Dan salah satunya, Pantai Teluk Putri.

Pantai Teluk Putri, Pantai Teluk Putri Malang, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Teluk Putri via adi mrizal  - Dolan Dolen

Pantai Teluk Putri via adi_mrizal –

Jangan ngaku bagian dari generasi milenial kalau Dolaners bukan penggemar selfie. Nah, sebagai generasi milenial yang bergaul akrab dengan tongsis, tentu Dolaners tahu kan, spot-spot yang bakal bikin foto kece maksimal? Saat sampai di Teluk Putri, Dolaners bakal langsung mengenali seinstagramable apa pantai ini. Kombinasi ombak eksotis dengan karang yang kuat, buih yang tercipta saat air laut menyelesaikan pertemuannya dengan pasir pantai, semua tampak seolah keindahan mungil di Pantai Teluk Putri. Memang spot ini terbilang kecil dibandingkan Pantai Pasir Panjang dan Pantai Ngliyep sendiri, tapi Dolaners bisa menjelajah ke kedua pantai ini bila sudah bosan dengan Pantai Teluk Putri.

Lokasi: Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang
Jam Buka: 08.00 – 18.00 WIB
Harga
Tiket Masuk: Rp. 15.000,-
Parkir: Rp. 5.000,-
Penginapan: Rp. 100.000.-

Lihat Detail

 

 

3. Pantai Teluk Asmoro

Pantai Teluk Asmoro terkenal sebagai Raja Ampat yang ada di Malang. Mengaku berjiwa muda? Tentu Dolaners penasaran seperti apa pantai yang mirip Raja Ampat ini.

Pantai Teluk Asmoro, Pantai Teluk Asmoro Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Teluk Asmoro via irfansyahfir - Dolan Dolen

Pantai Teluk Asmoro via irfansyahfir

Di seberang pantai, tampak gugusan pulau yang mengingatkan Dolaners pada pemandangan Raja Ampat. Ya… meskipun abal-abalnya Raja Ampat, Pantai Teluk Asmoro tetap saja memiliki pesona yang sulit ditepis. Apalagi ombaknya cukup jinak karena telah terpecah oleh pulau-pulau kecil di lepas pantainya. Dolaners bisa berenang atau sknorkeling bila siap dengan perlengkapan. Oh ya, ngomong-ngomong tentang perlengkapan, Pantai Teluk Asmoro ini masih minim fasilitas, bisa jadi Dolaners mendapati keadaan ini cukup menantang.

Lokasi: Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang
Harga Tiket Masuk: Rp. 5.000,-

 

4. Pantai Pulodoro

Mencari keindahan yang tersimpan di Malang Selatan? Bisa jadi, Pantai Pulodoro adalah jawaban yang selama ini Dolaners cari.

Pantai Pulodoro, Pantai Pulodoro Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Pulodoro via laykaikaa - Dolan Dolen

Pantai Pulodoro via laykaikaa

Seolah memang hadir untuk generasi milenial yang gemar bertualang, Pantai Pulodoro berada di wilayah Kabupaten Malang yang masih belum memiliki infrastruktur lengkap. Mendekati area pantai, jalan aspal mulai rusak, tergantikan makadam, hingga hanya tanah saja. Kalau Dolaners menginginkan tantangan off-road, main ke Pantai Pulodoro saat musim penghujan bisa jadi pilihan menggoda. Setelah memarkir kendaraan, Dolaners masih harus berjalan kaki melewati Pantai Bantol dan Kedung Celeng, dan masih melewati hutan. Menyenangkan, sambil mendengarkan suara burung-burung liar di atas, tapi benar-benar bukan pilihan Dolaners yang suka zona nyaman. Sesampainya di Pantai Pulodoro, semua jerih payah Dolaners terbayar dengan dua lengkung pasir putih yang memanjang dan birunya air laut yang bening bersih.

Lokasi: Dusun Sumberceleng, Desa Banjarejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang
Harga
Tiket Masuk: Rp 5.000,-
Parkir Motor: Rp 5.000,-
Parkir Mobil: Rp 7.500,-

 

 

5. Pantai Parang Dowo, Jolangkung

Berjarak sekitar 78 kilometer dari Kota Malang, perjalan menuju Pantai Parang Dowo saja sudah jadi acara jalan-jalan yang seru. Masuk melalui Pantai Jolangkung di sebelahnya, Dolaners harus menyusuri pantai ke arah barat hingga masuk area Pantai Parang Dowo.

Pantai Parang Dowo, Pantai Parang Dowo Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Parang Dowo via hei firman - Dolan Dolen

Pantai Parang Dowo via hei_firman

Garis Pantai Parang Dowo nyaris sejajar dengan Jalur Lintas Selatan yang terhampar di sebelahnya. Yang unik dari pantai ini adalah segaris batu karang yang memecah ombak Laut Selatan, membuat semacam tanggul alami. Dolaners bahkan bisa merasa sedang tak ada di Indonesia saat melintas di Jalur Lintas Selatan dengan pemandangan seperti ini. Melihat ganasnya ombak Pantai Parang Dowo, Dolaners tentu dilarang berenang di sini. Tapi sisa air laut pasang di balik tanggul karang masih bisa dipakai mengobati rasa penasaran main air laut di Pantai Parang Dowo. Kurang menantang? Dolaners masih bisa selfie-selfie sampai bosan di pantai ini. Generasi milenial mana sih yang nolak selfie?

Lokasi: Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang

 

6. Pantai Banyu Meneng

Sekedar info nih ya, Dolaners. Banyu Meneng adalah nama dalam Bahasa Jawa yang bisa diartikan air yang diam. Dan memang air di pantai ini sangat tenang, hampir-hampir tanpa riak. Hal ini cukup mengherankan karena pantai-pantai di pesisir selatan Jawa terkenal akan ombaknya yang membahana.

Pantai Banyu Meneng, Pantai Banyu Meneng Malang, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Banyu Meneng via randy kirigaya - Dolan Dolen

Pantai Banyu Meneng via randy_kirigaya

Meskipun namanya terdengar seperti sebuah tempat yang tenang, jangan dikira perjalanan ke Pantai Banyu Meneng bakal setenang nama yang disandangnya. Dari Kota Malang, yang berjarak sekitar 66 kilometer, Dolaners ikuti saja petunjuk arah menuju Pantai Balekambang. Potong rute, alihkan ke Pantai Kondang Merak yang berada di sebelah barat Pantai Balekambang. Lewati Pantai Kondang Merak, ikuti jalan berbatu dan tanah hingga sampai di Pantai Banyu Meneng. Tapi pemandangan di Pantai Banyu Meneng benar-benar setara dengan jerih payah Dolaners. Pulau Reges di lepas pantainya tampak tenang dalam kesendiriannya yang agung. Airnya yang tenang seakan mengundang untuk berenang, dan Dolaners masih bisa menjelajah ke arah barat, ke pantai di sebelahnya, Pantai Selok.

Lokasi: Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang
Harga
Tiket Masuk: Rp 5.000,-
Parkir Motor: Rp 5.000,-
Parkir Mobil: Rp 8.000,-

 

Kenapa pantai-pantai ini menjadi favorit generasi milenial? Tentu karena sedikit petualangan seru yang ditawarkannya, cocok dengan darah muda Dolaners. Bukan darah muda yang dinyanyikan tenar itu, ya. Dan tak lupa, pemandangannya. Pantai-pantai ini seakan mewujudkan imajinasi Dolaners tentang pantai yang eksotis. Benar begitu, Dolaners?

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link