7 Destinasi Liburan Keren di Bandung

Siapa yang tak kenal Bandung dan pesona alam yang dimilikinya? Dolaners tentu sudah tahu bagaimana kawasan Bandung telah diolah menjadi destinasi wisata yang menyatu banget dengan alamnya. Tapi beda lagi ceritanya kalau mau liburan, apalagi Dolaners yang sudah berkeluarga. Udah ribetnya, udah perjalanannya, udah waktunya, semua kudu masuk perhitungan. Jangan kuatir. Berikut ini 7 destinasi liburan di Bandung yang asik, seru, dan keren banget buat Dolaners.

3272 views

1. All in One, Menginap dan Liburan di Sapu Lidi Resort

Ini dia pilihan paling pas kalau Dolaners lagi males gerak, tapi tetep pingin recharge jiwa dan raga. Apa yang unik di Sapu Lidi Resort Bandung? Semua ada. Pemandangan yang menyegarkan mata, makanan khas Sunda yang nikmat, dan tempat istirahat yang nyaman. Yup, semua kenikmatan yang berkumpul jadi satu ada di destinasi liburan ini.

Sapu Lidi Resort, Sapu Lidi, Sapu Lidi Bandung, Bandung, Kota Bandung, Dolan Dolen, Dolaners Sapu Lidi Resort via yohana echa7 - Dolan Dolen

Sapu Lidi Resort via yohana_echa7

Sapu Lidi Resort berada di lembah yang hijau subur. Konsep destinasi liburan ini menyatu dengan alam, hingga rasanya seakan Dolaners tengah menghabiskan waktu dalam suasana yang memang asli alami. Sayangnya, kamar yang tersedia masih terbatas 23 saja, terbagi menjadi 4 tipe. Memang sah-sah saja sih, kalau Dolaners datang hanya untuk makan-makan dan main sampan, tapi sayang sekali bila harus melewatkan matahari terbit dalam ketenangan Sapu Lidi Resort.

Alamat: Jl. Cihampelas No.107, Cipaganti, Coblong, Kota Bandung

Lihat Detail

 

2. Seru-Seruan di Air Terjun Maribaya

Dengan manajemen yang baru, Air Terjun Maribaya saat ini menjadi bagian dari Maribaya Resort Bandung. Ini berarti Dolaners tidak hanya akan menikmati wisata air terjun di Maribaya, tetapi masih ada lagi yang lain-lain.

Air Terjun Maribaya, Air Terjun, Maribaya, Maribaya Bandung, Air Terjun Bandung, Bandung, Kota Bandung, Dolan Dolen, Dolaners Air Terjun Maribaya via samanthaarous - Dolan Dolen

Air Terjun Maribaya via samanthaarous

Di destinasi liburan ini Dolaners bisa berendam sepuasnya dalam air panas alami, jalan-jalan di sky bridge-nya, menangkap ikan, atau menikmati suasana Hutan Raya Juanda. Kini, kawasan air terjun yang sudah dipercantik ini berganti nama menjadi Maribaya Natural Hot Spring Resort atau Maribaya Resort saja. Sayangnya, dengan perubahan ini, tarif masuk ke kawasan Maribaya juga berubah menjadi lebih mahal, yakni Rp. 35.000,- per orang dan ini belum termasuk tarif di destinasi wisatanya.

Alamat: Kampung Cikondang, Lamajang, Pangalengan, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Lihat Detail

 

 

3. Main-Main Tanpa Henti di Ciwidey Valley Resort

Di destinasi liburan yang satu ini, Dolaners tak hanya bisa berendam di air panas alami yang konon sangat bermanfaat bagi kesehatan, tapi juga bisa menggunakan wahana waterpark yang semuanya seru-seru. Selain kolam air hangat dan waterpark, Ciwidey Valley Resort ini menawarkan area playground, taman burung, kebun strowberry, bahkan camping ground dan pondokan juga ada.

Ciwidey Valley Resort, Ciwidey Bandung, Bandung, Kota Bandung, Dolan Dolen, Dolaners Ciwidey Valley Resort via weezwaswijnya - Dolan Dolen

Ciwidey Valley Resort via weezwaswijnya

Yang namanya waterpark, tentu menarik buat anak-anak. Jadi Dolaners yang belum berkeluarga kudu siap dengan situasi ramai penuh anak-anak bermain saat musim liburan. Sebaliknya, destinasi liburan yang satu ini cocok banget buat Dolaners yang pingin mengusung keluarga kecil, keponakan, atau anak-anak tetangga satu komplek.

Alamat: Jl. Barutunggul KM. 17, Ciwidey, Alamendah, Rancabali, Bandung
Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket: Rp. 10.000,-

 

4. Bergelut dengan Alam di Kampung Cai Ranca Upas

Destinasi liburan Kampung Cai Ranca Upas, atau juga disebut Ranca Upas saja, adalah pilihan pas buat Dolaners yang suka alam dan cuaca dingin. Yap, suasana di Ranca Upas ini alami banget, bahkan dengan rusa-rusa yang dibiarkan berliaran bebas. Sudah terbayangkah eksotisnya?

Kampung Cai Ranca Upas< Ranca Upas, Ranca Upas Bandung, Bandung, Kota Bandung, Dolan Dolen, Dolaners Kampung Cai Ranca Upas by panglima - Dolan Dolen

Kampung Cai Ranca Upas by panglima.senja

Selain memberi makan rusa di penangkarannya, Dolaners bisa mendirikan tenda di camp ground Ranca Upas. Kapasitas camp ground ini sampai 10.000 orang, jadi Dolaners bisa merasa seakan camping di gunung beneran bila sedang tak banyak pengunjung. Bedanya, kalau camping di destinasi liburan ini, Dolaners takkan kekurangan fasilitas. Bahkan bisa berenang di kolam air panasnya yang telah dilengkapi dengan waterboom-nya. Pernah berendam air hangat dengan dikelilingi oleh suasana pegunungan yang alami? Dolaners bisa coba di Ranca Upas.

Alamat: Jl. Ciwidey-Patengan Km. 11, Patengan, Rancabali, Bandung
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket: Rp. 10.000,-

 

 

5. Belanja-Belanja di Floating Market Lembang

Kalau Dolaners tak punya banyak waktu saat liburan, sok ke Lembang saja. Di sini ada Floating Market yang cocok banget buat melepas penat, dayung sana dayung sini, beli ini beli itu. Mulai makanan sampai pakaian bisa dibeli di Floating Market Lembang ini.

Floating Market Lembang, Floating Market Bandung, Bandung, Kota Bandung, Dolan Dolen, Dolaners Floating Market Lembang via danielsanada khoe - Dolan Dolen

Floating Market Lembang via danielsanada_khoe

Floating Market ini masih menawarkan kegiatan-kegiatan seru lain. Dolaners bisa bersepeda air, mengemudi ATV, mendayung sampan, memberi makan angsa, mengunjungi taman batu, main di taman kaktus, dan masih banyak wahana-wahana seru yang lain.

Alamat: Jl. Grand Hotel No.33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Jam Buka: 08.00 – 20.00 WIB
Harga Tiket: Rp. 15.000,0

 

6. Memuaskan Mata di Situ Patenggang

Dolaners sudah pernah mendengar legenda Jawa Barat tentang terpisahnya dua sejoli selama bertahun-tahun karena perbedaan keyakinan, hingga akhirnya mereka bertemu kembali di sebuah pulau di tengah danau? Nah, inilah Situ Patenggang, danau yang diceritakan dalam legenda klasik itu.

Situ Patenggang, Situ Patenggang Bandung, Bandung, Kota Bandung, Dolan Dolen, Dolaners Situ Patenggang via hamstud - Dolan Dolen

Situ Patenggang via hamstud.io

Destinasi liburan ini cocok jadi tujuan kalau Dolaners bosan dengan suasana perkotaan. Suasana di Situ Patenggang ini masih hijau, asri, adem banget. Hawanya sejuk dan segar. Kearah manapun Dolaners memandang, yang tampak adalah hamparan hijau. Kalau bukan pohon-pohon rindang di sekitar danau, hamparan hijau lain adalah perkebunan teh di sisi lain danau. Jika Dolaners tak masalah dengan ketinggian, bisa dicoba ke Puncak Bintang. Dari sini Dolaners bisa menikmati view Situ Patenggang yang menakjubkan.

Alamat: Jl. Raya Ciwidey-Rancabali, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung
Jam Buka: 09.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket
Wisatawan Lokal: Rp. 18.000,- (Senin-Jumat), Rp. 20.500,- (Sabtu-Minggu dan hari libur)
Wisatawan Mancanegara: Rp. 135.000,- (Senin-Jumat), Rp. 185.000,- (Sabtu-Minggu dan hari libur)

Lihat Detail

 

 

7. Hiking ke Curug Malela

Destinasi liburan yang terakhir ini adalah air terjun paling besar di Bandung, jadi tentu saja wajib dilihat ya, Dolaners. Siapkan mental, karena dibutuhkan ketangguhan jiwa dan raga kalau Dolaners pingin lihat air terjun ini.

Curug Malela, Curug Malela Bandung, Bandung, Kota Bandung, Dolan Dolen, Dolaners Curug Malela via jelajahbandung - Dolan Dolen

Curug Malela via jelajahbandung

Jalan menuju air terjun ini masih perlu perbaikan, sehingga Dolaners memerlukan kendaraan yang tangguh untuk melewatinya. Lagipula, yang harus dilalui untuk sampai ke curug ini adalah area Gunung Halu, jadi tentu saja lumayan terjal. Kemudian masih disambung pula dengan jalan kaki yang cukup jauh untuk mencapai area air terjunnya. Tapi dijamin, segala usaha dan jerih payah itu memang layak. Oh ya, sebaiknya Dolaners datang ke Curug Malela disaat musim kemarau, sehingga medan yang dilalui tak terlalu menyiksa dan air curugnya juga lebih jernih.

Alamat: Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat
Harga Tiket: Rp. 10.000,-

 

Gimana? Destinasi liburan mana nih yang akan Dolaners pilih? Lebih cocok sama lokasi yang lengkap dengan fasilitasnya, atau mau berpetualang menikmati alam Pasundan yang masih alami? Mau dicoba satu demi satu juga tak apa, tapi sesuaikan saja sama kebutuhanmu dan tentunya, selera pribadimu. Selamat berlibur!

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link