Inilah 7 Alasan Kenapa Dolaners Musti ke Pantai Teluk Asmoro di Malang

Berwisata ke pantai bersama sejuta umat manusia? Sudah biasa. Pantai memang tak pernah sepi pengunjung. Pesona pemandangannya selalu saja memukau. Tapi kalau ada berjubel pengunjung yang memadati pantai, gimana mau menikmati pemandangan pantainya? Pernah merasa seperti ini, Dolaners? Nah, kalau Dolaners mau pantai yang anti mainstream, bisa dicoba yang satu ini, nih. Berada di kawasan Kabupaten Malang di pesisir selatan Pulau Jawa, inilah adiknya Raja Ampat.

2466 views

1. Permata Tersimpan di Pesisir Selatan Jawa

Harus diakui, Pantai Teluk Asmoro masih terbilang baru ngehits. Dibanding pantai-pantai lain di kawasan Malang Selatan, Pantai Teluk Asmoro baru-baru ini saja mengecap popularitas.

Pesisir Pantai Teluk Asmoro, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pesisir Pantai Teluk Asmoro via maulanae97 - Dolan Dolen

Pesisir Pantai Teluk Asmoro via maulanae97

Salah satu sebab tertundanya pantai yang indah ini dikenal banyak orang adalah lokasinya yang masih sangat minim infrastruktur. Dengan adanya Jalur Lintas Selatan di Kabupaten Malang saat ini, perjalanan ke Pantai Teluk Asmoro akan jauh lebih mudah meskipun tak benar-benar bebas hambatan. Berangkat dari Kota Malang, Dolaners akan butuh waktu sekitar dua hingga tiga jam untuk sampai di wilayah kecamatan pantai ini. Tepatnya, jarak tempuh adalah 73 kilometer. Rute yang diambil sama dengan rute menuju Pantai Sendang Biru, yang telah populer karena menjadi dermaga nelayan menangkap ikan. Jadi, dari Kota Malang, Dolaners keluar kota menuju arah selatan, ke kawasan Gadang. Lanjutkan perjalanan melewati Bululawang, Turen, hingga sampai di Sumbermanjing Wetan. Sepanjang perjalanan Dolaners akan mendapati papan penunjuk arah ke Pantai Sendang Biru, jadi jangan kuatir tersesat meskipun jalan yang dilalui lumayan berkelok-kelok. Jangan segan turun dari kendaraan dan bertanya pada penduduk setempat bila terasa ragu, karena kembali ke jalur awal saat Dolaners salah jalan akan sangat membuang waktu. Nah, di Kecamatan Sumbermanjing Wetan inilah ada Desa Tambakrejo, di mana Pantai Teluk Asmoro berada.

Lokasi: Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang

 

2. Sekali Jalan, Dua Tiga Pantai Ditemui

Liku perjalanan menemukan Tantai Teluk Asmoro belum selesai, Dolaners. Pantai ini masih belum secara resmi memiliki pintu masuk dan gardu loket, jadi Dolaners masih bebas mau mengaksesnya dari mana saja. Tak ada larangan.

Pantai Teluk Asmoro, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Pantai Teluk Asmoro via hakim ewo - Dolan Dolen

Pantai Teluk Asmoro via hakim_ewo

Pilihan pertama, Dolaners bisa memasuki kawasan Pantai Teluk Asmoro melalui Pantai Goa Cina di Desa Sitiarjo. Rute ini agak memutar, tapi Dolaners bisa menikmati panoramai pantai dan laut yang elok. Sekitar satu kilometer sebelum sampai di Pantai Goa Cina, Dolaners akan mendapati pintu masuk Pantai Teluk Asmoro. Pilihan kedua, Dolaners ambil rute menuju Pantai Clungup di Desa Tambakrejo, melewati hutan bakau dan jalan setapak yang tak mudah dilalui. Lokasi Pantai Teluk Asmoro berada di sebelah barat Pantai Clungup. Jangan sampai salah lokasi ya, Dolaners. Pasalnya, Desa Sitiarjo dan Tambakrejo punya beberapa pantai yang semuanya berjajar dengan indahnya.

 

 

3. Bertamu ke Pantai Tak Bertuan

Meskipun belum ada gardu tiket ataupun pintu masuk, Dolaners tetep wajib bayar tiket, ya. Jangankan loket tiket yang layak. Warung atau kedai makanan, mushala, bahkan toilet sekalipun belum ada.

Bertamu ke Pantai Teluk Asmoro, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Bertamu ke Pantai Teluk Asmoro via hamzahshine - Dolan Dolen

Bertamu ke Pantai Teluk Asmoro via hamzahshine

Kalau Dolaners berani kurang nyaman dengan minimnya fasilitas ini, Pantai Teluk Asmoro akan membuka tabir keindahannya seketika. Setibanya di area pantai, Dolaners akan disambut dengan suara riak ombak dan bau laut yang khas. Melangkah lebih dekat ke bibir pantai, Dolaners akan mendapati hamparan pasir yang putih lembut. Ketiadaan penjaja makanan dan sepinya pengunjung malah membuat area pantai ini lebih bersih, tanpa sampah sisa-sisa makanan. Pemandangan dan suasana tenang seperti inilah yang tak terbeli saat Dolaners ke pantai. Tak apalah mengorbankan minimnya fasilitas bila Dolaners bisa menikmati pantai pribadi.

Harga Tiket Masuk: Rp. 5.000,-

 

4. Tenangnya Laut Selatan

Pantai Teluk Asmoro menghadap ke arah Samudera Hindia, atau Laut Selatan Pulau Jawa yang terkenal berombak ganas. Tapi sesuai namanya, memang pantai ini berbentuk teluk. Nah, perairan di ceruk pantai inilah yang tampil seakan kolam renang. Mengundang banget, Dolaners!

Tenangnya Pantai Teluk Asmoro, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Tenangnya Pantai Teluk Asmoro via risdiken 900 - Dolan Dolen

Tenangnya Pantai Teluk Asmoro via risdiken_900

Air lautnya bening, hingga Dolaners bisa melihat bebatuan karang di dasarnya. Kalau membawa perlengkapan, Dolaners bisa snorkeling juga di sini. Yang jelas, area teluk pantai ini sangat pas untuk dipakai berenang atau sekedar berendam air laut dengan tenang. Apalagi karena masih sepi pengunjung, Dolaners bisa leluasa menjelajah perairan teluk ini. Benar-benar berasa pantai milik pribadi, bukan?

 

 

5. Raja Ampatnya Jawa Timur

Yup! Raja Ampat. Siapa sih, yang belum pernah dengar nama ini. Kalau sekedar dengar, mungkin semua orang sudah, ya. Tapi kalau ke Raja Ampat? Wow. Tunggu dulu, nih.

Raja Ampatnya Jawa Timur, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Raja Ampatnya Jawa Timur - Dolan Dolen

Raja Ampatnya Jawa Timur via rud_dameianti

Kalau masih terganjal budget, Dolaners bisa ke Pantai Teluk Asmoro dulu. Pantai ini menawarkan panorama yang akan terasa sama dengan Raja Ampat. Tentu masih beda, lah. Tapi tetap saja, Pantai Teluk Asmoro tak kalah indahnya kok, dengan Raja Ampat. Di dekat teluk tempat Dolaners berenang tadi, ada gugusan pulau-pulau yang mengingatkan Dolaners akan Raja Ampat, seketika saja saat memandangnya. Bongkahan-bongkahan berwarna hijau pekat yang beradu dengan birunya air laut benar-benar jadi pemandangan yang tak ada duanya di sepanjang garis pantai Malang Selatan. Inilah sebabnya kenapa Dolaners tak boleh salah lokasi saat menuju Pantai Teluk Asmoro. Gugusan pulau di lepas pantai inilah yang memecah ombak Laut Selatan, hingga tinggal riak kecil saja yang menyapa teluk di mana Dolaners bisa berenang dan bersantai.

 

6. Memandang Kerlip Bintang di Hamparan Pasir

Yang tak boleh ketinggalan dilakukan di Pantai Teluk Asmoro adalah camping. Mendirikan tenda dan bermalan di pasir pantainya bisa jadi hal yang takkan terlupakan seumur hidup.

Bintang di Pantai Teluk Asmoro, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Bintang di Pantai Teluk Asmoro via detribuddy - Dolan Dolen

Bintang di Pantai Teluk Asmoro via detribuddy

Memutuskan untuk bermalam berarti Dolaners bisa melihat pemandangan matahari tenggelam dan terbit di Pantai Teluk Asmoro. Bersama kawan-kawan dan orang-orang tercinta, Dolaners bisa menyaksikan perubahan cahaya matahari yang beranjak ke peraduannya, dan kemudian memandangi sinarnya yang pelan-pelan merambat naik pagi hari keesokannya di pantai yang tenang. Sementara saat malam tiba, Dolaners bisa berbaring di pasir memandangi bintang yang cemerlang menghiasi langit malam. Cerah sekali tampaknya, karena lokasi pantai ini jauh dari pemukiman perkotaan yang lampu-lampu malamnya meredupkan cahaya bintang.

 

 

7. Hanya Meninggalkan Jejak dan Kenangan

Bermalam di Pantai Teluk Asmoro memang bisa jadi agak kurang nyaman karena tak ada toilet. Tapi bila Dolaners siap dengan perbekalan dan peralatan lengkap, kenapa tidak?

Jejak Kenangan Pantai Teluk Asmoro, Malang, Kabupaten Malang, Dolan Dolen, Dolaners Jejak Kenangan Pantai Teluk Asmoro via detribuddy - Dolan Dolen

Jejak Kenangan Pantai Teluk Asmoro via detribuddy

Dan tentunya, jangan lupa untuk membereskan dan membawa kembali sampah-sampah pribadi selama bermalam di Pantai Teluk Asmoro. Pantai ini sangat indah, hingga nyaris terasa sayang bila harus dibuka untuk pariwisata dan tergerus oleh pengunjung yang datang. Tapi sayang juga bila orang tak bisa menikmati keindahan pantai yang menenangkan ini. Makanya, setiap pengunjung yang bertamu ke Pantai Teluk Asmoro semestinya berlaku sebagai tamu, tidak mengganggu apalagi merusak rumah dari sekian banyak hewan dan tumbuhan di pantai ini. Sepakat, Dolaners?

 

Jadi, kapan Dolaners berencana datang ke Pantai Teluk Asmoro dan merasakan sensasi punya pantai pribadi? Yuk, diagendakan!

iden

Deni Purbowati

let's take the flow and grab a cup of coffee

STAY UPDATES!

Dapatkan informasi wisata terlengkap dan terupdate di Instagram Anda
FOLLOW US
ID @dolandolen
close-link