Hanya di Malang! 11 Keunikan Coban Talun yang Instagenik

Dolaners suka berwisata alam? Ke gunung apa ke pantai? Bagaimana dengan hutan atau air terjun? Coban Talun, misalnya? Destinasi wisata di kawasan Malang Raya ini semakin kece saja tiap harinya. Hutan hijau yang dipadukan dengan berbagai wahana menarik kekinian menghasilkan suasana yang sangat instagramable. Seperti apa? Yuk lihat bareng-bareng.

4383 views

1. Hutan Pekat di Bumi Perkemahan

Jauh-jauh hari, sejak sebelum sehits sekarang, Coban Talun sudah dikenal sebagai camping ground mahasiswa, dan kemudian pelajar juga, khususnya dari Kota Batu dan Kota Malang. Sebagai camping ground pada masa Instagram belum ada, hutan pinus di kawasan Coban Talun masih lebat dan pekat. Tak jarang, pengalaman-pengalaman serem para peserta camping menjadi bahan cerita yang cukup seru, sepulang dari Coban Talun.

Hutan Pekat di Bumi Perkemahan, Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Hutan Pekat Bumi Perkemahan Kota Batu via n - Dolan Dolen

Hutan Pekat di Bumi Perkemahan via n.rohman321

Sekarang, telah banyak dibangun beragam fasilitas menarik di Coban Talun. Keadannya sudah jauh berbeda, tapi masih ada hutan pekat di sisi lain kawasan wisata ini, di mana lutung Jawa dilepasliarkan. Untuk tujuan pelestarian ini, sebaiknya Dolaners gak deket-deket, deh. Kalau memang suka jalan-jalan di tengah pepohonan dan udara segar, sebaiknya tetap berada di kawasan wisatanya saja.

 

2. Kabut Hutan Pinus yang Menyimpan Misteri

Bahkan jalan-jalan di kawasan wisata hutan pinusnya saja kadang tak segampang kedengarannya. Gegara kabut yang bisa turun setiap saat, apalagi kalau lagi musan hujan, jarak pandang Dolaners bisa cuma sekian meter di depan mata. Sisanya? Putih.

Kabut Hutan Pinus yang Menyimpan Misteri, Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Kabut Hutan Pinus yang Misterius via bagoezduwi - Dolan Dolen

Kabut Hutan Pinus yang Menyimpan Misteri via bagoezduwi

Serem juga sih, kalau tak biasa. Kesannya horor, gitu. Dan parahnya lagi, suhu yang tiba-tiba turun gegara kabut ini bakal bikin Dolaners cukup menggigil kalau cuma pakai kaos tipis. Jadi, gak usah pelit bawa perlengkapan ya, minimal jaket yang waterproof sama sepatu, bagus lagi kalau ankle boot. Dan jangan lupa, lampu senter! Iya, ini termasuk item wajib meskipun Dolaners tiba di lokasi saat siang bolong.

 

3. Alam yang Hijau Merimbun

Udah ada lampu senter di telepon genggam? Emang sih, dibanding lampu senter yang kesannya seperti perlengkapan generasi jaman old, smartphone jelas jadi item wajibnya generasi jaman now. Apalagi kalau dilengkapi dengan kamera mumpuni. Selfie sepertinya jadi lebih penting dibanding perlengkapan darurat, ya.

Alam yang Hijau Merimbun, Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Alam yang Hijau Merimbun by harry garenk87 - Dolan Dolen

Alam yang Hijau Merimbun by harry_garenk87

Memang, yang namanya kamera sama selfie adalah dua hal yang sekarang jadi wajib di Coban Talun. Hijaunya landscape destinasi wisata di Kota Batu ini pastinya susah ditemui di kota-kota besar. Tentunya sayang, bila sampai terlewatkan.

 

 

4. Rumah Pohon, Spot Selfie Mainstream

Demi memanjakan setiap pengunjung, Perhutani sebagai pengelola wana wisata Coban Talun bekerja sama dengan investor atau pihak swasta untuk menciptakan berbagai fasilitas pendukung. Hasilnya? Dolaners bisa mendapati banyak spot selfie kece di tengah hutan yang hijau di Kota Batu.

Rumah Pohon, Spot Selfie Mainstream, Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Rumah Pohon Spot Selfie Mainstream Tetap Menarik via ferdian gusta - Dolan Dolen

Rumah Pohon, Spot Selfie Mainstream via ferdian_gusta

Salah satu spot selfie paling mainstream di Malang adalah rumah pohon dengan latar belakang hutan pinus. Nah, Dolaners bisa tampil kece dengan selfie di salah satu rumah pohon di Coban Talun. Hijau dan rimbunnya kawasan hutan pinus Coban Talun pastinya dapat memberi sentuhan beda pada background, jadi selfie mainstream Dolaners akan tetep kelihatan beda.

 

5. Instageniknya Taman Bunga yang Romantis

Fasilitas lain yang telah disediakan pengelola Coban Talun adalah taman bunga. Berawal dari bunga hydrangea, taman bunga ini sekarang lebih berwarna dengan berbagai macam tanaman hias.

Instageniknya Taman Bunga yang Romantis, Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Instageniknya Taman Bunga yang Romantis by novanirza - Dolan Dolen

Instageniknya Taman Bunga yang Romantis by novanirza

Warna bebungaan yang lembut di tengah hijaunya alam menghasilkan sebuah latar yang berkesan romantis. Banget, Dolaners! Makanya, tak jarang taman bunga Coban Talun ini jadi lokasi prewed. Bikin baper deh, lihat romantisnya suasana yang mendukung begitu.

 

6. Semarak Payung Warna Warni di Taman Bunga

Romantisme emang gak kenal panas hujan. Jadi, digantunglah payung-payung mekar berwarna warni di area taman bunga Coban Talun. Ya gak ada hubungannya, sih. Tapi seru juga, jadi lebih semarak.

Semarak Payung Warna Warni di Taman Bunga, Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Payung Warna Warni di Taman Bunga by wahyueko - Dolan Dolen

Semarak Payung Warna Warni di Taman Bunga by wahyueko.p

Menyusul konsep payung warna-warni di destinasi-destinasi wisata hutan pinus di Malang, Coban Talun memilih taman bunganya sebagai lokasi pemasangan payung-payung cantik ini. Beda, dan tetep kece kok, hasilnya.

 

 

7. Spot Selfie Cantik, Kreasi Alami dan Kekinian

Belum puas selfie di taman bunga? Masih buanyak spot-spot selfie lain di Coban Talun. Kalau ngaku kekinian, sepertinya Dolaners bisa puas banget selfie di setiap spot destinasi wisata alam di kawasan Malang Raya ini.

Spot Selfie Cantik, Kreasi Alami dan Kekinian, Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Spot Selfie Cantik Memadukan Alam dan Kreasi Kekinian by mayelfina - Dolan Dolen

Spot Selfie Cantik, Kreasi Alami dan Kekinian by mayelfina

Selain taman bunga, Dolaners bisa selfie cantik di spot bunga matahari atau teratai raksasa. Mau selfie atau wefie dengan tema Indian? Dolaners bisa mampir ke Indian Camp sekaligus sewa kostum juga. Hebatnya, spot-spot selfie ini terus bertambah, Dolaners. Jadi mungkin, Dolaners berencana rutin ke Coban Talun tiap beberapa tahun sekali, gitu?

Harga
Tiket Masuk Apache Camp: 7.500,-
Sewa Aksesoris Indian: Rp 10.000,- per item

 

8. Uniknya Pagupon Camp di Tengah Alam Hijau

Selain Indian Camp, Coban Talun juga punya Pagupon Camp. Nama pagupon diambil dari istilah sangkar burung dara dalam Bahasa Jawa. Bentuk-bentuk rumah Pagupon Camp ini emang seperti versi raksasanya rumah burung dara, sih.

Uniknya Pagupon Camp di Tengah Alam Hijau, Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Uniknya Pagupon Camp di Tengah Alam Hijau by kristiawanhadi - Dolan Dolen

Uniknya Pagupon Camp di Tengah Alam Hijau by kristiawanhadi

Pagupon Camp ini beneran disewakan sebagai penginapan lho, Dolaners. Dan semua rumah di area ini bener-bener instagramable banget! Begitu melihat tata letak Pagupon Camp, Dolaners pasti langsung gatel pengen selfie, deh.

Harga
Tiket Masuk Pagupon Camp: Rp 5.000,-
Sewa Pagupon Camp: Rp 300.000 – Rp 400.000,- per malam

 

9. Bendungan Coban, Perpaduan Gagah dan Cantik

Gak tertarik sama spot-spot selfie cantik? Kalau begitu, cobain ke bendungan, Dolaners. Lokasi selfie ini memberi kesan gagah karena ukuran bendungan yang besar, hingga pohon-pohon pinus di sekitarnya tampak kecil anggun.

Bendungan Coban, Perpaduan Gagah dan Cantik, Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Bendungan Coban Tak Cuma Gagah Namun Juga Cantik by meme javara93 - Dolan Dolen

Bendungan Coban, Perpaduan Gagah dan Cantik by meme_javara93

Sementara, rintik airnya yang mengalir dengan pasti justru memberi kesan lembut yang cantik. Perpaduan yang sulit dicari tandingannya, bukan? Saking menariknya spot ini, hingga terkadang jadi pilihan prewed juga, lho. Dolaners pingin wefie di sini sama pasangan?

 

 

10. Air Terjun, Mendekatkan Dolaners dengan Alam

Dan tentunya, yang jadi spot selfie wajid di Coban Talun, ya air terjunnya. Butuh perjuangan jalan kaki menyusuri tebing yang berdebu saat kemarau dan lumayan licin berlumpur saat musim hujan. But the view is worth the pain!

Air Terjun Mendekatkan Dolaners dengan Alam, Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Air Terjun yang Mendekatkan Dolaners dengan Alam via n - Dolan Dolen

Air Terjun Mendekatkan Dolaners dengan Alam via n.rohman321

Segarnya guyuran air terjun, yang kemudian mengalir membentuk sungai dengan bebatuan besar yang eksotis, akan langsung terasa seperti recharge energi. Suwegerrr, Dolaners! Oh, sebenarnya air Coban Talun cukup dingin menggigit sih, kalau Dolaners terbiasa dengan udara yang lebih hangat. Yaa… cobain sendiri, deh!

 

11. Hutan Pinus Eksotis Selayaknya Negeri Dongeng

Tak ada habisnya kalau membahas tentang Coban Talun. Dan memang, destinasi wisata alam di sebelah barat Kota Malang ini terus bebenah, dan menambah fasilitas-fasilitasnya yang keren-keren.

Hutan Pinus Eksotis Selayaknya Negeri Dongeng, Malang, Malang Raya, Dolan Dolen, Dolaners Hutan Pinus Eksotis Selayaknya Negeri Dongeng via samdani nade - Dolan Dolen

Hutan Pinus Eksotis Selayaknya Negeri Dongeng via samdani_nade

Tapi sekalipun tak ada fasilitas atau wahana kekinian, Dolaners pasti akan tetep pingin eksplor ke Coban Talun. Hutan wisata di kawasan Malang Raya ini selalu tampak eksotis, dengan segenap misteri dan pesonanya. Jadi, lajukan saja kendaraan Dolaners ke arah Kota Batu, terus sampai ke wilayah Bumiaji. Cuma perlu waktu sejam dari Kota Malang, perjalanan sejauh sekitar 30 kilometer ke Coban Talun bakal jadi cerita seru!

Lokasi: Junggo, Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu
Jam Buka: 07.00 – 17.00 WIB
Harga
Masuk Coban Talun: Rp. 15.000,-
Masuk Kebun Bunga: Rp. 5.000,-
Parkir Motor: Rp 2.000,-
Parkir Mobil: Rp. 5.000,-

Lihat Detail

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

Komentar

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link