Desa Wisata Pujon Kidul di Kabupaten Malang, Ini 14 Faktanya

Sudah ke Malang? Sudah ke Kota Batu? Geser dikit, ke kawasan Pujon. Sudah? Gak kalah sama Kota Malang dan Kota Batu, wilayah Kabupaten Malang yang satu ini punya sebuah desa wisata yang dikelola langsung oleh warganya. Desa Wisata Pujon Kidul. Di sini, Dolaners bisa makan sampai kenyang, selfie sampai puas, atau melakukan kegiatan-kegiatan seru yang cukup menantang.

6232 views

1. Desa Wisata Pujon Kidul di Kabupaten Malang, Destinasi yang Lagi Hits Saat Ini

Desa Pujon Kidul. Lokasi desa ini terletak di sisi barat, melewati Kota Batu bila Dolaners berangkat dari Kota Malang. Jarak yang ditempuh dari pusat kota sekitar 30 kilometer, dengan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam.

Desa Wisata Pujon Kidul, Desa Wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang, Malang, Dolan Dolen, Dolaners Desa Wisata Pujon Kidul via mas aan barcelonesta - Dolan Dolen

Desa Wisata Pujon Kidul via mas_aan_barcelonesta

Desa Wisata Pujon Kidul menawarkan berbagai kegiatan, seperti petik sayur, outbound, camping, belajar membuat biogas, mengolah susu, atau beternak. Memang kegiatan-kegiatan ini harus by appointment, sih. Jadi jangan ngasal dateng trus ujug-ujug masuk ke kandang sapi warga, ya!

Lokasi: Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang

 

2. Cafe Sawah, Kuliner yang Instagenik di Pujon Kidul

Trus yang bisa didatengin sambil lalu, layaknya pit stop gitu, apa? Cafe Sawah. Bisa dibilang, tempat makan ini lagi hits di seantero Malang Raya. Habisnya, instagenik banget!

Cafe Sawah, Cafe Sawah Kabupaten Malang, Malang, Dolan Dolen, Dolaners Cafe Sawah via iyandjajadi - Dolan Dolen

Cafe Sawah via iyandjajadi

Namanya aja Cafe Sawah, jadi lokasinya ya di sekitar sawah padi dengan Gunung Dorowati menjadi latar belakang di kejauhan. Jika Dolaners termasuk orang yang kuat iman gak gampang selfie, pasti rontok deh kalau lihat pemandangan seperti ini.

Lokasi: Desa Wisata Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang
Jam Buka
Senin – Jumat: 08.00 – 17.00 WIB
Sabtu – Minggu: 08.00 – 21.00 WIB
Harga
Makanan: mulai dari Rp 10.000,-
Minuman: mulai dari Rp 4.000,-
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-
Tiket Masuk: Rp 5.000,- (sebagai voucher makanan)

 

3. Back to Nature, Makan di Tengah Sawah

Konsepnya outdoor, jadi Cafe Sawah ini terdiri dari beberapa saung atau gazebo yang tersebar. Beberapa tempat makan dipisahkan oleh petak-petak sawah padi. Sawah beneran loh, ya!

Makan di Tengah Sawah, Makan di Tengah Sawah Kabupaten Malang, Malang, Dolan Dolen, Dolaners Makan di Tengah Sawah via stevianyn - Dolan Dolen

Makan di Tengah Sawah via stevianyn

Menikmati semangkuk bakso atau seporsi nasi jagung di tengah alam terbuka, berbaur dengan aroma sawah, adalah suasana yang langka di perkotaan. So, resapi dalam-dalam sensasinya.

 

4. Suka Bunga? Boleh Lihat, Tak Boleh Petik

Udara Pujon yang sejuk, jelas bersahabat baik dengan bunga. Buwanyak banget! Rasanya gemeesss pingin ambil dan bawa pulang. Eits. Gak boleh, ya!

 

Boleh Lihat tak Boleh Petik, Boleh Lihat tak Boleh Petik Kabupaten Malang, Malang, Dolan Dolen, Dolaners Boleh Lihat tak Boleh Petik via stevianyn - Dolan Dolen

Boleh Lihat tak Boleh Petik via stevianyn

Lewat aja ya, Dolaners. Selfie? Boleh. Kalau mau bunganya, beli saja di penjual bunga yang jumlahnya tak terhitung lagi mulai dari kawasan Pujon, Kota Batu, hingga Kota Malang.

 

 

5. Surga Narsis Berlatar Belakang Alam

Perut udah kenyang, kini saatnya mengembangkan senyum lebar menghadap kamera. Latar belakang seperti ini sulit dijumpai di kafe manapun di Malang Raya.

Surga Narsis, Surga Narsis Kabupaten Malang, Malang, Dolan Dolen, Dolaners Surga Narsis via mama - Dolan Dolen

Surga Narsis via mama.gendis

Perpaduan bunga, sawah, kebun, dan gunung yang menemani dalam satu frame bakal jadi konsep selfie yang hits. Mengabadikan momen romantis bersama pasangan? Bisa juga.

 

6. Family Time yang Mengesankan di Pujon Kidul

Tak cuma menyediakan spot selfie yang menarik, Cafe Sawah juga menghadirkan hiburan yang gak kalah seru buat si kecil dan keluarga tercinta.

Family Time, Family Time Kabupaten Malang, Malang, Dolan Dolen, Dolaners Family Time via krista vidi - Dolan Dolen

Family Time via krista_vidi

Lokasinya yang berada di alam terbuka dan cukup luas, playground Cafe Sawah bisa buat lari-lari sepuasnya. Ngasih makan ikan, mencari kodok, atau menemukan belalang akan jadi pengalaman seru buat anak-anak.

 

7. Mampir ke Texas di Pujon Kidul, the Roudh 78

Ini dia, destinasi baru yang menyusul hitsnya Cafe Sawah. The Roudh 78, apapun itu artinya. Yang jelas, lokasinya berdekatan dengan Cafe Sawah, jadi Dolaners gak perlu pindah parkir ataupun bayar tiket masuk lagi.

The Roudh 78, The Roudh 78 Kabupaten Malang, Malang, Dolan Dolen, Dolaners The Roudh 78 via andri - Dolan Dolen

The Roudh 78 via andri.botaktea

The Roudh 78 menawarkan berbagai kegiatan fisik yang seru. Semacam pasangan Yang dari si Yin Cafe Sawah. Emang kesannya maskulin gitu, kalau dibandingkan sama Cafe Sawah yang manis.

Lokasi: Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang
Jam Buka
Kamis – Selasa: 08.00 – 17.00 WIB
Rabu: 08.00 – 15.30 WIB

 

8. Back to Water, Makan dekat Kolam Ikan

Menu-menu makanan di the Roudh 78 ya sama saja dengan di Cafe Sawah. Sama-sama dikelola oleh warga Desa Pujon Kidul juga.

Kuliner Bersanding Kolam Ikan, Kuliner Bersanding Kolam Ikan Kabupaten Malang, Malang, Dolan Dolen, Dolaners Kuliner Bersanding Kolam Ikan via agusthyna008 - Dolan Dolen

Kuliner Bersanding Kolam Ikan via agusthyna008

Bedanya, saung-saung atau jajaran gazebo di the Roudh 78 ini tak berdekatan dengan sawah padi. Tapi… berdekatan dengan kolam ikan, yang luasnya udah mirip sungai saja.

 

 

9. Tak Kalah Instagenik, the Roudh 78

Yup, gak kalah instageniknya sama Cafe Sawah. Dolaners bisa dapet foto-foto super kece di the Roudh 78. Temanya ala-ala Texas, gitu. Jadi unik, kan?

The Roudh 78 yang Instagenik, The Roudh 78 yang Instagenik Kabupaten Malang, Malang, Dolan Dolen, Dolaners The Roudh 78 yang Instagenik via ferri - Dolan Dolen

The Roudh 78 yang Instagenik via ferri.triandi

Didominasi oleh bangunan kayu yang bergaya rustic, the Roudh 78 punya tema yang bener-bener beda dari Cafe Sawah. Nyaris gak ketebak kalau mereka tetanggaan.

 

10. Seru-Seruan Off Road di the Roudh 78

Kaya dengan kegiatan fisik, Dolaners bisa menghabiskan energi dengan main off road di the Roudh 78. Armadanya udah disiapin, berupa Jeep tempur yang emang siap tempur.

Off Road di the Roudh 78, Off Road di the Roudh 78 Kabupaten Malang, Malang, Dolan Dolen, Dolaners Off Road di the Roudh 78 via roudh78 - Dolan Dolen

Off Road di the Roudh 78 via roudh78

Tentunya, bertempur di rute off road, ya. Siap muter-muter sekitar Pujon Kidul? Kalau energi udah habis, balik lagi makan ke kafe sebelah.

 

11. Horse Riding di the Roudh 78

Kurang tertarik sama kuda besi? Bagaimana dengan kuda beneran? Yup, ada kuda-kuda yang bisa dicobain di the Roudh 78. Gak cuma buat orang dewasa, anak-anak juga boleh, kok.

Horse Riding di the Roudh 78, Horse Riding di the Roudh 78 Kabupaten Malang, Malang, Dolan Dolen, Dolaners Horse Riding di the Roudh 78 via ameliadwims - Dolan Dolen

Horse Riding di the Roudh 78 via ameliadwims

Tak cuma nyobain sensasi naik kuda, Dolaners juga boleh tanya-tanya tentang bagaimana merawat kuda dengan baik dan benar. Kali aja, besok-besok punya kuda sendiri di rumah. Iya, kan?

 

12. Hiking ke Kawasan Coban di Pujon Kidul

Mau kegiatan fisik yang lebih menantang? Cobain hiking. Bukan ke puncak gunung, tapi kali ini cuma jalan-jalan ke air terjun atau coban di Pujon Kidul.

Hiking ke Coban, Hiking ke Coban Kabupaten Malang, Malang, Dolan Dolen, Dolaners Hiking ke Coban via saihu27 - Dolan Dolen

Hiking ke Coban via saihu27

Hmm… Cuma? Yaa apapun lah, intinya Dolaners kudu jalan, dan melalui medan berbukit-bukit yang tak bisa dibilang mudah. Bahkan dianjurkan, pake guide warga asli Desa Pujon Kidul. Ke mana?

 

 

13. Coban Sumber Pitu yang Unik

Tujuan pertama adalah Coban Sumber Pitu. Air terjun ini udah cukup hits, jadi track-nya juga udah lumayan. Mmm… Maksudnya, udah dilewati orang.

Coban Pitu, Coban Pitu Kabupaten Malang, Malang, Dolan Dolen, Dolaners Coban Pitu via traveler zone - Dolan Dolen

Coban Pitu via traveler_zone

Keunikan Coban Sumber Pitu adalah pada aliran air terjunnya. Terdapat beberapa aliran air terjun yang seakan tertambat pada lerengnya. Seperti namanya, mirip sumber air di tujuh spot berbeda.

Lokasi: Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang
Jam Buka: 24 jam
Harga Tiket: Rp 10.000,-

Lihat Detail

 

14. Coban Manan yang Belum Tersentuh

Destinasi kedua adalah Coban Manan, yang lokasinya lebih mblusuk daripada Coban Sumber Pitu. Highly suggested, Dolaners ajak satu atau dua warga Desa Pujon Kidul kalau mau ke Coban Manan.

Coban Manan, Coban Manan Kabupaten Malang, Malang, Dolan Dolen, Dolaners Coban Manan via windhupermana87 - Dolan Dolen

Coban Manan via windhupermana87

Lokasi Coban Manan sebenarnya tak jauh dari Coban Sumber Pitu. Tapi bila tak mengenal medan, Dolaners beresiko jadi topik hangat tim SAR Malang.

Lokasi: Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang

 

Banyak hal yang bisa dilakukan di Desa Wisata Pujon Kidul, bukan? Mau makan, selfie syantik, atau menjelajah alam liar, semua bisa dilakukan di sini. Yuk, ke Malang!

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link