7 Destinasi Wisata Alam di Bantul Yogyakarta Ini Cantik dan Instagenik

Dolaners pernah dengar tentang hits dan populernya Kebun Buah Mangunan atau Hutan Pinus Mangunan? Sudah ke kedua destinasi wisata di Yogyakarta ini? Tahukah Dolaners kalau di sekitar kedua destinasi wisata ini, ternyata masih banyak tempat-tempat lain yang bisa didatengin? Tak kalah cantik dan instagenik, ketujuh destinasi wisata alam di Bantul ini harus ditengok, Dolaners!

1527 views

1. Puncak Becici

Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta punya Hutan Pinus Mangunan yang hits banget. Dolars tentu sudah tahu, kan? Bagaimana dengan Puncak Becici? Sudah tahu juga, belum?

Puncak Becici, Puncak Becici Bantul, Puncak Becici Bantul Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Puncak Becici via samsilitongajr - Dolan Dolen

Puncak Becici via samsilitongajr

Tak hanya Hutan Pinus Mangunan, Puncak Becici bisa jadi pilihan kalau Dolaners suka dolan ke kawasan resort dan pengelolaan hutan. Tak hanya pohon-pohon pinus, Dolaners bisa menikmati pemandangan Kota Yogyakarta dari gardu pandang. Begitu Dolaners menginjakkan kaki di gardu pandang Puncak Becici, dijamin gak bakalan betah kalau gak selfie. View yang ditawarkan di puncak bukit ini kereeeen banget, Dolaners! Mau langsung ke Puncak Becici dari Hutan Pinus Mangunan? Dolaners teruskan perjalanan ke arah timur laut dari Hutan Pinus Magunan, menanjak selama 10 hingga 15 menit, sampai Dolaners tiba di Puncak Becici.

Lokasi: Dusun Gunungcilik RT. 07 / RW. 02, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
Jam Buka: 05.30 – 19.00 WIB
Harga
Tiket Masuk: Rp 2.000,-
Sewa Spot Camping: Rp 5.000,-
Parkir Motor: Rp 3.000,-
Parkir Mobil: Rp 10.000,-

Lihat Detail

 

2. Jurang Tembelan Kanigoro

Dolaners lagi ada ke Kebun Buah Mangunan? Lanjut sekalian yuk, selfie ke tempat hits dan instagenik di dekatnya, Jurang Tembelan Kanigoro. Jaraknya dari Kebun Buah Mangunan cuma sekitar satu kilometer saja.

Jurang Tembelan Kanigoro, Jurang Tembelan Kanigoro Bantul, Jurang Tembelan Kanigoro Bantul Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Jurang Tembelan Kanigoro by asep - Dolan Dolen

Jurang Tembelan Kanigoro by asep.wijanarko

Sebenarnya, waktu yang paling pas ke Jurang Tembelan Kanigoro adalah saat sunset atau sunrise. Kalau suka udara segar, Dolaners bisa meluncur ke Jurang Tembelan Kanigoro saat pagi buta, menunggu matahari bangun dari tidurnya hingga pelan-pelan muncul merekah di ufuk timur. Spot selfie terhits di Jurang Tembelan Kanigoro ini adalah kapal bambunya, dan Dolaners bisa mengagumi lukisan alam Yogyakarta yang menakjubkan dari gardu pandang ini. Eh, tapi gak harus pagi buta juga kok, Dolaners bisa pilih lihat sunset-nya Jurang Tembelan Kanigoro. Bahkan setiap saatpun, pemandangan di tempat ini tetep keren.

Lokasi: Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
Jam Buka: 24 jam
Harga
Tiket Masuk: gratis
Parkir Motor: Rp 2.000,-

 

 

3. Hutan Pinus Pengger

Yup, selain Hutan Pinus Mangunan, Bantul juga punya Hutan Pinus Pengger. Kedua hutan pinus ini terpisah jarak sekitar empat kilometer. Memang Hutan Pinus Pengger kalah hits dibanding Hutan Pinus Mangunan, sih. Tapi gak kalah indahnya loh, Dolaners!

Hutan Pinus Pengger, Hutan Pinus Pengger Bantul, Hutan Pinus Pengger Bantul Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Hutan Pinus Pengger via suely70007 - Dolan Dolen

Hutan Pinus Pengger via suely70007

Justru karena kalah hits dan pengunjung juga lebih sedikit, lingkungan di kawasan Hutan Pinus Pengger masih lebih asri dan lebih alami dibanding Hutan Pinus Mangunan. Jika Dolaners emang suka berwisata alam, tentu paham keistimewaan tempat-tempat yang masih jarang pengunjung. Paling pas dolan ke Hutan Pinus Pengger ini saat malam. Tenang, biarpun namanya hutan, sama sekali gak ada tampilan hutan yang gelap dan serem di bukit ini. Justru lampu-lampu hias membuat destinasi wisata alam ini tampak eksotis dan instagenik, dan bisa-bisa Dolaners susah berhenti selfie. Eitts, jangan abaikan pemandangan spektakuler lampu-lampu Kota Yogyakarta di bawah bukit yang tampak seperti bintang bertebaran dikelamnya malam. Melihat pemandangan ini, Dolaners akan paham apa makna bukit bintang yang sebenarnya.

Alamat: Jl. Dlingo-Patuk, Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
Jam Buka: 05.00 – 23.00 WIB
Harga
Tiket Masuk: gratis
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-

Lihat Detail

 

4. Air Terjun Lepo Dlingo

Air Terjun Lepo Dlingo bisa jadi pilihan yang pas kalau Dolaners mau berenang, ngadem ditengah suasana alam Yogyakarta. Jangan berpikir destinasi wisata alam yang satu ini bener-bener air terjun ya, Dolaners. Ya memang air terjun, sih. Tapi gak tinggi-tinggi banget kok, bahkan warga setempat menamainya grojogan.

Air Terjun Lepo Dlingo, Air Terjun Lepo Dlingo Bantul, Air Terjun Lepo Dlingo Bantul Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Air Terjun Lepo Dlingo via florenfernandes - Dolan Dolen

Air Terjun Lepo Dlingo via florenfernandes

Karena curah air tak terlalu tinggi, kolam air di bawah air mancur ini juga cukup tenang dan tak terlalu dalam. Gak jauh beda dari kolam renang biasa kok, Dolaners. Tapi airnya jelas beda, lah! Air di kedung atau telaga Lepo ini rasanya lebih segar, bebas bahan-bahan kimia. Apalagi, tak hanya satu kolam, Dolaners disuguhi dengan empat kolam dari tiga pancuran atau grojokan air. Cukup menggiurkan, bukan?

Lokasi: Dusun Pokoh 1, Desa Dlingo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
Jam Buka: 06.00 -18.00 WIB
Harga
Tiket Masuk: gratis
Parkir Motor: Rp 2.000-
Parkir Mobil: Rp 10.000,-

 

 

5. Bukit Panguk Kediwung

Dolaners sudah ke Jurang Tembelan Kanigoro? Lanjutin deh, ke Bukit Panguk Kediwung. Jarak kedua lokasi ini kurang lebih tiga kilometer saja. Kalau dari Kebun Buah Mangunan, jarak yang ditempuh cuma dua kilometer. Dengan kendaraan pribadi, dari Jurang Tembelan Kanigoro, Dolaners bisa tiba di Bukit Panguk Kediwung dalam waktu sekitar 10 menit saja. Dan jelas, diperlukan waktu yang lebih cepat kalau Dolaners menuju Jurang Tembelan Kanigoro dari Kebun Buah Mangunan.

Bukit Panguk Kediwung, Bukit Panguk Kediwung Bantul, Bukit Panguk Kediwung Bantul Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Bukit Panguk Kediwung by masmeya - Dolan Dolen

Bukit Panguk Kediwung by masmeya

Di Bukit Panguk Kediwung, Dolaners bisa memanfaatkan gardu pandang yang menawarkan pemandangan alam Yogyakarta. Ada gazebo juga bila Dolaners mau ngaso sejenak, apalagi jika tiba di bukit ini saat tengah hari yang terik. Sebenarnya, paling pas menikmati matahari terbit di Bukit Panguk Kediwung ini karena Dolaners bisa menikmati kabut tebal mengambang di bawah bukit, hingga tampak seperti gumpalan-gumpalan awan. Memang yang bikin hits Bukit Panguk Kediwung adalah panoramanya yang seoalah negeri di atas awan. Puas-puasin deh, selfie di bukit ini sembari menunggu siang seiring kabut yang semakin tipis dan udara yang menghangat.

Lokasi: Puncak Bukit Batu Lawang, Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
Jam Buka: 24 jam
Harga
Tiket Masuk: Rp 3.000,-
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-

Lihat Detail

 

6. Seribu Batu Songgo Langit

Meskipun sudah dibuka sejak tahun lalu, Seribu Batu Songgo Langit baru ngehits tahun ini. Lokasinya berdekatan, jadi setelah dari Hutan Pinus Mangunan, Dolaners bisa langsung ke destinasi wisata alam yang penuh dengan batu-batu besar ini.

Seribu Batu Songgo Langit, Seribu Batu Songgo Langit Bantul, Seribu Batu Songgo Langit Bantul Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Seribu Batu Songgo Langit via titeenas - Dolan Dolen

Seribu Batu Songgo Langit via titeenas

Tak hanya batu-batu raksasa yang seolah menjadi tiang dan menyangga langit, Seribu Batu Songgo Langit punya spot-spot selfie keren seperti rumah hobbit, rumah kayu, gardu pandang, atau bahkan bebatuan yang secara alami berada di lokasi ini. Instagenik banget, dijamin Dolaners bakal langsung ikutan ngehits.

Alamat: Jl. Hutan Pinus Nganjir, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
Jam Buka: 06.00 – 17.00 WIB
Harga
Tiket Masuk: Rp 2.000,-
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-
Parkir Bus: Rp 20.000,-

 

 

7. Bukit Mojo Gumelem

Bukit Mojo Gumelem bisa jadi pilihan lain kalau Dolaners tak ke Bukit Panguk Kediwung. Kedua bukit ini terletak di Pedukuhan Kediwung Imogiri, sama- sama menawarkan pemandangan dari puncak bukit, dan Dolaners bisa dapat spot selfie keren di gardu pandangnya juga.

Bukit Mojo Gumelem, Bukit Mojo Gumelem Bantul, Bukit Mojo Gumelem Bantul Yogyakarta, Yogyakarta, Dolan Dolen, Dolaners Bukit Mojo Gumelem by ihsanudn - Dolan Dolen

Bukit Mojo Gumelem by ihsanudn

Dari puncak Bukit Mojo Gumelem, Dolaners bisa melihat Gunung Sewu dan Sungai Oya. Pemandangan yang terhampar ini akan tampak semakin memesona saat matahari terbit maupun tenggelam. Penasarankah, Dolaners?

Lokasi: Dusun Gumelem, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta
Jam Buka: 05.00 – 18.00 WIB
Harga
Tiket Masuk: gratis
Foto per Spot: Rp 3.000,-
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 3.000,-

 

Yuk, capcus saja langsung ke Kabupaten Bantul. Terbukti kan, kabupaten di wilayah Yogyakarta ini tak cuma punya Kebun Buah dan Hutan Pinus Mangunan? Sehari saja takkan cukup kalau Dolaners mau dolan sampai puas di Bantul.

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link